doujin

maya maupaun nyata. Istilah ini sendiri sebenarnya cukup populer bagi para penggemar anime. Namun, bagi orang awam tentunya tidak begitu paham apa itu doujin.

Popularitas anime sendiri terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya aplikasi nonton berbayar yang menanyangkan banyak film kartun dari Jepang tersebut. Namun, penggunaan kata doujin sendiri mulai banyak dikaitkan dengan hal negatif karena penggambarannya diidentikkan dengan konten dewasa.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu lebih dalam tentang doujin dan mengerti contohnya seperti apa? Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Situs Nonton Anime Legal Sub Indo

Pengertian doujin

Arti doujin
Anime Corner

Kata doujin merupakan salah satu istilah dari Jepang yang digunakan untuk menyebut karya yang diterbitkan oleh seseorang. Beberapa orang juga menggunakan istilah doujinshi yang memiliki makna serupa.

Karya-karya yang masuk dalam kategori doujin sendiri cukup banyak jenisnya. Bisa berbetuk novel, manga, majalah, sampai karya bergambar seperti komik.

Bila melihat dari asal katanya, doujin berasal dari kata doujinshi yang teriri dari kata dōjin (同人) yang berarti sekelompok orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Selain itu, kata tersebut juga digabungkan dengan shi (誌) yang berasal dari kata Zasshi (雑誌) yang memiliki arti terbitan berkala atau majalah.

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa doujin adalah karya yang dibuat oleh individu atau kelompok baik itu amatir maupun semi profesional yang diterbitkan secara mandiri.

Awal mula mangaka

Arti doujin
Amino

Keberadaan dojinshi merupakan awal mula seseorang bisa terjun dalam dunia manga dan menjadi seorang mangaka atau pembuat komik sesungguhnya. Para doujin akan membuat sebuah karakter ciptaannya sendiri atau karya fan art yang terinspirasi dari manga lain untuk dijadikan portofolio.

Sejumlah orang pun menganggap keberadaan doujin sebagai fan fiction. Pemberian label ini pun tidak salah, karena hasil karya yang diciptakan para dojinshi biasanya akan dipamerkan dalam acara musiman seperti Karnaval J Pop dan Comic Frontier.

Bila karya-karya yang dibuat para dojinshi ini mencuri perhatian dalam karnaval tersebut, biasanya akan banyak pencari bakat atau publisher yang mengajak kerjasama dengan para dojinshi .

BACA JUGA: Sinopsis Kimi No Na Wa, Anime Fenomenal dari Makoto Shinkai

Punya citra negatif

Arti doujin
Discover Los Angeles

Sayangnya, keberadaan doujin ini lebih banyak mendapatkan sorotan negatif dari masyarakat maupun pecinta manga. Hal ini tak lepas dari adanya kebiasaan para doujin yang membuat konsep manga yang tidak sesuai dengan original karakter yang telah dibuat

Selain itu, para dojinshi sering menambahka bumbu-bumbu dewasa pada pembuatan manga yang mereka ciptakan sehingga karakter yang sudah memiliki citra baik malah melenceng jauh dari karakter aslinya.

Contoh pembuatan doujin yang melenceng adalah kisah cinta segitiga karakter manga seperti Naruto, Sasuke, dan Sakura. Banyak dojinshi yang membuat fan art dengan konsep yang sangat jauh berbeda dari karakter asli manga tersebut sehingga menimbulkan miss interpretasi.

Kasus-kasus semacam inilah yang membuat pengeritan dari doujin cukup memiliki banyak arti dan sudut pandang.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang doujin artinya apa dan contohnya di sekitar Sedulur semua. Bagi para pecinta manga, tentu istilah ini sudah cukup familiar di telinga namun tak jarang juga masih ada yang belum memahaminya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!