Daun songke sempat ramai dibicarakan dalam 2 tahun belakangan ini, terutama saat pandemi Covid-19 mulai menyerang Indonesia. Hal ini tak lepas dari munculnya rumor bahwa daun ini dapat mengurangi gejala sampai menyembuhkan Covid-19. Namun, apakah hal tersebut benar dan dapat dipercaya?

Dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas berbagai macam hal terkait daun songke. Terutama terkait manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Khasiat ini sendiri muncul karena kandungan daun sungkai yang mengandung banyak zat aktif, mulai dari peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, hingga flavonoid yang bisa meningkatkan kadar leukosit.

Terlepas dari sagala perdebatan yang membuat daun sungkai menjadi ramai dibicarakan. Kita bisa abaikan terlebih dahulu perdebatan terkait daun songke yang diklaim bisa mengatasi Covid-19. Kita bisa langsung membahas beberapa manfaatnya yang telah terbukti. Yuk, mari langsung cek ulasan berikut ini!

BACA JUGA: Khasiat & Manfaat Daun Sambung Nyawa Serta Cara Konsumsi

-->

1. Meningkatkan imunitas

daun songke
klikdokter

Manfaat dari daun songke yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas. Sebenarnya dengan manfaat satu ini saja telah cukup untuk menjaga kita untuk terhidar dari Covid-19. Karena dengan imunitas yang kuat, Covid-19 tidak akan berani singgah di dalam tubuh kita.

Khasiat yang pertama ini sangat dipercaya dan diyakini oleh masyarakat Suku Lembak di Bengkulu. Untuk mendapatkan khasiat satu ini, Sedulur bisa menggunakan daun sungkai terutama yang masih sangat muda. Daun sungkai muda memiliki warna ungu kemerahan dan akan tumbuh di bagian paling atas.

Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara yang super mudah. Sedulur hanya tinggal mengambil satu genggam daun yang masih muda dan merebusnya hingga mendidih. Tiriskan air rebusan daun songke kemudian minum secara rutin setiap harinya.

2. Menyembuhkan sariawan

alodokter

Kasiat daun songke selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan sariawan secara efektif. Meskipun sariawan seringkali dianggap sepele, namun sariawan dapat membuat kita tidak nyaman saat makan dan minum, bahkan sariawan yang kita alami bisa menganggu kita saat akan berbicara.

Walaupun bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja kita perlu melakukan ikhtiar untuk sembuh. Hal ini juga lebih baik agar sariawan tidak lantas berubah menjadi peradangan yang serius. Cara menggunakan daun sungkai untuk mengobati sariawan sangat mudah, yaitu dengan menjadikan daun sungkai sebagai obat kumur.

Sedulur bisa merebus beberapa lembar daun, lalu gunakan air rebusannya sebagai obat kumur. Hal ini sangat efektif karena ekstrak daun sungkai dapat berkeja sebagai antibakteri terhadap S aureus dan E coli, yang merupakan penyakit penyebab infeksi, salah satunya yaitu sariawan.

BACA JUGA: 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi, Ampuh!

3. Mengatasi malaria

daun songke
honestdocs

Khasiat daun songke selanjutnya yaitu dapat mengatasi malaria. Lagi-lagi, daun songke digunakan oleh Suku Lebak Bengkuli sebagai obat tradisional untuk sebuh dari sakit malaria. Hal ini juga telah terbukti secara ilmiah karena daun sungkai mengandung sifat antipiretik yang dapat menurunkan panas dan demam, termasuk juga gejala malaria.

Daun sungkai juga mengandung zat aktif seperti peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, hingga flavonoid yang bisa meningkatkan kadar leukosit. Hal tersebut dapat secara efektif mengatasi malaria dan bahkan dapat menyebuhkan tubuh kita dari sakit malaria.

4. Untuk ibu bersalin

hellosehat

Jika ada yang bertanya apa manfaat daun songke? Sedulur bisa menyebutkan bahwa daun ini dapat membuntu persalinan ibu yang akan melahirkan. Air rebusan daun sungkai dicampurkan dengan air biasa, dapat digunakan Ibu hamil yang baru melahirkan, karena daun sungkat dapat memberisihkan tubuh ibu hamil yang berlumran darah dan sisa cairan setelah kelahiran.

Selain itu, air rebusan daun sungkai juga dapat membuat otot-otot dalam tubuh ibu hamil lebih rileks. Namun, bagi ibu hamil yang melahirkan secara caesar, penggunakan ini tidak disarankan karena akan menimbulkan infeksi pada luka jaitan bekas caesar. Manfaat ini hanya dianjurkan dan disarankan bagi ibu hamil yang melahirkan secara normal. Selain tubuh yang bersih dan rileks, ibu hamil juga dapat terhindar dari kuman dan bakteri bekas sisa lahiran.

