sinopsis requiem for a dream

Film Requiem For a Dream merupakan salah satu film sentimental legendaris yang rilis pada tahun 2000 silam. Sinopsis Requiem For a Dream ini menceritakan tentang perjalanan pasangan yang mengalami kehancuran setelah terjebak dalam pengaruh adiktif narkoba. Padahal keduanya memiliki harapan dan impian yang ingin diwujudkan bersama.

Kehancuran ini muncul karena adanya obsesi pada mimpi yang mereka inginkan. Seperti apa sinopsis lengkapnya agar Sedulur bisa semakin menghayati film ini saat menonton? Simak ulasannya berikut!

BACA JUGA: 12 Film Pesawat Jatuh Dari Kisah Nyata, Sangat Menegangkan! 

Sinopsis Requiem For a Dream

sinopsis requiem for a dream
Time Out

Cerita ini mengisahkan tentang tiga orang yang terjebak dalam kecanduan dan obsesi yang merusak, yaitu Sara Goldfarb, putranya Harry, dan sahabat Harry, Tyrone. 

-->

Sara adalah seorang wanita tua yang merasa kesepian setelah kehilangan suaminya dan anaknya. Untuk mengisi waktunya, dia menghabiskan sebagian besar hari-harinya dengan menonton acara televisi favoritnya, Maylin and Block. Dia bermimpi untuk tampil di acara tersebut dengan gaun merah kesayangannya.

Di sisi lain, Harry dan kekasihnya, Marion, bercita-cita membuka toko pakaian mereka sendiri. Namun, kecanduan heroin membuat Harry dan Tyrone, sahabat Harry, terjerumus ke dalam dunia penjualan narkoba untuk mengumpulkan uang.

Bisnis Harry mulai terganggu dan dia harus melakukan tindakan ekstrim dengan memanfaatkan Marion untuk mendapatkan uang. Hal ini membuat hubungan mereka semakin buruk. Tyrone dan Harry pun terjerat dalam masalah yang mengancam nyawa mereka.

Meski Sara berhasil diundang untuk tampil di acara Maylin and Block, dia terobsesi untuk mengejar bentuk tubuh yang ideal sehingga dia mulai mengonsumsi obat penekan nafsu makan.

Tindakan ini membuatnya semakin terjerumus ke dalam kecanduan obat dan halusinasi. Sara terus mengambil pil tersebut meski telah menyebabkan dirinya kehilangan kendali atas dirinya sendiri dan memburuknya kondisi kesehatannya.

Ketiganya akhirnya terjebak dalam kecanduan dan obsesi masing-masing, hingga membawa kehancuran bagi diri mereka sendiri dan orang di sekitarnya. Kondisi mereka semakin memburuk, dan mereka tampak tidak bisa keluar dari cengkeraman mimpi dan obsesi yang merusak.

Namun, meskipun situasinya nampak putus asa, mereka masih memiliki kesempatan untuk keluar dari masalah ini dan merubah hidup mereka menjadi lebih baik. Selama mereka memiliki tekad dan dukungan yang kuat dari orang-orang terdekat mereka, harapan masih ada untuk menyelamatkan diri mereka dari kecanduan dan obsesi yang merusak.

Film berkisah tentang adiksi yang gelap

  sinopsis requiem for a dream
Looper

Banyak film yang membahas tentang penyalahgunaan obat-obatan, seperti Trainspotting yang sangat terkenal. Namun, Requiem for a Dream mengambil pendekatan yang berbeda dalam menggambarkan dampak buruk penggunaan obat-obatan. Hal ini sama seperti yang ada pada sinopsis requiem for a dream.

Film psikologi karya Darren Aronofsky ini menyoroti betapa mengerikan pengaruh obat-obatan pada kehidupan karakter-karakternya. Setiap karakter memiliki impian yang berbeda, namun mereka mencoba mencapainya dengan cara yang sama yaitu dengan menggunakan obat-obatan. Sara, misalnya, menggunakan amfetamin untuk mencoba agar gaun merah favoritnya muat di tubuhnya.

Selain itu, Harry, Marion, dan Tyrone menggunakan heroin sebagai hiburan. Harry bahkan menjual heroin untuk membantu mewujudkan impian Marion, sementara Tyrone berharap bisa mendapat pengakuan dari ibunya dengan meraih kesuksesan finansial.

Dikembangkan dari novel dengan judul yang sama karya Hubert Selby Jr., film ini mengandalkan pendekatan psikologis yang menakutkan.

Karakter-karakter dalam film ini mengalami banyak kesulitan akibat penyalahgunaan obat-obatan. Sara mengalami halusinasi, Harry mengalami kerusakan fisik pada tangannya, Tyrone dipenjara, dan Marion terjerumus ke dalam dunia prostitusi. Salah satu adegan paling menakutkan dalam film ini adalah ketika Sara mengalami halusinasi dan melihat bayangan-bayangan yang mencemoohnya.

BACA JUGA: 20 Film Romantis Jepang Paling Sedih dan Bikin Baper

Jangan ragukan sinematografi

sinopsis requiem for a dream
The Independent

Requiem for a Dream memberikan pengalaman visual yang sangat maju dan inovatif. Film ini memperkenalkan teknik sinematografi yang berani dan berbeda dari film-film lain.

Salah satu contoh teknik sinematografi yang digunakan dalam film ini adalah montase hip hop yang menunjukkan bagaimana heroin mempengaruhi karakter-karakternya dengan transisi yang halus.

