cat rumah warna cream

Cat rumah warna cream sedang jadi primadona banyak orang. Hal ini tak lepas dari warna cream yang bisa memberikan suasana segar dan cerah. Apalagi warna ini juga bersifat netral dan bisa dikombinasikan dengan warna lainnya. Dengan sifatnya yang sangat fleksibel, cat tembok warna cream cocok dengan warna apa saja. Sehingga Sedulur bisa melakukan kombinasi tanpa harus pusing memilih warna yang tepat.

Bila Sedulur masih merasa penasaran dalam mengkombinasikan cat warna cream dengan warna lainnya. Berikut ini beberapa pilihan yang mungkin cocok untuk diterapkan di rumahmu. Yuk, simak bersama!

BACA JUGA: 14 Inspirasi Cat Kamar 2 Warna Garis yang Elegan & Cantik

Kelebihan Warna Cat Rumah Cream

Carlisle Homes

Sebelum membahas tentang kombinasi cat rumah warna cream, ada beberapa kelebihan penggunaan warna cream yang perlu Sedulur ketahui. Dengan wawasan ini, Sedulur tidak perlu ragu lagi dalam mengaplikasikan cat warna cream di rumah. 

-->

a. Membuat nuansa rumah menjadi terlihat mewah

Penggunaan cat rumah warna cream dinilai bisa membuat nuansa rumah menjadi terlihat mewah. Sebab, rumah mewah berdesain klasik atau modern secara umum akan menggunakan cat berwarna cream di hampir seluruh ruangan. 

Warna cat ini juga dapat menyatu dengan baik pada dinding atau tembok, sehingga bisa diaplikasikan pada bagian luar atau eksterior maupun bagian dalam atau interior. Bila Sedulur menggunakan warna cat ini, rumah milik Sedulur pastinya juga bisa terlihat mewah. Apalagi jika Sedulur bisa mengatur posisi furnitur maupun dekorasi dalam ruangan, kesan mewah dan luas akan menjadi hasil yang memuaskan.  

b. Bisa digunakan untuk rumah berukuran kecil ataupun besar

Rumah mewah tidak hanya dilihat dari ukurannya saja, namun juga bisa dinilai dari seberapa menarik rumah tersebut. Meskipun secara umum cat warna cream digunakan pada rumah mewah berukuran besar dengan penggunaan pilar-pilar yang tebal, rupanya rumah minimalis juga bisa mengadopsi warna ini. Apalagi warna cream juga mampu menciptakan kesan luas, sehingga ukuran rumah yang kecil tidak perlu ragu untuk mengaplikasikan warna cat ini. Dijamin, siapapun yang melihatnya akan terpukau dengan pilihan warna Sedulur yang satu ini.

c. Menjadi warna terbaik yang cocok sepanjang waktu

Warna cream rupanya sudah banyak dipilih untuk dijadikan cat rumah sejak jaman dulu. Bahkan, warna ini menjadi warna terbaik dan favorit banyak orang. Hal ini bisa jadi karena warna cream memiliki keistimewaan tersendiri dan karakteristik yang berbeda dengan warna-warna lainnya. Bahkan, warna ini juga masih populer hingga sekarang, sehingga mampu membuktikan bahwa warna cream cocok sepanjang waktu. 

d. Membuat rumah terasa lebih luas dan nyaman 

Telah disebutkan sebelumnya bahwa warna cream mampu memberikan kesan luas jika diaplikasikan dalam interior ruangan. Penggunaan warna ini, baik warna cream muda maupun cream tua, juga akan membuat rumah menjadi lebih elegan dan mewah. Kesan yang diciptakan oleh warna ini pada akhirnya akan membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk dihuni. Selain dirasakan bagi pemilik rumah yang sehari-hari menggunakan ruangan, perasaan nyaman ini juga bisa dirasakan oleh para tamu yang datang ke rumah.  

e. Menjadikan pencahayaan di rumah lebih optimal

Penggunaan cat warna pada tembok atau dinding hunian pastinya akan memberikan hasil yang berbeda-beda. Seperti misalnya pada cat rumah warna cream ini, rupanya pencahayaan di rumah bisa dibuat menjadi lebih optimal.  Sebab, cahaya alami dari alam akan dipantulkan dengan baik oleh warna ini. Tak hanya itu, kombinasi warna cream dengan warna lampu yang pas juga bisa menghasilkan visualisasi yang indah pada setiap ruangan. Sedulur bisa mencobanya untuk ruang tamu, ruang keluarga, hingga dapur dan kamar mandi.

