doa ketika sakit

Setiap manusia pasti pernah mengalami sakit dalam frekuensi yang berbeda dari yang jarang sampai sering. Sakit yang dirasakan oleh seseorang pun juga berbeda dari yang ringan sampai berat. Ketika sedang mengalami suatu penyakit, disarankan untuk meminta bantuan dari yang ahlinya seperti dokter. Selain meminta bantuan dokter, seorang muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa agar seimbang dengan usahanya untuk memperoleh kesembuhan pada suatu penyakit yang diderita. Panjatkan doa ketika sakit kepada Allah SWT dan mintalah kesembuhan kepada-Nya.

Ada berbagai macam doa yang bisa Sedulur panjatkan kepada Allah untuk memperoleh kesembuhan. Apa saja doanya? Simak kumpulan doanya di bawah ini, ya.

BACA JUGA: Bacaan Niat Puasa Rajab, Latin, arti & Keutamaannya, Lengkap!

1. Doa ketika sakit

doa ketika sedang sakit
unsplash

Doa ketika sakit yang pertama diajarkan oleh Rasulullah ketika ada sahabatnya yang sakit dan beliau menjenguk sahabatnya tersebut. Kemudian, beliau membacakan doa kepada sahabatnya yang bertujuan agar segera diangkat penyakitnya dan diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Berikut adalah doanya yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Sementara itu, Rasulullah juga bersabda yang diriwayatkan dalam HR Muslim yaitu:

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa ta’ala.”

Nabi Muhammad yakin bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya dan akan sembuh dengan izin Allah SWT. 

2. Doa ketika sakit tak kunjung sembuh

doa ketika sakit tak kunjung sembuh
baladena

Sementara itu, ada pula doa ketika sedang sakit lainnya yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At Tirmidzi. Rasulullah SAW menganjurkan bahwa doa ini harus dibaca sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sedang sakit. Tujuan dari doa ini adalah supaya penyakit yang diderita dapat sembuh dan Allah SWT dapat mengangkat penyakit orang yang didoakan tersebut. Berikut ini adalah kutipan doanya:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yasyfiyaka

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

Dianjurkan juga oleh Rasulullah SAW bahwa ketika sedang membaca doa, sebut nama orang yang sedang sakit itu. Ganti nama Sa’ad (yaitu nama sahabat Rasulullah SAW) dengan nama orang yang ingin Sedulur doakan kesembuhannya. Berikut adalah doanya:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad.”

BACA JUGA: Perbedaan Nabi dan Rasul: Sifat, Tugas & Wahyunya, Wajib Tau!

3. Doa ketika anak sakit

doa ketika anak sakit
Unsplash

Ada pula doa yang dipanjatkan ketika anak sedang sakit seperti Rasulullah SAW doakan untuk keluarganya yang berharap kesembuhan ketika sedang sakit. Doa yang dipanjatkan ketika anak sedang sakit adalah sebagai berikut ini, yang bisa meminta anak untuk membacanya sendiri ketika sedang sakit: 

Bismillâh, bismillâh, bismillâh. U‘îdzuka bi izzatillâhi wa qudratihi min syarri mâ ajidu wa uhâdziru (dibaca 7 kali). As’alullâhal ‘adhîma rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka (dibaca 7 kali)

Artinya: “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (dibaca tujuh kali). Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu (dibaca sebanyak tujuh kali),” Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta.

Sementara itu, Rasulullah SAW ketika meruqyah salah satu sahabatnya membaca doa berikut ini: 

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H])

4. Doa Nabi Ayyub ketika sakit

doa nabi ayyub ketika sakit
kumparan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Nabi Ayub AS menerima cobaan dari Allah SWT karena beliau menderita penyakit yang tak kunjung sembuh dengan jangka waktu yang cukup lama. Ada salah satu ayat yang ada dalam al quran menceritakan tentang kisah dari kegigihan Nabi Ayub AS dalam memohon kesembuhannya kepada Allah SWT. Berikut adalah doanya:

Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (QS Al Anbiyya ayat 83). 

Demikianlah beberapa doa ketika sakit yang bisa Sedulur panjatkan kepada orang terkasih atau untuk diri sendiri. Selain memanjatkan doa seperti di atas, disunnahkan juga untuk membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas kepada tubuh yang sedang sakit untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat.