sepeda hias agustusan

Salah satu lomba yang biasa diadakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah lomba sepeda hias Agustusan. Biasanya, lomba ini akan diikuti oleh anak-anak yang dengan antusiasnya berkeliling sambil memperlihatkan berbagai macam bentuk modifikasi hias sepeda mereka.

Tidak perlu khawatir apabila Sedulur masih belum menemukan inspirasi dan referensi sepeda hias yang unik bagi si kecil, karena dalam artikel ini Sedulur akan diajak untuk melihat 15 ide sepeda hias Agustusan yang dijamin akan mencuri perhatian pada saat perlombaan nanti. Penasaran apa saja ide-ide tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai akhir!

BACA JUGA: 85 Pantun Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

1. Sepeda hias bertabur bunga

sepeda hias agustusan
Reddit

Ide sepeda hias unik dan menarik yang pertama adalah dengan memanfaatkan ornamen-ornamen bunga. Elemen bunga memang tidak pernah salah untuk dijadikan hiasan dalam berbagai kesempatan, salah satunya adalah pada saat perlombaan sepeda 17 Agustus ini.

-->

Sedulur dapat menggunakan berbagai macam hiasan bunga yang terbuat dari kertas warna-warni, bunga sintetis, atau bahkan bunga asli. Dengan menempelkannya pada sepeda, mengkoordinasikan setiap penempatannya agar terlihat rapi, maka dijamin sepeda sang buah hati akan terlihat semakin cantik. 

Warna-warna yang digunakan pun dapat Sedulur sesuaikan dengan keinginan buah hati. Biasanya, anak-anak perempuan yang menginginkan sepedanya dihias dengan bunga akan memilih warna yang cantik, seperti pink, biru muda, atau bahkan kombinasi dari warna bendera negara kita yaitu merah putih.

Bagian depan sepeda bisa dibuat seperti tameng yang dibentuk menyerupai bunga. Bagian belakang sepeda dapat juga dibuat lebih ramai mirip ekor burung merak dengan bunga-bunga hiasan kertas yang menjuntai tinggi.

2. Sepeda hias dengan lampu neon

YouTube

Bosan dengan hiasan yang itu-itu saja? Bagaimana kalau mencoba ide sepeda hias simple dengan lampu neon? Nah, salah itu konsep menarik ini boleh sekali untuk ditiru nih, Sedulur. Pasalnya, model sepeda dengan lampu neon ini tergolong jarang yang menggunakan di perlombaan sepeda hias Agustusan.

Badan sepeda dapat Sedulur tempel dengan lampu neon atau lampu kabel yang berwarna-warni. Sumber dayanya bisa menggunakan aki yang disimpan di tempat khusus di tengah badan sepeda. Ketika lampu dinyalakan, pasti setiap mata akan tertuju ke sepeda hias lampu neon tersebut.

Walaupun memang hiasannya akan terlihat lebih indah di malam hari, tetapi tidak ada salahnya kalau Sedulur coba konsep ini di siang hari. Memang tidak seramai hiasan sepeda orang lain, tetapi keunikan konsep ini tentu saja tidak ada yang menandingi.

Perlu menjadi catatan  apabila Sedulur ingin menerapkan konsep hiasan ini kepada sepeda buah hati, terlebih dahulu beri tahu dan pastikan lampu neon atau lampu kabel ini aman dan tidak mudah rusak. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada saat proses perlombaan mulai nanti.

BACA JUGA: Pengertian Growth Mindset Beserta Manfaat dan Penerapannya

3. Sepeda hias seperti kupu-kupu

sepeda hias agustusan
Popmama

Contoh sepeda hias yang selanjutnya adalah dengan mengintegrasikan ornamen berbentuk kupu-kupu ke sepeda anak. Kupu-kupu tidak jarang menjadi binatang favorit buah hati. Selain karena bentuk sayapnya yang indah, kupu-kupu juga terkadang memiliki warna sayap yang unik. 

Maka dari itu tidak mengherankan bahwa nantinya akan banyak sepeda hias model kupu-kupu ini di sesi perlombaan. Walaupun begitu, Sedulur tidak perlu khawatir sepeda anak akan terkesan mainstream karena sejatinya banyak cara yang super kreatif untuk membuat sepeda kupu-kupu ini menjadi menarik perhatian orang sekitar.

Sedulur dapat menggunakan paduan warna-warna cerah dan juga kertas-kertas warna yang meriah. Selain itu, bentuk sayap kupu-kupu tidak harus diletakkan di sisi sepeda, bisa juga dibuat seperti tameng di depan setang sepeda. Atau bisa juga dibuat besar di bagian belakang agar dapat memberikan kesan anak memiliki sayap pada saat mengendarai sepeda.

