desain mushola dalam rumah

Bagi seorang Muslim, memiliki desain mushola dalam rumah tentu menjadi impian. Hal ini karena rumah menjadi lebih sempurna karena tak hanya bisa untuk tinggal dengan nyaman, tapi juga membuat para penghuninya bisa beribadah dengan maksimal.

Dalam membuat mushola di dalam rumah, Sedulur bisa membuat ruangan ibadah tersebut dengan cara minimalis. Hal ini untuk mengakali terbatasnya ruangan di dalam rumah milik Sedulur. Mushola minimalis juga tidak memakan banyak biaya saat pembangunannya. Interior desain yang ada pun bisa menyesuaikan konsep rumahmu secara keseluruhan. Sehingga membuat ruang sholat dalam rumah sederhana pun bisa dilakukan dengan banyak cara.

Nah, agar Sedulur bisa mendapatkan inspirasi yang tepat dalam membuat desain mushola minimalis dalam rumah. Simak ulasan di bawah ini ya!

BACA JUGA: 8 Inspirasi Warna Netral Untuk Interior Ruangan & Penerapannya

-->

1. Manfaatkan ruangan bawah tangga

desain mushola dalam rumah
Dekoruma

Salah satu area yang banyak terlewatkan dalam rumah adalah bawah tangga. Namun bila Sedulur jeli dan ingin membuat desain mushola rumah modern dan minimalis maka bisa memanfaatkan ruangan tersebut.

Namun untuk bisa tercipta desain yang apik, Sedulur perlu mengetahui berapa besar area bawah tangga agar bisa cocok dengan ukuran mushola dalam rumah. Hal ini karena bisa menentukan daya tampung mushola muat berapa shaf.

Jangan lupa untuk memberikan level pada area mushola tersebut supaya tempat ibadah tetap suci dan bersih dari debu-debu.

2. Pakai sekat unik

desain mushola dalam rumah
My Salat Mat

Bila Sedulur tidak memiliki banyak ruangan yang cocok untuk menerapkan desain mushola dalam rumah, maka bisa menggunakan sekat ruangan sederhana seperti ini. Selain tidak memakan banyak tempat di rumah, sekat berbentuk masjid bisa membuat suasana rumah semakin adem.

Selain itu, keberadaan sekat semacam ini juga bisa membantu Sedulur tetap khusyuk dan nyaman saat melaksanakan ibadah wajib maupun sunah. Menarik sekali bukan?

3. Ruang baca sekaligus tempat ibadah

Desain tempat ibadah
Pinterest

Ruang baca di rumah biasanya menjadi tempat yang sunyi. Nah, Sedulur bisa memanfaatkan ruangan seperti itu untuk menerapkan desain mushola dalam rumah.

Agar bisa menciptakan suasana yang nyaman dan khusyuk untuk beribadah, Sedulur jangan lupa menambahkan ornamen-ornamen serta sajadah di ruang baca dalam rumahmu.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Warna Cat Rumah Terbaik yang Cantik & Elegan

4. Manfaatkan fasad di tengah ruangan rumahmu

desain mushola dalam rumah
Emporio Interior

Keberadaan fasad dalam rumah tak hanya untuk membagi antar ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur tapi juga bisa menjadi penyekat ruangan baru seperti mushola.

Sedulur bisa membuat sekat sederhana terbuat dari lemari kayu atau tembok permanen yang menempel di dinding. Sayangnya dengan konsep pembagian mushola dengan sekat ini, maka ukuran mushola dalam rumah cenderung kecil dan hanya bisa untuk 1 orang saja.

5. Mushola dengan tempat wudhu didekatnya tak pernah salah

desain mushola dalam rumah
Pinterest

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membuat tempat ibadah di rumah adalah fasilitas untuk menyucikan dirinya. Mushola dan tempat wudhu dalam rumah bisa dibuat bersampingan untuk mengurangi resiko lantai licin di dalam rumah.

Ada beberapa desain mushola dalam rumah yang menerapkan pembuatan tempat wudhu juga. Namun Sedulur harus memperhatikan sekat kecil pada tempat wudhu supaya air tidak terciprat ke area sholat. Seperti gambar di atas, Sedulur bisa membuat sekat kecil berkeramik agar tampilan mushola kecil rumahmu juga makin apik.

