hadiah lomba agustusan yang bermanfaat

Dari sekarang, Sedulur harus mulai memikirkan apa saja rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat. Mengingat sebentar lagi kita akan memasuki bulang Agustus yang merupakan bulan penting bagi bangsa Indonesia, di mana pada bulan tersebut bangsa Indonesia akan merayakan kemerdekaanya.

Hal yang lumrah setiap agustusan selalu dirayakan dengan berbagai macam festival masyarakat dan perlombaan. Tentu, dari setiap perlombaan, harus menyediakan barang sebagai hadiah bagi pemenang lomba. Nah, bagi Sedulur yang tengah mencari rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas rekomendasinya.

Tanpa berlama-lama, mari kita langsung bahas apa saja daftar hadiah lomba agustusan yang bermanfaat. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 17 Ide Lomba Online Untuk 17 Agustus, Kerjain di Rumah Aja!

-->

1. Baju sehari-hari

Unsplash

Rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat pertama adalah baju sehari-hari. Baik orang dewasa, remaja dan anak-anak membutuhkan baju untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedulur bisa memberkan berbagai baju yang sekiranya dapat berguna bagi peserta lomba.

Lebih baik Sedulur menyiapkan baju yang bisa digunakan oleh setiap jenis kelamin, maksudnya jenis baju yang unisex. Jika peserta lomba adalah anak-anak, Sedulur bisa menyediakan baju yang lucu yang pasti disukai oleh anak-anak. Banyak rekomendasi baju dan pakaian yang bisa Sedulur gunakan sebagai hadiah lomba.

2. Tumbler unik

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Unsplash

Tumbler unik bisa jadi rekomendasi hadiah lomba agustusan yang unik, terutama bagi anak-anak, memberikan hadiah tumbler dapat menjadi daya tarik. Selain murah, tumbler atau tempat minum sangat disukai oleh anak-anak. Karena tumbler menjadi tempat minum yang biasa dibawa ke sekolah oleh anak-anak.

Sedulur bisa menjadikan tumbler unik dan menarik sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat, anak-anak akan tertarik untuk mengikuti lomba yang diadakan. Sedulur Super juga bisa mendapatkan tumbler murah di toko atau warung biasa.

3. Tas sekolah

hadiah agustusan yang bermanfaat
Ajo Piaman

Bagi Sedulur yang tengah mencari rekomendasi hadiah lomba agustusan di sekolah, terutama di taman kanak-kanak atau sekolah dasar, Sedulur bisa memberikan tas sekolah. Tas sekolah sebagai hadiah agustusan juga bisa jadi sebagai penyemangat bagi anak-anak untuk terus rajin belajar.

Tas sekolah memiliki manfaat yang lumayan banyak dan bisa digunakan anak untuk membawa perlengkapan saat belajar. Terutama dengan memberikan tas jenis ransel atau backpack yang bisa memuat banyak isi. Di sisi lain, jenis tas satu ini lebih nyaman untuk digunakan sehingga tidak akan membuat anak cepat lelah.

4. Celengan

Ali Express

Hadiah lomba agustusan yang lucu adalah celengan. Celengan selain murah juga dibutuhkan oleh warga yang mengikuti lomba. Dengan memiliki lomba dan memenangkan lomba kemudian mendapatkan celengan, para warga bisa menabung.

Menjadikan celengan sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat  juga sebagai langkah untuk mengajarkan warga untuk rajin dan disiplin dalam menabung. Menabung merupakan hal yang baik dan positif untuk dilakukan. Banyak jenis celengan yang menarik yang bisa dijadikan hadiah.

Ada yang bentuk bermacam hewan, seperti ayam, kucing dan bahkan dinosaurus. Celengan pun tidak sulit didapat. Bisa didapat di warung atau toko terdekat yang ada di sekitar Sedulur Super. Dan biasanya celengan juga dijual di warung sembako.

