tempat wisata di Jogja

Jogja masih menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, diketahui ada beragam tempat wisata di Jogja yang selalu menarik untuk dikunjungi. Jogja memang memiliki pesona tersendiri yang membuatnya tak pernah luput untuk ditulis dalam daftar tujuan wisata terutama bagi Sedulur yang menyukai wisata alam dan budaya. Tak hanya itu, ada pula beragam pilihan tempat Instagramable di Jogja yang sayang untuk dilewatkan oleh Sedulur saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan kuliner gudeg ini.

Apakah Sedulur juga tertarik untuk berlibur ke Jogja? Berikut ini Super sudah merangkum 22 rekomendasi tempat wisata di Jogja dan sekitarnya spesial untuk Sedulur. Yuk, langsung kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

1. Malioboro

tempat wisata di Jogja
Hipwee

Nama Jalan Malioboro tentu sudah tak asing di telinga Sedulur. Kawasan ini telah menjadi salah satu destinasi andalan bagi para wisatawan di Jogja, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak heran, Malioboro tak pernah sepi dari pengunjung terlebih saat masa liburan.

-->

Tak hanya menarik untuk dijadikan spot foto, Malioboro juga memiliki daya tarik lain yaitu dekat dengan berbagai tempat wisata di Jogja kota lainnya. Tak jauh dari Jalan Malioboro, Sedulur bisa menemukan Monumen Tugu Yogyakarta atau Tugu Pal Putih yang merupakan ikon Kota Jogja. Kemudian ada Titik Nol Kilometer yang juga punya spot foto menarik dengan latar bangunan bersejarah, Gedung Bank Indonesia.

Tak berhenti sampai di situ, tempat wisata menarik lainnya seperti Taman Pintar dan Pasar Beringharjo juga terletak tak jauh dari Jalan Malioboro. Oleh karena itu, saat berkunjung ke kawasan Malioboro, Sedulur bisa sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya tanpa perlu menghabiskan banyak waktu di jalan.

2. Taman Sari

tempat wisata di Jogja
Kompas

Bagi Sedulur yang sedang mencari tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya dapat mengunjungi Taman Sari. Destinasi wisata satu ini diketahui juga merupakan tempat wisata di Jogja yang lagi hits beberapa tahun belakangan.

Taman Sari Yogyakarta atau lebih dikenal Taman Sari sebenarnya merupakan situs bekas taman air dan pemandian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tepatnya, situs yang disebut merupakan tempat mandi para putri keraton ini terletak di sebelah barat daya keraton. 

Alamat lokasi: Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Jogja Bay Waterpark

tempat wisata di Jogja
Kompas

Jika Sedulur mencari tempat wisata di Jogja untuk keluarga, tak ada salahnya mengunjungi Jogja Bay Waterpark. Jogja Bay adalah taman wisata air yang terletak di Kabupaten Sleman atau tepatnya di sebelah utara Stadion Maguwoharjo.

Menariknya, tempat rekreasi yang diresmikan pada tahun 2015 ini disebut merupakan salah satu taman air terbesar dan terbaik di Asia Tenggara. Diketahui, Jogja Bay memiliki 19 wahana air dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti musala dan restoran.

Alamat lokasi: Jogja Bay Waterpark, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Sindu Kusuma Edupark

tempat wisata di Jogja
Tribun Travel

Rekomendasi tempat wisata di Jogja untuk keluarga berikutnya ada Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat menjadi SKE. Taman bermain seluas 7 hektar ini menawarkan beraneka ragam wahana dan atraksi. Mulai dari wahana cakra manggilingan, waterpark, kora-kora, hingga light festival.

Alamat lokasi: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Museum Ullen Sentalu

tempat wisata di Jogja
Kompas

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang menampilkan hasil kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam hingga Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Museum ini sendiri didirikan oleh Keluarga Haryono yang merupakan bangsawan Keraton Yogyakarta dan diresmikan pada 1997 silam.

