Film ilmuwan terbaik

Rekomendasi film ilmuwan bisa memberikan inspirasi bagi Sedulur. Pasalnya, cerita dari ilmuwan yang memiliki dinamika tersendiri. Mulai kisah kesuksesan, kejatuhan, persahabatan, persaingan hingga kisah cinta. Tak heran kisah-kisah ilmuwan yang diangkat ke layar lebar ini juga terkadang memotivasi atau memberikan inspirasi kepada para penontonnya. 

Sedulur akan menemukan bagaimana cara para ilmuwan tersebut bisa menghadapi masalah yang mereka hadapi. Juga, Sedulur akan melihat bagaimana beberapa ilmuwan mengejar cinta sejati mereka. Bukan hanya itu, Sedulur juga akan kenal dengan produk ilmiah yang mereka hasilkan lebih jauh. Tertarik untuk menonton film biografi ilmuwan? Berikut ini beberapa rekomendasi film ilmuwan terbaik yang bisa Sedulur tonton. 

BACA JUGA: Urutan Film Marvel Sesuai Kronologi dan Tahun Rilisnya

1. A Beautiful Mind (2001) 

rekomendasi film ilmuwan
Kompas

Rekomendasi film ilmuwan pertama yang patut Sedulur tonton adalah A Beautiful Mind. Film A Beautiful Mind merupakan film biografi adaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Sylvia Nasar. 

-->

Film produksi  2001 ini mengangkat kisah perjuangan hidup dan penyakit yang dialami seorang ilmuwan bernama John Forbes Nash, Jr. John Forbes Nash, Jr sendiri adalah matematikawan asal Amerika Serikat. Ia adalah ilmuwan yang jenius,.

Namun, di sisi yang lain ia tengah berjuang melawan penyakit skizofrenia yang dideritanya. Berkat kerja keras dan kejeniusannya, Nash akhirnya mendapatkan penghargaan Nobel di tahun 1994 atas karya-karya di bidang teori permainan dan geometri diferensial. Kisah ini menjadi menarik karena Nash mengalami banyak tantangan sebagai pengajar karena penyakit yang dideritanya.

2. Einstein and Eddington (2008) 

rekomendasi film ilmuwan
HBO

Pastinya Sedulur sudah tahu Albert Einstein, fisikawan Jerman yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan modern. 

Einstein menjadi terkenal dengan teori briliannya yaitu teori relativitas. Namun, di balik karya besar ini ada sosok lain yang mempengaruhi Einstein, yaitu fisikawan Inggris Sir Arthur Stanley Eddington. 

Einstein and Eddington adalah film yang disutradarai oleh Philip Martin dan fokusnya mengisahkan tentang dua fisikawan ini. Dalam film ini, Sedulur akan melihat persahabatan dan persaingan antara Einstein dan Eddington untuk menemukan teori relativitas umum yang fenomenal.

3. Creation (2009) 

rekomendasi film ilmuwan
IMDb

Rekomendasi film ilmuwan selanjutnya adalah Creation. Creation adalah film bergenre drama biografi tentang ilmuwan besar yang menemukan teori evolusi makhluk hidup, Charles Darwin

Disutradarai oleh Jon Amiel, film ini diadaptasi dari buku Annie’s Box karya Randal Keynes.  Film ini bercerita tentang saat Darwin melahirkan mahakaryanya “On the Origin of Species“. 

Selain itu, film ini menceritakan kisah percintaan antara Darwin dan istrinya Emma, ​​​​dan pengaruh ingatan Darwin terhadap anak sulungnya, Annie, dalam penciptaan mahakarya ini.

4. The Imitation Game (2014)

rekomendasi film ilmuwan
The Butterfly Balcony

The Imitation Game merupakan film yang mengangkat kisah nyata ilmuwan ternama, Alan Turing. Ilmuwan Inggris ini adalah peneliti modern pertama matematika digital dan komputer. 

Disutradarai oleh Morten Tyldum, film ini mengambil plot ketika Turing menjadi sosok  penting dalam Perang Dunia II.  Selama waktu ini, Turing bekerja untuk British Cryptanalysis Department, Code Government dan Cypher School. 

Turing berhasil menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman dan memberikan intelijen kepada Sekutu. Sedulur juga akan merasakan ketegangan yang terjadi selama Turing berusha mneguraikan kode-kode rahasia dalam perang.

5. The Theory of Everything (2014)

film rekomendasi ilmuwan
Kompas

Siapa yang tidak kenal dengan Stephen Hawking? Ia adalah ilmuwan brilian dan luar biasa abad ke-20 yang dianggap sebagai penerus Einstein. 

