cara mengecilkan paha

Sebagian besar perempuan merasa kurang percaya diri karena bentuk paha yang terlalu besar. Tidak hanya itu, paha besar ini membuat mereka kurang percaya diri ketika mengenakan dress, rok, dan lain sebagainya. Nah, apakah Sedulur ingin mencoba cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu singkat?

Jika ingin paha dan betis menyusut dalam hitungan hari, tentu saja Sedulur tidak boleh bermalas-malasan. Ayo ikuti cara mengecilkan betis dan paha dalam 2 hari dengan beberapa gerakan ampuh berikut ini.

BACA JUGA: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet Sehat 30 Hari!

1. Lunges

cara mengecilkan paha
pexels

Gerakan yang pertama adalah lunges. Untuk melakukan gerakan tersebut, Sedulur bisa berdiri dengan tegak. Kemudian tempatkan salah satu kaki ke depan sembari lutut ditekuk serendah mungkin, sampai lutut yang lainnya menyentuh lantai.

Setelah itu, langsung kembalilah ke posisi awal. Lakukan gerakan yang satu ini dengan repetisi 10-12 kali, lakukan hingga 3 set. Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan lunges pada kaki yang satunya ya.

2. Squat

cara mengecilkan paha
pexels

Cara mengecilkan betis dan paha yang berikutnya, adalah melakukan gerakan squat. Tidak hanya mengecilkan paha dan betis, gerakan ini juga cukup ampuh untuk melatih otot tubuh bagian bawah. Caranya, yakni dengan berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu.

Kemudian posisikan tangan Sedulur lurus ke depan. Kemudian turunkan pantat mendekati lantai, dan tahan posisi tersebut hingga 20 detik. Kembali ke posisi awal, dan ulangi hingga 10 kali.

3. Leg lift

cara mengecilkan paha
sehatq

Jika Sedulur mencari cara mengecilkan paha sambil tiduran, maka gerakan yang paling tepat adalah leg lift . Gerakan ini akan membantu mengencangkan paha, terutama bagian dalamnya. Sedulur bisa berbaring di matras dengan tangan di bagian samping dan kaki rapat.

Setelah itu, angkat setinggi 46 derajat, dan tahan posisi tersebut selama 15 detik. Kembali ke posisi awa dengan perlahan, dan ulangi gerakan sampai 10 kali.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah Tanpa Diet

4. Fire hydrant

victoremgear

Gerakan yang berikutnya ini, dimulai dengan mengambil posisi seperti merangkak. Pastikan supaya tangan dan lutut Sedulur terbuka selebar bahu. Kemudian luruskan satu kaki ke belakang, dan jangan agar posisi pinggul seperti semula.

Sedulur perlu menahan gerakan ini selama beberapa detik, lalu kembali lagi ke posisi awal. Nah, ulangi gerakan tersebut hingga 15 kali.

5. Skipping

cara mengecilkan paha
pexels

Mungkin Sedulur sudah tahu jika skipping atau lompat tali sangat efektif untuk membakar lemak. Tentu saja, gerakan yang satu ini bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran paha dan betis. Sedulur bisa melakukannya 20 hingga 30 menit dalam satu hari.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, pastinya Sedulur harus melakukannya secara rutin setiap hari.

6. Naik turun tangga

cara mengecilkan paha
pexels

Tahukah Sedulur, jika untuk berolahraga dan mengecilkan paha itu tidak harus repot pergi ke gym. Sedulur bisa memanfaatkan tangga yang ada di rumah. Berjalan menaiki dan menuruni tangga secara rutin, ternyata bisa membakar lemak, terutama di bagian paha dan betis.

Sedulur bisa melewati setiap dua anak tangga sekaligus dan kembali lagi ke posisi awal. Terus ulangi gerakan tersebut sampai paha dan betis terasa pegal, kemudian istirahat untuk menghindari cedera.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Begini 10 Cara Diet yang Benar, Gampang Banget!

7. Jogging

cara mengecilkan paha
pexels

Jogging merupakan salah satu cara mengecilkan paha dan betis secara alami dan juga cepat. Selain itu, jenis olahraga yang satu ini bisa Sedulur lakukan dimana saja dan kapan saja kan? Nah, jika dilakukan secara rutin, dijamin ukuran paha dan betis akan berkurang secara perlahan.

Tidak hanya ukurannya yang mengecil, dan paha dan betis akan semakin kencang karena kedua bagian tersebut menjadi tumpuan pada saat jogging.

8. Warrior pose

cara mengecilkan paha
senamyoga

Warrior pose merupakan salah satu gerakan yoga yang efektif untuk membakar lemak di bagian paha dan betis. Untuk melakukannya, Sedulur bisa membuka selebar mungkin. Kemudian tekuk salah satu kaki, dengan kaki satunya lurus ke belakang.

Rentangkan tangan hingga sejajar dengan kedua kaki, dan tahan selama beberapa detik. Ganti dengan kaki yang satunya, dan ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali.

9. Anantasana

cara mengecilkan paha
senamyoga

Selain warrior pose, gerakan yoga lain yang bisa mengecilkan paha dan betis adalah anantasana. Cukup rebahkan tubuh dalam posisi miring. Lalu angkat kaki kanan, dan coba gapai dengan tangan kiri. Tahan posisi tersebut hingga 1 menit, dan ulangi sampai 8 kali. Jangan lupa pula untuk ganti dengan kaki yang satunya.