4. Sepeda hias modifikasi mirip motor

sepeda hias agustusan
YouTube

Ide sepeda hias cowok bisa memanfaatkan berbagai macam kendaraan otomotif favoritnya, seperti motor. Sedulur dapat dengan kreatif membuat sepeda seperti menjadi motor balap dengan bantuan kardus dan juga kayu-kayu untuk membentuk rangka motor di bagian luar sekitaran tubuh sepeda.

Jangan lupakan ruang yang cukup agar buah hati tetap bisa mengendarai sepedanya dengan nyaman, ya Sedulur. Inspirasi dapat dicari dengan melihat-lihat seperti apa bentuk motor yang digunakan pada ajang perlombaan MotoGP. Kesan unik pun akan bertambah apabila Sedulur mengecat dan mewarnai rangka motor-motoran tersebut semirip mungkin dengan contoh aslinya.

BACA JUGA: 20 Hadiah Lomba Agustusan yang Bermanfaat dan Murah

5. Sepeda hias ala pesawat terbang

sepeda hias agustusan
YouTube

Si kecil sangat suka dengan pesawat terbang? Yuk, coba modifikasi sepeda hias pesawat seperti yang tertera di gambar atas ini! Sedulur bisa mencermati sendiri beberapa contoh yang orang gunakan pada saat perlombaan ketika menghias sepedanya dengan kerangka ala-ala pesawat.

Pesawat yang dicontoh pun tidak harus berupa pesawat jet tempur, namun juga bisa pesawat komersial biasa. Asal dibentuk dengan rapi menggunakan kardus dan rangka kayu atau kawat yang aman, pasti hasil akhirnya akan sangat keren. Jangan lupa juga untuk memakaikan kostum ala-ala pilot ke si kecil agar menambah ramai suasana.

6. Sepeda hias khas merah putih

Pinterest

Setiap perayaan Agustusan sangat identik dengan warna merah putih. Warna merah putih tersebut memang berasal dari warna bendera negara kita. Jadi, tidak ada salahnya mengintegrasikan berbagai hiasan dengan kedua warna tersebut di sepeda buah hati.

Tentunya akan banyak sekali sepeda yang dimodel dengan dasar warna tersebut. Maka dari itu, ini menjadi tantangan bagi Sedulur untuk membuat sepeda hias Agustusan yang unik dan beda. Berbagai ornamen khas Indonesia dapat Sedulur gunakan di sepeda, seperti bambu runcing, balon-balon I love Indonesia, dan lain sebagainya. 

7. Sepeda hias unta

Pinterest

Sepeda hias yang bagus tidak hanya dengan hiasan yang ramai dan enak dipandang mata, tetapi juga dengan ide-ide unik yang tidak terpikirkan sebelumnya. Salah satu contohnya adalah dengan membuat sepeda hias mirip unta.

Memang, unta bukanlah binatang yang menjadi ciri khas atau dapat dengan mudah kita jumpai di tanah air. Tetapi, ide dan inspirasi yang beda dari kebanyakan itulah yang nantinya menjadi fokus daya tariknya.

Bagian tengah sadel dapat Sedulur jadikan tubuh unta, sedangkan tengah hingga depan badan sepeda dapat dibuat menyerupai leher dan kepala unta. Kalau ingin lebih meriah lagi, dandani si kecil dengan pakaian khas Jazirah Arab, dengan menggunakan gamis putih panjang dan serban yang menutup kepala.

BACA JUGA: Daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur Tidak Masuk?

8. Sepeda hias ala pernikahan

sepeda hias agustusan
Unsplash

Sepeda hias Agustusan juga dapat Sedulur buat dengan hiasan ala-ala pernikahan. Pernikahan identik dengan warna putih cerah, jadi sudah pasti masuk ke dalam tema Hari Kemerdekaan. Selain itu, sepeda dapat tampil dengan manis ketika diberi ornamen bunga-bunga indah yang menjuntai dari keranjang atau setang.

Walaupun terkesan sederhana, tetapi sepeda hias ala pernikahan juga tidak kalah menarik perhatian, loh!

9. Sepeda hias dibuat menjadi tank

Jawa Pos

Sepeda hias anak TK juga bisa Sedulur buat dengan menyerupai kendaraan tank milik tentara. Tentu saja, badan tank yang dibuat di luar sepeda ini perlu dibuat agak besar agar dapat menyerupai tank yang asli. Sedulur dapat memanfaatkan berbagai macam barang, seperti kardus, kayu, lem, dan lain sebagainya untuk mewujudkan fantasi  si kecil ini.

