sticker telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Kemudahan, kelengkapan fitur, serta jaminan privasi untuk penggunanya memang jadi satu nilai plus yang membuatnya beda menonjol dibanding aplikasi sejenis. Apps ini juga mengizinkan pengguna untuk membuat grup yang anggotanya mencapai ribuan. Selain itu, sticker Telegram yang lucu mampu membuat banyak orang semakin tertarik.

Tak perlu heran jika ada banyak users yang mulai beralih ke aplikasi asal Rusia ini. Fitur stiker yang bisa dipersonalisasi ini dapat dibuat oleh tiap pengguna dengan sangat mudah. Tak heran deh kalau banyak meme baru yang bertebaran di sana dan membuat momen bertukar pesan jadi lebih seru. Sedulur salah satu penggunanya dan ingin membuat sticker Telegram sendiri? Gampang, kok. Ikuti cara-cara berikut.

BACA JUGA: Cara Mencari HP yang Hilang, Keadaan Mati Atau Hidup. Gampang!

 1. Membuat gambar untuk sticker Telegram

telegram sticker set
unsplash.com

Pertama-tama, membuat sticker Telegram itu gratis, Sedulur. Jadi, tak perlu dana tambahan. Modal kalian adalah kreativitas, waktu, komputer, dan tentunya koneksi internet yang memadai. 

-->
  • Pilih gambar yang ingin kalian jadi stiker dan potong background-nya. Kalian bisa menggunakan beberapa situs penyedia jasa potong background gratis di internet seperti Removebg, Removal.ai,  dan lain sebagainya. 
  • Simpan gambar dalam format PNG dengan resolusi minimal 512 x 512 pixel. 
  • Tiap stiker harus berupa gambar yang terpisah satu sama lain. 

2. Mengunggah Telegram sticker set

telegram sticker
unsplash.com
  • Buka aplikasi Telegram di PC lewat situs https://web.telegram.org/z/
  • Masuk ke akun Telegram Sedulur yang sudah terdaftar 
  • Kirim pesan ke akun Telegram Sticker chatbot. Nama akun resminya @Stickers dengan tanda cawang biru di sampingnya. Jangan sampai salah 
  • Ketik /newpack pada kolom pesan dan tekan Enter
  • Ketik nama yang ingin kamu sematkan pada sticker pack buatanmu, tekan Enter lagi 
  • Unggah Telegram sticker pertamamu dengan menekan ikon File dan cari gambar yang hendak kamu jadikan stiker di PC-mu 
  • Bot sticker Telegram akan mengarahkanmu untuk memilih tema stiker buatanmu. Jadi, jika kamu membuat stiker bertema bahagia, kamu disarankan memilih emoji yang menunjukan perasaan senang 
  • Ulangi langkah ini untuk mengunggah gambar lain yang ingin kamu masukan dalam sticker pack dan jangan lupa pilih emoji sesuai dengan mood tiap stiker yang kamu buat 

3. Mempublikasi stiker di Telegram 

bot sticker telegram
unsplash.com
  • Setelah semua gambar selesai diunggah, ketik /publish pada kolom pesan dan tekan Enter 
  • Telegram bot akan memintamu untuk mengunggah gambar utama untuk sticker pack yang sudah kamu buat dan unggah. Kamu bisa mengunggah gambar lain di tahap ini. Pastikan format gambar yang kamu pakai tetap PNG 
  • Namun, kamu bisa melompati langkah ini dengan mengetik /skip. Aplikasi akan otomatis menjadikan stiker pertama yang kamu unggah sebagai gambar utama. 
  • Terakhir, beri nama url atau tautan untuk stiker buatanmu. Silakan gunakan nama yang mudah saja, tidak perlu terlalu banyak angka dan simbol, cukup satu kata yang digabung tanpa spasi. Misalnya sedulursuper. Ketikan kata itu di kolom pesan dan bot akan otomatis mengirimkan tautan url sticker pack buatanmu. 

Stiker buatanmu sudah jadi dan bisa langsung digunakan sendiri, maupun dipakai orang lain yang memiliki tautannya. Harga sticker Telegram Rp0 ini alias gratis atau tidak dipungut biaya.

BACA JUGA: 7 Cara Melihat Akun Instagram yang di Private Tanpa Harus Follow

4. Cara membagikan sticker pack Telegram ke orang lain

sticker telegram rp
unsplash.com

 Ada dua cara membagikan sticker pack Telegram ke orang lain. Lengkapnya sebagai berikut: 

  • Bagikan dengan mengirim tautan ke kontak Sedulur, caranya teruskan pesan dari chatbot Telegram yang berisi tautan stiker 
  • Pakai fitur Add stickers yang akan langsung menambahkan sticker buatanmu di kolom koleksi. Saat ia sudah masuk kolom koleksi stikermu, Sedulur bisa langsung mengirimkannya ke kontak yang sudah terdaftar dengan cara menekan ikon stiker beberapa waktu sampai menu pilihan aksi muncul 

5. Macam-macam kode perintah untuk bot Telegram 

sticker di telegram
unsplash.com

Ada beberapa kode perintah yang bisa kamu pakai membuat stiker. Gunakan di kolom chat degan bit Telegram. Berikut beberapa di antaranya: 

  • /newpack untuk membuat Telegram sticker pack baru 
  • /addsticker untuk menambahkan stiker baru pada pack yang sudah pernah kamu buat. Perlu diketahui, tidak ada batasan jumlah stiker maksimal untuk tiap pak. Sedulur bebas untuk menambah atau menguranginya. 
  • /delsticker untuk menghapus stiker dari pak yang sudah kamu buat 
  • /ordersticker untuk mengatur urutan stiker dalam pak
  • /stats digunakan untuk melihat statistik penggunaan stiker tertentu, jadi Sedulur bisa mengecek sudah berapa kali stiker tersebut dipakai 
  • /top pakai saat kamu ingin melihat stiker buatanmu yang paling banyak dipakai 
  • /packstats untuk mengecek statistik penggunaan sticker pack 
  • /packtop dipakai untuk melihat sticker pack mana yang frekuensi penggunaannya paling banyak 

BACA JUGA: 3 Cara Download Scribd Terbaru Tanpa Login, Mudah & Cepat!

6. Menjual stiker di Telegram

stiker telegram
unsplash.com

Kabar baiknya lewat Telegram beberapa ilustrator dan desainer grafis bisa meraup untung. Ada beberapa cara memonetisasi stiker Sedulur. 

Menjual karya ke perusahaan Telegram 

Di situs resminya, Telegram membuka kesempatan untuk para pembuat stiker untuk mengajukan karya orisinal mereka. Mereka dengan gamblang mengumumkan preferensi stiker yang diinginkan, yaitu stiker yang bertema dan menggunakan ikon-ikon pengetahuan seperti potret penemu-penemu terkenal. 

Menjual karya ke klien langsung 

Situs Russia Beyond The Headlines juga pernah membahas beberapa desainer grafis asal Rusia yang berhasil menjual stiker mereka ke pihak-pihak tertentu setelah sebelumnya membuat stiker gratis. Telegram beda dengan beberapa platform perpesanan lainnya yang eksklusif saat bicara stiker. Ada beberapa platform yang hanya menerima stiker dari ilustrator dan desainer yang mereka pilih dan ajak kerja sama.

Singkatnya, tidak semua kreator bisa membuat stiker sendiri seperti di Telegram. Telegram memungkinkan desainer dan ilustrator untuk memamerkan karya mereka dan nantinya akan ada klien-klien yang memesan stiker custom dengan bayaran yang bisa didiskusikan.

Mudah bukan langkah membuatnya? Sedulur bisa langsung mempraktikan langkah-langkah di atas sekarang juga. Hanya untuk seru-seruan atau bahkan dibisniskan terserah saja. Asalkan jangan berharap banyak terutama jika kamu masih pemula. Gunakan platform tersebut untuk menunjukan kemampuan dulu. Siapa tahu rezeki Sedulur datang dari arah yang lain. 

Setelah memiliki koleksi stiker yang lucu di Telegram, kamu bisa melanjutkan kegiatan untuk belanja di Aplikasi Super. Belanja kebutuhan tetap bisa jalan, kegiatan untuk senang-senang bisa tetap dilanjutkan. Murah dan praktis, yakin nggak mau coba?