5. Sepeda

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Unsplash

Beberapa tahun yang lalu, Presiden Jokowi kerap kali memberikan hadiah sepeda kepada anak-anak jika menghadiri acara sesuatu. Sepeda yang diberikan sebagai tanda agar anak-anak giat berolahraga dan memiliki tubuh yang kuat. Sebagai pelaksana kegiatan agustusan, kita juga bisa mencontoh Presiden Jokowi.

Terutama bagi Sedulur yang menyediakan anggaran berlebih, bisa memberikan sepeda sebagai hadiah lomba. Ditambah, minat bersepeda dalam beberapa tahun terakhir semakin ramai. Momentum memberikan hadiah sepeda sangat direkomendasikan.

6. Gantungan kunci

Lazada

Hadiah lomba agustusan yang bermanfaat selanjutnya adalah gantungan kunci. Sedulur bisa mendapatkan hadiah gantungan kunci di berbagai toko pernak-pernik atau toko aksesoris. Gantungan kunci ini merupakan benda penting.

Kita biasanya seringkali lupa untuk menyimpan kunci, dengan adanya gantungan kunci, kita bisa mengetahui keberadaan kunci yang lupa disimpan. Memberikan gantungan kunci sebagai hadiah adalah keputusan yang sangat tepat.

7. Alat tulis

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Fimela

Sedulur tengah mencari rekomendasi hadiah lomba agustusan yang murah meriah dan bermanfaat? Jawabannya alat tulis. Alat tulis juga melengkapi tas sekolah yang diberikan sebagai hadiah lomba. Alat tulis yang bisa diberikan seperti buku kosong, pulpen, pensil, tempat pensil, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menarik, tetapi alat tulis pastinya memberikan manfaat bagi anak-anak, terutama yang masih ada di bangku sekolah. Semangat belajar yang mereka miliki juga bisa semakin meningkat dengan memiliki alat tulis yang baru. Selain itu, harganya juga murah dan bisa dengan mudah dibeli di mana saja.

8. Gelas dan piring

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Unsplash

Salah satu alat dapur yang sangat penting digunakan untuk makan dan minum adalah gelas dan piring. Menjadikan gelas dan piring sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat dan menarik sekaligus murah adalah keputusan yang tepat.

Satu set harga gelas dan piring tidak terlalu mahal, oleh karena itu tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk mendapatkan gelas dan piring sebagai hadia lomba. Selain itu menjadikan gelas dan piring sebagai hadiah, akan menarik ibu-ibu untuk mengikuti lomba.

Ibu-ibu tersebut akan mendorong dan memaksa suami mereka untuk mengikuti lomba, dan perlombaan pun akan berlangsung meriah karena banyak peserta yang ikut yang ingin mendapatkan hadiah gelas dan piring.

9. Blok dan puzzle mainan

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Realtor

Apa rekomendasi hadiah untuk anak-anak yang lucu dan menarik hati agar mengikuti lomba? Jawabannya tentu saja memberikan blok atau puzzle mainan. Selain sebagai permainan, hadiah ini juga cukup edukatif dan menarik hati para peserta lomba, terutama anak-anak.

Blok dan puzzle juga dapat meningkatkan imajinasi, motorik, konsentrasi dan juga kreativitas anak. Puzzle sendiri juga merupakan salah satu jenis mainan yang banyak disukai oleh anak-anak karena keseruannya. Kamu bisa mencari puzzle dengan gambar kartun maupun juga lainnya yang disukai oleh anak.

10. Sendal jepit

Unsplash

Sandal jepit merupakan alat yang sangat berharga, karena jika tidak ada sandal jepit, kaki kita akan sakit ketika pergi keluar rumah. Alas kaki yang sederhana ini bisa dijadikan sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat yang menarik dengan harga murah.

Kita juga bisa mendapatkan sandal jepit di warung dan toko sembako sederhana. Sambil kulakan sembako super, Sedulur bisa juga sambil membeli sandal jepit untuk dijadikan hadiah. Walaupun terlihat murah, dan sandal jepit merupakan alas kaki yang dibutuhkan.

