Marvel mengeluarkan film Spiderman No Way Home pada bulan Desember 2021 yang lalu. Film tersebut langsung mencuri perhatian dunia, terutama penonton yang mengikuti film Marvel dari awal. Pasalnya, film Spiderman terbaru ini memberikan gambaran tentang berbagai kemungkinan film Marvel selanjutnya.

Selain itu, terdapat beberapa hal menarik yang terungkat dalam film Spiderman No Way Home. Fakta-fakta menarik tersebut tidak sama sekali terpikirkan oleh penggemar film superhero ini. Apa saja faktanya? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Urutan Film Marvel Sesuai Kronologi Waktu MCU & Tahun Rilis

1. Wong merupakan Penyihir Agung, bukan Doctor Strange

Dari sejak dirilisnya trailer film ini, netizen Indonesia sudah banyak yang sibuk menanyakan kkapan Spiderman No Way Home rilis di Indonesia. Setelah rilis dan tayang, kepuasan netizen pun terpenuhi dan membanjiri media sosial membicarakan tentang film Spiderman terbaru ini.

Tidak selesai dengan sibuk menanyakan kapan Spiderman No Way Home Rilis, banyak hal heboh yang ditanyakan oleh netizen Indonesia, bahkan netizen dunia. Salah satunya adalah fakta mencengangkan ini, bahwa Wong merupakan Penyihir Agung. Tentu saja mencengangkan, pasalnya yang kita ketahui bahwa Penyihir Agung selama ini adalah Doctor Strange.

2. Hadirnya Spiderman Versi Tobey dan Andrew

pikiran-rakyat

Saat rilis trailer, dalam Spiderman No Way Home cast Tobey dan Andrew tidak dicantumkan. Namun, saat penayangannya, dalam perjalanan film, kehadiran Tobey dan Andrew adalah kejutan bagi penggemar Spiderman. Salah satu indikator yang membuat banyak penonton puas adalah kehadiran dua Spiderman sebelumnya.

Akibat dari permintaan dari Peter Parker versi Tom Holland kepada Doctor Strange untuk menghapus ingatan semua orang yang mengetahuinya seorang Spiderman, membuat musuh Spiderman dari dimensi lain mencari Peter Parker. Imbasnya, Spiderman versi Tobey dan Andrew pun ikut serta membantu dunia Spiderman Tom, untuk membasmi musuh-musuhnya.

Ini juga sekaligus kabar gembira bagi penggemar semesta Marvel, karena kemungkinan untuk setiap karakter Marvel hadir dalam satu film dan satu event terbuka luas. Salah satunya masuknya karakter X-Men, Fantastic Four dan karakter lain yang tidak bisa bergabung akibat hak cipta dan hak distribusi. Kini persoalan tersebut mulai menunjukan jalan keluarnya.

BACA JUGA: 15 Film Jason Statham Paling Populer dengan Rating Tinggi

3. Kehadiran Matt Murdock

spiderman no way home
greenscene

Untuk bagian ini, dalam trailer Spiderman No Way Home telah muncul bocoran. Matt yang merupakan seorang Dare Devil, salah satu superhero Marvel yang beberapa tahun lalu mendapatkan serialnya, hadir di film ini sebagai konsultan hukum dari Peter yang mendapatkan banyak tuntutan dari masyarakat.

Meski secara resmi Matt tidak hadir di Spiderman No Way Home poster, juga hanya mendapatkan satu scene saja. Namun persoalan ini menjadi sangat jelas, bahwa akan ada keterkaitan antara Matt sebagai Dare Devil dan Peter sebagai Spiderman. Tentu kita sebagai penggemar pun menantikan kolaborasi mereka berdua dalam memberantas mafia dan penjahat dengan kemampuannya yang unik.

4. Spiderman mengunci Doctor Strange di Dunia Cermin

wallpaperbetter

Di film No Way Home Spiderman, terdapat adegan perselisihan antara Peter dan Strange. Mereka berdua berkelit dan membuat Strange harus membawa Peter ke Dunia Cermin yang menjadi kekuasaannya. Namun, siapa sangka, meski Peter kesulitan untuk mengalahkan Strange, pada akhirnya Peter berhasil mengunci Strange di dunianya sendiri!

Hal tersebut didapatkan akibat kecerdasan dan kecerdikan dari Peter. Secara karakter, Peter mungkin belum dewasa dan dianggap tidak bijak, dibandingkan Strange. Namun akibat itu, Peter menjadi lebih liar dan lebih cerdik. Buktinya, Strange bisa ia kunci di dunia yang diciptakannya sendiri.

BACA JUGA: 10 Film Terbaik Keanu Reeves yang Ngga Bisa Kamu Lewatkan

5. Bibi May tewas dibunuh

spiderman no way home
insider

Ini adalah salah satu fakta yang menyedihkan bagi kita semua. Bibi May, satu-satunya orangtua tersisi dari Peter, satu-satunya orang yang menyayangi dan memikirkan Peter, harus terbunuh oleh musuh Spiderman No Way Home. Akibat amukan dari Green Goblin, Bibi May harus tewas. Dan hal ini merupakan pukulan amat berat bagi Peter di tengah semua masalah yang dia hadapi.

Setelah kehilangan Paman Ben, Peter juga harus kehilangan Bibi May. Bahkan di akhir kisahnya, Peter harus kehilangan semua orang yang mengenalnya. Termasuk MJ perempuan yang dia cintai dan Ned sahabat setianya. Peter harus kehilangan semuanya, demi memperbaiki segala kekacauan yang telah disebabkan.

