Sedulur sering begadang? Hati-hati, Sedulur harus mulai mewaspadai dampak buruk bagi kesehatan Sedulur ketika sering terjaga di tengah malam. Karena, tidur merupakan proses istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kehilangan waktu tidur, atau berkurangnya waktu tidur, waktu istirahat untuk tubuh otomatis akan berkurang.

Dampak paling umum dari begadang jika dilakukan sering dan berlebihan, akan terjadi penurunan daya ingat, berat badan yang tidak stabil, dan kondisi kesehatan lainnya. Waktu tidur normal adalah sekitar 7-9 jam bagi orang dewasa. Jika kurang dari itu, beberapa dampak di bawah ini akan Sedulur rasakan. Apa saja dampaknya? Yuk, mari langsung simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Penyebab Umum Tenggorokan Sakit Saat Menelan

1. Mengalami sulit konsentrasi

begadang
alodokter

Dampak buruk begadang yang pertama, Sedulur akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Karena waktu tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi proses berpikir dan belajar, yang dalam hal ini akan terus merangsang daya konsentrasi kita dalam melakukan aktivitas apapun.

-->

Namun ketika kurang tidur, Sedulur akan kesulitan berkonsetrasi, kemampuan memecahkan masalah menurun, sertap tingkat kewaspadaan pun akan menurun. Tentu hal ini bukan kondisi baik bagi tubuh kita.

2. Rentan mengalami kecelakaan

kompas

Efek begadang juga dapat memberikan kondisi kurang baik bagi Sedulur, yaitu Sedulur akan mengalami kecelakaan dengan risiko yang cukup tinggi. Terutama saat Sedulur bekerja di lapangan, yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi tinggi. Kondisi ini akan memicu Sedulur terkena rentetan kecelakaan. Baik saat bekerja atau di dalam perjalaan ketika hendak bekerja.

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

3. Memicu beberapa penyakit serius.

begadang
okezone

Beberapa penyakit serius bisa dipicu jika Sedulur mengalami kondisi kurang tidur. Karena tersadar di tengah malam menyebabkan beberapa penyakit kronis dan serius. Beberapa di antaranya adalah:

  • Stroke
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Peningkatan detak jantung
  • Tekanan darah tinggi

4. Menurunkan produksi hormon

dosenpendidikan

Akibat sering begadang selanjutnya adalah dapat menurunkan produksi hormon. Hal ini sangat bahaya, karena hormon yang akan mengalami penurunan adalah hormon testosteron bagi pria. Saat pria terlalu sering begadang, penurunan hormon testosteron dapat memicu munculnya lemak, kurangnya massa otot, kerapuhan tulang, hingga mudah lelah.

Banyak dampak buruk yang bisa kita rasakan jika produksi hormon dalam tubuh menurun. Baik bagi wanita dan pria dewasa, produksi hormon sangat mempengaruhi aktivitas penting. Maka dari itu, semakin dewasa usia semakin kita harus bijak untuk tidak seringkali terjaga di tengah malam.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Sakit Agar Segera Diberikan Kesembuhan

5. Menurunkan gairah seksual

begadang
ciputrahospital

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, terkait akibat begadang adalah menurunkan produksi hormon. Hal tersebut juga dapat memicu untuk menurunnya gairah seksual. Jika gairah seksual menurun, tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kehidupan seksual dan rumah tangga.

Terlalu sering terjaga di tengah malam dapat menurunkan libido serta menurunkan keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Alasannya adalah terlalu banyak energi yang terkuras dan rasa kantuk yang berlebihan. Kondisi ini bukan hanya terjadi pada pria saja, wanita pun memiliki risiko yang sama.

6. Memicu Obesitas

hellosehat

Paling mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah dengan mengetahui apa penyebab kita sering melakukan kebiasaan buruk tersebut. Sama halnya dengan persoalan ini, penyebab begadang biasanya dipicu oleh banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dan dengan sengaja memotong waktu tidur kita.

Selain itu biasanya dipicu oleh terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein. Seringnya melakukan hal tersebut, menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan. Meskipun terdapat manfaat begadang, namun dampak buruknya tidak bisa kita pungkiri. Salah satunya adalah dapat memicu kita menderita obesitas. Perihal ini telah dilakukan penelitian khusus oleh lembaga kesehatan di Amerika Serikat, yaitu oleh Ametican Journal of Epidemiology, yang melakukan penelitian kepada 68.000 perempuan pada tahun 2006.

Dari sekian banyak perempuan tersebut, mereka yang tidur kurang dari 5 jam bertambah berat badan hingga 1,2 kg lebih, dibandingkan perempuan yang tidur nyenyak dengan waktu yang sangat cukup. Hal tersebut menjadi alasan yang jelas bahwa kekurangan tidur bisa memicu kita bertambah berat badan.

BACA JUGA: 10 Penyebab Sakit di Ulu Hati, Gejala & Cara Mengobatinya

7. Menyebabkan micro sleep

begadang
radiowebindo

Salah satu efek begadang bagi wanita yang sering dialami adalah memunculkan kebiasaan mirco sleep atau tidur siang. Karena kekurangan tidur dapat menyebabkan micro sleep, hal ini akan tidak bermasalah jika tidak sedang melakukan kegiatan apapun. Namun ketika sedang dalam kendaraan, micro sleep bisa muncul dan menyebabkan kecelakaan. Terutama jika micro sleep telah dianggap biasa dan dijadikan sebagai kebiasaan.

