susu diet

Kebanyakan orang menjalankan program diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, Sedulur tidak dianjurkan untuk mengurangi porsi makan secara sembarangan karena dapat berakibat tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, salah satu cara untuk memenuhi nutrisi saat sedang diet adalah dengan mengkonsumsi susu diet.

Susu diet sendiri merupakan jenis susu yang diformulasikan untuk membantu program penurunan berat badan. Umumnya, susu diet memiliki kandungan protein yang cukup tinggi namun rendah lemak.

Menariknya, saat ini telah tersedia beragam produk susu diet yang bisa Sedulur temukan di pasaran. Agar tidak bingung, berikut sudah dirangkum 12 rekomendasi susu diet terbaik untuk menurunkan berat badan. Dalam artikel ini juga akan dipaparkan informasi lain mengenai pengertian, jenis-jenis, hingga tips diet yang sehat. Yuk, langsung disimak artikel selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Tips Diet Sehat Mudah yang Bisa Kamu Coba

-->

Apa itu diet?

diet
iStock

Sebelum menyimak rekomendasi susu diet terbaik, ada baiknya Sedulur memahami pengertian diet beserta tips memilih susu diet terlebih dahulu. Dengan begitu, Sedulur juga dapat menjalankan program diet secara tepat sehingga tidak malah membahayakan tubuh karena perubahan porsi maupun pola makan.

Pertama, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diet merupakan istilah kedokteran yang memiliki arti aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya. Biasanya diet dijalankan berdasarkan petunjuk dari dokter.

Sementara menurut laman Halodoc, diet adalah pola makan yang cara makan dan jenis makanannya diatur. Diet bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan di samping dalam rangka menjaga berat badan. Oleh karena itu, diet kerap diidentikkan dengan program penurunan berat badan.

Meski begitu, diet sebenarnya lebih tepat diartikan sebagai program untuk menjaga kesehatan. Ada beberapa orang yang melakukan diet atas anjuran dokter karena mengidap penyakit tertentu. Program diet tersebut dilakukan untuk mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi yang harus dipenuhi saat diet

iStock

Meski bertujuan untuk menurunkan berat badan, Sedulur tidak boleh mengurangi porsi makan secara sembarangan saat sedang diet. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, kondisi tersebut tentu bisa berakibat pada munculnya masalah kesehatan.

Nah, agar tidak salah dalam melakukan diet, ada baiknya Sedulur berkonsultasi dengan dokter. Sementara untuk menambah wawasan, berikut beberapa nutrisi yang wajib dipenuhi saat diet.

  • Serat. Kandungan nutrisi satu ini bermanfaat untuk mencegah sembelit, menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung, serta mengatur kadar gula darah.
  • Kalsium. Zat nutrisi berupa kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, dan otot.
  • Vitamin D. Zat vitamin satu ini dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang.
  • Zat besi. Merupakan nutrisi yang berperan dalam peredaran oksigen ke sel dan jaringan di seluruh tubuh.

Jenis-jenis diet

iStock

Melihat dari tujuannya, ada beberapa jenis atau metode diet yang umum dilakukan. Berikut ulasan singkatnya.

  • Diet Keto, adalah metode diet dengan pola makan tinggi lemak dan protein, tetapi rendah karbohidrat. Metode diet ini bertujuan untuk mendapatkan kalori dari protein dan lemak.
  • Diet Puasa (Intermittent Fasting), adalah metode diet dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Metode diet ini tidak mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, namun lebih berfokus pada pengaturan waktu makan.
  • Diet Atkins, merupakan metode diet yang bertujuan untuk mengendalikan asupan karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak baik.
  • Diet Paleo, adalah jenis diet dengan cara menirukan gaya hidup khususnya pola makan manusia di era prasejarah. Metode diet ini disebut dapat meminimalkan risiko penyakit jantung, diabeter, hingga kanker.
  • Diet Mediterania, adalah jenis diet dengan mengonsumsi makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Diet Defisit Kalori, Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Mengenal susu diet

susu diet
iStock

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat diet seperti yang telah dijelaskan di atas, Sedulur bisa mengkonsumsi susu diet. Lantas, apa yang dimaksud dengan susu diet?

