film romantis sedih jepang

Menonton film masih menjadi aktivitas yang banyak disukai untuk mengisi waktu luang ataupun menghabiskan libur akhir pekan. Apalagi saat ini ada banyak genre film yang bisa Sedulur pilih dan saksikan melalui layanan OTT. Misalnya film romantis Jepang yang bikin baper sekaligus mengharukan karena menyajikan kisah cinta yang manis dan sedih.

Sebagai referensi, berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi film sedih Jepang yang bisa Sedulur tonton di akhir pekan ini. Yuk, langsung simak daftar rekomendasi beserta sinopsis singkatnya berikut ini!

BACA JUGA: 25 Film Misteri Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Ngabuburit!

Rekomendasi film romantis sedih Jepang

Ada banyak film romantis sedih Jepang yang bisa Sedulur pilih sebagai hiburan di waktu luang. Di antaranya adalah Koizora atau Sky of Love, Hanamizuki, dan No Longer Heroine. Kisah cinta yang disuguhkan oleh film-film tersebut dijamin akan membuat Sedulur baper sekaligus terharu karena alur cerita dan dialog-dialognya yang menyentuh.

-->

Daripada penasaran, yuk, langsung disimak 20 rekomendasi film romantis sedih Jepang, lengkap dengan sinopsis singkatnya.

1. Sky of Love

film romantis sedih jepang
AsianWiki

Koizora atau juga dikenal dengan judul Sky of Love merupakan film romantis sedih Jepang yang dirilis pada 2007. Film yang diangkat dari cerita novel berjudul sama ini masuk dalam jajaran box office Jepang dan tercatat meraup pendapatan hingga 36 juta dolar.

Cerita film Koizora dimulai ketika seorang siswi SMA bernama Mika (Yui Aragaki) kehilangan telepon genggamnya. Setelah menemukannya kembali, ia mendapati bahwa semua kontak di telepon genggamnya sudah terhapus. Di sisi lain, ada nomor misterius yang terus menghubunginya.

Singkat cerita, Mika malah menjalin komunikasi secara intens dengan sosok misterius itu. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa orang yang menghubunginya selama ini adalah Hiro (Haruma Miura), pemuda nakal yang semula ia takuti. Tak lama kemudian keduanya resmi menjalin hubungan sebagai pasangan kekasih.

Namun hubungan mereka tidak berjalan mulus. Hal ini dikarenakan mantan kekasih Hiro, Saki (Asami Usuda), terus mengganggu mereka. Bahkan Saki meminta bantuan sekelompok pria untuk menyerang Mika. Ditambah Hiro tiba-tiba menunjukkan sikap berbeda di mana dirinya terlihat mendekati perempuan lain.

Mika yang tidak terima dengan hal tersebut lantas meminta penjelasan dari kekasihnya itu. Akan tetapi, Hiro malah menyatakan keinginannya untuk putus. Tanpa disangka, Hiro ternyata menyimpan rahasia yang selama tidak pernah diketahui oleh Mika.

2. Hanamizuki

film romantis sedih jepang
Viki

Rekomendasi film romantis sedih Jepang berikutnya adalah Hanamizuki, atau juga dikenal dengan judul lengkap Hanamizuki -May your love bloom a hundred year-. Film arahan sutradara Nobuhiro Doi ini mengambil latar waktu tahun 1996 dan 2006.

Cerita dimulai ketika Sae (Yui Aragaki) yang merupakan seorang siswi SMA berusaha keras untuk lulus dalam ujian masuk universitas. Kala itu, Sae yang kehilangan sang ayah sejak masih belia, hidup bersama ibunya di Hokkaido.

Selepas lulus dari SMA, ia bertekad untuk masuk ke universitas di Tokyo. Dalam perjalanannya menuju tempat ujian, kereta yang ia tumpangi mengalami kecelakaan. Insiden itu mempertemukannya dengan seorang pemuda bernama Kouhei (Toma Ikuta). Singkat cerita, keduanya pun menjadi dekat akibat insiden yang membuat Sae gagal untuk mengikuti ujian.

Berbeda dengan Sae yang bercita-cita untuk masuk universitas terbaik di Tokyo, Kouhei sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti jejak sang ayah menjadi nelayan. Kondisi tersebut pun membuat keduanya harus menjalin hubungan jarak jauh yang penuh lika-liku.