Pun warna yang perlu diberikan kepada badan tank ala-ala tersebut dapat dicat semirip mungkin dengan aslinya. Biasanya, kendaraan tank milik TNI di negara kita diberi warna loreng-loreng perpaduan antara hijau tua dan juga hitam. Jangan lupa untuk mencari kostum seragam TNI untuk si kecil agar semakin mirip dengan tentara sungguhan, ya!

10. Sepeda hias seperti burung garuda

sepeda hias agustusan
Pinterest

Burung garuda merupakan lambang dari Pancasila negara kita. Sehingga cocok apabila unsur-unsur burung garuda tersebut digunakan dalam lomba sepeda hias Agustusan. Kombinasi warna yang nantinya Sedulur akan gunakan mayoritas berwarna emas, dan juga ditambah aksen merah serta putih untuk menambah statement nasionalisme yang berkobar.

Selain itu, sepeda hias unik dari bahan bekas juga dapat mempermudah Sedulur untuk mencari bahan guna membuat badan burung garuda ini. Sedulur dapat mencari ide-ide dan inspirasi lain terkait konsep burung garuda ini di internet, ya!

11. Sepeda hias yang diikat dengan balon

Wallpaper Flare

Balon sepertinya menjadi salah satu unsur yang sering digunakan dalam menghias sepeda pada saat perlombaan 17 Agustus. Balon memang dapat menambah kemeriahan sepeda, terlebih lagi balon yang diisi gas hidrogen agar bisa melayang. Sedulur dapat dengan mudah menghias sepeda si kecil dengan balon, tinggal ikat di sana dan di sini, tambahi hiasan kertas warna-warni, sepeda pun siap digunakan.

BACA JUGA: Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia Beserta Bisnisnya

12. Sepeda hias dengan layang-layang

Instagram

Sudah kehabisan ide untuk mendekorasi sepeda hias Agustusan? Kenapa tidak coba dengan layang-layang? Ya, layang-layang memang dapat menambah unsur keunikan sepeda. Ia dapat dipasang di depan seperti tameng, lalu diberi warna merah putih khas perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

13. Sepeda hias mirip unicorn

Pinterest

Walaupun sepertinya jauh dari tema 17 Agustus, tetapi sepeda hias mirip unicorn ternyata memiliki daya tarik sendiri, loh! Pasalnya, model sepeda hias Agustusan dengan unicorn ini sangat jarang terpikir oleh kebanyakan orang. Maka dari itu, sepeda buah hati akan langsung menjadi pusat perhatian.

Warna-warna dekorasi yang dapat Sedulur kombinasikan adalah putih, pink, ataupun ungu. Jangan lupa untuk berikan glitter di badan sepeda agar semakin meriah seperti hewan unicorn yang turun dari dunia magic.

14. Sepeda hias Mickey Mouse

Popmama

Salah satu karakter kartun favorit anak-anak adalah Mickey Mouse. Tokoh Mickey dan Minnie memang tidak pernah lekang oleh waktu. Maka dari itu, tidak ada salahnya menambahkan karakter tersebut ke sepeda hias Agustusan buah hati.

Wajah Mickey maupun Minnie dapat dipasang di bagian depan setang sepeda. Untuk hiasan lain, sesuaikan dengan selera Sedulur dan juga keinginan si kecil, ya!

15. Sepeda hias mirip kapal

Bung Hazza

Ide sepeda hias Agustusan yang terakhir adalah dibuat mirip kapal. Hampir mirip dengan tank, tubuh kapal di luar sepeda ini perlu dibuat dengan agak besar supaya benar-benar terlihat mirip. Kapal yang dapat dicontoh pun bermacam-macam, bisa dari kapal perang, kapal nelayan, dan lain-lain.

Tips menghias sepeda

sepeda hias agustusan
Popbela

Berikut ini merupakan tips menghias sepeda yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Cek kesehatan sepeda terlebih dahulu.
  • Pilih tema hiasan dengan kesepakatan anak.
  • Buat hiasan yang tidak mengorbankan keselamatan si kecil.
  • Sesuaikan pakaian atau kostum buah hati dengan sepeda.
  • Lapisi badan sepeda dengan koran terlebih dahulu untuk mencegah cat yang terkelupas.
  • Persiapkan dari jauh-jauh hari.

Nah Sedulur, itu dia 15 ide sepeda hias Agustusan yang dapat menjadi inspirasi dan referensi Sedulur untuk mempersiapkan lomba 17 Agustus nanti, ya! Semoga artikel ini dapat banyak membantu!