rekomendasi kartun cina

Sadar atau tidak, secara perlahan kartun Cina mulai terlihat eksis, menyusul anime yang berasal dari Jepang dan juga animasi dari Korea Selatan. Bukan tanpa sebab, banyak rekomendasi kartun Cina yang tidak kalah istimewa dan tentu saja berkualitas.

Tidak hanya dari segi alur cerita, kualitas gambar juga terbilang sangat bagus dan nyaman dipandang. Bahkan, beberapa film kartun Cina berhasil meraih penghargaan bergengsi yang telah diakui secara internasional.

Dengan begitu, maka Sedulur tidak bisa meremehkan lagi kartun-kartun dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Lantas, apa sajakah film kartun Cina yang menarik ditonton? Simak ulasan mengenai rekomendasi kartun Cina yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Komedi 2023 Terlucu, Wajib Nonton!

-->

1. Nezha: The Devil’s Birth (哪吒之魔童降世)

rekomendasi kartun cina
iQiyi – The King’s Avatar

Rekomendasi kartun Cina pertama ada Nezha: The Devil’s Birth, film animasi Cina yang dirilis pada tahun 2019. Film ini mengisahkan kisah Nezha, seorang anak yang lahir dari energi jahat yang diberikan oleh dewa, yang menimbulkan ketakutan di kalangan manusia.

Dalam upaya untuk melindungi orang-orang yang dicintainya dan membuktikan bahwa dia bisa menjadi pribadi yang baik meskipun awalnya dianggap sebagai ancaman, Nezha memulai perjalanan epik untuk menemukan takdirnya sendiri.

Di tengah konflik antara dewa dan iblis, Nezha tumbuh sebagai pahlawan yang berani dan bertekad. Dia menghadapi berbagai rintangan dan tantangan, termasuk perjuangan internal untuk menerima identitasnya yang unik.

Dengan bantuan teman-teman dan mentor-mentor, Nezha belajar untuk mengendalikan kekuatan luar biasanya dan menggunakan keberanian dan kebijaksanaannya untuk melindungi orang-orang yang dicintainya.

Selama perjalanannya, Nezha menemukan bahwa takdirnya tidak ditentukan oleh keadaan kelahirannya, tetapi oleh pilihannya sendiri. Dia menemukan keberanian dan kebaikan di dalam dirinya, dan dengan itu, dia menemukan kekuatan untuk mengubah nasibnya sendiri dan dunia di sekitarnya.

2. The Legend of Hei (罗小黑战记)

The Legend of Hei adalah rekomendasi kartun Cina yang dirilis pada tahun 2019. Film kartun ini mengikuti petualangan seorang makhluk supernatural muda bernama Hei, yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan energi alam.

Setelah diusir dari rumahnya oleh makhluk manusia, Hei memulai perjalanan untuk menemukan tujuan dan identitasnya. Selama perjalanan, Hei bertemu dengan berbagai karakter aneh dan menarik, termasuk sekelompok makhluk supernatural lainnya.

Bersama-sama, mereka menjelajahi dunia yang indah dan berbahaya, menghadapi rintangan-rintangan yang menantang serta bertemu dengan musuh-musuh yang kuat. Dalam petualangannya, Hei belajar tentang persahabatan, kekuatan, dan tanggung jawab.

Dia menemukan bahwa meskipun dia mungkin berbeda dari yang lain, kekuatannya dapat digunakan untuk tujuan yang baik. Akhirnya, Hei menemukan bahwa keluarga bukan hanya tentang ikatan darah, tetapi juga tentang hubungan yang dibangun melalui kasih sayang dan pengorbanan.

3. White Snake (白蛇:缘起)

White Snake (白蛇:缘起) adalah film animasi Cina yang dirilis pada tahun 2019. Rekomendasi kartu Cina ini mengikuti kisah cinta antara Bai Suzhen, seorang ular putih berkekuatan magis, dan Xu Xian, seorang manusia biasa.

Bai Suzhen, yang kehilangan ingatannya setelah kejadian tragis, bertemu dengan Xu Xian dan mereka jatuh cinta satu sama lain. Namun, ketika masa lalunya yang gelap mulai terungkap, mereka harus menghadapi tantangan besar yang mengancam hubungan mereka.

Dalam upaya untuk melindungi Xu Xian dan menjaga rahasianya tersembunyi, Bai Suzhen berusaha untuk memerangi kekuatan jahat yang mengancam kedamaian dunia manusia. Sementara itu, dia juga berusaha mengungkap kebenaran tentang masa lalunya yang terlupakan dan mencari kedamaian dalam hatinya.

