cara menghilangkan komedo di hidung

Komedo yang membandel di area wajah memang membuat risih dan mengganggu penampilan. Rasanya risih dan gemas apabila melihat masalah kulit wajah ini tak kunjung menghilang. Tenang saja, ada berbagai cara menghilangkan komedo di hidung dengan ampuh yang bisa dicoba.

Komedo biasanya muncul akibat adanya penumpukan sel kulit mati. Selain itu, masalah pada kulit ini juga bisa diakibatkan kelenjar minyak yang berlebihan diproduksi. Untuk Sedulur yang sudah risih, berikut adalah cara menghilangkan komedo di hidung yang terbukti ampuh. Yuk, disimak. 

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Komedo Membandel Secara Alami & Mudah

1. Masker tomat

cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen
Unsplash

Masker tomat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di pipi dan hidung. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C. Selain itu, tomat juga memiliki sifat mencerahkan kulit secara alami. Minyak berlebih juga bisa terserap secara efisien dan bisa mengecilkan pori-pori di wajah. 

-->

Maka dari itu, masker tomat sangat baik untuk dipakai untuk pemilik kulit berminyak. Kemampuan yang ada di dalamnya mampu untuk membersihkan lemak serta minyak ekstra yang menempel di kulit.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotong beberapa irisan bulat dari tomat dan dihaluskan sesuai tekstur yang diinginkan. Kemudian, gosok irisan atau tomat yang sudah dihaluskan tersebut pada kulit, utamanya pada area yang memiliki banyak bakal jerawat. Selain digosok, kamu juga bisa mengoleskannya secara lembut pada kulit hingga mengering. Lalu, bilas menggunakan air hangat.

2. Scrub gula merah

cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat
Unsplash

Menggosok kulit dengan butiran halus gula merah diklaim sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung secara alami. Sedulur bisa membuat bahan-bahannya sendiri sesuai yang ada di dalam rumah, lho. 

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan satu sendok makan gula merah dengan perasan buah lemon sebanyak dua sendok makan. Tambahkan juga satu sendok teh madu mentah dan aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, oleskan pada permukaan dagu, hidung, atau area lainnya yang memiliki banyak bakal jerawat. 

Pijat dengan lembut selama kurang lebih lima menit, bilas hingga bersih. Menurut seorang dokter bernama Alexander Dane, scrub alami ini bisa mengangkat sisa minyak yang masih terjebak dan terhambat dalam pori-pori. Tak hanya itu, perasan air lemonnya juga ampuh melawan infeksi yang diakibatkan dari bakteri yang telah menumpuk.

3. Kunyit

produk menghilangkan komedo hitam di hidung
Unsplash

Berikutnya adalah kunyit yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Banyak yang mengira bahwa kunyit hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak atau campuran jamu saja. Ternyata, kunyit juga ampuh untuk mengatasi bakal jerawat, lho.

Langkah yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkan satu sendok makan kunyit dan satu sendok makan air atau minyak kelapa, lalu diaduk sampai membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke area wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas.

Akan tetapi, Sedulur harus hati-hati dalam menggunakan kulit untuk kecantikan wajah, karena bisa meninggalkan noda berwarna kuning. Jadi, bilas dengan menggunakan sabun pencuci wajah dan air sampai benar-benar bersih, ya.

BACA JUGA: 14 Facial Wash untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

4. Putih telur

cara menghilangkan komedo di hidung secara alami
Unsplash

Penyebab komedo di hidung itu beragam, salah satunya adalah perubahan hormon di masa pubertas sehingga bisa meningkatkan minyak di kulit. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan putih telur pada area wajah. 

Putih telur dipercaya bisa membantu pori-pori pada kulit hidung yang terbuka, sehingga bakal jerawat bisa dengan mudah dikeluarkan. Tak hanya itu saja, putih telur juga bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit dengan efektif dan secara alami. Tekstur yang dimiliki oleh putih telur cenderung lengket. Sehingga mudah untuk menempel dan bisa membersihkan bakal jerawat yang mengganggu penampilan.

Untuk menggunakannya, Sedulur hanya butuh beberapa sendok putih telur dan dua sendok teh air perasan lemon. Campurkan dua bahan tersebut dan oleskan ke area yang memiliki banyak bakal jerawat. 

Biarkan lapisan masker yang pertama hingga mengering dan oleskan lagi lapisan kedua. Diamkan hingga dua puluh menit dan bilas dengan menggunakan air mengalir. Supaya wajah tidak terasa bau atau lengket, jangan lupa untuk mencucinya sampai benar-benar bersih, ya.

5. Oatmeal

cara menghilangkan komedo di hidung dengan baby oil
Unsplash

Biasanya, oatmeal digunakan sebagai salah satu makanan diet yang efektif. Ternyata, makanan ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung secara alami. Dilansir dari Journal of Drugs in Dermatology, makanan ini memiliki sifat antiinflamasi, bisa menenangkan kulit, serta pengelupasan kulit. 