Selain itu, close-up pada wajah-wajah karakter menyoroti detail-detail penting dan membantu penonton untuk lebih memahami karakter-karakter tersebut. Time-lapse juga digunakan untuk menunjukkan ketidakstabilan emosional Sara.

Namun, yang membuat film ini benar-benar luar biasa adalah bagaimana teknik sinematografi itu digunakan dengan cerdas untuk meningkatkan efektivitas pengalaman penonton. Melalui perubahan warna dan tone, film ini dapat menciptakan suasana yang suram dan menakutkan yang sangat sesuai dengan tema psikologis yang diusungnya.

Dengan memanfaatkan teknik sinematografi yang canggih dan inovatif, Requiem for a Dream berhasil menciptakan pengalaman visual yang sangat kuat dan mengesankan bagi penonton.

Film ini membuktikan bahwa sinematografi yang cerdas dapat meningkatkan keefektifan pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara kepada penonton, dan memberikan pengalaman yang mendalam dan tak terlupakan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Ilmuwan yang Diangkat dari Kisah Nyata

Penampilan cast yang luar biasa

sinopsis requiem for a dream
Stanford Live

Requiem for a Dream menggambarkan dengan teliti bagaimana karakter-karakternya berusaha mencapai mimpi-mimpi mereka dengan cara yang tidak konvensional.

Sara ingin menjadi kurus dan menggunakan amfetamin, sementara Harry dan Tyrone mencari uang dengan menjual heroin dan Marion yang memutuskan untuk menjual tubuhnya untuk membeli heroin.

Semua empat karakter utama tampil dengan sangat baik, tetapi pujian yang lebih besar harus diberikan kepada Ellen Burstyn yang memerankan Sara Goldfarb. Dia dapat menunjukkan berbagai ekspresi emosi dengan sangat baik.

Dia dapat membuat penonton merasa simpati pada kesepian yang dia rasakan, keinginan untuk merasa hidup, dan ketakutan saat ia mengalami halusinasi.

Tidak mengherankan bahwa dia dinominasikan untuk kategori Aktris Terbaik di Academy Awards. Requiem for a Dream adalah sebuah film yang menampilkan tentang mimpi, obsesi, dan obat-obatan terlarang yang sangat mengikat secara emosional.

Durasi film selama 101 menit tidak terasa membosankan karena kita akan terus disuguhi dengan emosi sedih, tegang, dan mengerikan hampir sepanjang film. Selain itu, sinematografi yang unik memberikan pengalaman visual yang baru.

Penuh pelajaran hidup

BBC

Setelah Sedulur membaca sinopsis requiem for a dream dan menonton filmya, tentunya Sedulur akan memetik pelajaran yang berarti dari film tersebut.

Setiap orang dapat mengambil kesan yang berbeda dari sebuah film, namun demikian, banyak film memiliki pesan atau tema tertentu yang ingin disampaikan kepada penontonnya. Nah, film ini menjadi sebuah film yang mengangkat isu narkoba dan dampak buruknya pada kehidupan seseorang.

Film seperti ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang betapa merusaknya narkoba pada kehidupan seseorang dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, film ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berhati-hati dan menghindari narkoba.

Dalam hal ini, bisa Sedulur sedang menonton bersama anak, pendampingan orang tua sangat penting, terutama ketika menonton film yang memiliki rating R. Diskusi setelah menonton film dapat membantu anak-anak remaja untuk lebih memahami dampak narkoba dan bahaya yang terkait dengan penggunaannya.

Film ini mengajarkan bahwa bergaul dengan obat-obatan aditif dapat merusak hidup seseorang dan dapat berubah menjadi racun yang membahayakan jika dikonsumsi tidak sesuai aturan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk menghindari narkoba dan menjaga kesehatan dan kebahagiaan kita sendiri.

BACA JUGA: Sinopsis Film Drama Keluarga: The Glass Castle (2017)

Pesan penting dari film

Requiem for a Dream Review - U OF C FILM SOCIETY
Uofc Film Society

Requiem for a Dream mengajarkan bahwa mempunyai impian dalam hidup adalah hal yang penting, tetapi harus diiringi dengan tindakan positif dan keputusan bijak untuk mencapainya.

Film ini juga menyoroti bahaya dan akibat yang mengerikan dari penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, serta dampak negatif yang bisa berdampak buruk pada kehidupan seseorang dan orang di sekitarnya.

Sangatlah mudah untuk terjebak dalam lingkaran kecanduan yang merusak, dan meskipun penggunaan obat-obatan terlarang mungkin tampak seperti solusi instan untuk masalah hidup, itu hanya akan membawa penderitaan dan kesengsaraan yang tak terbatas. Dalam jangka panjang, itu hanya akan memperburuk keadaan dan mencegah seseorang untuk mencapai impian mereka.

Jadi, film ini memberikan pesan penting bahwa impian dan ambisi dalam hidup harus dikejar dengan tindakan yang positif dan keputusan bijak, dan bukan dengan cara yang merusak diri sendiri dan orang lain.

Kita harus menghindari jalan pintas dan mencari cara-cara yang lebih sehat dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan hidup kita.

Itu tadi sinopsis requiem for a dream. Jika Sedulur senang menonton film psikologis, maka film ini pasti layak untuk ditonton. Jadi setelah membaca sinopsis requiem for a dream ini, jangan lupa juga untuk menonton film-nya, ya!