f. Sangat mudah untuk dipadukan dengan berbagai furniture

Kelebihan lain dari cat rumah warna cream adalah sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam furniture yang ada di dalam rumah. Keserasian ini terjadi karena cream merupakan warna netral yang cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Kemampuan pemilik rumah dalam memadukan warna cream dengan berbagai furniture, seperti sofa, meja, kursi, lemari, dan perabot lainnya juga akan membuat ruangan terasa elegan dan nyaman untuk ditinggali.

Nuansa warna yang unik ini juga membuat pemilik rumah selalu merasa nyaman berada di dalamnya. Jadi Sedulur bisa menggunakannya untuk memberikan suasana tenang untuk orang-orang yang tinggal. Berikut ini beberapa warna yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Warna Cat Rumah Bagian Luar, Elegan & Menawan!

1. Cream Tua

cat rumah warna cream
Wallpaper Tip

Cat rumah warna cream tua sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam interior rumah, misalnya pada ruang keluarga dan ruangan dapur. Penggunaan warna yang cenderung gelap di ruangan dapur akan membuat suasana menjadi lebih elegan dan kalem. Selain itu, dengan warna yang gelap ruangan dapur tidak akan mudah terlihat kotor karena bekas memasak. Warna cream juga akan mudah berpadu dengan banyak dekorasi yang ada di dapur seperti rak piring, oven, pisau, sampai wastafelmu.

2. Cream Muda

cat rumah warna cream
Houzz

Cat rumah warna cream muda biasanya banyak digunakan untuk ruangan yang dipergunakan untuk hal privat seperti ruang kamar, ruang kerja, atau kamar mandi. Penggunaan warna cream muda bisa memberikan kesan rileks dan fokus pada orang yang ada di sekitarnya. Belum lagi, warna ini juga bisa membuat suasana lebih adem. Warna cat ini juga akan sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai furniture dan barang yang didominasi warna netral seperti putih ataupun cokelat.

3. Cream Kuning

Carlisle Homes

Satu kombinasi yang cocok untuk warna ini adalah kuning. Cat rumah warna cream kuning cocok untuk menghiasi bagian fasad atau eksterior rumah. Hal ini tak lepas dari warna kuning yang bisa memberikan kesan ceria dan segar dimana warna cream akan menetralkannya. Kombinasi warna ini harus dilakukan secara tepat terutama pada komposisi dan peletakannya.

Hal ini karena warna kuning memang cukup mencolok dan tidak bisa digunakan secara sembarangan. Selain di bagian fasad, ada beberapa area rumah yang juga bisa menggunakan warna ini seperti ruang keluarga atau ruang makan.

4. Monocream

Pernah mendengar istilah monocream? Yup, ini adalah perpaduan antara putih dan cream. Cat rumah warna cream putih bisa memberikan kesan lembut di dalam rumah. Warna ini juga cocok buat Sedulur yang memiliki pribadi simple, tenang, dan elegan. Meskipun dua warna ini netral dan bisa membuat rumah terlihat sederhana, tapi perpaduan yang pas dengan dekorasi ruangan akan membuat warna ini terlihat sangat sempurna.

Monocream juga sangat cocok dikombinasikan dengan warna furniture bernuansa earthy seperti warna cokelat dan hijau.

5. Cream Orange

Houzz

Bagi kamu yang menginginkan suasana ruangan yang bisa memberikan tambahan semangat, maka pilihan yang cocok adalah kombinasi cat rumah warna cream dan orange. Dua warna ini bisa saling berpadu dengan baik untuk menghiasi interior rumahmu. Selain itu, warna orang bisa memberikan kesan hangat dan meningkatkan fokus seseorang. Jadi warna ini akan cocok untuk diterapkan di ruang kerja.

Kombinasi warna cream dan orang juga akan menarik bila diterapkan di bagian fasad rumah. Hal ini karena dua warna ini juga sangat earthy tone dan berpadu apik dengan warna halaman rumahmu.

