provider internet

Provider internet adalah perusahaan atau badan yang menyediakan layanan jasa sambungan internet serta jasa telekomunikasi lainnya. Di Indonesia, kini sudah muncul banyak perusahaan yang menyediakan provider internet dengan berbagai macam paket sesuai kebutuhan para konsumen.

Jika saat ini provider yang Sedulur gunakan sering mengalami kendala seperti sinyal yang tiba-tiba hilang, itu tandanya Sedulur perlu mengganti internet service provider (ISP). Karena beberapa provider memiliki kekuatan yang berbeda-beda di setiap daerah. Berikut beberapa rekomendasi provider internet terbaik yang dapat Sedulur gunakan di rumah beserta tips memilihnya. 

BACA JUGA : Kota Teraman di Indonesia dan Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

Tips memilih provider internet terbaik

Sebelum Sedulur memutuskan menggunakan provider internet, sebaiknya Sedulur mengetahui tips memilih provider terbaik. Yuk simak tipsnya berikut ini!

provider internet
Bypulsa

1. Coverage area

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih provider internet adalah cek coverage area. Pastikan daerah Sedulur sudah terjangkau dengan layanan yang akan digunakan. Karena tidak semua provider internet memiliki jaringan yang cukup luas. Dengan mengecek wilayah layanan, Sedulur dapat mengetahui beberapa pilihan dari provider internet yang sudah memiliki jaringan di area rumah.

2. Pilih paket sesuai kebutuhan

Tips yang selanjutnya adalah memilih fasilitas sesuai dengan kebutuhan. Karena sekarang ini provider banyak menawarkan paket internet, tentunya Sedulur harus mengetahui kebutuhan internet anggota keluarga yang ada di rumah.

Sebaiknya Sedulur jangan asal memilih paket dengan harga yang murah namun bandwithnya tidak dapat mencukupi kebutuhan semua anggota keluarga. Pemilihan bandwidth ini akan mempengaruhi seberapa besar kecepatan internet yang akan Sedulur dapatkan. Biasanya router wifi rumah memiliki kecepatan sebesar 300Mbps, 900Mbps hingga 1.900Mbps.

3. Bandingkan harga

Tips selanjutnya adalah membandingkan harga provider yang akan dipakai. Jangan sampai Sedulur terjebak dengan harga murah, tetapi kualitas internet yang ditawarkan buruk, atau juga jangan sampai Sedulur membayar mahal untuk koneksi atau benefit yang bisa Sedulur dapatkan lebih di provider lainnya.

4. Pilih layanan  dan servis yang bagus

 Tips selanjutnya adalah Sedulur harus mencari tau tentang layanan yang diberikan oleh provider. Seperti bagaimana customer care nya dalam menghadapi para pelanggannya, apakah cukup untuk membantu dan mudah untuk dihubungi, lalu termasuk juga dengan service free biaya pemasangan ataupun promo yang ditawarkan. Ada baiknya Sedulur juga mencari tahu dengan menghubungi call center nya atau bisa datang langsung ke kantor layanan untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang layanan dan juga service yang diberikan.

 BACA JUGA : 12 Jembatan Terpanjang di Dunia, Hingga Ratusan Kilometer!

Rekomendasi provider internet terbaik 2022

Setelah mengetahui tips memilih privider, berikut rekomendasi provider internet dengan kecepatan mumpuni yang dapat Sedulur gunakan di rumah.

1. IndiHome

provider internet
Liputan6

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan provider internet Indonesia yang satu ini, yaitu IndiHome. Perlu Sedulur ketahui bahwa provider ini disediakan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Telkom group. Untuk layanannya sendiri, IndiHome sudah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Sedulur dapat memilih paket produk yang ditawarkan dengan tarif bulanan serta kecepatan internet yang beragam. Mulai dari 30 Mbps dengan harga Rp 330.000 per bulan hingga 100 Mbps dengan harga Rp 790.000 per bulannya. Tak hanya itu, IndiHome  juga menawarkan produk dengan paket TV kabel. Biaya berlangganan Indihome cukup terjangkau yakni mulai dari Rp275.000 per bulan dengan 20 Mbps.