11. Paket kuota internet

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Shopee

Butuh rekomendasi ide hadiah lomba di masa pandemi? Sedulur bisa memberikan hadiah kuota internet. Di tengah masa pandemi ini, paket internet sangat bermanfaat, baik untuk kegiatan belajar hingga untuk bekerja. Semua aspek kehidupan saat ini tidak terlepas dari kuota internet itu sendiri.

Selain anak-anak, orang dewasa juga akan sangat senang mendapatkan hadiah kuota internet. Pasalnya dengan kuota internet anak-anak dan orang dewasa dapat melakukan aktivitas berselanjar di internet sesuai yang mereka butuhkan.

12. Jam dinding

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Unsplash

Jam dinding juga merupakan hadiah lomba agustusan yang bermanfaat  yang sangat layak diberikan kepada peserta yang memenangkan lomba 17an saat perayaan kemerdekaan. Selain sebagai pengingat waktu, jam dinding juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah.

Kita juga bisa menghias jam dinding dengan logo perlombaan yang diadakan. Hal ini juga bisa sebagai kenang-kenangan lomba yang diberikan kepada setiap peserta yang berpartisipasi merayakan kemerdekaan.

13. Boneka

Unsplash

Rekomendasi hadia loba agustusan yang bermanfaat untuk anak kecil? Tentu saja jawabannya boneka. Terutama anak perempuan, dapat bermain dengan boneka yang mereka dapatkan karena mengikuti perlombaan di perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Banyak contoh boneka yang bisa Sedulur berikan.

Mulai dari boneka hewan, boneka tumbuhan hingga jenis boneka-boneka lainnya yang bisa dimainkan. Hadiah ini bisa cukup menarik hati anak-anak untuk mengikuti lomba agustusan nantinya.

14. Kotak tisu

Lazada

Tisu merupakan kebutuhan dasar di setiap rumah tangga saat ini, banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk menggunakan tisu dibanding kain lap untuk membersihkan lantai rumah yang kotor. Oleh karena itu, menjadikan kotak tisu sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat adalah keputusan yang tepat.

Kotak tisu juga bisa kita dapat dengan harga yang sangat murah. Tidak lebih dari RP. 50.000, kita bisa mendapatkan kotak tisu yang bagus dengan berbagai jenis hiasan.

15. Kotak makan cocok jadi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Ali Express

Salah satu daya tarik untuk mengikuti lomba adalah keunikan hadiah yang didapat. Sedulur Super bisa menjadikan kotak makan sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat. Karena kotak makan selalu dibutuhkan oleh setiap masyarakat.

Untuk menghemat pengeluaran saat berkegiatan di luar, banyak masyarakat yang rela membeli kotak makan untuk membawa makanan di rumah. Kotak makan dapat menjadi daya tarik seseorang untuk mengikuti lomba.

16. Bantal leher

Lazada

Rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat yang bisa diberikan adalah bantal leher. Bantal leher bermanfaat bagi seseorang yang sering berpergian. Baik anak-anak atau orang dewasa bisa memanfaatkan hadiah satu ini. Terutama ketika berpergian atau liburan, bantal leher akan sangat bermanfaat.

Sedulur juga bisa memberikan bantal leher dengan desain hewan yang terlihat menarik dan juga lucu. Apalagi bantal leher ini juga bisa untuk mereka gunakan saat menjalani study tour ke luar kota atau bepergian bersama dengan keluarga.

17. Power bank

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Tercesa

Kini power bank merupakan bagian penting yang tidak bisa terpisahkan saat menggunakan smartphone. Menjadikan power bank sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat merupakan keputusan yang tepat. Hampir setiap masyarakat dari setiap kalangan memiliki smartphone, dan power bank merupakan kebutuhan dasar bagi setiap pemilik power bank. Oleh karena itu, menjadikan power bank sebagai hadiah lomba adalah hal yang tepat.

Power bank memiliki daya tarik yang luar biasa untuk menarik peserta lomba. Masyarakat pun akan sangat tertarik mengikuti lomba ketika mengetahui hadiah lomba yang menarik dan murah adalah power bank.