6. Mushola bergaya simpel rustik, kenapa tidak?

desain mushola dalam rumah
Uwitan

Desain mushola dalam rumah yang elegan bisa dengan memanfaatkan aksen kayu dalam pembuatannya. Seperti gambar di atas, suasana ketika sholat dijamin akan lebih khusyuk dan nyaman.

Pembuatan desain mushola seperti ini juga tak hanya bisa meningkatkan semangat untuk beribadah, tapi juga bisa membuat suasana rumah terlihat lebih estetis. Secara singkat, gaya di atas juga bisa disebut mushola gaya rustik.

7. Sulap ruangan kamarmu jadi mushola estetik

Desain tempat ibadah
Religion News Service

Sedulur juga bisa kok menyulap satu kamar kosong supaya bisa menjadi mushola dalam rumah. Cukup dengan memberikan karpet woll atau karpet lembut sebagai alas seluruh kamar sehingga mushola tetap bersih dan nyaman.

Jangan lupa juga untuk memberikan lampu-lampu dengan lafal Allah SWT dan aksen yang membuat Sedulur bisa semakin khusyuk untuk beribadah.

8. Mushola outdoor juga oke lho

desain mushola dalam rumah
Pinterest

Mencari desain mushola dalam rumah terbuka? Mungkin bisa memanfaatkan area dibelakang rumahmu. Sedulur tapi perlu membuat sekat dan keset supaya area mushola tetap bersih dan nyaman.

Keuntungan dengan membuat desain mushola di ruang terbuka cukup banyak, dimana suasana akan lebih adem dan tidak gerah. Cahaya alami dari luar ruangan juga bisa mengurangi penggunaan lampu yang membuat anggaran pengeluaran menjadi lebih boros.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Desain Plafon Rumah, Bikin Hunian Semakin Cantik

9. Ruangan di sekitar garasi juga bisa jadi apik bila dijadikan mushola

Desain tempat ibadah
Muslim Creed

Mushola tampil dengan gaya yang gemas juga bisa lho. Memanfaatkan warna cerah seperti merah muda bisa membuat suasana ruangan ibadah menjadi lebih menenangkan hati.

Pemilihan ruangan untuk mushola ini juga bisa memanfaatkan arena sebelah garasi rumahmu. Hal ini agar ukuran mushola dalam rumah bisa lebih luas dan lega. Gaya desain mushola ini pun sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki banyak anak perempuan di dalam rumah.

10. Rumah terlalu sempit, coba buat sekat level aja

desain mushola dalam rumah
Homeypedia

Tak perlu sekat dan tak perlu ruangan yang luas, Sedulur bisa membuat sebuah level sederhana di sudut ruangan rumah. Desain mushola dalam rumah semacam ini pun sudah banyak diterapkan oleh umat Muslim untuk mengakali keterbatasan ruangan di rumah.

Sedulur cukup membuat space dengan level setinggi 10 centimeter lalu tinggal memberikan karpet lembut sebagai alasnya. Jangan lupa berikan ornamen lafaz Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, sampai ayat suci Al Quran supaya ibadah semakin khusyuk.

11. Mushola dalam rumah dengan gaya natural

Desain tempat ibadah
Homeypedia

Punya desain mushola outdoor atau mushola rumah terbuka, coba saja untuk mempercantik dengan taman dan rerumputan. Suasana segar nan lucu seperti ini tak hanya membuat ruangan rumah semakin cantik tapi juga membuat ibadah semakin konsentrasi.

Bila Sedulur menyukai gaya mushola yang unik, maka desain satu ini sangat wajib dicoba. Bagaimana menarik dan lucu juga kan?

12. Desain mushola dalam rumah dengan langit-langit tinggi

desain mushola dalam rumah
Pinterest

Jika memungkinkan, bangun mushola dengan langit-langit yang tinggi. Trik ini membuat mushola minimalis dalam rumah yang luasnya terbatas tampak lebih lapang. Selain itu, langit-langit atau plafon minimalis yang tinggi juga membuat ruangan sejuk dan tidak pengap.

Terlebih jika mushola minimalis ini dibangun dengan ventilasi udara yang minim, maka langit-langit yang tinggi adalah solusi untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Langit-langit dengan warna terang seperti putih juga direkomendasikan untuk mushola minimalis dalam rumah. Selain membuat ruangan tampak semakin tinggi, warna putih yang memantulkan cahaya akan membuat ruangan lebih terang.

