sambiloto

Walaupun rasanya yang pahit, namun ternyata ada banyak manfaat sambiloto bagi kesehatan manusia. Bahkan, tanaman herbal yang satu ini telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional. Tentu saja hal ini karena kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. 

Sambiloto (Andrographis paniculata) atau yang juga sering disebut sebagai samiloto, memiliki kandungan zat aktif yang disebut dengan andrografolida. Zat tersebut bisa ditemukan pada bagian batang dan juga daunnya, dan mempunyai sifat antibakteri, antiradang, serta antivirus.

Selain itu, tanaman ini juga kaya antioksidan, lho. Di antaranya seperti terpenoid, saponin, flavonoid, dan tannin. Berkat kandungan berbagai zat kimia di dalamnya, membuat tanaman ini kerap dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

-->

Manfaat daun sambiloto

sambiloto
genpi

Seperti yang kita tahu, alam telah menyediakan obat penawar untuk hampir setiap penyakit, salah satinya melalui tanaman herbal yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun sambiloto yang perlu Sedulur tahu.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

sambiloto
pexels

Sudah sejak lama sambiloto dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Tanaman herbal yang satu ini, dinilai mampu merangsang sekaligus memperbaiki kinerja sel-sel darah putih. Sehingga tubuh kita bisa lebih efektif dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab infeksi.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak dari daun ini juga bisa meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker, lho. Jadi tidak heran jika saat ini ekstrak sambiloto kapsul banyak dijual di apotek dan toko-toko obat.

2. Meringankan gejala flu

sambiloto
pexels

Beberapa riset yang pernah dilakukan, berhasil menunjukkan jika sambiloto memiliki manfaat untuk meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, demam, nyeri tenggorokan, serta batuk dan pilek. Selain itu, daun ini juga efektif untuk mempercepat proses pemulihan flu.

Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan zat yang bersifat antibakteri, antiradang, dan juga antivirus. Untuk memaksimalkan manfaat tersebut, Sedulur dapat memilih suplemen dari ekstrak sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng.

Akan tetapi, mengonsumsi tanaman herbal ini saja tidaklah cukup. Sedulur juga disarankan untuk beristirahat yang cukup, makan dan minum secara teratur, dan jauhi asap rokok serta polusi supaya flu bisa lebih cepat hilang.

3. Meredakan demam

sambiloto
pexels

Bisa dibilang jika demam merupakan salah satu reaksi tubuh yang terjadi karena peradangan. Kondisi seperti ini, umumnya akan terjadi pada saat tubuh mengalami infeksi, misalnya saja karena terserang virus atau bakteri.

Nah, dalam hal ini, daun sambiloto bisa menjadi obat untuk meredakan demam secara alami. Hal ini berkat efek antibakteri, antiradang, dan antivirus yang terkandung di dalam tumbuhan herbal tersebut. Sedulur bisa mengonsumsinya secara rutin hingga demam hilang.

4. Meredakan peradangan

sambiloto
pexels

Peradangan adalah cara alami tubuh untuk melindungi dan juga memulihkan diri dari penyakit, infeksi, serta cedera. Walaupun begitu, ternyata peradangan dapat membahayakan kesehatan apabila berlangsung dalam jangka yang lama.

Ketika mengalami peradangan, seseorang akan merasakan berbagai gejala seperti tidak enak badan, nyeri, demam, hingga bengkak di bagian tubuh tertentu. Ya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan peradangan tersebut, dan salah satunya adalah mengonsumsi sambiloto. Tanaman ini sudah digunakan untuk mengatasi gejala peradangan sejak lama. Manfaat ini bisa diberikan karena adanya kandungan zat antiradang di dalamnya.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Dandelion Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

pexels

Selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman sambiloto juga dikenal dengan manfaatnya dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa riset di laboratorium, berhasil menunjukkan hasil yang cukup menakjubkan.

Ekstrak dari sambiloto ini dinilai mampu menghambat sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, masih dibutuhkan riset secara lebih lanjut yang benar-benar membuktikan efektivitas tanaman herbal ini sebagai obat kanker alami.

6. Menurunkan tekanan darah

pexels

Tanaman sambiloto memang biasa dikonsumsi sebagai jamu, suplemen, maupun teh herbal. Bukan karena tanpa alasan, tanaman ini juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, lho.

Menurut riset, sambiloto mampu berperan dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah bisa lebih lancar. Selain itu, tanaman herbal tersebut juga dinilai mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Akan tetapi, Sedulur perlu berhati-hati ketika mengonsumsi tanaman ini, terutama ketika sedang menjalani pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan daun tersebut bisa saja menimbulkan efek samping, seperti hipotensi atau penurunan tekanan darah secara drastis.

7. Melindungi liver

pexels

Bisa dikatakan jika tanaman sambiloto ini mempunyai sifat pelindung liver yang sangat melimpah. Sifat yang satu ini, membuat tanaman tersebut mampu membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh serta berkontribusi terhadap liver yang sehat.

Tidak hanya sampai di situ, tanaman herbal ini juga bisa membantu meregenerasi sel-sel liver. Dengan ini, maka kesehatan liver akan tetap terjaga dengan baik.

8. Menurunkan kadar gula darah

pexels

Beberapa riset menunjukkan jika ekstrak sambiloto terlihat bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, tanaman ini juga cukup efektif dalam mengobati diabetes dengan zat metformin di dalamnya.

Selain itu, daun ini juga dianggap dapat melindungi kulit dari infeksi, paparan sinar matahari, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Namun jika dikonsumsi berlebihan, tanaman ini justru berpotensi menimbulkan efek samping yang berbahaya, yakni hipoglikemia.

Berbagai klaim manfaat dari sambiloto di atas memang sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi, tanaman ini belum terbukti bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi suatu penyakit tertentu. Maka dari itu, sebaiknya Sedulur berkonsultasi dengan dokter dulu jika hendak mengonsumsinya sebagai obat.

BACA JUGA: 12 Buah Warna Hitam Manis yang Kaya Manfaat dan Populer

Hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi sambiloto

halodoc

Apabila dikonsumsi dalam jangka waktu pendek dengan dosis yang tepat, biasanya sambiloto tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan terjadinya beberapa efek samping, seperti muntah, kehilangan nafsu makan, diare, kelelahan, sakit kepala, dan juga reaksi alergi.

Penggunaan dalam dosis yang terlalu tinggi dan jangka panjang juga berisiko menimbulkan efek samping yang tidak main-main, seperti kerusakan hati.

Tidak hanya itu, tanaman herbal ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang memiliki kondisi medis tertentu, misalnya tekanan darah rendah serta kelainan darah alias autoimun.

Tanaman sambiloto juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan, karena berkemungkinan timbulnya efek interaksi obat. Jadi agar tetap aman, alangkah baiknya Sedulur berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kemang Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui

Nah, itulah manfaat, tips sebelum mengonsumsi, serta gambar daun sambiloto yang perlu untuk diketahui. Mengingat kemungkinan munculnya efek samping setelah dikonsumsi, bisa disimpulkan bahwa penggunaan sambiloto sebagai obat-obatan itu tidak bisa sembarang dilakukan.

Tentu saja Sedulur tidak ingin penyakit lain yang berasal dari efek samping mengonsumsi tanaman herbal ini kan? Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengonsumsinya itu sangat disarankan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.