buah warna hitam

Bisa dibilang buah warna hitam itu cukup langka, dan lebih sulit ditemukan jika dibandingkan dengan buah berwarna merah ataupun hijau. Meskipun begitu, buah-buahan tersebut mempunyai kepentingan serta manfaatnya tersendiri bagi kesehatan kita.

Menurut suatu penelitian, warna hitam pada buah itu berasal dari antosianin, salah satu jenis flavonoid (sub-kelompok dari grup senyawa polifenol yang ada pada tumbuhan). Antosianin ini menjadi pigmen yang berperan dalam memberikan warna pada buah-buahan, termasuk warna hitam.

Selain itu, antosianin juga bersifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan radikal bebas yang memicu kerusakan sel serta menaikkan risiko penyakit tertentu. Nah, di bawah ini beberapa nama buah warna hitam dan juga makanan-makanan lain yang memiliki warna gelap.

BACA JUGA: 12 Buah Penambah Darah Untuk Atasi Anemia, Wajib Konsumsi!

1. Zaitun hitam

buah warna hitam
sfidn

Pada saat buah zaitun dipanen dalam keadaan matang dengan sempurna, secara alami akan menjadi hitam karena akumulasi dari antosianin.

Suatu penelitian berhasil menunjukkan jika total senyawa fenolik di dalam buah zaitun hitam berlipat ganda jika dibandingkan dengan buah zaitun yang berwarna hijau. Hal ini karena proses pematangan yang sebelumnya berhasil meningkatkan konsentrasi senyawa yang terkandung di dalam buah.

Dengan begitu, maka buah warna hitam kecil tersebut dinilai ampuh dalam melawan berbagai penyakit yang berbahaya, seperti gangguan, jantung kanker, dan penyakit inflamasi.

2. Anggur hitam

buah warna hitam
ayobandung

Seperti yang telah diketahui, anggur merupakan salah satu buah yang bisa ditemukan secara melimpah di seluruh dunia. Untuk anggur hitam, dinilai mengandung antioksidan, resveratrol, quercetin, dan phenolic acid yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggur merah atau hijau.

Anggur hitam juga kaya akan kandungan flavonoid dan polifenol, sehingga membuat rasanya lebih manis, warnanya lebih gelap dan juga lebih bergizi dibandingkan jenis anggur lainnya. Buah hitam asam manis juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Anggur hitam dipercaya mampu melawan radikal bebas, menghambat perkembangan sel tumor, hingga melindungi dari komplikasi diabetes.

3. Blackberry

buah warna hitam
tempo

Blackberry menjadi salah satu buah yang sering digunakan dalam dessert maupun dibuat menjadi selai. Terbukti, blackberry kaya akan kandungan antosianin dan juga senyawa fenolik seperti ellagitannin dan flavonol.

Semua kandungan tersebut berkontribusi untuk efek antioksidan buah yang berfungsi untuk membantu mencegah penyakit neurodegeneratif yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer, penyakit inflamasi seperti radang sendi, serta penyakit kronis seperti diabetes.

Selain itu, buah ini juga mengandung salicylic acid dan ellagic acid, yang bersifat toksik bagi sel kanker. Bahkan, buah yang satu ini juga disebut-sebut berada di peringkat teratas dalam daftar 1000 makanan kaya polifenol, lho.

4. Blackcurrant

buah warna hitam
depositphotos

Berbeda dari beberapa buah sebelumnya, rasa yang mencolok dari blackcurrant adalah asam. Oleh karena itu, buah hitam asam ini biasanya tidak dimakan secara langsung. Melainkan diolah menjadi selai atau minuman tertentu.

Meskipun begitu, kandungan vitamin C per 100 gramnya berkali-kali lipat dari asupan harian yang disarankan, lho. Kandungan anthocyanin di dalamnya pun juga sangat berkhasiat untuk menghambat inflamasi penyebab kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Selain itu, buah ini juga mampu memberikan beberapa manfaat, seperti memperkuat imunitas tubuh, meredakan peradangan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, hingga menjaga kesehatan mata.

5. Ceri hitam

buah warna hitam
pikiran-rakyat

Sama halnya seperti blackcurrant, ceri hitam juga memiliki rasa asam yang lebih tajam jika dibandingkan dengan jenis ceri lainnya. Oleh sebab itu, jenis ceri yang satu ini lebih sering diolah menjadi selai, manisan, atau minuman terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Buah kecil warna hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Berkat antioksidannya yang bersifat antiinflamasi, membuatnya cukup efektif untuk mengatasi encok.

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang mampu diberikan oleh ceri hitam. Di antaranya seperti baik untuk kesehatan jantung, membantu menghilangkan stres, mencegah kerusakan pada gigi, baik untuk kesehatan kulit, dan juga membantu mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

BACA JUGA: Fakta Buah Beetroot, Si Merah dengan Segudang Nutrisi

6. Raspberry hitam

detik

Gambar buah warna hitam terlihat sangat menarik, begitupun juga dengan rasanya. Ya, raspberry hitam ini memang memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada raspberry merah. Buah yang satu ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, lho.

