Urutan nonton star wars

Jika Sedulur ingin menonton film Star Wars namun bingung harus nonton yang mana dulu. Tenang, berikut informasi urutan nonton Star Wars yang mudah untuk para pemula agar tidak bingung. Film saga fenomenal ini dapat Sedulur nikmati di berbagai macam platform nonton online berbayar, mulai dari episode Star Wars The Phantom Mennance hingga The Last Jedi dan Sol: A Star Wars Story.

Banyak orang yang setuju jika jalan cerita Star Wars memang sedikit rumit. Hal ini tak lepas dari plot dan alur ceritanya melompat dari satu waktu ke waktu lainnya. Perbedaan urutan ini memang disebabkan banyak hal, salah satunya karena film ini memiliki alur waktu yang sudah berjalan hingga 42 tahun. Namun, beberapa waktu lalu akhirnya ditutup dengan film terakhir Star Wars: The Rise of Skywalker pada 2019 lalu. Nah, agar tidak bingung, berikut informasi tentang urutan nonton Star Wars, coba simak tips dan triknya berikut ini!

BACA JUGA : Sinopsis The Sound of Magic, Kisah Kerja Keras Siswa SMA

1. Episode I : The Phantom Menace (1999)

urutan nonton star wars
Disney plus

Urutan nonton Star Wars yang pertama adalah Episode I: The Phantom Menace. Latar waktu dari film Star Wars Episode I: The Phantom Menace adalah pada 32 tahun sebelum terjadinya pertempuran Yavin atau Battle of Yavin (BBY) dan memulai kisah dari Skywalker. Ketika seorang bocah berusia sembilan tahun bernama Anakin Skywalker ditemukan di Tatooine oleh Jedi Master Qui-Gon Jinn.

-->

Ternyata, Anakin memiliki sebuah Force, yakni suatu energi yang dapat menghubungkan seluruh kehidupan di alam semesta. Jedi Master Qui-Gon Jinn pun beranggapan bahwa Anakin memang ditakdirkan untuk membawa keseimbangan Force. Sedangkan, seorang Dewa Sith bersekutu dengan sisi gelap dari Force, Darth Sudious bekerja dengan sangat rahasia untuk dapat menghancurkan Jedi serta ingin memanipulasi sistem politik Republik Galatic.

2. Episode II : Attack of Clones (2002)

Cerita berlajnut di episode II : Attack of Clones. Pada episode film ini kisah Anakin berlanjut hingga ia remaja. Ia menjadi remaja yang muruh dan menjadi murid Jedi Obi-Wan Kenobi. Ia melanggar aturan Ordo Jedi dengan jatuh cinta kepada Padme Amidala. Inilah yang menjadi film ini semakin menarik

Sementara itu, pemberontak Jedi Count Dooku meyakinkan sistem bintang untuk dapat meninggalkan Republik kemudian bergabung dengan Konfederasi Sistem Independennya. Dooku secara diam-diam juga merupakan murid Sith dari Darth Sidious, yang bekerja di dalam Republik dan menciptakan kekacauan politik.

3. Star Wars: The Clone Wars (2008)

Serial Star Wars: The Clone Wars terbagi menjadi 7 season. Tentunya, Sedulur akan menemukan banyak karakter familiar, seperti Anakin Skywalker, Obi-Wan Kenobi, dan Padme Amidala. Serial ini berfokus pada konflik antara Republik Galaktik dan kelompok separatis. Rupanya, konflik ini dimanipulasi oleh Darth Sidious sebagai bagian dari rencana utamanya untuk melenyapkan Jedi dan menciptakan pemerintahan baru di bawah kuasanya.

