The Bride of Habaek atau dikenal pula dengan The Bride of the Water God adalah drakor 16 episode bergenre romantis fantasi yang tayang di tvN selama Juli hingga Agustus 2017 lalu. Ceritanya satu tipe dengan Goblin dan Tale of the Nine-Tailed yang menggambarkan kisah cinta manusia dengan makhluk supranatural. 

Kali ini tentang seorang perempuan muda dengan sosok Dewa Air yang dipelihara keluarganya secara turun-temurun. Meski tidak begitu baru dari segi premis, drama ini tetap meraup nilai positif para penontonnya. Sudah pernah nonton atau lagi mencari tontonan baru setelah menamatkan drama lain? Simak sinopsisnya di sini.

BACA JUGA: Sinopsis Go Back Couple, Pasangan yang Kembali ke Masa Lalu

Plot utama 

the bride of habaek
Soompi

The Bride of Habaek episode 1 memperkenalkan penonton dengan si lakon utama, So Ah yang merupakan keturunan satu-satunya dari sebuah keluarga kelas menengah di Korea Selatan. Tanpa sepengetahuannya, keluarganya memiliki perjanjian dengan sesosok Dewa bernama Habaek. Setiap keturunannya ditakdirkan untuk bekerja sama dengan sang Dewa yang membutuhkan bantuan untuk sebuah misi perebutan tahta.

-->

Celakanya, So Ah bukan sosok yang pesimis dengan hal-hal supranatural. Saat Habaek menemuinya dalam wujud manusia, So Ah justru menganggapnya sebagai pasien yang mengalami isu kesehatan mental dan harus diterapi sesuai dengan profesinya. Semua berubah saat So Ah tersadarkan bahwa Habaek ternyata diburu beberapa sosok aneh lain yang mengaku pula sebagai Dewa, yaitu Mu Ra dan Bi Ryeom. Ditambah rival keluarganya, Hu Ye yang terus mengganggunya. Di tengah cerita akan ada bumbu kisah romantis antara So Ah dan Habaek yang bikin penontonnya baper.

Cast yang terlibat 

the bride of habaek
Instagram @skawngur

The Bride of Habaek pemain didominasi nama-nama keren macam Shin Se Kyung sebagai So Ah dan Nam Joo Hyuk sebagai Habaek. Shin Se Kyung adalah aktris cilik yang bertahan di industri hiburan hingga dewasa. Ia dikenal lewat beberapa drama The Girl Who Sees Smells, Six Flying Dragons, When a Man Falls in Love, dan Fashion King. Proyek terbarunya adalah Run On yang tayang di JTBC dan Netflix.

Sementara, Nam Joo Hyuk adalah aktor kelahiran 1994 yang belakangan dikenal luas karena terlibat dalam serial laris Start Up dan Twenty-Five Twenty-One. Joo Hyuk dianugerahi gelar 30 Under 30 oleh Forbes di tahun 2020 untuk pencapaiannya dalam akting dan modeling.

Selain kedua aktor utamanya, ada Mu Ra yang diperankan Krystal Jung yang merupakan seorang aktris Korea kelahiran Amerika Serikat. Sebelum merambah akting, ia dikenal sebagai member girl group f(x). Daftar filmografinya cukup mentereng. Ia pernah bermain di Prison Playbook, The Heirs, Search, dan Police University

Tak lupa sosok Gong Myung yang memerankan Bi Ryeom, Dewa Langit yang menaruh hati pada Mu Ra. Go Myung adalah anggota boy group 5urprise yang seluruh membernya adalah aktor. Serta Lim Ju Hwan yang memerankan rival So Ah, Shin Hu Ye. Ju Hwan pernah tampil di Boys Over Flower dan Oh My Ghost.

BACA JUGA: 8 Fakta Snowdrop, Drama Korea yang Membelokkan Sejarah

Diangkat dari sebuah manhwa 

the bride of habaek
VIU

Manhwa tersebut berjudul The Bride of the Water God yang terbit perdana di tahun 2006 dan berakhir 8 tahun kemudian. Ceritanya sedikit berbeda dari versi serial. So Ah di komik diceritakan masih berusia belia dan ia sebenarnya hendak dipersembahkan pada Dewa Air oleh warga desa guna mengatasi kekeringan panjang di desanya. Namun, alih-alih menerima So Ah menjadi pengantinnya, si Dewa Air yang masih mencintai istri pertamanya, Nakbin justru menolongnya.

Tokoh lain seperti Mura dan Hu Ye juga ada di dalam komik, tetapi memiliki peran yang berbeda. Hu Ye dalam komik diceritakan adalah bawahan Habaek yang dikenal setia dan handal, tetapi sebenarnya menyimpan dendam. Mura memiliki karakter dan posisi yang sama persis dengan yang ada di versi serial. Sementara, Bi Ryeom adalah tokoh baru yang tidak ada dalam versi komik.

Berakhir dengan bahagia melebihi ekspektasi penonton 

the bride of habaek
Amazon

The Bride of Habaek ending melebihi ekspektasi penonton. Semua tanya terjawab dan kisah cinta antara Habaek dengan So Ah pun menemukan resolusinya. Ini tontonan yang hangat dan mengharukan di bagian akhir. Melengkapi keseruan episode-episode sebelumnya yang penuh dengan intrik dan konflik. Buat penggemar drama romantis, akhir dari seri ini benar-benar ideal, deh. Bikin kita makin optimis dengan keberadaan cinta yang tulus. 

Dibandingkan dengan versi manhwa, versi serial lebih heartwarming dan ringan. Ceritanya juga disimplifikasi agar bisa selesai dalam 16 episode berdurasi 1 jam. Untuk mengurangi rasa tak nyaman, Habaek dan So Ah juga digambarkan seumuran, bukan remaja dengan orang dewasa.

BACA JUGA: Mengenal Penyakit yang Diderita Sunghoon ENHYPEN

Tidak lanjut ke musim kedua 

Dramabeans

Dari episode terakhirnya yang sudah penuh dengan konklusi, hampir bisa dipastikan bahwa tidak ada The Bride of Habaek season 2. Apalagi selama penayangannya, serial ini tidak banyak meraup jumlah penonton yang fantastis. Estimasi penayangannya stagnan di angka 3 persen, cukup kecil dibandingkan sejumlah serial laris lain macam Start Up dan Twenty-Five Twenty-One yang setidaknya mencapai angka lebih dari 10 persen.

Di mana bisa nonton? 

Dramabeans

The Bride of Habaek sub indo bisa Sedulur saksikan lewat layanan streaming Netflix, WeTV, dan VIU. Lancar dan tanpa iklan, langsung saja maraton 16 episodenya. Akting Nam Joo Hyuk pun tidak mengecewakan, setara dengan penampilannya di berbagai serial terbarunya.

The Bride of Habaek sinopsis sudah Sedulur baca, nih. Coba tonton dramanya juga, ya. Bisa jadi teman rebahan di kasur. Siapkan camilan dan minuman juga biar aktivitas menonton makin seru.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.