3. No Longer Heroine

film romantis sedih jepang
AsianWiki

Selanjutnya ada film romantis Jepang yang akan bikin Sedulur baper, yakni No Longer Heroine. Film yang memiliki judul asli Hiroin Shikkaku ini dibintangi oleh Mirei Kiritani, Kento Yamazaki, dan Kentaro Sakaguchi.

Cerita film ini berpusat pada Hatori Matsuzaki (Mirei Kiritani), seorang siswi SMA yang menyimpan rasa suka kepada teman masa kecilnya, Rita Terasaka (Kento Yamazaki). Ia meyakini bahwa dirinya adalah sosok heroine atau pahlawan wanita terbaik untuk Rita. Namun tanpa diduga, Rita malah menjalin hubungan dengan perempuan lain bernama Miho Adachi.

Kehidupan asmara Hatori Matsuzaki semakin rumit ketika seorang murid populer mendekatinya. Sebab, ia hanya menaruh rasa suka pada Rita seorang.

4. I Give My First Love to You

film romantis sedih jepang
AsianWiki

I Give My First Love to You atau Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu merupakan film Jepang romantis sedih yang dirilis dari manga berjudul sama karya Kotomi Aoki. Film ini dirilis pada 2009 dengan menggandeng Mao Inoue dan Masaki Okada sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengikuti kisah percintaan antara Takuma Kakinouchi (Masaki Okada) dan Mayu Taneda (Mao Inoue). Cerita mereka dimulai ketika Takuma dirawat di rumah sakit oleh ahli jantung yang merupakan ayah Mayu. Semenjak itu keduanya menjadi dekat dan tertarik kepada satu sama lain.

Namun saat beranjak remaja, Takuma memutuskan untuk menjauh dari Mayu karena penyakit yang dideritanya. Apalagi dokter juga menyebut bahwa mungkin ia tidak akan sanggup bertahan hingga berusia 20. Di saat yang sama, Mayu bertemu dengan pemuda lain yang mengaku menyukainya. Sementara Takuma bertemu dengan perempuan dengan kondisi yang sama dengannya.

5. From Me To You

film romantis sedih jepang
AsianWiki

Film Jepang romantis yang selanjutnya adalah From Me to You atau juga dikenal dengan judul Kimi ni Todoke. Film yang dirilis pada 2010 ini menampilkan cerita tentang Sawako Kuronuma (Mikako Tabe), seorang siswi yang tidak memiliki teman karena penampilannya dianggap mirip dengan hantu Sadako dalam film horor Ring. Meski begitu, sebenarnya ia merupakan anak yang ceria dan peduli kepada orang lain.

Hidup Sawako perlahan mulai berubah semenjak berkenalan dengan Shota Kazehaya (Haruma Miura), seorang siswa populer di sekolahnya. Berbeda dengan murid lainnya, Shota bersikap baik kepada Sawako dan bahkan mengaguminya.

BACA JUGA: Sinopsis Noktah Merah Perkawinan, Film Adaptasi Sinetron Legendaris!

6. Taiyou no Uta

film romantis sedih jepang
AsianWiki

Berikutnya ada film lawas Taiyou no Uta atau Midnight Sun. Film yang dirilis pada 2006 ini menyajikan kisah cinta yang mengharukan.

Diceritakan, Kaoru Amane (Yui) adalah seorang gadis dengan Xeroderma Pigmentosum (XP) yang membuatnya tidak bisa terkena paparan sinar matahari langsung. Kondisi tersebut menyebabkan Kaoru menjalani hidup yang berbeda dengan kebanyakan orang, di mana ia akan menghabiskan waktu untuk tidur pada siang hari dan mulai beraktivitas sebagai musisi jalanan setelah matahari tenggelam.

Suatu ketika, ia melihat seorang pemuda yang berdiri dengan papan selancar dari balik jendela kamarnya. Hal itu kemudian menjadi rutinitasnya setiap akan tidur di pagi hari. Tak lama berselang, Kaoru akhirnya mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan pemuda tersebut, yang ternyata bernama Koji Fujishiro (Takashi Tsukamoto).