Dengan bantuan sahabatnya, Xiao Qing dan beberapa karakter lain, Bai Suzhen menjalani petualangan yang epik dan penuh dengan aksi, intrik, dan magis. Di tengah perjalanan mereka, mereka menghadapi berbagai rintangan dan mengungkapkan rahasia yang akan mengubah takdir mereka selamanya.

Dengan animasi yang keren, cerita yang mengharukan, dan pesan moral tentang cinta, pengorbanan, dan penerimaan, White Snake menjadi sebuah film yang menawan dan menyentuh hati penonton dari segala usia.

4. Big Fish & Begonia (鱼海棠)

Big Fish & Begonia (鱼海棠) dirilis pada tahun 2016, dan mengisahkan tentang sebuah dunia magis yang ditinggali oleh makhluk-makhluk supernatural bernama Shanshui. Di dunia ini, manusia bisa berubah menjadi ikan dan hidup di bawah laut.

Ketika manusia mencapai usia tertentu, mereka harus mengalami perjalanan ke dunia manusia untuk mengalami hidup di darat. Nah, kisah dimulai ketika seorang gadis Shanshui bernama Chun, yang tengah menjalani masa peralihan ke dunia manusia.

Chun terjebak dalam badai di laut dan diselamatkan oleh seorang pemuda manusia bernama Kun. Chun kemudian jatuh cinta pada Kun, tetapi keberadaannya di dunia manusia membawa konsekuensi yang tak terduga.

Ketika Kun terlibat dalam kecelakaan yang mengancam nyawanya, Chun harus mempertaruhkan segalanya untuk menyelamatkannya. Dalam upaya untuk menyelamatkan Kun, Chun melanggar aturan dunia Shanshui dan memulai perjalanan epik yang menguji keberanian, kekuatan, dan cintanya.

5. Boonie Bears (熊出没)

Boonie Bears (熊出没) sangat populer sejak pertama kali dirilis pada tahun 2012. Serial ini mengisahkan tentang petualangan dua beruang bernama Briar dan Bramble, yang tinggal di hutan yang damai dan indah. Kedua beruang ini memiliki kepribadian yang berbeda.

Briar adalah beruang yang cerdik dan suka berpetualang, sementara Bramble lebih pemalu dan suka menikmati ketenangan hutan. Meskipun perbedaan kepribadian mereka, Briar dan Bramble selalu bersama-sama menghadapi berbagai rintangan dan tantangan yang datang dalam hidup mereka.

Mereka sering berinteraksi dengan berbagai karakter lain di hutan, termasuk Seeker, seekor rubah yang cerdik, Logger Vick, seorang penebang pohon yang ceroboh, dan berbagai makhluk hutan lainnya. Ya, Setiap episode “Boonie Bears” dipenuhi dengan aksi, komedi, dan pesan moral yang mendidik.

Meskipun seringkali terlibat dalam kekacauan, Briar dan Bramble selalu berusaha untuk menjaga kebaikan dan keharmonisan di hutan mereka.

Ya, film ini menggunakan animasi yang terkesan cerah dan menarik, humor yang khas, dan cerita yang menghibur. Dengan begitu, Boonie Bears berhasil menjadi salah satu serial animasi favorit di kalangan anak-anak dan keluarga di Cina dan di seluruh dunia.

BACA JUGA: Urutan Anime Baki Terlengkap dan Berdasarkan Alur Cerita!

6. The King’s Avatar (职高手)

rekomendasi kartun cina
iQiyi/The King’s Avatar

Rekomendasi kartu Cina berikutnya adalah The King’s Avatar. Ini adalah serial animasi Cina yang dirilis pada tahun 2017. Serial ini mengisahkan tentang Ye Xiu, seorang pemain profesional dalam permainan daring multiplayer massal yang populer bernama Glory.

Ye Xiu atau yang dikenal dengan nama Ye Qiu di dalam permainan, adalah pemain legendaris yang telah mencapai puncak ketenaran dan keahlian dalam permainan tersebut. Namun, Dia memiliki masalah, termasuk konflik dengan manajemen timnya.

Pada akhirnya, Ye Xiu dipecat dari tim profesionalnya dan diasingkan dari komunitas permainan. Tanpa kehilangan semangatnya, Ye Xiu memulai perjalanan baru sebagai pemain independen di bawah nama Lord Grim. Dia membentuk tim baru dan mulai membangun kembali reputasinya.

