urutan anime baki

Baki merupakan salah satu anime dengan genre action yang sangat menarik untuk ditonton. Menampilkan seni bela diri jalanan khas Jepang, pertarungannya selalu berhasil menaikkan adrenalin. Namun, agar Sedulur tidak bingung dan lebih nikmat menonton, perlu mengetahui urutan anime Baki yang benar.

Anime ciptaan dari Keisuke Itagaki memang memiliki alur cerita yang unik dan cukup melompat-lompat. Jadi Sedulur bisa saja bingung jika tidak mengikuti kisah manganya. Kira-kira bagaimana urutan anime Baki yang benar? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Komedi 2023 Terlucu, Wajib Nonton!

1. Grappler Baki (2001)

Fiction Horizon

Urutan nonton anime Baki yang pertama ada Grappler Baki yang tayang pada tahun 2001. Dalam season ini dikisahkan Baki Hanma, sejak lahir hanya tahu bertarung, memperkuat otot dan mempelajari seni bela diri di bawah ibunya, Emi Akezawa. Latihannya bertujuan mengalahkan ayahnya, Yuujirou Hanma yang dikenal sebagai manusia terkuat di dunia dengan julukan “Ogre”.

Saat menyadari teknik ibunya tak cukup, Baki bertekad menjadi lebih kuat. Dia mulai untuk bertualang mencari lawan kuat dan membentuk ikatan jiwa yang tak terpatahkan. Baki terus mengembangkan tubuh dan jiwanya. Hingga akhirnya waktu pun mendekati pertarungan tak terhindarkan melawan sang ayah yang ditakuti.

2. Baki: Saidai Tournament (2000)

Urutan nonton anime BAKI selanjutnya adalah Grappler Baki: Saidai Tournament yang tayang pada tahun 2000. Walupun tayang lebih dahulu sebelum seri Baki sebelumnya, cerita ini menceritakan awal mula kedatangan orang-orang kuat di dunia.

Mitsunari Tokugawa, penyelenggara arena pertarungan bawah tanah Tokugawa yang bersejarah telah menciptakan sebuah turnamen yang menampilkan 38 petarung terbaik dunia.

Banyak di antaranya adalah grandmaster dalam seni bela diri. Pertarungan ini melarang senjata, apa pun ada di dalam ring Tokugawa petarung dapat menunjukkan kekuatan sejati dan jurus rahasia terkuatnya. Baki Hanma mendapatkan tempat di turnamen tersebut karena statusnya sebagai juara bertahan ring pertarungan Tokugawa.

3. Baki: Most Evil Death Row Convicts (2016)

urutan anime baki
YT Cooper Shogun

Kemudian ada Baki: Most Evil Death Row Convicts jadi urutan nonton anime BAKI selanjutnya. Anime ini lanjutan pada kisah sebelumnya di mana lima narapidana berbahaya di dunia kabur dan berkumpul di koloseum Mitsunari Tokugawa, mencari kekalahan.

Mitsunari memilih Baki Hanma, pemenang “turnamen bersejarah”, dan empat petarung lainnya sebagai lawan. Di turnamen lima lawan lima di Tokyo, pertarungan tak terbatas terjadi kapan saja dan di mana saja. Setiap pesaing ingin mengukur kekuatannya melawan musuh tangguh dalam turnamen unik ini.

4. BAKI (2018)

BAKI yang rilis pada tahun 2018 menjadi lanjutan season dari serial anime Baki di tahun 2001 silam. Dikisahkan, Baki Hanma yang setelah menang di turnamen bawah tanah, berusaha mengalahkan ayahnya, Yuujirou yang menjadi manusia terkuat di dunia.

Namun, kondisi dunia saat itu dibikin kacau balau karena karena lima narapidana paling berbahaya ternyata kabur dan bebas. Mereka semua mencari rasa kekalahan. Mitsunari Tokugawa memperingatkan bahwa Baki akan menjadi incaran utama dan bertemu mereka. Adaptasi dari seri manga kedua ini berkisah di mana Baki memulai perang antara seniman bela diri Jepang dan dunia bawah tanah gelap.

5. Baki: Dai Raitaisai – Tournament of Titans (2020)

urutan anime baki
IMDb

Dilemahkan oleh racun dari pertempuran terakhirnya, Baki Hanma di ambang kematian. Temannya, Retsu Kaiou, membawanya ke Tiongkok untuk Turnamen Raitai, di mana pejuang sengit bersaing menjadi seniman bela diri terkuat Tiongkok.

Agar Baki dapat sembuh, maka ia harus ikut serta. Sayangnya, ayahnya yang dianggap “Makhluk Terkuat di Dunia,” juga ikut bertarung. Musim ke-2 ini mengisahkan turnamen Tiongkok dan pertemuan Baki dengan Mohammad Alai Jr, sosok eksentrik yang cukup mirip dengan petinju ternama dunia. Karakter satu ini cukup mencuri perhatian karena memiliki teknik bela diri yang unik dan kuat.

6. Hanma Baki: Son of Ogre (2021)

Kisah masih berlanjutnya, dalam urutan nonton anime Baki selanjutnya adalah Baki: Son of Ogre yang rilis pada 2021 lalu. Pada serial ini, Baki diceritakan sudah sangat puas dengan pelatihannya dan bertekad untuk menyalip sang ayah. Pada anime ini Baki menculik Presiden Amerika George Bosch untuk memulai rencananya.

Hal ini menyebabkan dia sengaja dipenjara di Penjara Negara Bagian Arizona yang terkenal tempat tinggal Oliva Biscuit, orang terkuat di Amerika. Oliva juga merupakan seorang narapidana yang diizinkan keluar atas kemauan dirinya sendiri.

Berharap untuk mengukur kemampuannya, Baki menantang Oliva bertarung, namun Oliva disibukkan dengan rivalnya yang eksentrik, Jun Guevaru. Baki juga mengetahui tentang sesama narapidana dan menerima kondisi kehidupan ia di penjara yang mengerikan sambil menunggu kesempatan untuk muncul melawan Oliva.

7.Hanma Baki: Son of Ogre (2023)

urutan anime baki
Netflix

Urutan anime Baki yang terakhir adalah serial yang tayang pada tahun 2023 dengan judul Hanma Baki: Son of Ogre Season 2. Dalam season kedua ini, masih melanjutka pertarungan baki di penjara Amerika.

Kehidupan yang begitu keras di dalam penjara membuat dirinya harus bertahan dengan cara bertarung dan menang. Kesempatan pertarungan tiada henti itu juga dilakukan Baki untuk bisa mempersiapkan diri melawan melawan Oliva Biscuit, orang terkuat di Amerika yang juga dipenjara dalam tahanan tersebut.

Itu tadi urutan anime Baki yang perlu Sedulur ketahui. Walaupun ceritanya sangat mudah diikuti, namun agar bisa mengenal karakternya lebih dalam maka sebaiknya Sedulur mencoba urutan di atas. Jadi selamat menonton ya!