4. Episode III : Revenge of the Sith (2005)

urutan nonton star wars
IMDb

Cerita film ini berlatar pada akhir 19 BBY. Clone Wars dan Darth Sidious mengambil langkah terakhir dalam rencananya untuk bisa mengambil alih galaksi – Republik menjadi Kekaisaran Galactic ketika Sidious menyatakan dirinya sebagai Kaisar. Anakin yang semula baik, justru beralih ke sisi gelap dan menjadi murid salah satu Sidious, Darth Vader, yang berpasangan untuk menghapus Ordo Jedi. Tanpa sepengetahuan Sith Lords, Padmé melahirkan anak kembar Anakin, Leia dan Luke.

Akan tetapi, sesaat melahirkan, Padem meninggal dunia. bi-Wan dan Yoda berencana untuk menyembunyikan si kembar ini dari Sith dan pergi ke pengasingan sampai waktu yang tepat.

BACA JUGA : Apa itu Discord? Berikut Pengertian & Cara Menggunakannya

5. Solo : A Star Wars Story (2018)

Star Wars

Rentang waktu pada film ini berlangsung sekitar 13-10 BBY. Pada film ini mengungkapkan  hari-hari awal pilot roguish ace, Han Solo sebelum ia bertemu dengan Skywalker. Film ini merupakan spin-off tentang Han Solo sebelum ia bertemu dengan Skywalker. 

Melalui petualangan menantang nyawa di dunia kriminal yang berbahaya ini, Han Solo akhirnya menjadinsalah satu pahlawan yang tidak pernah disangka sebelumnya. Lewat film ini, penonton juga bisa mengetahui backstory dari Han Solo, termasuk persahabatannya dengan Chewbacca, makhluk planet sejenis kambing berbulu lebat.

6. Obi-Wan Kenobi (2022)

Serial ini mengambil latar belakang 10 tahun setelah peristiwa dramatis Obi-Wan di dalam film Star Wars Episode III. Star Wars: Obi-Wan Kenobi mengisahkan perjalanan Obi-Wan setelah kekalahannya dari Anakin Skywalker (Hayden Christensen). Mantan Jedi Master ini harus menghadapi Anakin Skywalker, yang beralih ke sisi gelap dan menjadi Darth Vader.

7. Star Wars Rebels (2014)

Masih berhubungan dengan Star Wars Episode III: Revenge of the Sith, serial Rebels mengambil latar 14 tahun setelah runtuhnya Republik Galaktik. Di sini, Sedulur akan melihat perjalanan Ezra Bridger (Taylor Gray) yang awalnya menolak bergabung dalam pihak pemberontak. Namun, lambat laun ia pun tergerak untuk menjadi anggota dan bagian dari perlawanan.

8. Andor (2022)

Mengambil latar 5 tahun sebelum peristiwa Rogue One: Star Wars Story, serial Andor menceritakan bagaimana perjalanan Cassian Andor (Diego Luna) di masa lalu ketika memimpin manusia lain di galaksi untuk bersatu melawan kekejaman empire.

9. Rogue One : A Star Wars Story (2016)

Wired

Pada film ini kita dapat melihat pertarungan besar antara Aliansi Pemberontak melawan Kekaisaran. Sebagai film standalone pertama yang dikembangkan dari rangkaian saga Star Wars. Tak hanya itu penonton juga bisa melihat karakter lama yang jadi cameo.

Rogue One: A Star Wars Story juga menghadirkan sebuah kisah baru dalam Star Wars Saga. Film ini bercerita tentang perjuangan para pemberontak untuk mencegah kehancuran yang akan ditimbulkan dengan terciptanya Death Star – sebuah senjata paling mematikan Empire. Selain itu, film ini juga merupakan prolog untuk film Episode IV: A New Hope.

10. Episode IV : A New Hope (1977)

IMDb

Film Episode 4 dari Skywalker Saga dan film Star Wars asli terjadi pada 0 BBY. Darth Vader bertekad untuk dapat melacak rencana Death Star yang dicuri dan menangkap Putri Leia. Ia juga berencana untuk memulai serangkaian peristiwa yang melihat Luke Skywalker dan Han Solo bergabung dengan Aliansi Pemberontak. Dalam film ini, Obi-Wan juga rela mengorbankan dirinya pada duel lightsaber melawan Darth Vader sehingga dapat memberikan kesempatan pada Death Star dan Leia berhasil melarikan diri.