Keduanya lantas sering bertemu di malam hari dan menjadi dekat. Hingga kemudian Koji mengetahui kondisi Kaoru yang selama ini dirahasiakan darinya. Meski begitu, ia tidak lantas menjauhi Kaoru dan malah mengajaknya untuk selalu bertemu di malam hari. Namun, kondisi Kaoru ternyata terus memburuk dari hari ke hari. Bahkan ia mengalami masalah pada tangannya yang membuatnya tidak bisa bermain gitar lagi.

7. The Liar and His Lover

film romantis sedih jepang
AsianWiki

Rekomendasi film romantis Jepang yang bikin baper berikutnya adalah The Liar and His Lover. Film yang dirilis pada 2013 silam ini menceritakan tentang seorang komposer musik sekaligus personel band rock Crude Play, Aki Ogasawara (Takeru Satoh). Aki mengalami kegalauan atas karier bermusik yang dijalaninya. Di tengah masa-masa tersebut, ia tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis polos bernama Riko Koeda (Sakurako Ohara). Singkat cerita keduanya menjadi dekat namun Aki menyembunyikan identitas aslinya dari Riko. Sampai kemudian, Riko yang memiliki suara merdu memutuskan terjun ke industri musik seperti Aki.

8. 1 Litre of Tears

IMDb

Hanya dengan membaca judulnya, Sedulur tentu sudah bisa membayangkan alur cerita sedih yang ditampilkan oleh film yang dirilis pada 2005 ini. 1 Litre of Tears menceritakan tentang seorang gadis bernama Aya Kito (Asae Oonishi) yang menderita penyakit langka. Dokter bahkan mendiagnosis bahwa penyakit tersebut tidak bisa benar-benar disembuhkan. Adapun film ini diangkat dari kisah nyata yang didasarkan pada buku harian yang ditulis oleh Aya Kito semasa hidupnya.

9. Sekai no Chuushin de, Ai o Sakebu

AsianWiki

Sekai no Chuushin de, Ai o Sakebu atau juga dikenal dengan Crying Out Love in the Center of the World adalah film romantis sedih Jepang yang dirilis pada 2004 silam. Film ini menceritakan tentang Ritsuko Fujimura (Kou Shibasaki) yang tidak sengaja menemukan sebuah kaset tua saat mengemasi barang-barangnya sebelum pindah rumah. Ia kemudian memutar kaset tersebut dan mendapati rekaman suara seorang perempuan.

Setelah mendengarkan rekaman itu, Ritsuko kemudian menuliskan pesan kepada tunangannya, Sakutaro Matsumoto (Takao Osawa) bahwa ia akan pergi ke suatu tempat untuk beberapa waktu.

Tak lama berselang, Sakutaro menonton acara berita dan melihat Ritsuko berjalan di bandara. Ia mengetahui bahwa tunangannya itu akan pergi ke kampung halaman mereka yang merupakan tempat ia bertemu Ritsuko dan perempuan dalam rekaman kaset itu untuk kali pertama.

10. 26 Years Diary

AsianWiki

Selanjutnya ada film 26 Years Diary (2007) yang mengikuti kisah kehidupan dan kematian Lee Soo Hyun (Lee Tae Sung). Ia merupakan seorang pemuda asal Korea Selatan yang melanjutkan pendidikannya di Jepang. Di sana, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri Hoshino (Maki Onaga). Lantaran sama-sama memiliki ketertarikan terhadap musik dan olahraga, keduanya pun menjadi dekat meski sempat mengalami masalah bahasa dan ras. Sayangnya kisah cinta mereka tidak berjalan mulus begitu saja karena adanya sebuah insiden.

BACA JUGA: 100 Film Terlaris Sepanjang Masa, Wajib Masuk List Tontonmu!

11. Snow Flower

IMDb

Rekomendasi film romantis sedih Jepang yang berikutnya adalah Snow Flower. Film yang dirilis pada 2019 lalu ini menceritakan tentang Miyuki Hirai (Ayami Nakajo), seorang gadis yang memiliki keadaan fisik lemah karena suatu penyakit. Ia bahkan didiagnosis bahwa umurnya tak akan lama lagi.

Suatu ketika, ia menjadi korban perampokan setelah mengunjungi rumah sakit. Saat itu ia ditolong oleh Yusuke Watahiki (Hiroomi Tosaka), seorang pria yang memiliki cita-cita menjadi seniman kaca. Miyuki kemudian mengetahui bahwa kafe tempat Yusuke bekerja sedang mengalami masalah finansial.

