Yakin cara diet Sedulur sudah benar? Jika belum yakin, yuk simak cara diet yang benar dalam penjelasan di bawah ini.

Bicara soal diet tidak akan terlepas dengan cara makan yang benar. Banyak yang telah dan sedang melakukan diet namun tidak kunjung mendapatkan hasil yang diharapkan. Bisa jadi diet atau metode diet yang dilakukan salah atau terdapat cara diet yang salah.

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara diet yang benar, Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara diet menurunkan berat badan beserta dengan program diet yang benar. Menjalankan cara diet sehat tidak dapat terlepaskan dengan pola hidup sehat untuk diet.

Untuk mendapatkan cara diet yang baik, Sedulur harus dan wajib menyimak tips diet sehat dalam penjelasan di bawah ini. Agar Sedulur bisa melakukan cara diet yang bagus dan cara diet terbaik, dan tidak mubazir waktu dalam melakukan diet. Yuk, langsung saja kita simak penjelasan bagaimana cara diet teratur dan diet paling ampuh yang bisa dilakukan.

-->

Baca Juga: 12 Cemilan Diet yang Super Enak & Menyehatkan

Cara Diet yang Baik dan Benar, Dijamin Mudah dan Menyehatkan

1. Sarapan dengan Sayuran dan Buah

1. Sarapan dengan Sayuran dan Buah
tribunnews.com

Pertama, cara diet yang benar, adalah melakukan sarapan dengan memakan sayuran atau buah, atau Sedulur bisa mengkonsumsi keduanya. Kebiasaan sarapan dengan mengkonsumsi bubur, lontong, atau soto dan sarapan lainnya segera tinggalkan. Karena, beberapa menu sarapan yang dijual dan biasa dibeli mengandung jumlah kalori yang tinggi.

Sayuran dan buah mengandung serat yang tinggi serta berbagai nutrisi yang akan bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, dengan mengawali hari dengan mengkonsumsi serat, akan mempermudah proses buang air besar, yang juga akan memperlancar metabolisme dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi
alodokter.com

Cara diet yang benar kedua adalah mulai memilih konsumsi makanan yang bernutrisi. Jika diet yang Sedulur lakukan untuk menurunkan berat badan, maka Sedulur wajib untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi dan juga mengandung mineral potasium. Hal tersebut dapat membantu menghancurkan selulit.

Sedulur juga wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, karena dapat mengencangkan kulit dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Perihal nutrisi dan gizi, Sedulur bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar tidak terjadi kesalahan.

3. Minum Air Mineral 2 Liter Sehari

3. Minum Air Mineral 2 Liter Sehari
kumparan.com

Dalam melakukan cara diet yang benar, meminum air mineral yang cukup adalah kunci. Minum air mineral adalah kunci keberhasilan dalam melakukan cara diet yang benar. Selain itu, meminum air mineral yang cukup juga akan memberikan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh.

Sedulur wajib meminum air sebanyak 2 liter setiap harinya. Agar setiap nutrisi yang dikonsumsi dalam makanan diet bisa lebih bekerja dengan baik. Selain itu, air juga dapat membuat semua bagian tubuh berfungsi dan berproses dengan baik, terutama sistem pencernaan. Air juga akan bertindak sebagai bahan untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Detail Kalori Mie Instan & Kandungannya, Mau Diet Wajib Baca

4. Konsumsi Buah Berry

4. Konsumsi Buah Berry
liputan6.com

Berbagai buah-buahan jenis berry, seperti blueberry, strawberry, raspberry dan blackberry, mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi. Sangat baik dan cocok dikonsumsi sebagai makanan untuk diet. Selain itu, buah-buahan jenis berry juga mengandung serat dan memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah, yaitu sekitar angkat 20-an. Hal tersebut sangat cocok dikonsumsi sebagai cara diet yang benar.

5. Mengkonsumsi Buah Apel dan Pir

5. Mengkonsumsi Buah Apel dan Pir
detik.com

Cara diet yang benar selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah apel dan pir secara rutin. Selain karena kandungan vitamin C yang tinggi yang dibutuhkan saat diet, kandungan serat dalam dua buah tersebut juga sangat tinggi akan sangat membantu untuk proses diet yang sedang dilakukan.