11. Episode V : The Empire Strikes Back (1989)

Space

Pada film Episode V: The Empire Strikes Back, dikisahkan Leia bergabung kembali bersama Luke, Han, dan Aliansi Pemberontakan. Mereka berhasil melarikan diri dari Kekaisaran.

Luke pun turut mengembangkan kekuatannya dan mencoba menemui Yoda, yang merupakan makhluk berukuran kecil yang enggan menerima bahwa Luke adalah seorang murid dari Jedi-nya. Selain itu Luke juga menemui fakta mengejutkan bahwa ternyata Darth Vader adalah ayahnya.

BACA JUGA : 15 Film Horor Korea Terbaik, Layak Ditonton Saat Akhir Pekan

12. Episode VI : return of the Jedi (1983)

Disney Plus

Satu tahun setelahnya, di 4 ABY, Aliansi Pemberontakan menyerang Death Star II. Film ini lebih berfokus mengenai konflik internal Darth Vader dengan anaknya, Luke Skywalker. Selain itu, terjadi duel lightsaber antara ayah dan anak tersebut.

Dalam film ini, sebuah rahasia kembali terkuak. Ternyata Luke mempunyai seorang saudara perempuan Kembar dari Darth Vader. Yap, dia adalah Leia. Dengan kematian Yoda, Luke harus mengalahkan sang Ayah demi menghancurkan kekuatan Imperial. Aliansi Pemberontak menghancurkan Bintang Kematian kedua dan memulai kejatuhan Kekaisaran

13. The Mandalorian (2019)

Serial ini menceritakan lima tahun setelah peristiwa Return of The Jedi. Di sini, Sedulur akan melihat kisah petualangan seorang Bounty Hunter tunggal bernama Din Djarin (Pedro Pascal). Salah satu suguhan tentang Star Wars dari sudut pandang berbeda.

Menariknya, Djarin juga merupakan seorang Mando atau Mandalorian yang tinggal di planet Mandalore.

14. The Book of Boba Fett (2021)

Nah, serial spin off satu ini menceritakan tentang seorang pemburu hadiah, yaitu Boba Fett (Temuera Morrison) dan seorang pembunuh bayaran bernama Fennec Shand (Ming-Na Wen). Dalam The Book of Boba Fett, mereka akan pergi ke dunia bawah untuk kembali ke padang pasir Tatooine. Keduanya bertujuan untuk mengambil alih kekuasaan jahat milik Jabba the Hutt.

15. Episode VII : The Force Awakens (2015)

Britannica

Pada Episode 7 dari Skywalker Saga ini terjadi pada tahun 34 ABY. Luke diketahui telah menghilang, dan Rey yang ‘Force-sensitive’-nya yang misterius terlibat dengan Perlawanan. Ben Solo, putra Leia dan Han, telah jatuh ke sisi gelap dan menjadi Kylo Ren.Di film ini, Organisasi First Order bangkit kembali setelah mengalami kehancuran Galactic Empire. Mereka ingin memusnahkan Luke dan menjatuhkan kekuasaan Republik.

Di sisi lain, kelompok Resistance yang dipimpin oleh Leia menentang rencana tersebut. Leia pun akhirnya mencari Luke untuk meminta bantuan. Akan tetapi, Luke yang merupakan Jedi terakhir, hilang. Pada film ini, muncul anak dari Leia dan Han yang bernama Ben Solo. Sayangnya, dia ternyata telah jatuh ke dalam sisi gelap dan mengubah dirinya menjadi Kylo Ren.

