Dekorasi rumah 17 Agustus yang unik

Agar perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di rumah semakin meriah, Sedulur bisa mempersiapkan berbagai macam hiasan bernuansa merah putih. Namun, agar Sedulur tidak bingung dan kehabisan ide, bisa coba mengikuti ide dekorasi rumah 17 Agustus yang unik ala Aplikasi Super.

Membuat hiasan dekorasi kemerdekaan tak hanya menyemarakkan ulang tahun Republik Indonesia, tapi juga membantu mengenang perjuangan para pahlawan di masa lalu. Sedulur dan keluarga juga bisa memupuk rasa nasionalisme agar tetap selalu berkobar dalam jiwa.

Nah, jika Sedulur sudah tidak sabar untuk melihat ide dekorasi rumah 17 Agustus yang unik dan meriah. Coba simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 11 Ide Dekorasi Kampung 17 Agustus yang Unik dan Meriah!

-->

1. Manfaatkan botol bekas

 

Ide dekorasi rumah 17 Agustus unik yang pertama adalah dengan menggunakan botol bekas. Bayangkan, tak hanya bisa mengolah limbah sampah menjadi lebih bermanfaat. Suasana rumah jadi Sedulur juga akan semakin meriah.

Sedulur bisa mencoba memanfaatkan botol bekas ini sebagai hiasan gantung. Cukup dengan mewarnainya dengan warna merah dan putih, hiasan ini bisa memberikan kesan 17-an yang manis.

Salah satu trik untuk mewarnai botol bekas adalah dengan menggunakan cat akrilik. Lalu, tempelkan masing-masing botol di dinding dan letakan beberapa bendera di dalamnya.Gimana menarik sekali ‘kan Sedulur.

2. Buat dekorasi dinding warna merah putih

Salah satu inspirasi dekorasi rumah 17 Agustus yang unik dan menarik untuk dicoba adalah dengan memanfaatkan dinding rumah. Dinding yang kosong bisa jadi media Sedulur untuk menciptakan hiasan berwarna merah putih.

Sedulur bisa membuat hiasan berbentuk kipas yang melingkar. Buat dalam berbagai ukuran, lalu susun di dinding sesuai dengan kreativitasmu. Dijamin jika cara ini bisa membuat rumahmu makin unik Sedulur!

3. Hiasan kupu-kupu kertas merah putih

Jika Sedulur memiliki anak di rumah, maka bisa mengajaknya untuk membuat dekorasi rumah 17 Agustus satu ini. Karena selain hiasannya memiliki nuansa kemerdekaan, pola yang dibuat juga berbentuk hewan kupu-kupu berwarna merah-putih.

Cara membuat dekorasi ini cukup mudah, cuku potong kertas menjadi bentuk kupu-kupu beraneka ukuran. Lalu, susun di dinding hingga berbentuk hati. Cantik dan bisa menjadi spot foto, nih!

4. Estetik dengan dream catcher tema kemerdekaan

Kalau biasanya dream catcher berwarna putih gading atau earth tone, kamu bisa memodifikasinya dengan warna merah-putih sesuai tema 17 Agustus. Supaya nggak monoton dan hanya juntaian benang, kamu bisa menambahkan bunga sebagai pemanisnya.

Dream catcher juga memiliki nilai filosofi yang begitu dalam. Sedulur bisa memberikan berbagai macam harapan dan doa untuk bangsa di masa depan dengan menggantungnya bersama dream catcher.

5. Dekorasi dari sendok plastik

Hiasan dekorasi 17 Agustus selanjutnya adalah memanfaatkan sendok plastik bekas berwarna merah-putih. Cara membuatnya, lepaskan kepala sendok dari gagangnya. Lalu, tata melingkari sendok-sendok tersebut. Jika sudah, kamu bisa memasangnya di dinding atau pintu.

BACA JUGA: 35 Ide Kostum Unik 17 Agustus yang Anti Mainstream dan Lucu

6. Bikin pom-pom merah putih

 

Hiasan pom-pom merah putih juga bisa menjadi dekorasi 17 Agustus yang seru, nih, Bela. Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya memerlukan kertas berwarna merah dan putih, serta benang. Kemudian, kertas tersebut dibentuk kerucut dan disatukan hingga berbentuk bulat. Mudah, kan?

7. Hias dengan lilin merah putih

Nuansa kemerdekaan juga perlu dihadirkan di meja makan, nih, Bela. Untuk membuat dekorasinya, kamu hanya memerlukan tatakan putih, lilin, dan bunga untuk penghiasnya. Lalu, tata lilin dengan beragam ukuran di atas tatakan dan hiasi menggunakan bunga-bunga. Pilih warna merah dan putih agar nuansa kemerdekaan tetap terasa, ya. Kamu bisa menyimpan lilin merah dan putih untuk dekorasi di lain hari.

8. Sajikan minuman dengan sedotan merah putih

Apakah di tanggal 17 Agustus nanti kamu mengadakan open house? Jika iya, kamu bisa menghias sedotan menggunakan pita untuk disuguhkan di minuman para tamu yang hadir. 

Selain untuk minum, sedotan merah-putih ini juga sangat cocok digunakan sebagai perlengkapan lomba. Bisa sebutkan nggak, nih, lomba apa saja yang menggunakan sedotan?

9. Buat hiasan boneka kertas merah putih

Dari pada hanya menggantung bendera merah-putih plastik sebagai hiasan, mengapa tak mencoba membuat boneka kertas merah-putih? Cara membuatnya mudah, namun hasilnya tak kalah cantik.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu kertas bekas dan pita dengan masing-masing berwarna merah dan putih. Kemudian, lipat zigzag kertas seperti akan membuat kipas untuk digunakan sebagai badannya. Lalu, tempelkan kertas berbentuk bulat untuk membuat kepalanya. Mudah, kan?

10. Ciptakan vas bunga kemerdekaan

Hiasan satu ini selain mempercantik ruangan, juga ramah lingkungan. Sebab, kamu hanya perlu memanfaatkan kaleng bekas untuk membuatnya. Caranya, siapkan kaleng yang sudah dibersihkan dan benang wol berwarna merah-putih. Lilitkan benang wol pada kaleng bekas secara rapi. Jangan lupa dengan merekatkan ujungnya dengan lem agar tak mudah lepas. Voila! Vas serba guna ini bisa kamu letakan di meja makan atau menjadi tempat alat tulis.

BACA JUGA: 25 Hadiah Lomba 17 Agustus yang Bermanfaat dan Murah 2023!

11. Cantiknya snowflake merah putih untuk dinding

 

Snowflake atau kepingan salju yang identik dengan perayaan Natal juga bisa kamu gunakan untuk dekorasi rumah menyambut HUT RI. Snowflake seperti ini juga sudah banyak dipasarkan sebagai dekorasi rumah yang unik dan bisa digunakan saat 17 Agustus. Itu dia deretan ide dekorasi rumah unik untuk menyambut HUT RI. Bertemakan merah putih, dekorasi di atas bisa jadi pilihan bagi kamu untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus nanti. 

12. Bikin hiasan gelas plastik bekas

Tak hanya bendera kecil yang banyak menghiasi area sekitar rumah, gelas plastik bernuansa merah putih pun masih menjadi dekorasi unik andalan masyarakat Indonesia untuk menyambut momen HUT RI. Selain mudah dibuat, gelas merah putih ini juga membuat suasana spesial di 17 Agustus menjadi lebih meriah. 

13. Bukan lebaran, tapi ketupat merah putih bikin meriah

Tak melulu identik dengan perayaan Idul Fitri, hiasan ketupat juga bisa kamu dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah menyambut HUT RI pada 17 Agustus nanti. Sesuai dengan namanya, ketupat merah putih ini nantinya dibuat dari tali atau pita berwarna merah putih. Setelah pembuatan selesai, kamu bisa menggantungnya pada spot yang diinginkan. Misalnya saja pada bagian depan pintu rumah untuk memeriahkan momen HUT RI. 

14. Dekor dengan lampion merah putih

Selain bendera merah putih, kamu juga bisa membuat dekorasi unik dengan meletakkan lampion kertas yang bernuansa merah putih. Saat ini sudah ada banyak tutorial pembuatan lampion kertas di internet yang bisa diikuti. Setelah lampion jadi, kamu bisa menggantungnya pada bagian depan rumah sebagai dekorasi 17 Agustus nanti.

15. Kincir angin merah putih menarik untuk hiasan

Dekorasi selanjutnya yang bisa dibuat bersama anggota keluarga di rumah, yakni kincir angin bernuansa merah putih. Tak hanya digunakan untuk bermain, tetapi kincir angin ini bisa dijadikan dekorasi unik untuk memeriahkan HUT RI. Tak perlu beli, kamu dan keluarga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan kertas warna serta lidi untuk pegangan kincir angin tersebut. Lebih hemat, bukan?

BACA JUGA: 15 Ide Sepeda Hias Agustusan yang Unik dan Lucu Beserta Tips!

16. Semarakkan rumah dengan payung merah putih

 

Dekorasi 17 Agustus yang bisa Sedulur gunakan adalah payung merah putih. Umumnya, Sedulur harus membeli desain payung ini. Hiasan payung merah putih sangat cocok ditaruh dibagian rumah dengan menghiasnya bersama bendera plastik. Ini akan memperindah hiasan yang sudah dibuat. Selain itu, bagus untuk dipakai sebagai properti foto di rumah lho.

17. Pasang bendera merah putih plastik

Bendera Indonesia memiliki makna filosofis yang dalam. Warna merah melambangkan keberanian raga manusia dan warna putih melambangkan kesucian jiwa manusia Indonesia. Bendera merah putih ini dapat kamu gunakan untuk banyak dekorasi, khususnya di rumah. Walaupun dekorasi rumah 17 Agustus yang unik ini cukup sederhana. Sedulur tetap bisa mendapatkan suasana kemerdekaan penuh semangat.

18. Gunakan spanduk 17 Agustus

Spanduk bisa menjadi salah satu dekorasi rumah 17 Agustus yang unik. Sedulur bisa mencoba membuat desain spanduk dengan aplikasi grafis menggunakan tema-teman kemerdekaan. Setelah itu, cukup cetak dan gantung spanduk untuk menghias ruangan. Agar tampak menarik, isi spanduk dengan kata-kata pahlawan nasional Indonesia.

19. Hias rumah dengan balon merah putih

Dekorasi yang satu ini cocok banget digunakan untuk rumah saat perayaan Hari Kemerdekaan RI tiba. Balon bisa memberikan kesan meriah pada berbagai acara. Sedulur bisa memilih balon berwarna merah dan putih yang membentuk seperti pelangi. Pilihlah balon berbahan lateks agar tidak cepat meletus dan kempes.

Hiasan ini tak hanya membuat suasana rumah menjadi semarak, tapi juga akan membuat anak kecil betah bermain. Jadi hiasan balon ini bisa jadi ide menarik untuk Sedulur di rumah.

Demikian tadi deretan ide dekorasi rumah 17 Agustus yang unik untuk Sedulur. Dijamin ide-ide di atas bisa membuat suasana kemerdekaan di rumah makin meriah dan seru. Sedulur juga tidak perlu repot memcari bahan-bahan dekorasi karena bisa menemukannya di rumah. Jadi sembari mengolah barang bekas, rumah juga semakin meriah dengan hiasan menarik di hari kemerdekaan!