Ye Xiu tidak sendiri. Dia mendapat bantuan dari teman-temannya, yakni Tang Rou dan Chen Guo, pemilik sebuah kafe internet yang menjadi markas mereka. Mereka berusaha untuk kembali ke puncak Glory dan membuktikan bahwa keahliannya dalam permainan tidak tergantung pada gelar atau pengakuan resmi.

7. Scissor Seven (剪刀男)

Scissor Seven adalah serial animasi Cina yang dirilis pada tahun 2018. Serial yang satu ini mengikuti kisah Sevens, seorang tukang gunting rambut yang sebenarnya adalah pembunuh bayaran. Dia memang tidak memiliki kenangan masa lalunya dan identitasnya tersembunyi di balik kepribadiannya yang sederhana.

Meskipun begitu, Sevens memiliki keahlian yang luar biasa dalam menggunakan gunting rambutnya sebagai senjata pembunuhan yang mematikan. Setelah bertemu dengan wanita misterius bernama Wu Liuqi, Sevens mulai menemukan petunjuk tentang masa lalunya yang hilang dan misinya yang sebenarnya.

Dengan bantuan Liuqi dan karakter-karakter lain yang aneh, Sevens menjalani serangkaian petualangan yang penuh dengan intrik, aksi, dan humor.

Namun, semakin banyak Sevens mengetahui tentang masa lalunya, semakin banyak juga yang dipertaruhkan. Dia harus menghadapi musuh-musuh kuat dan kekuatan gelap yang mengancam untuk menghancurkan segalanya yang dia cintai.

8. The Legend of Qin (时明月)

The Legend of Qin merupakan adalah serial animasi dari Cina yang dirilis pada tahun 2007. Serial Cina ini berlatar belakang di zaman Dinasti Qin di Cina kuno, di mana penguasa kejam Ying Zheng sedang dalam perjalanan untuk menyatukan seluruh negara di bawah kekuasaannya.

Dalam dunia yang penuh dengan konspirasi, intrik politik, dan pertempuran sengit antara kekuatan yang berbeda, seorang pemuda bernama Jing Tianming bermimpi untuk menjadi seorang pahlawan dan melindungi orang-orang yang dicintainya.

Jing Tianming memiliki kekuatan luar biasa dan tekad yang kuat, dan dia berusaha untuk mempelajari seni bela diri yang legendaris untuk mencapai tujuannya. Di sepanjang perjalanannya, dia bertemu dengan berbagai karakter yang berpengaruh, termasuk putri Dinasti Qin, Gao Yue, dan teman baiknya, Ge Nie.

Dengan bantuan teman-temannya dan pelatihnya, Jing Tianming menjalani serangkaian petualangan yang berbahaya dan menguji nyali. Dia harus menghadapi musuh-musuh kuat, termasuk penguasa Dinasti Qin yang kejam dan pasukan yang dipimpin oleh ahli strategi jenius.

Animasi yang menawan, pertempuran epik, dan intrik politik yang menarik, The Legend of Qin berhasil menggabungkan elemen-elemen aksi, petualangan, dan drama sejarah menjadi sebuah cerita yang menarik dan menghibur.

9. The Wind Guardians (风语咒)

Rekomendasi kartun Cina yang berikutnya ini dirilis pada tahun 2018. Film yang berjudul The Wind Guardians adalah ini mengisahkan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Fei Fei, yang berasal dari suku pengendali angin yang tinggal di pedalaman yang terpencil.

Di pedalaman tersebut, suku pengendali angin mempraktikkan seni bela diri khusus yang memungkinkan mereka untuk mengendalikan angin dan cuaca.

Ketika kota Fei Fei terancam oleh serangan pasukan jahat yang dipimpin oleh seorang raja yang haus kekuasaan, Fei Fei harus meninggalkan rumahnya untuk mencari bantuan. Dalam perjalanan, dia bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Ming Zhu, yang memiliki kekuatan yang sama dengan Fei Fei.

Bersama-sama, Fei Fei dan Ming Zhu memulai perjalanan berbahaya untuk menyelamatkan kota mereka dari kehancuran. Di sepanjang perjalanan mereka, mereka menghadapi berbagai rintangan dan musuh, tetapi mereka juga menemukan persahabatan dan kekuatan dalam diri mereka sendiri.

10. Legend of Luoxiaohei (罗小黑战记)

Legend of Luoxiaohei merupakan serial animasi Cina yang diadaptasi dari web series populer dengan nama yang sama. Serial ini mengikuti kisah seorang anak laki-laki muda bernama Luoxiaohei, yang memiliki kekuatan khusus yang memungkinkannya untuk berinteraksi dengan roh dan entitas supernatural.

Luoxiaohei yang memiliki rambut hitam yang khas, hidup dalam dunia yang penuh dengan misteri dan bahaya. Di tengah konflik antara manusia dan makhluk supernatural, Luoxiaohei memulai perjalanan untuk menemukan tujuan dan nasibnya sendiri.

Dia bertemu dengan berbagai karakter aneh dan menarik di sepanjang jalan, termasuk seorang gadis muda bernama Bai Xiaoyan, yang menjadi temannya dan mitra dalam petualangan mereka.

Dengan bantuan Bai Xiaoyan dan karakter-karakter lainnya, Luoxiaohei menjalani serangkaian petualangan yang menguji keberanian, kekuatan, dan kebijaksanaannya. Mereka menghadapi berbagai rintangan dan musuh, termasuk makhluk jahat yang mengancam kedamaian dunia.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik di 2023

11. The Legend of Lucky Pie (尔摩斯小姐与幸运派)

rekomendasi kartun cina
Mundo Deportivo/The Legend of Lucky Pie

The Legend of Lucky Pie merupakan serial animasi Cina yang mengikuti petualangan seorang detektif cilik yang pemberani bernama Lucky Pie dan mitra barunya, seorang gadis bernama Sherlock Miss.

Dalam serial ini, Lucky Pie dan Sherlock Miss menjelajahi kota dan menyelesaikan berbagai misteri dan kasus-kasus kecil yang menarik. Mereka berdua bekerja sama untuk menyelesaikan teka-teki dan menangkap penjahat-penjahat kecil yang mengganggu ketertiban di sekitar mereka.

Meskipun mereka hanya anak-anak, Lucky Pie dan Sherlock Miss memiliki kecerdasan dan keberanian yang luar biasa. Mereka menggunakan imajinasi mereka yang kaya dan keterampilan detektif mereka yang unik untuk mengungkap rahasia-rhaisa dan memecahkan teka-teki yang sulit.

Selama petualangan mereka, Lucky Pie dan Sherlock Miss bertemu dengan berbagai karakter yang berwarna, termasuk teman-teman dan musuh-musuh baru.

Mereka menghadapi berbagai rintangan dan menghadapi tantangan-tantangan yang menantang, tetapi dengan kerja sama dan tekad yang kuat, mereka selalu berhasil mencapai tujuan mereka.

12. Monkey King: Hero Is Back (西游记之大圣归来)

Mungkin Sedulur sudah tidak asing dengan animasi ini. Ya, Monkey King: Hero Is Back adalah rekomendasi kartun Cina tahun 2015, yang mengisahkan tentang petualangan Sun Wukong. Sun Wukong dikenal sebagai Raja Monyet atau Monkey King yang merupakan karakter legendaris dari kisah Journey to the West (西游).

Sun Wukong adalah makhluk mitos yang memiliki kekuatan luar biasa dan kepribadian yang nakal. Dalam film ini, Sun Wukong telah dipenjarakan dalam sebuah gua oleh seorang biksu Buddha selama berabad-abad karena perilakunya yang nakal dan pemberontak.

Namun, ketika ia dibebaskan secara tidak sengaja oleh seorang anak laki-laki bernama Liuer, Sun Wukong menemukan dirinya terlibat dalam sebuah petualangan yang tak terduga.

Liuer adalah seorang anak yatim piatu yang tinggal di sebuah desa kecil yang sering menjadi sasaran serangan dari makhluk jahat. Ketika desanya diserang oleh iblis yang menakutkan, Sun Wukong menggunakan kekuatannya untuk melindungi desa dan bertarung melawan kejahatan.

Dengan bantuan Liuer dan karakter-karakter lain yang mereka temui di sepanjang perjalanan mereka, Sun Wukong menghadapi berbagai rintangan dan musuh yang menguji keberanian dan kekuatannya. Di tengah pertempuran yang epik, Sun Wukong juga belajar tentang pentingnya pengorbanan, persahabatan, dan kebaikan hati.

13. Flavors of Youth (样年华)

Flavors of Youth adalah film animasi Jepang-Tiongkok yang rilis pada tahun 2018. Film ini terdiri dari tiga bagian yang berbeda namun saling terkait, yang masing-masing menggambarkan pengalaman hidup dari sudut pandang yang berbeda-beda di Tiongkok modern.

Bagian pertama, yang berjudul The Rice Noodles, mengikuti kisah seorang pemuda yang bernostalgia tentang masa kecilnya dan hubungannya dengan adiknya melalui hidangan mie berkuah khas daerah mereka.

Bagian kedua, yang berjudul A Little Fashion Show, mengikuti kisah dari seorang wanita muda yang bekerja sebagai model di industri fashion di Shanghai. Dia merenungkan tentang masa lalunya dan kehilangan masa kecilnya yang sederhana.

Bagian ketiga, yang berjudul Love in Shanghai, menceritakan tentang kisah cinta antara dua orang muda yang saling mencintai, tetapi terpisah oleh kesibukan dan tekanan hidup di kota besar.

Melalui tiga cerita yang berbeda ini, Flavors of Youth mengeksplorasi tema-tema tentang nostalgia, hubungan manusia, dan kehidupan di era modern Tiongkok. Dengan animasi yang indah dan cerita yang mendalam, film ini menghadirkan gambaran yang memukau tentang kehidupan di negara tersebut.

14. Cannon Busters (机械猎人)

Cannon Busters merupakan serial animasi terkenal yang dirilis pada tahun 2019. Serial yang satu ini mengikuti kisah Philly the Kid, seorang koboi abadi yang mencari kehidupan yang lebih baik di dunia yang penuh dengan kekacauan dan teknologi canggih.

Dia berteman dengan robot berbicara bernama S.A.M. (Special Associate Model) yang sedang mencari teman masa kecilnya, keluarga kerajaan yang terasing.

Bersama dengan Casey Turnbuckle, seorang pemburu bayaran yang berhati dingin, mereka membentuk tim yang tidak biasa untuk mencari Prince Kelby yang hilang dan membawanya kembali ke takhta kerajaannya.

Namun, di sepanjang perjalanan mereka, mereka menghadapi berbagai rintangan dan musuh yang berusaha menghalangi misi mereka.

Nah, dengan bantuan berbagai karakter dan robot aneh yang mereka temui di sepanjang perjalanan, tim Cannon Busters menjalani serangkaian petualangan yang mendebarkan dan penuh aksi. Mereka harus bekerja sama dan memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan yang datang.

15. The Three-Body Problem (三体)

Rekomendasi kartun Cina yang berjudul The Three-Body Problem ini, sebenarnya adalah novel ilmiah karya Liu Cixin yang kemudian diadaptasi menjadi serial televisi. Cerita dimulai pada masa Revolusi Kebudayaan di Tiongkok,

Di masa tersebut, seorang ilmuwan muda bernama Ye Wenjie menyaksikan kematian tragis ayahnya oleh sekelompok pejabat pemerintah. Karena pengalaman traumatis ini, Ye Wenjie kehilangan kepercayaannya pada manusia dan mencari kontak dengan peradaban asing.

Dalam perjalanannya, Ye Wenjie menemukan sinyal radio yang mengarah ke peradaban asing yang jauh lebih maju, yang dikenal sebagai Trisolarans, yang berada di sistem Trisolaris. Dia menjadi agen rahasia mereka di Bumi dan membantu mereka dalam persiapan untuk menginvasi planet ini.

Sementara itu, di dunia modern, seorang ilmuwan bernama Wang Miao diseret ke dalam konspirasi besar yang melibatkan misteri bunuh diri ilmuwan, peradaban alien yang akan datang, dan plot yang mengancam seluruh umat manusia.

Wang Miao harus menggali lebih dalam ke dalam misteri ini dan menemukan cara untuk menyelamatkan manusia dari kehancuran.

Nah, dari beberapa rekomendasi kartun Cina yang ada di atas, apakah ada yang menarik perhatian? Atau bahkan sudah ada judul yang pernah ditonton? Ya, untuk saat ini bisa dibilang kualitas dari kartun Cina tidak kalah dari anime-anime Jepang dan Korea Selatan.

Kartun dari Cina bahkan memiliki kekayaan kreativitas dan keberagaman cerita yang sangat memukau. Perkembangan industri animasi di Negeri Tirai Bambu tersebut juga cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.