2. MNC Play

Sindonews

Provider internet rumah yang  dapat Sedulur gunakan selanjutnya adalah MNC Play yang disediakan oleh PT MNC Kabel Mediacom di bawah naungan MNC Group. MNC Play memang salah satu layanan internet yang cukup populer di kalangan masyarakat karena sudah menggunakan teknologi fiber optic dan kapasitas jaringannya dapat mencapai hingga 10 Gbps. MNC Play menyediakan paket yang berbeda tergantung pada wilayahnya seperti Medan dan juga beberapa kota di wilayah Pulau Jawa.

Umumnya, paket berlangganan dibedakan berdasarkan pada ketgori bulan langganan, seperti 1 bulan, 3 bulan dan juga 12 bulan. Kekurangan MNC Play adalah cakupan daerahnya yang masih terbatas yaitu hanya terdapat di 9 kota besar di Indonesia. Meski begitu, MNC Play hadir dengan TV kabel. Untuk berlangganan, Sedulur dapat membayar mulai dari Rp 369.000 per bulan dengan kecepatan 30 Mbps dan TV kabel.

3. My Republic

Myrepublic internet

Rekomendasi provider internet terbaik yang selanjutnya adalah Myrepublic. Bagi kalangan gamer tentu sudah tidak asing dengan provider ini karena kecepatannya yang sangat tinggi dengan harga terjangkau serta dilengkapi dengan saluran televisi yang tentunya sangat cocok untuk pecinta game online.

Untuk biaya pemasangannya, MyRepublic terbilang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp300.000 per bulan. Hanya saja, layanan ini hanya tersedia di wilayah Jabodetabek, Cibubur, BSD, Medan, Semarang, Palembang, Malang, dan Surabaya. MyRepublic sendiri menawarkan beberapa paket layanan yang dapat Sedulur pilih, seperti value dengan kecepatan 30 Mbps, kuota tanpa batas 50 Mbps, Nova 100 Mbps dan Gamer 150 Mbps. Jadi Sedulur dapat menyesuaikan jenis paket sesuai dengan kebutuhan di rumah ya. 

BACA JUGA : Mengenal Arti & Manfaat Bunga Forget Me Not, Bunga Kesetiaan

4. Transvision

Detik

Rekomendasi provider selanjutnya yang dapat Sedulur gunakan adalah Transvision. Transvision semula merupakan layanan TV berlangganan dan kini telah hadir sebagai provider internet yang dapat Sedulur gunakan di rumah. Jika Sedukur ingin memasang provider ini tentunya juga harus dibarengi dengan TV berlangganan. Hal ini dikarenakan Transvision memberikan dua pekat berlangganan, yaitu paket internet+ paket Tv + Mol Tv Apps dan internet + paket TV.

Harga yang ditawarkan juga beragam, untuk paket tiga layanan dimulai dari Rp300.000 per bulan. Sementara untuk paket dua layanan Moms harus merogoh kocek mulai dari Rp260.000 per bulan.

5. Biznet Home

Biznet Network

Rekomendasi provider internet terbaik untuk rumah yang selanjutnya adalah Biznet Home. Provider ini dinobatkan sebagai penyedia layanan internet dengan kecepatan terkencang yang ada di Indonesia untuk kuartal II dan III pada 2021 lalu menurut Speedtest Intelligence. Provider Biznet menyediakan layanan internet saja dan juga layanan internet yang dibundel dengan TV kabel. Layanan Biznet sudah tersedia di Pulau Jawa, bali dan juga 40 kota besar di Batam, Kalimantan hingga Sulawesi.

Sekarang ini, provider Biznet telah menyediakan enam paket utama yang dapat Sedulur gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan kecepatan maksimum 150 Mbps, Sedulur cukup membayar dengan harga Rp325.000 untuk mendapatkan koneksi 75 Mbps. Ingin yang lebih cepat? Dengan kecepatan maksimum 175 Mbps, Sedulur dapat merogoh kocek Rp375.000/bulan untuk kecepatan 85 Mbps. Tak hanya itu memiliki koneksi internet super cepat, Biznet juga mempunyai layanan TV kabel beresolusi tinggi dengan kualitas 4K dengan jaringan The New Biznet Fiber mulai dari Rp 575.000 per bulan dan koneksi 85 Mbps.