Di usia 21 tahun, Hawking sudah didiagnosa mengidap penyakit fatal yang melumpuhkan tubuhnya. Namun dia tidak kehilangan kecerdasannya bahkan karir akademiknya malah melesat. Hal itu tak lepas dari inspirasi yang dicintainya saat berkuliah di Cambridge University, Jane Wilde. 

Film Theory of Everything ini bercerita tentang drama romantis antara Hawking dan Wilde. Disutradarai oleh James Marsh, film ini diadaptasi dari buku Jane Wilde sendiri  Traveling to Infinity: My Life with Stephen.

6. Habibie & Ainun (2012) 

Djavatoday

Salah satu ilmuwan dari Indonesia yang terkenal ialah Habibie. Bacharudin Jusuf Habibie adalah  ilmuwan dan negarawan besar milik Indonesia. Saat belajar di Jerman, Habibie mulai dikenal di dunia teknik pesawat terbang karena teorinya yang disebut teori slot. 

Hingga akhirnya, Habibie kembali ke Indonesia dan menjadi presiden.  Di balik prestasi besar dan upaya mewujudkan impian membuat pesawat terbang di negeri sendiri adalah sosok Ainun.

Ia adalah istri Habibie yang  mendukung dan selalu terlibat dalam perjuangan Habibie. Romansa antara Habibie dan Ainun ditonjolkan dalam film Habibie dan Ainun ini.

7. The Current War (2019) 

IMDb

Film berjudul The Current War merupakan film bergenre drama sejarah tentang persaingan antara dua ilmuwan besar, Nikola Tesla dan Thomas Alva Edison, dalam penemuan listrik.

Seperti tertulis dalam sejarah, Tesla adalah penemu teknologi penggunaan listrik, sedangkan Alva Edison adalah penemu bola lampu.  Di film ini, Sedulur akan merasakan setting ke abad ke-19, saat dunia belum bisa menggunakan listrik secara optimal. 

Sedulur juga akan merasakan intrik antara Tesla dan Edison yang bersaing dengan teori mereka untuk “mencerahkan” dunia.

8. Radioactive (2019) 

AVForums

Rekomendasi film ilmuwan berikutnya adalah Radioactive. Film ini mengisahkan pasangan Marie Curie dan Pierre Curie sebagai sepasang ilmuwan yang luar biasa. 

Keduanya menerima Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1903. Anehnya, pada tahun 1911, Marie Curie kembali menerima Hadiah Nobel Kimia. Film radioaktif adalah film biografi tentang petualangan sepasang kekasih  dalam penciptaan karya ilmiah dan kisah cinta romantis mereka. 

9. Rudy Habibie (2016)

KINCIR

Jika sebelumnya, Sedulur menonton film Habibie yang telah dewasa, rekomendasi film ilmuwan Habibie selanjutnya menyajikan cerita lain dari sang presiden. Film ini bercerita tentang bagaimana mantan Presiden Republik Indonesia itu belajar di Jerman hingga menjadi murid kebanggaan di sana. 

Bukan hanya akan membuat Sedulur belajar bahwa Habibie adalah sosok yang jenius, tetapi film ini juga akan membangkitkan rasa nasionalisme Sedulur. Jadi jangan lewatkan frekomendasi film ilmuwan lokal yang satu ini!

BACA JUGA: 25 Film Misteri Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Ngabuburit!

10. The Man Who Knew Infinity (2015)

The Guardian

Dirilis pada tahun 2015, film yang dibintangi oleh Dev Patel, Jeremy Irons dan Malcolm Sinclair ini berkisah tentang perjalanan hidup seorang matematikawan India. Nama ilmuwan tersebut adalah Srinivasa Ramanujan. 

Matematikawan Ramanujan awalnya hidup dalam kemiskinan di Madras, India. Namun usahanya membuat ia berhasil menempuh pendidikan ke Universitas Cambridge dan kuliah selama Perang Dunia Pertama. 

Srinivasa Ramanujan pun akhirnya dikenal sebagai pelopor teori matematika. Dia berkontribusi pada analisis matematika, teori bilangan, dll. Itu tadi beberapa rekomendasi film ilmuwan hebat di dunia. Bukan hanya karya-karya yang hebat,  kisah perjalanan hidup mereka pun inspiratif. 

Banyak diantara mereka yang mengalami tantangan hidup namun pada akhirnya berhasil melewatinya. Sebagian lagi berjuang mendapatkan cinta sejati. Jadi dari banyak kisah yang diangkat ke layar lebar tadi, kisah mana yang akan Sedulur tonton duluan? 

Agar nonton film makin seru, jangan lupa sediakan beragam camilan seperti Udalado yang memiliki cita rasa gurih dan pedas khas Nusantara.

Udalado bisa Sedulur beli hanya di Aplikasi Super yang juga menyediakan beraneka macam camilan, minuman, hingga kebutuhan rumah tangga. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang!