The Raincoat Killer merupakan film dokumenter dari Korea Selatan yang mengangkat kisah nyata tentang pembunuhan berantai yang membuat masyarakat Korea Selatan ketakutan. Sinopsis The Raincoat Killer akan memberikan gambaran bagi Sedulur terkait film dokumenter satu ini.

Ide cerita dalam setiap film dan serial dari Korea Selatan memang sangat unik dan menarik. Hal tersebut diangkat dari berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi di Korea Selatan. Begitu pula yang terjadi dalam film dokumenter ini. Lantas seperti apa sinopsis The Raincoat Killer tersebut? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA:  Sinopsis A Tale of Two Sisters Film Horor Korea, Wajib Ditonton!

The Raincoat Killer

sinopsis The Raincoat Killer
Showbiz Cheat

Sinopsis The Raincoat Killer akan memberikan gambaran bagi Sedulur yang berencana menonton film ini. Film dokumenter ini dirilis oleh Netflix pada tahun 2021 yang lalu, yang mengangkat cerita tentang pembunuhan berantai yang terjadi pada tahun 2000an di Seoul Korea Selatan.

-->

Pembunuhan tersebut dilakukan oleh seorang bernama Yoo Young Chul. Peristiwa ini sangat traumatis bagi masyarakat Indonesia, hal tersebut terlihat dari banyaknya film dan serial yang menjadikan peristiwa ini sebagai landasan cerita utamanya.

Bagi Sedulur yang sering menonton film atau serial drama Korea Selatan, mungkin tidak asing dengan cerita pembunuhan berantai. Semua itu berlandaskan pada peristiwa pembunuhan berantai ini.

Sinopsis The Raincoat Killer

sinopsis raincoat killer
Newsweek

Sinopsis The Raincoat Killer berfokus pada kasus pembunuhnan berantai yang menghebohkan Korea Selatan pada tahun 2004 yang lalu. Film dokumenter ini disutradarai oleh

sinopsis The Raincoat Killer John Choi dan Job Sixsmith yang kembali menggarapnya menjadi sebuah dokumenter yang menarik. Dalam serial berjumlah 3 episode ini, dikisahkan bagaimana pihak berwajib mencoba menangkap predator yang dijuluki The Raincoat Killer.

Setidaknya, sudah lebih dari 20 orang yang menjadi korban dari The Raincoat Killer selama hampir satu tahun menjalankan aksinya. Berikut ini beberapa hal penting yang menjadi sorotan utama dalam serial The Raincoat Killer itu sendiri:

1. Korban orang kaya dan wanita

Netflix

Satu pola yang terlihat dari pembunuhan yang dilakukan oleh Yoo Young Chul adalah korbannya. Para korban pembunuhannya yaitu orang kaya dan wanita. Hal itu yang diangkat dalam awal sinopsis The Raincoat Killer itu sendiri.

Peristiwa tersebut tentu memberikan ketengangan dan ancaman yang menakutkan bagi masyarakat kelas atas di Seoul. Young Chul melakukan aksinya dengan menyawar wilayah elit di Korea Selatan dan menghabisi nyawa dari penghuni wilayah tersebut.

Bukan hanya orang kaya dan masyarakat elit, Young Chul juga menyasar para wanita. Umumnya wanita yang merupakan pelacur atau pekerja seks komersial. Dari pengakuannya, Young Chul mengatakan bahwa wanita tidak oleh menjadi pelacur.

Sementara itu, untuk orang kaya, Young Chul menyampaikan bahwa mereka (orang-orang kaya) harus mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan, bahkan sesuatu yang dilakukan yang merugikan masyarakat kecil.

2. Dendam menjadi latar belakang

Grunge

Dari penjelasan di atas, tentu dendam merupakan latar belakang utama dari setiap aksi keji yang dilakukan. Young Chul melakukan aksinya dari tahun 2003 hingga 2004 yang lalu. Di dalam dokumenter, diceritakan bahwa dendam pribadi Young Chul kepada orang kaya dan wanita penghibur atau pelacur.

Dia memilih orang kaya, lantaran benci karena ia tumbuh di keluarga miskin dan kerap mendapatkan intimidasi dari teman-temannya. Sementara, kepada wanita penghibur dia memiliki dendam karena pernah ditolak oleh wanita yang dicintainya.

3. Aksi kanibalisme penuh kekejian

Netflix

Aksi pertama dilakukan oleh Yoo Young Chul pada Januari 2003 dengan membunuh seorang profesor dan istrinya. Young Chul melakukan aksinya dengan cara menerobos rumah dan langsung memukul korban menggunakan palu buatannya sendiri.

Bukan hanya itu, Young Chul kerap melakukan mutilasi dan aksi kanibalisme dengan memakan anggota tubuh para korbannya. Agar aksinya tidak terlalu mencurigakan, Yoo Young Chul membuat seolah-olah terjadi perampokan di rumah para korbannya.

Aksi keji dan kejam tersebut mengawali setiap kelakuan biadab dari Young Chul, dirinya menganggap bahwa ada misi penting dengan melakukan hal-hal keji tersebut. Salah satunya sebagai penghukuman kepada orang kaya dan pelacur.