Ia pun membuat sebuah tawaran kepada Yusuke untuk menjadi kekasihnya selama satu bulan dengan imbalan ia akan memberikan uang 1 juta yen. Seiring berjalannya waktu, Yusuke akhirnya mengetahui kondisi Miyuki dan bertekad untuk membantu mewujudkan permintaan terakhirnya.

12. Your Lie in April

CNN Indonesia

Your Lie in April merupakan film romansa mengenai seorang pianis dan pemain biola yang dirilis pada 2016. Kousei Arima (Kento Yamazaki) adalah seorang pianis terkenal yang menyimpan trauma akibat kekerasan yang dialaminya semasa kecil. Selepas kematian sang ibu, Kousei pun memutuskan untuk tidak bermain piano lagi.

Sepuluh tahun kemudian, Kosei bertemu dengan Kaori Miyazono (Suzu Hirose) yang merupakan pemain biola. Pertemuan itu terjadi lantaran teman Kosei memaksanya untuk mengikuti kencan ganda dan menonton pertunjukan Kaori.

Tak berselang, Kaori kemudian mengajak Kousei untuk berduet dengannya dalam sebuah kompetisi. Meski awalnya menolak, Kousei akhirnya setuju setelah dibujuk Kaori yang mengaku ingin membantu mengatasi trauma masa kecilnya.

13. 1.778 Stories of Me and My Wife

AsianWiki

Film romantis sedih Jepang yang wajib masuk daftar tontonan Sedulur berikutnya adalah 1.778 Stories of Me and My Wife. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Sakutaro (Tsuyoshi Kusanagi) dan istrinya, Setsuko (Yuko Takeuchi). Keduanya merupakan teman semasa sekolah yang kemudian jatuh cinta dan menikah.

Awalnya, mereka menjalani kehidupan pernikahan yang manis dan romantis. Hingga suatu ketika, Setsuko mengeluhkan rasa nyeri di perutnya. Setelah menjalani pemeriksaan, Setsuko didiagnosis menderita kanker usus. Sakutaro yang merupakan seorang penulis novel pun menuliskan cerita untuk sang istri. Tanpa disadari, ia telah menulis 1.778 cerita pendek selama lima tahun hingga sang istri meninggal dunia.

14. One Week Friends

Yoursay – Suara.com

One Week Friends merupakan film Jepang yang diadaptasi dari cerita manga. Film ini menceritakan tentang persahabatan manis antara Yuki Hase (Kento Yamazaki) dan Kaori Fujimiya (Haruna Kawaguchi).

Diceritakan, Kaori adalah seorang gadis dengan kondisi unik yang membuatnya mengalami hilang ingatan setiap hari Senin. Hal itu menyebabkan dirinya tidak memiliki teman karena selalu melupakannya di setiap pekan. Meski begitu, Yuki yang merupakan temat sekelasnya tetap gigih ingin berteman dengannya.

15. We Were There: First Love

IMDb

We Were There: First Love merupakan film romansa yang mengikuti kisah percintaan antara Motoharu Yano (Toma Ikuta) dan Nanami Takahashi (Yuriko Yoshitaka). Cerita mereka dimulai ketika duduk di bangku sekolah menengah atas. Kala itu, Motoharu yang merupakan murid populer sedang dirundung duka atas kematian kekasihnya dalam kecelakaan mobil. Sementara itu, Nanami yang diam-diam menaruh hati padanya berusaha mendekati Motoharu yang belum bisa berpaling dari masa lalunya.

BACA JUGA: 12 Film Tentang Teror Buaya, Kisah Melawan Predator Buas

16. Orange

IMDb

Berikutnya ada Orange, film Jepang bergenre romantis yang dirilis pada 2015 lalu. Film ini mengangkat cerita romansa anak sekolah yang tentunya akan bikin baper.

Cerita dimulai ketika Naho (Tao Tsuchiya) mendapat kiriman surat dari masa depan. Dalam surat itu dituliskan bahwa sahabatnya, yakni Kakeru (Kento Yamazaki) akan mengakhiri hidupnya dalam waktu dekat. Tak hanya itu, dalam surat misterius itu juga dituliskan tentang kisah percintaan mereka. Naho yang menerima surat itu pun berupaya menyelamatkan Kakeru.