Sedulur bisa menggunakannya untuk mengatasi bakal jerawat. Caranya juga mudah. Cukup mencampurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt, serta satu sendok minyak zaitun menjadi satu. Kemudian, oleskan ke permukaan kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama dua puluh menit dan bilas menggunakan air bersih.

6. Gel aloe vera

penyebab komedo di hidung
Unsplash

Gel lidah buaya memiliki kandungan yang mampu mengontrol produksi sebum dan minyak wajah yang berlebih. Seperti yang diketahui bahwa sebum merupakan penyebab utama timbulnya bakal jerawat yang membandel. Maka dari itu, lidah buaya mampu dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya, Sedulur bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung ke semua permukaan wajah sebagai masker. Utamakan pada bagian yang memiliki bakal jerawat. Diamkan selama 10 menit hingga sedikit kering dan bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

BACA JUGA: Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah yang Benar & Aman untuk Kulit

7. Kayu manis

Kayu manis
Unsplash

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan baby oil sudah biasa untuk dilakukan. Selain baby oil, ada juga cara yang cukup ampuh untuk menyamarkan bakal jerawat ini, yaitu dengan menggunakan kayu manis. Umumnya, kayu manis yang Sedulur kenal adalah sebagai penambah cita rasa hidangan. 

Ternyata, kayu manis juga memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu mencegah infeksi dan membasmi bakteri. Untuk mengaplikasikannya, Sedulur bisa menambahkan madu yang bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan cepat. 

Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan setengah bubuk kayu manis dan aduk sampai rata. Kemudian, aplikasikan bahan tersebut pada bagian hidung yang mempunyai bakal jerawat. Bilas menggunakan air hangat setelah mendiamkannya selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, ulangi penggunaannya sebanyak dua kali dalam seminggu.

8. Gunakan plester khusus pembersih dan pengangkat komedo

pembersih khusus
Wollipop

Komedo putih di hidung merupakan salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika minyak, bakteri, serta sel kulit mati terjebak di dalam pori-pori. Selain itu, folikel rambut pun juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan bakal jerawat tertutup.

Untuk mengatasinya, Sedulur bisa menggunakan plester khusus untuk mengangkat dan membersihkan komedo putih. Plester khusus uni bisa membantu membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, serta penyumbat pori-pori di hidung.

Akan tetapi, plester ini biasanya tidak bisa mencegah bakal jerawat kembali lagi dikarenakan tidak mengontrol produksi minyak. Ketika sedang menggunakan plester khusus ini, pastikan Sedulur menghirup uap dari air panas terlebih dahulu supaya pori-pori bisa terbuka. Kemudian, barulah menggunakan plester khusus ini. Jangan menggunakan plester ini setiap hari ya, karena bisa menyebabkan kulit menjadi mudah untuk iritasi serta kering.

9. Bersihkan menggunakan salicylic acid

Kompas

Membersihkan wajah dengan salicylic acid menjadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat. Ini dikarenakan asam salisilat ini mampu memecah bahan yang bisa menyumbat pori-pori. Misalnya adalah sel kulit mati, kotoran usai menjalani aktivitas, serta minyak berlebih.

Cobalah menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat ini selama dua kali dalam sehari. Jika belum terbiasa, cukup digunakan sekali dalam sehari. Ketika sudah mulai terbiasa, maka gunakan selama dua kali sehari. Apabila terdapat reaksi pada wajah, hentikan penggunaannya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

10. Eksfoliasi

Eksfoliasi
Tribun

Selanjutnya adalah dengan pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Jika Sedulur memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya menghindari eksfoliasi dengan scrub karena bisa melukai kulit. Supaya lebih aman, gunakan produk menghilangkan komedo hitam di hidung untuk eksfoliasi yang aman seperti Beta Hydroxy Acid (BHA) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Kedua bahan aktif tersebut bisa mengangkat sel kulit mati dan bakal jerawat yang mengganggu penampilan. Namun, kulit akan menjadi lebih rentan iritasi ketika terpapar sinar matahari karena kedua zat aktif tersebut bisa melenyapkan lapisan kulit bagian atas. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika akan beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

Demikian berbagai cara menghilangkan komedo yang bisa Sedulur coba mulai dari menggunakan bahan alami hingga penggunaan skincare. Selain melakukan langkah-langkah diatas, ada baiknya untuk diimbangi juga dengan menjaga kebersihan kulit wajah. 

Setelah beraktivitas di dalam maupun ruangan, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah agar kotoran yang tersumbat dapat tertarik keluar. Apalagi, jika Sedulur melakukan aktivitas dengan riasan wajah. Apabila tidak dibersihkan sepenuhnya, maka bisa menyebabkan komedo hingga jerawat yang mengganggu penampilan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.