Secara umum, susu diet memiliki tekstur dan rasa seperti susu lain. Jenis susu ini juga bisa berasal dari berbagai sumber, seperti susu sapi, susu kambing, ataupun susu kedelai. Namun biasanya susu diet memiliki kalori yang lebih rendah. Misalnya yaitu susu low fat (rendah lemak) dengan kalori 50-150 kkal/100 mL dan susu skim atau susu tanpa lemak dengan kalori 30-100 kkal/100 mL.

Perbedaan kandungan susu tersebut dengan jenis susu lain membuatnya lebih cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Terlebih jika ingin menurunkan berat badan.

Manfaat susu untuk diet

susu diet
iStock

Ada beberapa manfaat mengkonsumsi susu saat menjalankan program diet khususnya untuk menurunkan berat badan. Berbagai manfaat ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang berlimpah di dalam segelas susu, baik itu susu sapi maupun susu yang berasal dari kacang-kacangan seperti susu kedelai. Berikut beberapa manfaat susu untuk diet yang perlu Sedulur ketahui.

  • Membantu mengembalikan stamina setelah berolahraga.
  • Membantu pembentukan otot dengan kandungan proteinnya.
  • Membantu proses pembakaran lemak dengan adanya kandungan kalsium.
  • Memberikan rasa kenyang dengan adanya kandungan protein.

Tips memilih susu untuk diet

iStock

Setelah mengetahui apa itu susu diet dan berbagai manfaatnya, berikut ada beberapa tips memilih susu untuk diet menurut para ahli yang bisa Sedulur ikuti.

  • Perhatikan kandungan nutrisinya. Sebaiknya, pilih susu yang memiliki kandungan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan kalori, lemak, karbohidrat, dan protein harian.
  • Pilih bentuk susu sesuai kebutuhan. Sedulur bisa memilih susu bubuk untuk konsumsi jangka panjang atau susu cair jika yang lebih praktis untuk dikonsumsi.
  • Pilih susu sesuai kondisi Sedulur. Jika Sedulur memiliki alergi terhadap susu sapi, tak ada salahnya mencoba susu dari kacang-kacangan atau protein whey.
  • Perhatikan kandungan gula dalam susu. Biasanya produk susu dengan beragam rasa memiliki kandungan gula di dalamnya. Untuk itu penting bagi Sedulur memperhatikan kandungan gula pada susu terlebih jika memilih susu dengan rasa tertentu. 

BACA JUGA: Kenali Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu!

Rekomendasi susu untuk diet

Setelah menyimak aneka informasi tentang susu diet beserta tips memilihnya, berikut sudah dirangkum 12 rekomendasi susu diet terbaik. Rekomendasi produk susu di bawah ini bisa menjadi referensi Sedulur untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saat menjalankan program diet. 

1. Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Original

Tropicana Slim

Rekomendasi susu diet yang pertama adalah Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Original, produk susu yang diklaim tanpa lemak, bebas gula, dan tinggi kalsium. Oleh karenanya, produk ini cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet maupun untuk menjaga kadar gula darah diabetesi untuk tetap normal.

Tak hanya itu, Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro juga mengandung Omega 3 dan Serat Pangan yang baik untuk kesehatan jantung. Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 117 ribu untuk kemasan ukuran 500 gram.

2. Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix

Herbalife

Berikutnya adalah Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix. Produk susu diet dari Herbalife ini tinggi akan kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral. Adapun beberapa manfaat Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix adalah sebagai berikut.

  • Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Memiliki kandungan vitamin B1 dan B2 yang mendukung perubahan karbohidrat menjadi energi
  • Membantu pembentukan energi dan jaringan, proliferasi dan pembentukan sel darah merah
  • Membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen

Sedulur bisa memperoleh produk Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix dengan harga mulai dari Rp561 ribu dengan ukuran kemasan 550 gram.

3. Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla

Tropicana Slim

Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla adalah pilihan susu untuk diet yang berikutnya dari brand Tropicana Slim. Produk ini memiliki keunggulan sebagai susu rendah lemak dengan rasa vanilla yang tinggi akan kandungan serat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, juga terdapat kandungan serat pangan larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung koroner.

Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp80 ribu untuk kemasan 500 gram.

4. L-Men Lose Weight

L-Men

Sedulur yang ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot bisa memilih L-Men Lose Weight. L-Men sendiri telah dikenal sebagai brand suplemen tinggi protein yang terbukti efektif untuk menjaga massa otot. Produk L-Men Lose Weight sendiri dibuat dengan formula nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat badan hingga 1,5 kilogram per minggu.

Hal itu disebabkan karena L-Men Lose Weight adalah suplemen pengganti makan yang membuat Sedulur merasa kenyang namun tetap memenuhi kebutuhan protein harian. Ada beberapa varian yang bisa dipilih, yaitu Chocolate Cereal, Avocado Coffee, dan Mango Sticky Rice. Sedulur bisa mengkonsumsi susu diet ini sebanyak 2 gelas setiap hari sebagai pengganti makan pagi dan malam.

Adapun L-Men Lose Weight dibanderol dengan harga mulai dari Rp138 ribu untuk kemasan 300 gram.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

5. Kalbe Slim & Fit Meal Replacement

susu diet
KALCare

Slim & Fit Meal Replacement adalah produk susu diet pengganti makan dari Kalbe. Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang  tinggi protein dan serat serta kalori terkontrol 200 kkal per saji.

Selain itu, ada pula Formula Slim Expert, formulasi khusus untuk diet sehat yang tepat dan seimbang yang membantu menurunkan berat badan rata-rata 2-4 kg dan mengecilkan lingkar pinggang 2 cm dalam 4 minggu. Sedulur juga bisa mengkonsumsi Slim & Fit Meal Replacement untuk membantu pengaturan pola makan sehat dalam mempertahankan berat badan ideal.

Slim & Fit Meal Replacement dari Kalbe ini bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp70 ribu.

6. Ultra Milk Low Fat High Calcium

Ultrajaya

Ultra Milk Low Fat High Calcium adalah susu sapi yang diproduksi dan disterilkan melalui proses Ultra High Temperature (UHT). Berbeda dengan produk susu Ultrajaya yang lain, Ultra Milk Low Fat High Calcium diformulasikan dengan kandungan lemak yang rendah dan tinggi akan kalsium. Oleh karenanya, susu diet ini dapat membantu penyerapan kalsium sekaligus menjaga dan menurunkan berat badan Sedulur.

Tersedia tiga pilihan ukuran kemasan, yaitu 1000 ml dan 250 ml serta dua varian rasa, yakni plain dan cokelat. Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp7 ribu. untuk kemasan 250 ml.

7. Flimty Flimeal

Klik Flimty

Flimty Flimeal adalah minuman pengganti makanan atau meal replacement yang dapat mendukung program diet Sedulur, terutama untuk menurunkan berat badan. Flimeal dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti protein dari kacang-kacangan, protein kedelai isolate, beras cokelat, biji chia, bubuk flaxseed oil, dan stevia. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan.

Sedulur bisa memperoleh produk Flimty Flimeal dengan harga mulai dari Rp229 ribu untuk 1 box isi 12 sachet.

8. V-SOY Multi Grain Soy Milk

Beautynesia

Rekomendasi yang selanjutnya adalah V-SOY Multi Grain Soy Milk. Susu diet yang berasal dari susu kedelai ini cocok untuk Sedulur yang alergi atau intoleran terhadap laktosa. Selain dibuat dengan kacang kedelai, V-SOY Multi Grain Soy Milk juga mengandung multigrain, di antaranya wijen hitam, beras merah, dan gandum. Perpaduan aneka biji-bijian itu membuat produk ini kaya akan nutrisi di samping memiliki cita rasa yang lezat.

Produk V-SOY Multi Grain Soy Milk tersedia dalam kemasan siap minum dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp8 ribu untuk ukuran 200 ml dan Rp31 ribu untuk ukuran 1 liter.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk Minyak Goreng untuk Diet, Bikin Sehat!

9. Nestle Bear Brand Gold

GitaCinta.com

Bear Brand merupakan merek susu siap minum dari Nestle yang cukup populer di Indonesia. Produk susu steril ini memiliki dua varian, yaitu Bear Brand Reguler dan Bear Brand Gold. Secara umum, keduanya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Hanya saja, produk Bear Brand Gold disebut memiliki kandungan lemak yang lebih rendah serta tinggi akan kalsium.

Adapun Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp11 ribu.

10. Garden of Life Raw Organic Fit

Susu Diet
Garden of Life

Selanjutnya adalah Garden of Life Raw Organic Fit, susu diet yang dibuat dengan bahan-bahan organik dan bebas GMO serta keamanannya sudah teruji klinis. Produk ini dapat membantu Sedulur merasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan chia seed di dalamnya. Sehingga pola makan akan lebih terkontrol. Selain itu, ada pula svetol dan kayu manis yang membantu memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Garden of Life Raw Organic Fit juga memiliki formula berupa probiotik dan enzim yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Oleh karenanya, produk ini juga cocok untuk Sedulur yang sering mengalami konstipasi.

Adapun produk Garden of Life Raw Organic Fit bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp965 ribu untuk kemasan 890 gram.

11. WRP Lose Weight Meal Replacement

WRP

WRP Lose Weight Meal Replacement adalah produk minuman pengganti makanan yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menjalani program diet. Susu diet ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan kalori terkontrol, tinggi protein, dan tinggi kalsium.

Selain kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, WRP Lose Weight Meal Replacement juga hadir dengan pilihan rasa yang enak, misalnya Choco Cereal. Adapun Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp103 ribu untuk kemasan 300 gram.

12. Greenfields Skimmed Milk

Greenfieldsdairy.com

Rekomendasi susu diet terbaik yang terakhir adalah Greenfields Skimmed Milk. Greenfields merupakan brand produk olahan susu asal Indonesia yang cukup banyak digemari masyarakat. Produk-produk Greenfields pun dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Salah satunya adalah Greenfields Skimmed Milk yang kerap direkomendasikan sebagai susu diet.

Greenfields Skimmed Milk memiliki keunggulan berupa kandungan lemak yang sangat rendah, yaitu hanya 0,1% dan protein yang cukup tinggi, yakni 10 gram per sajian. Meski begitu, produk ini memiliki cita rasa yang enak karena mengandung gula alami sehingga juga aman dikonsumsi oleh Sedulur yang sedang mengatur konsumsi gula harian.

Greenfields Skimmed Milk dibanderol dengan harga mulai dari Rp22 ribu.

BACA JUGA: Apa Itu Diet Keto? Ketahui Manfaat dan Resikonya

Bonus: tips diet sehat

iStock

Sebagai informasi tambahan, berikut ada beberapa tips diet sehat yang bisa Sedulur ikuti agar diet yang dijalankan bisa memberikan hasil maksimal untuk kesehatan secara umum maupun untuk mencapai berat badan yang ideal.

  • Hitung kebutuhan kalori harian sebagai bahan untuk menyusun pola makan.
  • Membuat jadwal makan yang teratur.
  • Mengatur porsi makan beserta jenis makanan yang dikonsumsi.
  • Olahraga secara teratur.
  • Memperhatikan makanan yang dikonsumsi terutama terkait kandungan nutrisinya.

Demikian tadi ulasan 12 rekomendasi susu diet terbaik untuk Sedulur. Selain itu juga telah dipaparkan informasi singkat mengenai diet serta tips memilih susu diet. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan sekaligus membantu Sedulur dalam menjalani program diet, ya!