BACA JUGA: 15 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita!

10. Renang

cara mengecilkan paha
pexels

Dapat dibilang jika renang merupakan kegiatan yang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh, dari lengan, perut, sampai paha. Jika Sedulur berenang secara rutin, maka semua otot di tubuh akan mengencang dan mengecil, tak terkecuali dengan paha.

11. Calf raises

sehatq

Calf raises adalah gerakan olahraga yang dilakukan dengan posisi tubuh tegak dan kaki sedikit rapat. Kemudian angkat badan ke arah atas dengan tumit, menyerupai gerakan balet. Gunakan ujung kaki untuk tumpuan keseimbangan.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, dan kembali ke posisi awal. Ulangi beberapa kali hingga paha dan betis terasa pegal.

12. Bersepeda

pexels

Seperti yang telah diketahui, bersepeda merupakan kegiatan yang amat bergantung pada pergerakan betis serta paha. Dengan bersepeda secara rutin, tentunya bagian otot pada paha dan betis perlahan akan menjadi lebih kencang dan kecil.

Selain mengencangkan dan mengecilkan paha, aktivitas bersepeda ini juga terbukti mampu membuat pikiran jadi lebih rileks, melancarkan sirkulasi darah, serta mengurangi stres.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah Tanpa Diet

13. Air cycle

hellosehat

Jika Sedulur tidak memiliki waktu untuk bersepeda, maka tidak perlu khawatir. Sedulur bisa melakukan gerakan air cycle di rumah, bahkan sambil tiduran. Caranya yakni berbaring, kemudian angkat dan tekuk kaki hingga 90 derajat.

Ayunkan kedua kaki seperti halnya sedang bersepeda. Terus ulangi gerakan tersebut hingga 45 detik atau sampai paha terasa pegal.

14. Mengurangi porsi makan

pexels

Dengan mengurangi porsi makan, pastinya juga turut mengurangi asupan lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Nah, Sedulur bisa mengurangi 10 hingga 15% porsi makanan, untuk menghindari makan berlebih yang akan membuat masuknya lebih banyak kalori dan lemak jahat dalam tubuh.

15. Minum lebih banyak air putih

pexels

Pada saat haus, pastikan Sedulur minum air putih. Hindari minuman-minum yang mengandung gula tinggi seperti soda. Dengan begini, maka Sedulur bisa terhindar dari banyaknya kalori yang berdapak pada membesarnya bagian paha dan betis.

Menimun air putih sebelum makan juga akan membuat Sedulur lebih cepat kenyang. Jadi porsi makanan juga akan lebih terkontrol.

16. Jangan lupa sarapan

pexels

Sarapan di bagi hari dapat memicu metabolisme dalam tubuh manusia. Hal ini akan membuat keseluruhan lemak tubuh berkurang. Secara otomatis, lemak di bagian betis dan paha juga akan ikut berkurang. Namun Sedulur juga harus menghindari menu sarapan yang tinggi akan kandungan gula dan karbohidrat.

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

17. Memilih makanan sehat

pexels

Kriteria untuk makanan yang sehat, yakni seperti mengandung karbohidrat, tidak mengandung komposisi lemak, dan menjadi sumber protein yang tidak berlemak. Jika Sedulur ingin mengonsumsi yogurt, keju, dan susu, maka pilihlah yang kandungan lemaknya rendah atau kalau bisa yang bebas lemak.

18. Menjaga pola makan

pexels

Cara untuk mengecilkan paha secara tidak langsung adalah dengan menjaga pola makan. Mulailah dengan cara menghindari makanan-makanan yang digoreng, karbohidrat tinggi, dan juga tinggi kandungan gula. Dengan mengurangi ketiga jenis makanan tersebut, dijamin proses pengecilan paha dan betis bisa dilakukan lebih cepat.

19. Hindari gula dan garam olahan

pexels

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika ingin menghilangkan lemak di dalam tubuh, yakni dengan mengurangi asupan makanan dengan kandungan gula dan garam olahan. Sedulur harus memperhatikan pada label makanan yang dibeli, apakah mengandung gula olahan seperti dekstrosa atau fruktosa.

Selain gula olahan, Sedulur juga perlu menghindari penggunaan garam olahan seperti yang digunakan pada pretzel, keripik kentang, dan lain sebagainya.

20. Tidur cukup

pexels

Pada dasarnya, istirahat yang cukup mampu memberikan dampak yang besar untuk mengecilkan bagian tubuh termasuk dengan paha. Hal ini karena rasa kantuk terbukti membuat banyak orang lebih banyak memakan cemilan. Selain itu, tubuh yang lelah juga membuat orang malas untuk berolahraga.

 BACAJ JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

Itulah beberapa cara mengecilkan paha dan betis yang bisa Sedulur coba. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapat hasil maksimal. Dijamin setelah beberapa hari Sedulur rutin melakukannya, maka perubahan di area paha dan betis sudah terlihat.

Nah, untuk mendapat asupan makanan yang sehat, tentu saja Sedulur tidak boleh membelinya di sembarang tempat. Langsung saja download Aplikasi Super, dan dapatkan makanan sehat berkualitas dengan harga besaing.