6. Megavision

Megavisioninternet

Megavision merupakan provider yang cukup terkenal di wilayah Jawa Barat. Megavision ini menggunakan teknologi Fiber-to-the-Home yang memberikan layanan internet dengan kecepatan super serta layanan TV kabel dalam satu infrastruktur. Kekurangan dari provider ini adalah “eksklusivitas” di wilayah Bandung, Bogor dan juga daerah sekitarnya saja. Jika Sedulur ingin berlangganan menggunakan Megavision, Sedulur cukup mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau yaitu Rp 200.000 setiap bulannya.

7. Groovy

Andalworks

Bagi Sedulur yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan Bandung tentunya sudah tidak asing dengan provider Groovy. Provider ini sudah ada sejak tahun 2000 lalu dan menawarkan internet dengan kecepatan super yang didukung dengan teknologi yang mumpuni. Groovy memiliki kecepatan maksimum 50 Mbps, dan menawarkan tiga pekat andalan dengan harga mulai Rp 295.000 per bulan untuk kecepatan 20 Mbps. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat berlangganan internet dan Tv kabel dengan harga Rp 520.000 per bulan dengan kecepatan 20 Mbps.

Jika menurut Sedulur harga tersebut terlalu mahal, tidak perlu khawatir karena Groovy menawarkan opsi untuk membayar tagihan tahunan dengan diskon hingga 33%, mulai dari Rp192.500/bulan untuk kecepatan 20 Mbps, dan Rp357.500/bulan untuk layanan TV kabel dan internet dengan kecepatan 20 Mbps.

BACA JUGA : 120 Kata-Kata Gombalan untuk Cowok yang Bikin Baper

8. CBN

provider internet
Oolean.id

provider internet terbaik di Indonesia berikutnya adala CBN dari PT Cyberindo Aditama. CBN dapat dikatakan sebagai layanan yang terpercaya karena sudah membangun jaringan sejak tahun 1996 lalu. Tak hanya itu, CBN juga mengandalkan teknologi fiber optic untuk mendukung kecepatan hingga 200 Mbps. Layanan CBN sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia. Dengan kecepatan mencapai 40Mbps, Sedulur cukup merogoh kocek sebesar Rp299.000/bulan saja. Akan tetapi jika Sedulur ingin mendapatkan decoder DENS.TV dan speed boost, Sedulur harus membayar tambahan Rp45.000/bulan.

9. First Media

provider internet
firstmedia

First Media atau yang juga dikenal juga dengan nama FastNet merupakan ISP yang disediakan oleh PT Link Net Tbk di bawah naungan Axiata sejak 2007. Selain memiliki koneksi internet hingga secepat 300 Mbps, First Media juga menyediakan layanan TV kabel sepaket lho.

First Media dapat ditemukan di berbagai kota besar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Mulai dari 15 Mbps dan TV kabel dengan 140 channel utama, First Media mematok harga sebesar Rp384.000 setiap bulannya. Apakah Sedulur berminat menggunakan provider ini? 

10. Oxygen

daftarpaket

Rekomendasi provider yang selanjutnya adalah Oxygen dari PT Mora Telematika Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 2015 lalu. Oxygen.ID menawarkan layanan internet dengan kecepatan mulai dari 50 Mbps dengan kisaran harga Rp306.000/bulan. Selain layanan internet, Oxygen.ID juga menyediakan layanan TV kabel. Paket internet dengan kecepatan 50 Mbps dan TV kabel, Oxygen.ID mematok harga mulai dari Rp 324.000/bulan.

Provider internet hp terbaik

Berikut daftar operator seluler di Indonesia yang memiliki kecepatan internet mumpuni. 

  1. Telkomsel dengan kecepatan internet paling tinggi. Hasil uji Speedtest, Telkomsel memiliki Speed Score sebesar 30,49.
  2. Indosat ooredoo dengan speed score mencapai 25,68.
  3. XL Axiata memiliki speed score sevesar 23,93. 
  4. Smartfren memiliki speed score sebesar 19,03. 
  5. Hutchison 3 (Tri) dengan speed score sebesar 13,52. 

Sebagai tambahan informasi, Sebelumnya, Telkomsel telah resmi terintegrasi dengan jaringan 5G sejak Mei 2021 lalu, sedangkan untuk Indosat Ooredoo menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang resmi terhubung dengan jaringan 5G sejak bulan Juni 2021.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai provider internet terbaik yang dapat Sedulur gunakan di rumah. Sebelum memutuskan untuk mengguankan provider, sebaiknya Sedulur mengetahui tips memilih provider agar mendapat layanan terbaik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.