Polifenol utama yang terkandung di dalam buah ini termasuk asam fenolik dan antosianin, yang bertanggung jawab atas tingginya aktivitas antioksidan di dalamnya. Raspberry hitam dipercaya mampu mencegah risiko kanker usus besar, prostat, dan esofagus.

Manfaat lain yang dimiliki oleh raspberry hitam seperti, membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, memelihara fungsi otak, menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta, memelihara kesehatan jantung.

7. Buah naga hitam

ukkfapertaunsoed

Apa Sedulur tahu jika ada buah naga warna hitam? Namun tidak seperti yang lain, warna hitam pada buah naga ini bukan pada kulitnya, melainkan pada daging buahnya. Nah, daging buah tersebut memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan membuat kandungan betakarotin dalam buah tersebut meningkat.

Manfaat dari Betakarotin sendiri diyakini mampu meminimalkan serangan jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Tidak hanya sampai disitu, buah naga hitam ini  juga tidak kehilangan manfaat utamanya seperti mencegah tanda penuaan, melawan radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan zat besi, dan juga mengatasi diabetes.

8. Apel hitam

kumparan

Bagi Sedulur yang belum tahu, apel hitam menjadi salah satu buah yang sulit untuk ditemukan. Sehingga harga dari jenis apel ini sangat mahal. Tidak hanya memiliki warna hitam yang unik dan tidak biasa, buah ini juga mempunyai rasa yang sangat manis, bahkan lebih manis dari jenis apel yang lain.

Hal ini disebabkan kandungan glukosa dalam apel hitam yang jauh lebih tinggi daripada jenis apel lainnya. Selain rasanya yang lebih manis, apel hitam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apel hitam ini mengandung senyawa antibakteri yang mampu mencegah bakteri berbahaya menyerang tubuh. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, buah yang satu ini kaya akan vitamin A, yang mana manfaat dari vitamin tersebut adalah memberikan efek baik bagi kesehatan mata.

9. Plum hitam

lampung

Buah plum hitam dikenal dengan kandungan vitamin A, zat besi, magnesium, vitamin C, kalium, vitamin B, serat, mineral, vitamin K, fenol serta beberapa kandungan yang lainnya. Ya, buah plum sendiri memang sangat jarang ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Hal ini karena buah plum, termasuk plum hitam merupakan salah satu buah yang diimpor dari luar negeri. Jadi tidak heran jika harganya lebih mahal dibandingkan dengan buah-buahan lokal.

Nah, ada beberapa manfaat dari plum hitam bagi kesehatan, di antaranya seperti obat alami sembelit, membantu mencegah osteoporosis, melancarkan peredaran darah, menjaga keseimbangan asam-basa tubuh, menurunkan risiko degenerasi macula, mempertahankan sistem saraf sehat, dan lain sebagainya.

10. Bawang hitam

alodokter

Jika dilihat dari luar, mungkin Sedulur akan berpikir bahwa ini adalah bawang putih biasa. Namun jangan salah, jika dibuka maka isinya berwarna hitam, lho.

Jenis bawang ini mengandung tua allicin, sebuah senyawa bioaktif kuat yang teroksidasi dan diubah menjadi bentuk lebih stabil yang dikenal sebagai S-allyl mercapto cysteine ​​(SAMC) dan juga S-allyl cysteine ​​(SAC).

Senyawa tersebut menjadi antioksidan kuat yang membantu mencegah berbagai penyakit terkait stres oksidatif. Selain itu, manfaat lainnya seperti mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

11. Beras hitam

agronet

Beras hitam dipercaya mempunyai efek antioksidan terhadap berbagai gangguan stres oksidatif seperti Alzheimer, peradangan, dan juga aterosklerosis. Keberadaan dari antioksidan antosianin tersebut, berperan besar dalam memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan, berhasil menunjukkan efek pelindung saraf dari beras hitam ini terhadap iskemia serebral.

12. Kacang hitam

aktual

Kacang hitam memiliki kandungan sejumlah besar karbohidrat yang tidak bisa dicerna. Hal ini berkaitan dengan efek glikemik rendah, kolesterol serum yang rendah, serta risiko rendah kanker usus besar.

Selain itu, kacang hitam juga dipercaya mampu mencegah risiko penyakit metabolik. Ini bisa terjadi berkat kandungan seratnya yang sangat tinggi dan juga adanya kapasitas antioksidan untuk melawan berbagai penyakit.

BACA JUGA: Buah Klimaterik dan Non Klimaterik, Ini Perbedaan & Contohnya!

Mungkin hanya itu beberapa buah warna hitam yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Ya, walaupun tidak semua yang ada di dalam daftar itu adalah buah-buahan, namun warna hitam pada buah tersebut juga mengindikasikan manfaat-manfaat khusus.

Sebagian besar dari buah hitam yang sudah disebutkan di atas, memiliki lebih banyak manfaat daripada warna yang lainnya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.