aktor china

Bicara aktor asal Tiongkok atau China pasti tidak lepas dari nama Jackie Chan. Namun, ia bukan satu-satunya aktor asal negeri tirau bambu yang berprestasi. Ada banyak deretan aktor China lain yang layak dapat perhatianmu. 

Mulai dari yang sudah senior sampai pendatang baru yang menjanjikan. Daftar aktor China terpopuler berikut wajib Sedulur ingat dan pantengi karyanya. Penasaran, ‘kan? Geser ke bawah untuk kenalan dengan mereka satu per satu. 

BACA JUGA: Profil & Biodata Ahn Bo Hyun dengan Fakta Menariknya Lengkap

1. Yang Yang 

aktor china tertampan
Instagram @yang_0099

Yang Yang adalah salah satu aktor China bayaran termahal saat ini. Ia sebenarnya sudah berkecimpung di industri hiburan Tiongkok sejak 2007. Tetapi makin populer setelah membintangi drama telveisi The Lost Tomb, The Whirlwind Girl, dan Love O2O yang sukses secara internasional semenjak tayang di berbagai layanan streaming tersohor.

-->

Selain di televisi, Yang Yang juga tampi di berbagai film termasuk The Left Ear, Once Upon a Time, dan Vanguard. Sejak 2017, namanya terus muncul di daftar Forbes China Celebrity 100 selama berturut-turut hingga 2020. Filmografinya makin panjang dengan keterlibatannya dalam drama terbaru You Are My Glory dan dua drama yang akan tayang pada 2022 ini. Laris manis! 

2. Jiang Wen 

aktor china terpopuler
Vulture

Meski tak lagi muda, Jiang Wen adalah salah satu aktor prominen asal China. Ia memulai kariernya di era 80-an lewat film Red Sorghum, The Last Empress dan Hibiscus Town. Drama pertamanya adalah A Native of Beijing in New York di 1993.

Prolifik di industri film domestik, Jiang Wen akhirnya dapat rekognisi internasional setelah terlibat dalam salah satu proyek franchise Stars Wars: Rogue One. Selain menjadi aktor, Wen juga bergelut di bidang sutradara dan penulisan naskah untuk beberapa film China macam Hidden Man, Let the Bullets Fly, dan The Sun Also Rises. 

3. Wu Jing 

aktor laga china
Yicai Global

Wu Jing adalah aktor laga China yang tak kalah populer dibanding Jet Li dan Jackie Chan. Sebagai seseorang yang lahir di tengah keluarga yang menguasai seni bela diri, tak heran bila ia terlatih sejak kecil. Dengan kemahirannya, ia tak hanya jadi langganan film action di negaranya, tetapi juga sering diminta menjadi penasihat koreografi untuk berbagai proyek internasional. Wu Jing menikah dengan rekan sesama aktris, Nan Xie, dan dikaruniai satu anak. 

BACA JUGA: 12+ Drama China Bergenre Romantis dengan Rating Tinggi

4. Chen Kun 

aktor china pria
Instagram @pawo_chen

Bicara aktor China terpopuler, tentu tak lepas dari sosok Chen Kun. Ia dikenal lewat drama televisi Love Story in Shanghai dan The Story of a Noble Family. Secara internasional, Chen Kun sukses karena film The Knot yang pernah diajukan sebagai submisi Tiongkok untuk ajang Academy Awards di 2007 serta Balzac and the Little Chinese Seamstress yang menyabet nominasi Golden Globes.

Di masa mudanya, Chen harus bekerja paruh waktu guna membantu ibunya yang single parents. Namun, bakat menyanyi dan aktingnya justru terasah dan ia berhasil masuk ke sebuah akademi film bergengsi di Beijing. Dari situ rezekinya pun terbuka dan menjadikannya salah satu aktor tersohor di negerinya.

5. Hu Ge 

nama aktor china
Instagram @huge_fc

Aktor China pria berikutnya yang harus masuk radar Sedulur adalah Hu Ge. Ia memang sudah memasuki usia 40-an, tetapi pesonanya masih terpancar. Debut di 2000-an, sudah tak terhitung berapa banyak film yang sudah dibintanginya. Beberapa bahkan mengantarkannya menyabet beberapa nominasi bergengsi di Tiongkok seperti Magnolia Awards dan Golden Eagle Awards.

Selain berbakat di bidang seni, Hu Ge dikenal sebagai pria yang pandai secara akademis. Ini terbukti dari deretan almamaternya yang mentereng sejak SD hingga SMA. Bahkan saat masuk kuliah, ia diterima di dua perguruan tinggi seni favorit di Tiongkok. 

6. Li Yifeng 

aktor china tampan
Instagram @liyifengofficial

Disebut sebagai salah satu aktor China tertampan, Li Yifeng yang kini masuk usia kepala tiga masih laris manis menghiasi layar kaca penonton serial dan film mandarin di seluruh dunia. Ia memulai karirnya sebagai penyanyi lewat sebuah acara kompetisi di 2007.

