Buah kemang

Jika mendengar kata “Kemang”, Sedulur pasti berpikir salah satu lokasi di Jakarta, yakni daerah Kemang. Hal ini memang tidak salah, sebab memang ada daerah dengan nama tersebut di Jakarta Selatan. Namun, tahukah Sedulur bahwa daerah Kemang di Jakarta Selatan sebenarnya diambil dari nama jenis buah? Daerah tersebut memang diambil dari nama buah kemang.

Konon, buah kemang memang berasal dari kawasan tersebut. Dulunya ia banyak ditemukan di salah satu kawasan di Jakarta Selatan tersebut, itulah mengapa kawasan itu akhirnya dinamakan Kemang. Sayangnya, sekarang buah asli Indonesia ini mulai langka ditemukan.

Buah kemang khas Bogor

buah kemang
masukpakeko.id

Keberadaan buah yang menyerupai buah mangga ini semakin hari semakin langka. Bahkan di kawasan asalnya, yakni di Kemang, buah ini semakin jarang ditemui. Namun dilansir dari Kompas, buah kemang mulai banyak dibudidayakan di Bogor.

Sehingga tanaman kemang diangkat sebagai flora identitas khas Kabupaten Bogor. Buah ini memiliki karakteristik yang mirip dengan buah mangga, namun bentuknya lebih lonjong, kulitnya lebih tebal dan berwaran cokelat muda.

-->

Sementara pohonnya lebih tinggi dari pohon mangga dan daunnya lebih rimbun serta melingkar di ujung batang. Buah ini juga biasanya panen di masa-masa musim hujan, itulah mengapa ia banyak tumbuh di kawasan dataran rendah dan kawasan pinggir sungai yang sering tergenang air.

Manfaat buah kemang

buah kemang
Green Indonesia

1. Menjaga stamina dan energi

Sama halnya dengan jenis buah-buahan yang lain, kandungan buah kemang juga kaya akan mineral dan vitamin. Sehingga tak heran, jika dikonsumsi secara rutin bisa menamah stamina dan energi Sedulur.

Namun, hal penting yang tetap perlu diingat adalah selain rutin makan buah-buahan, Sedulur juga harus rutin mengonsumsi sayuran dan makanan bergizi lainnya.

2. Sumber protein

Salah satu kandungan buah kemang yang bisa menambah energi adalah protein. Selain menambah energi, protein dalam buah ini juga bisa bermanfaat perawatan jaringan tubuh, pembentukan hormon, enzim dan antibodi. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah ini, badan Sedulur akan kuat dan tidak gampang terserang penyakit.

3. Menjaga kesehatan mulut

Buat Sedulur yang mudah terserang sariawan, maka butuh asupan vitamin C yang cukup banyak. Buah ini adalah salah satu sumber vitamin C yang bisa Sedulur konsumsi. Sehingga jika bosan denga buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, maka bisa mencoba buah asli Indonesia ini untuk menghindari permasalahan kesehatan mulut, seperti sariawan dan mulut tak segar.

4. Menurunkan risiko kanker

Kanker biasanya menyerang seseorang karena pola hidup yang tidak sehat. Asupan makanan yang tak dijaga bisa menjadi salah satu penyebab. Untuk menyeimbangkan hal tersebut, Sedulur harus mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan senyawa yang dapat berperan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Buah ini jadi salah satu buah yang bisa Sedulur konsumsi untuk menurunkan risiko kanker. Vitamin C dalam buah kemang tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut, tetapi seringkali menjadi terapi konvensional pada penderita kanker.

5. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lain yang bisa dinikmati setelah rutin mengonsumsi buah ini adalah bisa membantu kinerja otak. Sehingga kinerja otak bisa menjadi maksimal.

6. Menyehatkan ginjal

Tak hanya menurunkan risiko kanker, ternyata buah langka khas Indonesia ini bisa bisa membantu menyehatkan kondisi ginjal. Dengan rutin mengonsumsi, ginjal Sedulur bisa terlindungi dari kerusakan dan serangan penyakit.

7. Meningkatkan imunitas

Kandungan vitamin C dalam buah kemang ternyata tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan memperbaiki sel-sel rusak dalam tubuh, namun juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh Sedulur. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah ini, sistem kekebalan tubuh Sedulur akan meningkat dan tak gampang terserang penyakit.

Tak hanya vitamin C, kandungan vitamin E dalam buah kemang ternyata memiliki manfaat yang sama. Buah langka satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak bukan? 

8. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat vitamin C dalam buah kemang masih belum berhenti di situ. Kandungan ini ternyata bisa menjaga kesehatan jantung, sehingga risiko terkena serangan jantung bisa diminimalisir. Vitamin C dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung. 

9. Baik untuk pencernaan

Buah ini adalah jenis buah yang sangat mudah dicerna, sehingga tak akan membuat perut terasa penuh dan begah. Itulah mengapa, buah ini baik dikonsumsi untuk memelihara sistem pencernaan Sedulur. Cara makan buah kemang sangat mudah. Sedulu hanya perlu mengupas kulitnya, lalu mengiris daging buahnya sesuai selera.

10. Mencegah alzheimer

Efek radikal bebas ternyata tak hanya sebagai pemicu penyakit kanker, tetapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Hal ini yang menyebabkan oksidasi protein dan peroksidasi lipid dapat memicu berbagai penyakit, termasuk Alzheimer. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang terkandung dalam buah ini bisa menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan meminimalisir risiko Alzheimer. Apalagi asupan vitamin E biasanya diberikan kepada penderita Alzheimer untuk menunda penurunan ingatan. 

Nah itu dia sejumlah manfaat buah kemang yang saat ini semakin langka. Namun, Sedulur harus bangga bahwa buah asli Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang konon masih masuk dalam keluarga mangga ini memiliki rasa asam manis dan aroma yang wangi. Tak kalah lezat bukan?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.