Selain itu, indeks glikemik dari buah apel dan buah pir sekitar 22 yang sangat aman dikonsumsi untuk diet. Selain menyehatkan diet yang dilakukan juga akan lebih segar karena kandungan vitamin C yang bisa memberikan energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari.

6. Mengkonsumsi Buah Persik dan Aprikot

6. Mengkonsumsi Buah Persik dan Aprikot
republika.co.id

Selain sebagai cara diet yang benar, dengan mengkonsumsi buah persik dan aprikot merupakan cara diet yang cerdas. Karena buah persik dan buah aprikot memiliki dosis yang baik dari vitamin C dan serat. Buah persik dan aprikot memiliki indeks glikemik sekitar 30, yang akan sangat menyehatkan untuk dikonsumsi. Kandungan dan fungsi yang diberikan oleh buah persik dan aprikot hampir sama dengan buah apel dan buah pir.

7. Mengkonsumsi Buah Ceri

7. Mengkonsumsi Buah Ceri
jpnn.com

Memiliki kandungan yang hampir sama dengan berbagai jenis buah berry, buah ceri juga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan saat diet. Memilih buah ceri sebagai asupan saat diet merupakan cara diet yang benar. Buah ceri memiliki kadar gula alami yang tinggi, namun buah ceri memiliki kadar karbohidrat yang sangat rendah, tapi juga merupakan sumber serat yang tinggi. Cocok untuk melancarkan sistem pencernaan saat diet.

8. Konsumsi Makanan yang Dikukus atau Direbus

8. Konsumsi Makanan yang Dikukus atau Direbus
okezone.com

Menghindari minyak atau makanan yang digoreng dengan minyak adalah salah satu hal penting dan merupakan cara diet yang benar. Karena diet yang Sedulur lakukan akan sia-sia jika Sedulur tetap mengkonsumsi makanan yang tinggi akan minyak. Selain kolesterol jahat, minyak juga mengandung lemak yang tinggi.

Mulai beralih dengan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus, selain lebih sehat juga akan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Olah berbagai makanan diet dengan cara dikukus dan direbus. Akan lebih cepat membantu diet Sedulur.

9. Mengatur Ulang Menu Diet

9. Mengatur Ulang Menu Diet
masakapahariini.com

Memperbaiki menu diet juga merupakan cara diet yang benar, penuhi sepertiga bahan makanan di piring Sedulur dengan daging tanpa lemak, ikan atau daging unggas. Perbanyak porsi sayuran dan buah-buahan, juga kacang-kacangan. Pilih sumber karbohidrat yang sehat seperti beras merah atau kentang. Pilih juga buah-buahan yang tidak terlalu manis, seperti alpukat atau apel, agar diet bisa berjalan dengan lancar.

10. Gerakan Tubuh Secara Aktif

10. Gerakan Tubuh Secara Aktif
klikhijau.com

Akan sia-sia cara diet yang benar jika tubuh Sedulur tidak melakukan gerak secara aktif. Jadwalkan untuk berolahraga di pagi hari sekitar satu hingga dua jam. Hal ini baik untuk mengolah lemak yang tertimbun dalam tubuh dan juga mendistribusikan asupan sehat saat diet yang telah dikonsumsi selama ini. Sisihkan waktu untuk berolahraga, malas bergerak dan berolahraga merupakan pantangan seseorang yang sedang diet.

Semoga penjelasan tentang cara diet yang benar di atas bisa menambah referensi Sedulur. Namun, Sedulur juga harus tetap untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terkait diet yang dilakukan. Sediakan bahan-bahan asupan diet yang disampaikan di atas, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa membeli daftar bahan membuat cemilan diet dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur juga bahkan bisa membuat berbagai macam camilan sehat lainnya dengan mengkombinasikan beberapa bahan pada camilan diet yang telah dibahas di atas. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat daftar bahan yang tersedia di Aplikasi Super, dan klik di sini untuk download Aplikasi Super agar lebih mudah mengaksesnya. Selamat mencoba!