Di tengah era digital dengan perkembangan teknologi yang canggih, power bank memiliki daya tarik yang sangat tinggi. Kita bisa mendapatkan power bank dengan harga murah. Sekitar Rp 100 ribu, power bank bisa kita dapatkan dan dijadikan hadiah lomba.

18. Sembako

Aplikasi Super

Menjadikan sembako sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat merupakan keputusan yang tepat. Beras, minyak, terigu hingga mie instan bisa kita jadikan sebagai hadiah lomba yang akan sangat menarik peserta untuk mengikuti lomba. Sembako memiliki harga murah dan mudah untuk didapat, peserta juga akan mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan sembako ketika memenangkan lomba.

19. Topi cocok jadi hadiah lomba agustusan

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Bukalapak

Rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat lainnya adalah topi. Topi merupakan salah satu aksesoris kepala yang penting, bahkan tidak jarang sebagian orang menjadikan topi sebagai salah satu aksesoris wajib ketika melakukan aktivitas.

Untuk anak-anak, topi juga sangat bermanfaat karena dapat memberikan perlindungan bagi anak-anak ketika bermain di luar rumah, terutama melindungi anak-anak dari teriknya sinar matahari. Maka dari itu, menjadikan topi sebagai hadiah lomba agustusan yang bermanfaat bukan ide yang buruk.

20. Kaos kaki

Fimela

Rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat terakhir adalah dengan memberikan kaos kaki. Sedulur bisa memberikan kaos kaki sekolah atau kaos kaki untuk berpergian. Bagi anak sekolah, kaos kaki merupakan perangkat penting yang dibutuhkan, sama seperti tas dan peralatan menulis lainnya.

21. Hadiah lomba berupa voucher

Pinterest

Rekomendasi hadiah lomba yang bisa jadi pilihan yaitu voucher. Terutama bagi Sedulur yang masih bingung menentukan untuk memberikan hadiah apa. Ada banyak voucher yang bisa Sedulur berikan sebagai hadiah, mulai dari voucher pulsa, paket internet, hingga voucher makan dan berbagai minuman menyegarkan.

Voucher pulsa dan paket internet akan menjadi hadiah menarik, pasalnya saat ini di era digital hampir setiap orang memiliki smartphone dan membutuhkan pulsa dan paket internet. Dijamin hadiah ini bakal jadi hadiah laris dan menjadi rebutan setiap peserta lomba.

22. Peralatan ibadah

Pinterest

Sedulur juga bisa memberikan hadiah perlombaan agustusan dengan memberikan peralatan ibadah. Ada beberapa rekomendasi seperti sarung, sajadah, kopiah, mukena hingga tasbih atau Al-Quran. Beberapa peralatan ibadah di atas bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur berikan sebagai hadiah.

Atau Sedulur juga bisa memberikan paket peralatan ibadah. Selain lomba agustusan bisa mengajarkan rasa cinta dan nasionalisme, dengan hadiah peralatan ibadah, Sedulur sebagai panitia perlombaan juga menghimbau serta mengingatkan untuk tidak melupakan ibadah.

Peralatan ibadah juga bisa menjadi simbol bahwa mencintai negeri dan bangsa ini merupakan bagian dari perjuangan, terutama jika niat perjuangan tersebut didudukan sebagai sebuah ibadah.

23. Alat olahraga

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Unsplash

Selain peralatan ibadah, rekomendasi hadiah lainnya yang bisa Sedulur berikan adalah alat olahraga. Sedulur bisa memberikan hadiah alat olahraga yang sering dimainkan oleh masyarakat. Seperti sepakbola, bola voli, bulutangkis dan pingpong.

Ada banyak peralatan yang bisa diberikan, dari sepakbola Sedulur bisa memberikan sepatu, bola hingga kaos kaki. Dari bola voli, Sedulur bisa memerikan bola voli dan sepatunya. Bulutangkis, Sedulur bisa memberikan hadiah raket dan bulunya. Sementara pingpong, Sedulur bisa memberikan hadiah bet pingpong atau meja pingpong itu sendiri.