13. Ruangan terbuka di rumah bisa menjadi tempat ibadah yang nyaman

Desain tempat ibadah
Pinterest

Gambar mushola yang mungkin mengingatkan Sedulur dengan desain masjid minimalis, mushola ini cukup lapang untuk beberapa orang sekaligus. Seperti desain mushola minimalis lainnya, ruangan ini dipercantik dengan sejumlah tanaman gantung dan tanaman hias di dalam pot.

Untuk Sedulur yang ingin tahu ukuran mushola dalam rumah 2 shaf, maka bisa mencoba ukuran 3 x 4 meter atau lebih dari itu.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Taman Minimalis untuk Percantik Halaman Hunian

14. Gaya gemas untuk Sedulur yang punya selera feminin

desain mushola dalam rumah
Pinterest

Coba saja untuk menghadirkan nuansa feminin dengan karpet berwarna pink dan sajadah berwarna merah.  Dekorasi yang dihadirkan juga berwarna senada, bisa disesuaikan dengan desain rumah minimalis.

15. Gaya klasik dicampur dengan elegan marmer

desain mushola dalam rumah
Pinterest

Suka gaya elegan dan mewah? Maka desain mushola dalam rumah satu ini sangat cocok untuk Sedulur. Mengangkat gaya klasik dengan warna marmer, Sedulur bisa menciptakan mushola mewah di rumah.

Jangan lupa untuk menambahkan ornamen-ornamen klasik atau mozaik ala Timur Tengah untuk menguatkan suasana musholamu. Sedulur juga bisa memberikan sentuhan lantai kayu supaya suasana semakin hangat ketika melakukan ibadah di dalam rumah.

16. Mushola dalam rumah dengan tempat wudhu simpel

desain mushola dalam rumah
Kyoto University

Ini adalah salah satu desain terbaik untuk membuat mushola dan tempat wudhu dalam rumah yang sederhana. Sedulur bisa membuat satu buah spot kecil untuk memasang keran dengan ketinggian rendah supaya bisa menjadi tempat berwudhu.

Tak perlu membuat sekat tinggi, Sedulur bisa menyediakan kotak kecil di area wudhu untuk menghindari cipratan air di tempat area sholat. Jangan lupa untuk menyediakan keset dan sajadah yang bersih sebagai pelengkap di dalam mushola.

17. Manfaatkan level kayu sebagai tempat mushola di halaman rumahmu

Desain tempat ibadah
Homeypedia

Rumahmu memiliki taman rumah mini? Yuk, pertimbangkan membangun mushola di ruangan yang berbatasan dengan taman. Nuansa hijau dari luar akan membuat mushola minimalis ini menjadi semakin sejuk dan enak dipandang. Sedulur dan keluarga akan merasa semakin nyaman ketika beribadah.

Agar tidak terlalu terbuka tapi tetap mendapat kesan semi-outdoor, Sedulur bisa membatasi mushola minimalis dengan taman atau level dari kayu seperti di atas.

18. Sekat kokoh di tengah rumah juga oke

Desain tempat ibadah
The Fordham Observer

Tidak ada ruang khusus yang bisa dijadikan mushola? Jangan khawatir. Kami sudah menyiapkan solusinya untukmu. Bagaimanapun, konsep mushola minimalis juga berarti memanfaatkan ruang yang seadanya tanpa menghilangkan fungsi dan unsur estetika ruangan tersebut.

Gunakan pembatas ruangan yang kokoh untuk sedikit menahan suara dari ruang keluarga. Pembatas ruangan kayu bisa menjadi pilihanmu karena selain materialnya yang kuat, jenis ini akan memberikan kesan hangat dan earthy di mushola minimalis dalam rumahmu. Pilihan kedua adalah kabinet yang lebar. Tak hanya dapat membatasi, kabinet juga dapat berfungsi menyimpan perlengkapan sholat.

Demikian tadi daftar desain mushola dalam rumah yang bisa Sedulur coba. Membangun mushola memang menjadi impian bagi banyak orang. Hal ini tak lepas dari manfaat mushola dalam rumah yang bisa membantu para penghuninya tetap melaksanakan ibadah dengan tepat waktu dan nyaman.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!