16. Episode VIII : The Last Jedi (2017)

Vox

Di film Episode VIII: The Last Jedi, diceritakan adanya pertarungan yang kembali terjadi dan kini dipimpin oleh Jenderal Leia Organa. Film ini juga memberi jawaban yang tepat mengenai nasib Resistance, ordo Jedi, Rey, Kylo Ren, dan Luke Skywalker. Jawaban tersebut muncul pada setiap adegannya, khususnya yang berhubungan dengan Luke Skywalker.

Kemudian, Kylo Ren memerintahkan pasukan Orde Pertama untuk menembak Luke, akan tetapi mereka gagal melukai Luke. Dia kemudian melibatkan Luke dalam duel lightsaber. Lulu, setelah menyerang Luke, Kylo menyadari bahwa Luke tidak hadir secara fisik, namun memproyeksikan citranya melalui The Force. Dan pada akhirnya, Luke meninggal dunia dengan damai di Ahch-To dan menjadi satu dengan The Force.

17. Episode IX : The Rise of Skywalker (2019)

The Guardian

Dalam Episode IX: The Rise of Skywalker, konflik terjadi antara Rey dan Kylo jadi sajian menarik dalam episode ini. Keduanya berhasil menunjukkan hubungan yang erat melalui intrik antara Light Side, yang diwakili Rey dan kubu Resistance, serta Kylo Ren dan First Order yang mewakili Dark Side.

Film ini juga berhasil menjawab semua pertanyaan yang muncul sejak Episode VII: The Force Awakens. Salah satunya adalah misteri masa lalu Rey sebagai karakter utama yang kurang dieksplorasi dalam Episode VIII: The Last Jedi.

The Rise of Skywalker juga menceritakan perjalanan Rey, Finn dan Poe Dameron mengenai perlawanan mereka terhadap Orde Pertama yang masih berlanjut. Dengan kekuatan dan pengetahuan generasi di belakang mereka, pertempuran terakhir mereka dimulai.

BACA JUGA : Sinopsis The Northman, Kisah Viking yang Haus Balas Dendam

Urutan film Star Wars berdasarkan tahun rilis

surgatekno
  • Episode IV: A New Hope (1977)
  • Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
  • Episode VI: Return of the Jedi (1983)
  • Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Episode II: Attack of the Clones (2002)
  • Episode III: Revenge of the Sith (2005)
  • Star Wars: The Clone Wars (2008-present)
  • Star Wars Rebels (2014-2018)
  • Episode VII: The Force Awakens (2015)
  • Rogue One (2016)
  • Episode VIII: The Last Jedi (2017)
  • Star Wars: Resistance (2018-2020)
  • Solo: A Star Wars Story (2018)
  • Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)
  • The Mandalorian (2019-present)

Urutan nonton Star Wars berdasarkan latar peristiwa

Selain ada banyak film, termasuk versi remake, urutan ceritanya pun bukan dari film yang pertama dirilis. Bukan hanya berdasarkan tahun rilis, namun juga ada urutan film Star Wars berdasarkan latar peristiwa. Berikut ini urutan film Star Wars berdasarkan latar peristiwanya:

  • Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Episode II: Attack of The Clones (2002)
  • Episode III: Revenge of the Sith (2005)
  • Solo: A Star Wars Story (2018)
  • Rogue One: A Star Wars Story (2016)
  • Episode IV: A New Hope (1977)
  • Episode V: The Empire Strike Back (1980)
  • Episode VI: Return of The Jedi (1983)
  • Episode VII: The Force Awakens (2015)
  • Episode VIII: The Last Jedi (2017)
  • Episode IX: the Rise of Skywalker (2019)

Nah itulah urutan nonton Star Wars sesuai timeline. Bagi pemula yang ingin menontonnya tentu harus mengetahui urutannya agar tidak bingung. Hal ini karena film ini memiliki alur ceirta yang sedikit membingungkan. Terlepas dari itu film ini menyuguhkan cerita yang cukup menarik.