4. Dokumenter disusun berbadasarkan kesaksian

IMDb

Di dalam dokumenter ini, Sedulur akan melihat banyak kesaksian, termasuk dari para korban dan para ahli yang terlibat langsung dalam penyelidikan. Di serial ini, Sedulur akan mendengar kesaksian para ahli yang mengupas tuntas mengenai kasus ini.

Selain itu, beberapa jurnalis yang mewawancarai Yoo Young Chul juga hadir dalam film dokumenter ini juga. Semua keterangan para saksi ini, membuat banyak Sedulur yang penasaran pun terjawab lewat dokumenter ini. Segala hal telah dibahas tuntas dalam film ini.

BACA JUGA: Sinopsis Insurgent, Ketika Divergent Dianggap Musuh Berbahaya

Fakta dari film The Raincoat Killer

Reddit

Selain beberapa penjelasan di atas, film dokumenter ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang tentu wajib untuk Sedulur ketahui. Fakta-fakta yang ada di film dokumenter ini tentu akan membuat Sedulur tercenggang. Apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk, mari kita simak di bawah ini!

1. Asal usul nama The Raincoat Killer

Julukan The Raincoat Killer, mulai disematkan saat penangkapan Yoo Young Chul yang kedua. Saat itu, Young Chull selalu menggunakan jas hujan selama menuntun polisi ke lokasi tempat korbannya dikubur. Hal itulah yang membuat wartawan, menyebutnya sebagai The Raincoat Killer di berbagai pemberitaan.

2. Menyesal dan menyerahkan diri ke polisi

Pada persidangan pertama, Yoo Young Chul mengatakan jika aksinya hanya permulaan dan tidak berencana untuk berhenti melakukannya. Namun, pernyataan itu Young Chul ubah ketika persidangan kedua. Saat itu, Young Chul mengaku menyesal dengan aksi yang sudah dia lakukan.

Yoo Young Chul mengatakan akan terus melakukan pembunuhan, jika polisi tidak segera menangkap dan menghukumnya segera.

3. Pertanyaan dari anaknya

Ditangkap oleh polisi atau dihukum atas kelakuannya bukan hal yang ditakutkan oleh Young Chul. Suatu hal yang membuatnya merasa ketakutan adalah momen di mana dirinya ditanya oleh anaknya sendiri. Salah satu hal yang tidak sama sekali berkaitan dengan kekejian yang dilakukannya.

Young Chul mengaku bahwa hal yang paling menakutkan di muka bumi ini adalah pertanyaan dari anaknya. Pertanyaan pun lebih spesifik yaitu ketika anaknya bertanya apakah dirinya masih sakit flu atau tidak.

BACA JUGA: Sinopsis Requiem For a Dream (2000), Depresi dalam Obsesi

4. Membunuh secara acak

Ada sekitar 20 orang yang menjadi korban dari perbuatan keji dari Young Chul. Berdasarkan pernyataan dari polisi, Young Chul telah melakukan pembunuhan sekitar 20 orang yang dilakukan secara acak. Namun angka tersebut berbeda dengan pengakuan dari Young Chul itu sendiri.

Dalam dokumenter, dijelaskan bahwa Young Chul melakukan pembunuhan sebanyak 26 orang. Semua korban dari Young Chul dipilih secara acak, dan bukan hanya orang kaya dan wanita penghuibur saja. Namun siapapun yang dipilihnya secara acak.

5. Dihukum mati

Pada Desember 2004 pengadilan Seoul memutuskan, Yoo Young Chul alias The Raincoat Killer akan dihukum mati atas pembunuhan terhadap 20 warga sipil. Namun, hukum Korea yang memiliki “penangguhan” pada eksekusi mati.

Maka dari itu, Yoo Young Chun hingga kini masih menjalani hukumannya di penjara pusat Kota Seoul sambil menuggu hukuman mati yang akan diterimanya.

6. Diangkat ke film layar lebar

Sebelum dokumenternya hadir di Netflix, aksi pembunuhan The Raincoat Killer sudah diangkat ke dalam film layar lebar. Banyak film yang diangkat dengan latar belakang aksi keji Yoo Young Chul. Film berjudul The Chaser yang dibintangi oleh Ha Jung Woo, Kim Yun Seo, dan Seo Young Hee terinsipirasi dari aksi yang dilakukan oleh Yoo Young Chul.

Dalam film ini diceritakan, bagaimana polisi mencoba mengungkap pembunuhan yang dilakukan oleh Yoo Young Chul. Cerita film ini pun berhasil menarik perhatian penonton. Bahkan, film ini juga berhasil membawa pulang Grand Prize dalam ajang Baeksang Arts Awards dan film Korean Film Award

Ada banyak film lain yang mengangkat kisah dalam sinopsis The Raincoat Killer ini sebagai ceritanya. Biasanya, akan memiliki cerita yang menarik dan menegangkan.

Nah itulah penjelasan terkait sinopsis The Raincoat Killer yang bisa menjadi gambaran bagi Sedulur yang hendak menonton film ini. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, terutama yang tidak mengetahui informasi awal dari film ini.