BACA JUGA: 15 Warna Keramik yang Cerah untuk Mempercantik Rumah

6. Cream Susu

Pinterest

Mencari warna elegan, maka cream susu adalah jawabannya. Cat rumah warna cream susu merupakan hasil kombinasi dari warna cream dan putih sehingga tak heran warna ini memiliki nuansa netral yang mewah. Belum lagi, warna cream susu bisa lebih fleksibel digunakan untuk berbagai ruangan karena warnanya yang lebih gelap. Hal ini bisa mengantisipasi noda atau kotoran yang sering menempel di cat warna terang.

Penggunaan warna cream susu bisa pada ruang kerja, kamar mandi, ruang tamu, dan ruang tidur. Warna ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan warna kayu sehingga tampilannya semakin elegan.

BACA JUGA: 8 Inspirasi Warna Netral Untuk Interior Ruangan & Penerapannya

7. Cream Hijau

Pinterest

Bila banyak orang menghindari warna hijau dikombinasikand dengan warna cream, sebaliknya dua warna ini bisa sangat cocok dan membuat rumahmu terkesan lebih keren. Namun, penggunaan warna hijau disini sebaiknya yang memiliki warna tua atau muda seperti olive. Dengan kombinasi warna ini, kamu juga memberikan aksen warna merah marun pada titik tertentu untuk menjadi fokal point yang menarik di dalam ruangan.

8. Cream Coklat

Oasis Group

Cat rumah warna cream coklat juga sangat bagus untuk diaplikasikan ke dalam interior dan eksterior rumah. Apalagi kalau kamu yang menginginkan nuansa earthy untuk hunianmu. Perpaduan cream dan coklat akan memunculkan kesan tentram dan hangat. Sehingga orang yang berkunjung akan merasa teduh ketika berada di dalamnya. Warna ini cocok untuk dijadikan cat ruang tamu maupun cat fasad rumah. Tak jarang yang menggunakan kombinasi warna ini untuk dapur karena bisa memberikan kesan rapi dan bersih.

9. Cream Grey

Livinator

Selanjutnya ada kombinasi warna cream dan abu-abu atau grey. Kombinasi dua warna ini memang cukup jarang ditemukan karena memang cukup sulit untuk dipadukan. Tetapi ada beberapa bagian rumah yang cocok menggunakan dua warna ini terutama pada fasad. Pilihlah warna abu-abu yang mengarah pada gradasi gelap dan gunakan warna cream yang lebih terang. Perpaduan warna kontras antara abu-abu dan cream ini akan memberikan kesan elegan pada rumahmu.

Selain itu, warna-warna seperti ini juga bisa diterapkan di ruang tamu karena memiliki efek psikologis yang baik pada orang yang berkunjung. Warna abu-abu memang dipercaya bisa membuat seseorang merasa nyaman dan pancaran warnanya juga kalem. Begitu juga dengan warna cream yang memiliki sifat hampir mirip dengan abu-abu.

10. Cream Pink

Pinterest

Warna kombinasi cream dan pink adalah pilihan yang tepat untuk menghiasi bagian eksterior sampai interior rumahmu. Namun, kamu harus bisa menerapkan komposisi yang tepat dimana berikan dominasi kepada warna cream dan jadikan warna pink sebagai aksen penghias. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna pink haruslah tepat. Jangan gunakan warna pink yang terlalu mencolok, tetapi gunakan warna pink yang lembut seperti pink pastel.

Dua warna ini sangat cocok untuk dijadikan warna ruangan kamar ataupun ruang kerja bagi orang-orang yang memiliki jiwa yang lembut. Oleh karena itu, warna cream dan pink sangat cocok untuk perempuan karena warna ini bisa memberikan ketenangan. 

11. Cream Gelap

Better Homes

Kombinasi warna berikutnya adalah cream dengan cokelat. Perpaduan warna ini bisa memberikan kesan teduh di rumah Sedulur. Warna cream bisa dikatakan sebagai warna yang memberikan kesan lembut. Sedangkan warna cokelat dapat menimbulkan kesan hangat pada rumah atau ruangan. Paduan suasana ini menjadikan ruangan atau rumah terasa lebih teduh, bersih, dan rapi. Kombinasi cream-cokelat ini juga cocok untuk merepresentasikan kepribadian yang kalem dari pemilik rumah. 