Dengan hadiah peralatan olahraga, Sedulur bisa memberikan saran dan arahan kepada pemenang lomba untuk terus berolahraga dan tidak lupa menjaga kesehatan.

24. Alat kebersihan

Unsplash

Rekomendasi hadiah selanjutnya yaitu alat kebersihan. Setelah menjaga ibadah dan menjaga kesehatan dengan berolahraga. Memberikan hadiah alat kebersihan juga berarti Sedulur tengah memberikan peringatan kepada setiap peserta lomba untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Mulai dari sapu hingga kain pel, ada banyak rekomendasi alat kebersihan yang bisa jadi pilihan hadiah lomba agustusan yang bermanfaat. Manfaat dan kegunaannya sangat jelas dan bisa digunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

25. Paket makanan ringan

Unsplash

Camilan dan makanan ringan tentu saja sangat disukai, termasuk oleh anak-anak yang mengikuti lomba agustusan. Hadiah lomba agustusan yang bermanfaat jelas memberikan hadiah makanan. Dengan memberikan hadiah makanan, banyak peserta yang akan senang.

Paket makanan ringan dan camilan yang diterima pun pasti akan habis dan disantap bersama-sama dengan peserta lomba agustusan lainnya. Tentu dengan memilih hadiah ini, akan ada banyak peserta yang senang mendapatkannya.

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

Manfaat mengadakan lomba agustusan

hadiah lomba agustusan yang bermanfaat
Pikiran Rakyat

Mungkin Sedulur bertanya-tanya, apa manfaat mengadakan lomba setiap merayakan kemerdekaan. Bukan hanya sekedar perayaan, mengadakan lomba juga memiliki beberapa manfaat. Terutama manfaat bagi anak-anak. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mengikuti lomba:

  • Mengenalkan sportifitas pada anak dan masyarakat pada umumnya.
  • Mengajarkan semangat juang, untuk mengingat perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
  • Menanamkan nilai kompetitif yang memegang teguh nilai kejujuran dan keadilan.
  • Mendorong rasa percaya diri, terutama pada anak.
  • Mempererat hubungan antara masyarakat, agar semakin terwujud lingkungan sosial yang baik.
  • Meningkatkan jiwa sosial masyarakat dan nilai-nilai kebersamaan.
  • Sebagai momentum untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang direbut oleh para pahlawan di masa lalu.

Dari berbagai macam manfaat di atas, kita dapat belajar banyak hal. Terutama sebagai individu dan masyarakat. Bagi anak-anak, lomba agustusan memegang peranan penting. Terutama untuk rasa percaya diri dan jiwa sosial anak.

Perlombaan dapat mendorong rasa percaya diri anak dan membuat anak berani untuk tampil di depan orang banyak. Ini akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari anak. Bahkan juga akan mempengaruhi masa depan anak.

Selain itu, dengan perlombaan anak-anak juga akan siap menerima kemenangan maupun kegagalan, di mana hal ini juga akan ditemui anak kelak dalam menjalani kehidupan. Memahami sebuah kekalahan juga membuat anak lebih berani dalam membuat keputusan kelak tanpa takut gagal.

Maka dari itu kita bisa paham kenapa lebih banyak perlombaan yang diadakan untuk anak-anak ketimbang untuk orang dewasa. Pelajaran terkait kemenangan dan kegagalan sangat penting bagi anak-anak, terutama untuk mengajarkan realitas yang ada di dunia.

Nah, itulah daftar rekomendasi hadiah lomba agustusan yang bermanfaat yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk diberikan saat perayaan agustusan di lingkungan rumah Sedulur. Semoga perayaan agustusan nanti menjadi momentum yang baik bagi kita untuk selalu mencintai negara kita tercinta ini.

Bukan hanya itu, semoga perayaan agustusan bisa menjadi momentum bagi kita untuk memperkuat rasa nasionalisme kita bukan hanya sekedar mencintai tanpa memiliki. Nasionalisme merupakan kebanggaan, rasa cinta dan juga rasa memiliki. Merdeka!