Adapun nama Museum Ullen Sentalu diambil dari falsafah Jawa, yaitu “ulating blencong sejatining tataraning lumaku” yang memiliki arti “terang adalah penuntun jalan kehidupan.”

Alamat lokasi: Jalan Boyong Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Gua Pindul

Viva

Sedulur yang menyukai wisata alam khususnya wisata air tidak boleh melewatkan tempat satu ini, yaitu Gua Pindul. Gua yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan beragam aktivitas wisata yang bisa Sedulur nikmati.

Pertama, tentu saja wisata susur gua dengan pesona alam yang indah. Di sisi lain, ada pula wisata off road, outbound, hingga atraksi kesenian yang juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Alamat lokasi: Jalan Pindul Gading, Karangmojo, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata di Kediri, Paling Hits & Terbaru 2022

7. Gua Jomblang

Kompas

Tak hanya Gua Pindul, ada destinasi wisata alam dengan menyusuri gua lain yang bisa Sedulur kunjungi yaitu Gua Jomblang. Gua yang juga terletak di Gunungkidul ini menawarkan pesona alam berupa gua vertikal yang terbentuk akibat tanah yang amblas ke dasar bumi ribuan tahun lalu.

Salah satu daya tarik dari Gua Jomblang adalah adanya cahaya surga atau ray of light yang menjadi buruan pada wisatawan serta fotografer. Pemandangan indah tersebut berasal dari masuknya sinar matahari melalui celah-celan sehingga membentuk satu area yang diterangi cahaya.

Alamat lokasi: Jetis, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Hutan Pinus Mangunan

Kompas

Tempat wisata di Jogja yang lagi hits selanjutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Lokasi yang dipenuhi oleh pemandangan pohon pinus ini tentu akan memanjakan Sedulur yang suka mencari spot foto menarik dengan nuansa alam. Tak hanya berfoto, Sedulur juga bisa bersantai di atas hammock sembari menikmati pemandangan dan udara segar di sana.

Alamat lokasi: Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Hutan Pinus Pengger

IDN Times

Rekomendasi tempat wisata berikutnya adalah Hutan Pinus Pengger. Meski sama-sama menyajikan wisata alam hutan pinus, Hutan Pinus Pengger memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan. Pasalnya Hutan Pinus Pengger juga memiliki sejumlah fasilitas yang tak kalah menarik seperti rumah pohon, jembatan, hingga adanya jasa fotografer yang dapat membantu mengabadikan momen liburan Sedulur di sana.

Alamat lokasi: Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Hutan Mangrove Kulon Progo

Tribun Jogja

Hutan Mangrove Kulon Progo atau juga dikenal dengan nama Wisata Mangrove Jembatan Api-api (MJAA) bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang mencari tempat wisata dekat Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Tempat wisata dengan pemandangan alam berupa hutan mangrove ini juga berdekatan dengan Pantai Congot, yakni hanya berjarak 2,6 kilometer.

Tempat wisata satu ini dikenal dengan ikon berupa menara kembar alias twin tower yang menjulang tinggi dan terbuat dari bambu. Tak hanya melihat megahnya menara kembar, Sedulur juga bisa menguji adrenalin dengan menyebrangi Jembatan Gantung Api-api yang melintang di atas sungai.

Alamat lokasi: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Pantai Parangkusumo

tempat wisata di Jogja
Jejak Piknik

Rekomendasi berikutnya tempat wisata di Jogja pantai yaitu Pantai Parangkusumo yang terletak di Kabupaten Bantul. Selain menawarkan pemandangan indah yang memanjakan mata, Pantai Parangkusumo juga menawarkan sisi unik yang mungkin tidak banyak dijumpai di pantai lainnya. Sebab, pantai ini dikenal sebagai tempat yang sakral di mana digelar upacara adat labuhan, yaitu upacara untuk memberikan sesaji kepada roh halus.