8.  Membuat porsi makan lebih banyak

jovee

Salah satu penyakit akibat begadang yaitu membuat kita memiliki kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, gula darah tinggi dan obesitas. Yap, dengan tidur kurang dan terjaga tengah malam, membuat kita memiliki porsi makan lebih banyak. Seseorang yang tidur kurang dari 5 jam akan mengkonsumsi makanan 385 kalori lebih ketimbang yang tidur normal.

BACA JUGA: 8 Obat Alami Paling Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan

9. Pola makan buruk

begadang
grid.id

Selain itu, dengan begadang juga membuat kita memiliki pola makan yang buruk. Pada saat malam hari ketika kita tidur, organ dalam tubuh kita sedang beristirahat dan melakukan recovery. Sementara ketika kita terjaga dan beraktivitas di malam hari, membuat kita lapar dan terpaksa harus mengkonsumsi sesuatu.

Hal tersebut tentu saja mempengaruhi organ dalam yang seharusnya beristirahat. Selain buruk untuk organ dalam kita, juga sangat tidak baik untuk berat badan yang kita miliki.

10. Menghambat penyembuhan saat sakit

begadang
tempo

Apakah begadang menyebabkan kematian? Secara langsung mungkin tidak, namun secara tidak langsung sangat berkemungkinan tinggi. Karena memicu beberapa penyakit kronis yang muncul. Namun, bahaya begadan saat kita sakit adalah dapat menghambat proses penyembuhan.

Tidur yang berkualitas merupakan bagian dari proses penyembuhan alami tubuh. Saat tidur nyenyak, sistem daya tahan tubuh membantu badan menghadapi serangan penyakit atau infeksi. Sebaliknya, Jika diteruskan penyembuhan luka menjadi lama atas akibat buruk begadang bagi kesehatan. Dampaknya ialah dapat menghambat proses penyembuhan sakit.

BACA JUGA: Sakit Kepala Bagian Belakang, Ini Penyebab dan Obatnya!

11. Melemahnya sistem imun

detik

Dampak buruk yang vital akan Sedulur rasakan ketika sering begadang, di antaranya Sedulur akan mengalami penurunan kinerja sistem imun dalam tubuh. Jika ini terjadi tentu kesehatan tubuh Sedulur terancam dan Sedulur akan mudah terserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan terganggu,.

Dalam sirkulasi sel darah putih, sistem kekebalan tubuh terlibat dalam prosesnya. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, sirkulasi sel darah putih otomatis akan terganggu. Sel darah putih ini yang berfungsi dalam menangkal segala penyakit yang akan menyerang tubuh.

12. Rentan terkena Alzheimer

begadang
marianne

Kondisi ini akan Sedulur rasakan ketika memasuki masa tua. Penyebab Alzheimer adalah protein amiloid-beta yang menumpuk di dalam otak dan menganggu fungsi sel otak bekerja. Dalam satu malam begadang, dapat meningkatkan kadar amiloid-beta di dalam otak. Ketika Sedulur melakukan begadang secara ekstrim itu artinya Sedulur akan merusak fungsi kognitif otak secara perlahan tanpa disadari.

BACA JUGA: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

13. Menyebabkan sakit jantung

klikdokter

Jika para lansia terserang penyakit jantung disebabkan oleh kadar kolesterol buruk yang tinggi di dalam tubuh, berbeda dengan anak muda yang terkena penyakit jantung disebabkan oleh kebiasaan buruk begadang. Kegiatan terjaga di tengah malam secara sengaja atau tidur kurang dari 5 jam dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Bukan hanya hipertensi namun juga risiko mengalami jantung koroner. Sedulur bisa terserang penyakit jantung jika kebiasaan begadang tidak kunjung dihilangkan. Bahkan di usia muda sekalipun, mengingat serangan jantung merupakan penyakit yang menyebabkan kematian nomor satu.

14. Rawan terkena depresi

begadang
halodoc

Sering begadang juga bisa memberikan masalah kesehatan mental. Salah satu yang paling buruk adalah rawan terkena depresi. Orang yang biasa terjaga di tengah malam, akan memberikan kecenderungan untuk mengidap depresi. Hingga saat ini, hubungan antara kurang tidur dan depresi masih terus dilakukan oleh para ahli.

Namun agaknya hal ini berkaitan dengan masalah yang ada pada saraf di bagian otak, ketika kita terjaga tengah malam dan kurang tidur, otak akan kelelahan dan memicu stress yang bisa berujung pada persoalan depresi. Namun kembali lagi, hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Itulah daftar tentang dampak buruk yang akan dirasakan oleh tubuh kita ketika kita sering melakukan kegiatan begadang. Seperti dalam lirik dan chord begadang raja dangdut Rhoma Irama, begadang diperbolehkan saja, asal ada arti dan tujuannya yang jelas. Namun begadang jangan dilakukan terlalu sering, karena berdampak buruk pada kesehatan.