Ini kemudian membuka jalannya untuk berkarir di industri perfilman yang akhirnya ia tekuni sampai sekarang. Salah satu karya terbaiknya antara lain Swords of Legend dan The Lost Tomb. Dilanjut dengan Noble of Aspirations dan Sparrow yang sukses secara komersial, sepak terjang Li Yifeng seakan tak terbendung lagi. 

BACA JUGA: Apa Itu Cosplay? Ini Arti, Sejarah, dan Jenis-jenisnya. Harus Tahu!

7. Liu Haoran 

aktor china bayaran termahal
Instagram @turboliuhaoran

Aktor China tampan ini masih berusia sangat muda, tetapi berhasil masuk daftar Forbes China Celebrity mulai 2017, 2019, dan 2020. Bahkan melansir majalah GQ, ia adalah aktor Tiongkok termuda dengan penghasilan kotor yang fantastis.

Liu terbukti mampu berperan di drama komedi hingga sejarah. Beberapa judul yang melambungkan namanya antara lain Detective Chinatown, Wind Blows in Chang Lin, hingga Novoland: Eagle Flag. Dibanding drama, ia lebih banyak terlibat di film. Sinema terbaru Liu Haoran yang wajib kamu tonton antara lain Only Fools Rush In dan Fire on the Plain. 

8. Xiao Zhan 

Xiao Zhan 
Instagram @xiaozhan.daytoy

Xiao Zhan lebih dulu dikenal sebagai member dari sebuah boy group asal Tiongkok X Nine. Tak berapa lama, ia pun dapat tawaran debut di sebuah drama dan akhirnya membuatnya ketagihan bergelut di bidang akting.

Sebelum mulai berkarier, aktor tampan ini berhasil menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dan bahkan sempat bekerja sebagai fotografer dan desainer grafis. Drama yang paling dikenang dari Zhan adalah The Untamed, Joy of Life, dan The Wolf. Sudah nonton semua? 

9. Wang Yibo 

Wang Yibo 
Instagram @yibo.w_85

Sama dengan Xiao Zhan, Wang Yibo juga memulai karirnya di ranah hiburan sebagai anggota sebuah grup musik. Ia akhirnya dapat tawaran sebagai cameo di film MBA Partners dan A Chinese Odyssey Part Three yang dilanjut pula dengan drama Love Actually.

Pada 2019 sembari mengerjakan proyek solonya, ia dapat peran di serial The Untamed dan Gank Your Heart yang cukup sukses. 2020 masih jadi tahun penuh berkah buat Yibo yang akhirnya merilis single solo dan tampil di serial Legend of Fei. Pada 2021 yang lalu, ia juga sibuk menjadi bagian dari sebuah reality show kompetisi menari. 

BACA JUGA: 20 Anime Romantis Rating Tertinggi &Terbaik Sepanjang Masa

10. Wen Zhang

Wen Zhang
China Daily

Mendulang popularitas lewat drama Struggle di 2007, Wen perlahan menjadi household nanme lewat proyek-proyek sukses lainnya seperti Dwelling Narrowness. Ia kemudian tampil menawan di film Ocean Heaven dan Snow Leopard yang mengantarnya meraih penghargaan perfilman Tiongkok.

Sering dapat proyek yang menjanjikan dan sukses lantas membuatnya jadi salah satu aktor terpopuler di negeri tersebut. Sempat terjegal skandal perselingkuhan saat masih menikah dengan seorang aktris, Wen berhasil menyelamatkan karirnya dengan tampil prima di serial Young Marshal di 2016. 

11. Johnny Huang

Johnny Huang
Instagram @jingyuhuangjingyu

Nama aktor China ini mungkin tak asing di telinga penggemar drama mandarin. Ia debut pada 2016 lewat serial Addicted yang diadaptasi dari sebuah webtoon laris. Sama dengan versi komiknya, drama tersebut mendulang sukses dan melambungkan nama Huang sebagai pendatang baru menjanjikan.

Dua tahun berselang, Huang kemudian mendarat di sebuah film sejarah Operation Sea yang mengantarkannya meraih penghargaan pendatang baru terbaik di ajang Asian Film Awards. Semenjak itu, ia tak pernah sepi proyek. Ia membintangi lebih dari satu serial dan film dalam setahun sejak 2019 hingga kini.  

12. Chen Xingxu 

Chen Xingxu
Drama Wiki

Memulai karier sebagai aktor anak, Chen Xingxu menjelma menjadi pria muda penuh karisma. Ia populer pada 2017 setelah berperan sebagai Yang Kang di The Legend of Condor Heroes, disusul dengan period drama Goodbye My Princess di 2019.

Chen menasbihkan diri sebagai spesialis film romantis dengan membintangi The Enchanting Phantom serta beberapa drama lain macam The Glory of Youth. Di 2022, sudah banyak judul drama yang mengantre untuk dirilis dan melibatkan sang aktor muda tersebut. 

Dari dua belas aktor China di atas, adakah yang jadi idola Sedulur? Tentunya tak hanya dinilai dari segi visual, tetapi bakat dan integritas mereka wajib diacungi jempol. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.