Alamat lokasi: Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Gumuk Pasir Parangkusumo

tempat wisata di Jogja
iNews

Tak jauh dari Pantai Parangkusumo, Sedulur akan menemukan pemandangan indah Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata di Jogja ini merupakan destinasi wisata yang cukup populer beberapa tahun terakhir. Pasalnya, keunikan tempat wisata satu ini memiliki keunikan berupa hamparan gumuk pasir. Diketahui, tidak banyak gumuk pasir atau sand dune di dunia. 

Selain menikmati pemandangan gumuk pasir yang tidak bisa ditemukan di banyak tempat lainnya, Sedulur juga bisa mencicipi aktivitas sandboarding yang menantang adrenalin. Tak hanya itu, gumuk pasir ini juga cocok dijadikan spot foto, termasuk foto pre-wedding.

Alamat lokasi: Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Puncak Bogor Paling Kekinian Terbaik dan Terbaru!

13. Taman Pelangi

tempat wisata di Jogja
Tribunnews

Taman Pelangi merupakan rekomendasi tempat wisata di Jogja yang cocok untuk Sedulur yang mencari destinasi wisata malam. Taman yang masih satu kawasan dengan Monumen Yogya Kembali (Monjali) ini dipenuhi oleh lampu dan lampion warna-warni yang akan menyala dengan indah pada malam hari. Tak heran, lokasi ini menjadi tempat Instagramable di Jogja karena memiliki banyak spot foto yang menarik untuk para pengunjung.

Alamat lokasi: Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Bukit Kalikuning

Badan Otorita Borobudur Kemenparekraf

Tempat wisata di Jogja lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Bukit Kalikuning di lereng Gunung Merapi. Wisata Bukit Kalikuning yang diresmikan pada 2017 ini menawarkan pemandangan indah nan sejuk. Hal itu membuatnya kerap dijadikan destinasi favorit warga Jogja dan sekitarnya untuk menyegarkan pikiran setelah berkutat dengan pekerjaan.

Tak hanya menawarkan keindahan alam khas kawasan pegunungan, ada pula sejumlah tanaman bunga yang terbilang unik karena jarang dijumpai di tempat lain. Sebut saja tanaman kantong semar, bunga puspa, dan bunga rasamala. Selain itu, kawasan wisata Bukit Kalikuning juga cocok dipilih sebagai lokasi untuk camping atau berkemah.

Alamat lokasi: Jalan Bebeng, Palem Sari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Tebing Breksi

tempat wisata di Jogja
Tribunnews

Rekomendasi berikutnya adalah Tebing Breksi. Tempat wisata satu ini terbilang cukup unik karena merupakan bekas tambang yang ditutup sejak 2014. Selanjutnya area tersebut didekorasi dan diubah menjadi obyek wisata yang kemudian diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 2015.

Sebagai tempat wisata yang juga merupakan bekas tambang, pengunjung dapat melihat bekas kegiatan tambang di lokasi tersebut. Di sisi lain, dekorasi seperti ukiran wayang dan ular naga raksasa juga turut mempercantik Tebing Breksi. Tak berhenti sampai di situ, Tebing Breksi juga menjadi spot favorit bagi wisatawan maupun warga sekitar untuk menyaksikan matahari terbenam.

Alamat lokasi: Jalan Desa Lengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

16. Embung Nglanggeran Gunungkidul

IDN Times

Tempat wisata di Jogja selanjutnya yang juga menawarkan pemandangan indah adalah Embung Nglanggeran Gunungkidul. Sesuai namanya, tempat wisata yang diresmikan pada 2013 ini berlokasi di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Embung Nglanggeran sendiri merupakan waduk kecil yang digunakan untuk kepentingan pengairan di perkebunan sekitarnya. Tak hanya untuk pengairan, Embung Nglanggeran rupanya juga menarik minat wisatawan. Bukan tanpa alasan, Sedulur bisa menyaksikan panorama keindahan alam dari lokasi ini.

Alamat lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Bunker Kaliadem

Tribun Jogja

Sedulur yang ingin menikmati udara sejuk dengan latar Gunung Merapi dapat mengunjungi Bunker Kaliadem. Tak hanya menyajikan pemandangan indah, tempat ini juga menjadi saksi letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun silam. Diketahui, bunker tersebut awalnya dibangun dengan tujuan sebagai tempat berlindung warga ketika terjadi erupsi Gunung Merapi. Namun belakangan Bunker Kaliadem berubah menjadi tempat wisata di Jogja yang lagi hits.

Alamat lokasi: Kinahrejo, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

18. Studio Alam Gamplong

Tribun Jogja

Studio Alam Gamplong cocok menjadi pilihan bagi Sedulur yang mencari tempat wisata unik di Jogja. Sebab, Studio Alam Gamplong mulanya merupakan lokasi syuting untuk film karya sutradara kondang, Hanung Bramantyo. Sebut saja film Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia.

Setelah proses syuting dan produksi film selesai, lokasi tersebut lantas diberikan kepada pemerintah setempat dan dijadikan tempat wisata. Oleh karena ini, tempat wisata satu ini akan memanjakan Sedulur terutama yang menyukai tempat wisata Instagramable karena memiliki banyak spot menarik untuk berfoto.

Alamat lokasi: Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo yang Jarang Ditemui di Surabaya!

19. Gunung Api Purba

Kompas

Desa Nglanggeran memang dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki beberapa tempat wisata menarik. Selain Embung Nglanggeran yang sudah dibahas sebelumnya, Sedulur juga bisa mengunjungi Gunung Api Purba.

Gunung yang diperkirakan berusia 60-70 juta tahun ini memiliki puncak bernama Gunung Gedhe yang merupakan lokasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit. Tak hanya memiliki pemandangan indah, Gunung Api Purba juga dikenal sebagai tempat pendakian andalan untuk para pemula, sebab ketinggian puncak gunung ini hanya 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Alamat lokasi: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

20. HeHa Ocean View

Super App Kompas

Sedulur yang ingin menikmati keindahan laut dengan pengalaman berbeda bisa mengunjungi HeHa Ocean View. Tempat wisata di Jogja terbaru ini merupakan beach club yang sedang populer beberapa waktu belakangan. Tak hanya menawarkan pemandangan laut lepas dari ketinggian, HeHa Ocean View juga memiliki beragam fasilitas menarik. Di antaranya adalah spot foto yang beragam, aneka kuliner yang memanjakan lidah, hingga fasilitas glamping alias glamorous camping. 

Alamat lokasi: Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

21. Tumpeng Menoreh

Kompas

Rekomendasi lokasi wisata selanjutnya adalah Tumpeng Menoreh. Nama Tumpeng Menoreh sendiri berasal dari bentuk lokasi ini yang merupakan bukit dan menyerupai tumpeng serta terletak di perbukitan Menoreh. 

Tumpeng Menoreh sendiri sebenarnya adalah sebuah restoran yang dibangun di area perbukitan. Pemandangan alam yang asri pun menjadi daya tarik tersendiri untuk restoran satu ini. Sedulur bisa menikmati indahnya matahari terbit dan gemerlap lampu yang tak kalah menarik pada malam hari.

Alamat lokasi: Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

22. Wisata Kalibiru

Dinas Pariwisata Kulon Progo

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang terakhir adalah Wisata Alam Kalibiru. Tempat wisata yang juga terletak di Kabupaten Kulon Progo ini menyajikan pemandangan alam berupa hijaunya hutan dan hamparan bukit. Tak berhenti sampai di situ, Wisata Kalibiru juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menarik, seperti rumah pohon yang sekaligus menjadi gardu pandang untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Fasilitas lain yang patut Sedulur coba adalah flying fox serta beragam permainan outbound lainnya. Lokasi wisata satu ini juga memiliki fasilitas homestay hingga aula pertemuan.

Alamat lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itu dia 22 rekomendasi tempat wisata di Jogja terbaru 2022 yang patut masuk daftar destinasi Sedulur kala berkunjung ke Kota Gudeg ini. Di antara 22 tempat wisata di atas, Sedulur tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.