17. Be With You

IMDb

Be With You merupakan film romantis sedih Jepang yang dirilis pada 2004 silam. Film ini menceritakan tentang kehidupan Takumi (Shido Nakamura) sang putra, Yuji (Akashi Takei) setelah kepergian istrinya, Mio (Yuko Takeuchi). Suatu ketika, Yuji teringat pada janji Mio yang akan menemuinya ketika hujan turun.

Saat peringatan kematian Mio, Takumi dan Yuji berjalan-jalan ke hutan dan tanpa sengaja bertemu seorang wanita yang memiliki penampilan seperti Mio. Namun ia tidak tahu mengapa ia ada di sana dan bahkan siapa dirinya.

Meski begitu, Takumi dan Yuji akhirnya membawa Mio untuk tinggal di rumah mereka. Mereka pun melanjutkan hidup selayaknya keluarga kecil yang bahagia. Namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama hingga mereka menemukan buku harian lama milik Mio.

18. Strobe Edge

AsianWiki

Sedulur yang menyukai film tentang kisah romansa anak sekolah tak boleh melewatkan film satu ini, yaitu Strobe Edge. Film yang dirilis pada 2015 ini menceritakan tentang Ninako Kinoshita (Kasumi Arimura), seorang siswi SMA yang memiliki kepribadian tulus. Ia disukai oleh teman sekelasnya, Daiki Korenaga (Jingi Irie) namun ia tidak yakin akan perasaannya sendiri.

Suatu hari, ia bertemu dengan Ren Ichinose (Sota Fukushi) yang juga sekolah di SMA yang sama dengannya. Lambat laun, keduanya kerap menghabiskan waktu bersama hingga Ninako menyadari bahwa ia menyimpan perasaan kepada Ren.

19. My Tomorrow, Your Yesterday

IDN Times

My Tomorrow, Your Yesterday merupakan film romansa dengan alur cerita tak biasa karena mengangkat tentang perjalanan waktu. Dikisahkan Takatoshi Minamiyama (Sota Fukushi) adalah seorang mahasiswa seni di sebuah universitas di Kyoto. Suatu ketika, ia tidak sengaja bertemu dengan Emi Fukuju (Nana Komatsu) dalam perjalanan dengan kereta.

Takatoshi yang merasa telah jatuh cinta pada pandangan pertama lantas memberanikan diri untuk mendekati Emi dan mengungkapkan perasaannya. Keduanya pun menjalin hubungan romantis layaknya kebanyakan orang. Sampai akhirnya Emi mengungkapkan rahasianya di mana ia bisa memprediksi kejadian di masa depan. Selain itu, keduanya juga menjalani perjalanan yang berbeda, di mana waktu Emi berjalan mundur sehingga garis waktu mereka saling terbalik.

20. A Summer Day, Your Voice

AsianWiki

Rekomendasi yang terakhir adalah A Summer Day, Your Voice (2015). Film ini menceritakan tentang kisah romansa antara Tetsuo Togami (Shono Hayama) dan Maiko Takashiro (Chika Arakawa). Kisah mereka dimulai ketika Tetsuo yang merupakan siswa kelas 2 SMA terlibat perkelahian hingga harus dirawat di rumah sakit. Di sana ia bertemu dengan Maiko yang menjalani perawatan karena penyakit langka. Tak hanya itu, Maiko juga tidak bisa mendengar maupun berbicara.

Tetsuo kemudian mencoba mendekati Maiko dengan mengirimkan pesan kepadanya. Lambat laun, Tetsuo mulai menyukai Maiko dan bahkan terus menemuinya meski ia telah keluar dari rumah sakit. Mereka pun berjanji untuk pergi bersama pada hari ulang tahun Maiko. Namun tanpa diduga, kondisi Maiko terus memburuk.

Itu dia 20 rekomendasi film romantis sedih Jepang yang bisa menjadi referensi tontonan Sedulur di akhir pekan maupun saat berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Apalagi film-film di atas juga telah tersedia di berbagai platform layanan streaming.

Agar nonton film di rumah semakin seru, jangan lupa sediakan kudapan sebagai teman nonton. Sedulur bisa memilih beraneka macam camilan dan minuman ringan di Aplikasi Super. Apalagi Aplikasi Super punya banyak promo diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin belanja makin hemat. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!