12. Cream Ungu

Apartment Therapy

Ungu muda dan cream susu akan membuat ruangan terlihat lembut tapi masih memberi kesan elegan dan mewah. Untuk Sedulur yang ingin ruangan terasa lebih mewah juga bisa memadukan warna ungu yang lebih tua dengan warna cream susu. Kombinasi ungu dan cream susu ini akan membuat suasana ruangan menjadi lebih elegan dan tenang. Warna ini bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur.

Tips Memilih Warna Cat

Alair Homes

Dari pembahasan ide warna cat yang cocok dipadukan dengan warna cream di atas, kita bisa memahami bahwa pemilihan warna cat tidak bisa sembarangan. Beberapa warna dengan tipe yang spesifik bisa sangat bagus. Tapi, kesalahan warna bisa memberikan kesan sebaliknya. Untuk menghindari kesalahan pemberian warna, di bawah ini ada beberapa tips dalam memilih warna cat rumah berikut.

1. Kenali model rumah

Hal paling utama dalam menentukan warna cat adalah mengetahui model rumah. Apakah Sedulur memiliki rumah dengan model minimalis, klasik, atau bahkan tradisional? Tentunya, untuk masing-masing model rumah akan ada warna tersendiri yang lebih sesuai. Model rumah juga nantinya mempengaruhi pemilihan perabotan dan penataan rumah.

2. Pahami kesan yang ingin dibentuk

Seperti pada pembahasan paduan warna cream di atas, ada warna yang menunjukkan kesan hangat dan ada yang menunjukkan keceriaan. Agar bisa memilih warna yang cocok, pahami dulu suasana dan kesan seperti apa yang ingin Sedulur buat di rumah. Misalnya, jika ingin kesan kalem dan nyaman, Sedulur bisa memilih warna cream dan putih atau cream dan abu-abu.

3. Perhatikan efek pencahayaan

Ketika mengetes warna, pastikan Sedulur juga sudah melihatnya dengan tipe pencahayaan yang berbeda-beda. Misalnya, warna orange akan terlihat seperti apa ketika pagi, siang, sore, dan malam ketika terkena lampu. Perhatikan juga arah pencahayaan dari letak jendela dan pintu. Sedulur juga bisa memvisualisasikan peletakan barang-barang agar warna menjadi lebih indah.

4. Buat palet warna

Sebelum menerapkan cat, Sedulur bisa membuat palet warna atau pilihan warna terlebih dahulu. Cobalah mencocokkan beberapa warna. Idenya bisa ditemukan melalui warna yang sedang tren atau mencari pilihan warna melalui internet. Dalam hal ini, Sedulur bisa mempertimbangkan apakah warna bisa saling melengkapi atau menjadi kontras satu sama lain. Pilihannya akan bergantung lagi dengan kesan yang ingin ditimbulkan. Jangan lupa juga diskusikan finishing-nya dengan tukang bangunan, desainer, atau arsitek yang Sedulur gunakan.

5. Lakukan eksperimen

Setelah menentukan warna dari palet yang Sedulur buat, lakukan tes atau eksperimen warna. Eksperimen ini bisa Sedulur lakukan dengan menerapkan warna pilihan langsung ke dinding berwarna putih. Hanya dengan menerapkan langsung ke tembok atau objek yang ingin diberi warna, Sedulur bisa menentukan apakah paduan warna pilihanmu sudah sesuai. Namun, hasil sesuai atau tidaknya baru bisa Sedulur putuskan setelah menunggu kira-kira 24 jam.

Demikian beberapa pilihan cat rumah warna cream dengan kombinasi warna lain yang cocok untuk dijadikan hiasan eksterior dan interior rumah. Pemilihan warna ini memang sangat tergantung pada selera masing-masing pemilik rumah, sehingga kombinasinya juga bisa sangat beragam. 

Oleh karena itu, jika Sedulur ingin mencoba kombinasi warna yang berbeda dari rekomendasi kombinasi di atas, hal itu juga tidak ada salahnya. Asalkan Sedulur senang dan nyaman dengan hal tersebut, semua warna bisa dikombinasikan dengan warna cream. Tunggu apalagi? Selamat mencoba cat rumah warna cream, ya!