BACA JUGA: 10 Manfaat Temulawak Obat Herbal yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

5. Kesuburan rahim perempuan

daun songke
hellosehat

Fungsi daun ini selanjutnya adalah untuk kesuburan rahim perempuan. Banyak faktor yang menentukan keseuburan perempuan, salah satunya kondisi kejiwaan dan konsumsi obat-obatan, dan masalah berat badan atau obesitas.  Bukan hanya kelebihan berat badan, namun juga kekurangan berat badan bisa mempengaruhi rahim perempuan.

Bukan hanya itu, akibat kelelahan bekerja dan juga kondisi stress dapat juga mempengarhui kesehatan dan kesuburan perempuan. Hal ini bisa terjadi akibat perubahan hormon yang disebabkan oleh stres dan kondisi pikiran. Selain untuk menjalani kehidupan yang sehat, Sedulur juga harus mulai untuk berolahraga agar dapat meningkatkan kesuburan rahim.

Karena, dengan berolahraga dapat meningkatkan kesuburan rahim dan menjaga kestabilan hormon. Jauhi juga asap rokok dan minta pasangan untuk berhenti merokok, minuman beralkohol juga harus dihindar. Jika pola hidup sehat bisa Sedulur laksanakan, Sedulur bisa memanfaatkan daun sungkai.

Daun songke merupakan minuman herbal yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal merebusnya, lalu minum air rebusannya secara rutin. Hasilnya, kesuburan perempuan akan kembali baik dengan terlihat dari siklus haid perempuan yang lancar.

6. Dapat mengatasi sakit gigi

kompas

Selanjutnya adalah dapat mengobati sakit gigi. Karena penyebab utama sakit gigi adalah kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi dan mulut. Songke merupakan daun yang mengandung manfaat untuk membunuh kuman dan bakteri secara efektif. Sedulur hanya memerlukan beberapa tangkai daun muda, lalu merebusnya.

Kemudian air rebusannya bisa Sedulur konsumsi secara teratur, dan jika perlu Sedulur bisa berkumur menggunakan air rebusan tersebut hingga sakit gigi teratasi. Air rebusan daun ini juga dapat digunakan sebagai obat kumur untuk membersihkan gigi dan mulut. Hal tersebut disebabkan karena daun sungkai mengandung antibakteri.

Diperkirakan bahwa kandungan antibakteri yang terdapat dalam daun ini yaitu golongan alkaloid dan flavonoid yang memang dapat bekerja dengan efektif untuk menangkal segala kuman dan bakteri yang ada dalam tubuh kita. Sehingga bukan hanya bagian gigi dan mulut saja yang bisa terhindar dari bakteri, namun juga seluruh tubuh kita jika.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

7. Mencegah Covid-19

daun songke
iloveborneo

Tidak dapat disangka, bahwa terdapat manfaat daun sungkai untuk mengatasi covid-19. Di tengah status Covid-19 yang masih menjadi pandemi, daun songke menjadi salah satu obat herbal dan obat alternatif mengatasi Covid-19. Hal ini tentu saja membuat masyarakat mencobanya.

Hingga saat ini, perihal daun songke masih menjadi rumor bahwa salah satu manfaatnya dapat mengatasi Covid-19. Bahkan, oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19), yang disampaikan di laman resemi mereka, menyatakan bahwa perihal songke dapat mengatasi Covid-19 adalah hoaks.

Hal tersebut bahkan disampaikan langsung oleh Kementerian Informasi di Laman resmi mereka, bahwa daun sungkai tidak bisa menyembuhkan seorang pasien Covid-19. Keputusan tersebut merupakan langkah cerdas untuk membuat masyarakat menjadi lebih paham dan melek terkait berita yang merupakan fakta dan hoaks.

Hal tersebut disebabkan hingga saat ini belum ada penelitian resmi perihal ini, yang menyatakan setiap pasien Covid-19 dapat menyembukan Covid-19. Namun, terdapat manfaat lain dari daun itu yang juga bisa dirasakan oleh tubuh. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba meminum daun ini.

Itulah penjelasan terkait manfaat daun songke yang bisa dirasakan oleh tubuh. Perihal apakah songke bisa mengatasi Covid-19, kendati pun perdebatannya masih berlangsung, kita bisa mengabaikannya terlebih dahulu dan menikmati khasiat lainnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Sedulur, ya!