6. Peter menyembuhkan semua musuh

businessinsider

Dalam Spiderman No Way Home official poster, terdapat beberapa musuh yang ada di dunia Spiderman. Ingat bagaimana Peter dan Strange berselisih? Hal tersebut dipicu oleh perbedaan pendapat. Strange harus segera mengembalikan semua musuh Spiderman dari dimensi lain, sementara Peter berkeyakinan teguh dan dapat menyembuhkan mereka.

Meskipun Peter dan Strange sama-sama setuju harus mengembalikan mereka ke dunianya, namun sebelum dikembalikan Peter ingin mereka disembuhkan terlebih dahulu. Hasilnya? Beberapa musuh bisa Peter sembuhkan dan bahkan balik mendukung Peter, contohnya adalah Mr. Octopus. Namun sisanya, tidak berhasil. Bahkan menjadi penyebab kehancuran dan kekacauan, serta menjadi penyebab matinya Bibi May yang kita cintai.

BACA JUGA: Film Panas Indonesia yang Tidak Pernah Ditayangkan di TV

7. Venom sebagai cameo

spiderman no way home
kincir

Di akhir film Venom, kita menyaksikan di After Credit bahwa Venom dan Eddie Brook harus pindah dimensi. Ini sekaligus menjadi salah satu kebahagiaan penonton. Meskipun hanya sebagai cameo, hal ini pertanda bahwa Spiderman dan Venom berkemungkinan besar untuk memiliki satu film yang sama.

Meskipun pada akhirnya Venom dikembalikan ke dimensinya, namun Venom meninggalkan satu tetes simbiotnya sebagai cinderamata bagi MCU. Apakah dari setetes simbiot tersebut, Venom berhasil menetap di MCU dan berkolaborasi bersama karakter superhero lain? Tentu saja kita harus sabar menanti kejutan-kejutan dari MCU lainnya.

8. Ned dapat menggunakan mantra Doctor Strange

bgr

Ini adalah hal mengejutkan lainnya, bahwa Ned adalah aktor utama yang memanggil Spider Tobey dan Andrew. Rumor tentang kehadiran dua Spiderman sebelumnya ini memang telah beredar luas di kalangan penggemar, namun belum dapat dipastikan bagaimana mereka bisa hadir.

Banyak fans yang memperkirakan bahwa kehadiran dua Spiderman sebelumnya pastilah oleh tangan Doctor Strange, namun faktanya berbeda. Dalam film Spiderman No Way Home, Ned adalah pelaku utamanya. Ned dapat melakukan sihir dengan menggunakan cincin Strange, bahkan membuka dua portal. Apakah ini pertanda bahwa peran Ned bukan hanya sebatas itu? Menarik untuk dinantikan.

BACA JUGA: 16 Film Komedi Indonesia Terbaik dan Paling Lucu di 2022

9. Miles Morales, Spiderman Afro-Latino

Dalam obrolannya dengan Spiderman Andrew, Electro menyingung bahwa akan seru jika ada Spiderman berkulit hitam seperti dirinya. Hal ini tentu saja bukan sebuah percakapan biasa. Miles Morales, merupakan Spiderman dalam film Spiderman: Into the Spider-Verse, merupakan seorang keturanan Afro-Latino. Indikasi akan hadirnya Miles di jagad semesta Marvel mulai terbuka. Diduga akan banyak kejutan dari MCU dalam 10 tahun ke depan!

10. Strange menghapus setiap ingatan semua orang

pramborsfm

Ini adalah bagian paling menyedihkan dalam Film Spiderman No Way Home. Pasalnya, Peter harus mengorbankan banyak hal, termasuk mengorbankan beberapa orang terdekatnya yang mengetahui dirinya. Setelah kehilangan Bibi May, harus kehilangan semua orang tentu saja menyakitkan. Peter memulai segala halnya dari awal lagi. Sebagaimana dia memulai menjadi Spiderman sebelum bertemu dengan Tony Stark.

Namun harga yang sangat mahal tersebut merupakan satu-satunya pilihan yang bisa diambil. Terlihat banyak retakan di langit, dengan banyak sosok yang diduga berasal dari dimensi lain yang sama-sama mencari Peter Parker. Jika tidak dicegah, hal tersebut bisa menyebabkan kekacauan. Untuk itu, satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menghapus ingatan semua orang tentang Peter agar dunia kembali normal.

BACA JUGA: Film Korea Terbai Sepanjang Masa

11. Bocoran tentang Film Doctor Strange selanjutnya

spiderman no way home
quever

Ini merupakan adegan di after credit, yang menunjukan bahwa Doctro Strange akan banyak pekerjaan di film selanjutnya. Salah satunya adalah persoalan Multi-verse. Akibat banyak hal yang terjadi di film Spiderman ini, akibat itu juga banyak hal yang harus diselesaikan. Namun bagian ini mengindikasikan bahwa karakter lain dari Marvel yang selama ini tertahan akibat hak cipta dan hak tayang, semakin menunjukan titik terangnya. Solusinya sederhana: Multi-verse!

Sekian daftar beberapa hal yang terungkap dalam film Spiderman No Way Home. Tidak bermaksud memberi spoiler bagi Sedulur yang belum nonton, namun bagi yang terlanjur membaca artikel ini bisa bergegas untuk segera menonton. Jangan lupa juga untuk menonton beberapa film sebelumnya, terutama bagi Sedulur yang baru mengikuti film-film Marvel.