ps4 emulator

PS4 emulator adalah sebuah alternatif untuk Sedulur yang ingin bermain game PS4. Popularitas PS4 sudah tidak bisa diragukan lagi mengingat salah satu seri PlayStation ini sangat laris di pasaran di berbagai penjuru dunia. Biasanya, emulator ini ada pada komputer, laptop, dan smartphone.

Saking populernya atau hal ini juga yang membuatnya populer, ada banyak PS4 emulator yang bisa diundur di PC. Memang memudahkan dan membuatnya semakin menarik, namun jangan sampai Sedulur kecolongan. Pastikan agar PS4 emulator yang diundur benar-benar aman dan memungkinkan untuk memainkan PS4. Nah, berikut ini rekomendasi PS4 emulator yang bisa Sedulur gunakan di PC dan laptop.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi PS2 Emulator Terbaik untuk Android dan PC

1. PS4Emus

ps4 emulator
Uplotify

PS4 emulator terbaik yang pertama adalah PS4Emus. PS4Emus ini merupakan emulator games PS4 yang sudah sering digunakan para pemain game pada PC. Dia sudah dirilis sejak tahun 2013 dan mengalami banyak modifikasi, sehingga banyak pembaruan. Hal itu juga yang menjadikannya semakin nyaman dan aman digunakan.

-->

PS4Emus dinilai kompatibel untuk hampir semua perangkat. Itulah mengapa PS4Emus ini juga dikenal sebagai salah satu emulator PS4 untuk android dan bisa digunakan untuk Windows, macOS, dan iOS. Di dalamnya terdapat banyak layanan online yang isinya game PlayStation. Semakin menarik saja untuk diunduh dan dimainkan secara online.

Tak sampai disana, PS4Emus juga hadir dengan fitur yang bisa mengadaptasi perangkat secara otomatis. Maka dari itu, kualitasnya akan menyesuaikan perangkat yang digunakan. Namun kekurangannya ada pada keterbatasan PC dan laptop, yakni hanya bisa digunakan untuk PC dan laptop berspesifikasi tinggi. Kualitas yang menyesuaikan akan tetap membuatnya terlihat tidak bagus dan kurang lancar.

BACA JUGA: Pesawat Terbesar di Dunia yang Dihancurkan Rusia

2. PCSX4

Know Techie

PS4 emulator untuk laptop yang berikutnya adalah PCSX4, yakni salah satu PS4 emulator terbaru yang sudah populer. Hal pertama yang disoroti pada emulator satu ini adalah hanya bisa digunakan untuk pengguna PC 64 bit. Sabar, para pengguna PC 32 bit masih harus menunggu sampai PCSX4 bisa digunakan untuk PC 32 bit.

Namun, keterbatasan itu nampaknya tidak begitu dihiraukan. Banyak pengguna PC dan laptop 64 bit langsung memilih emulator ini karena sudah support Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Tampilannya sederhana dan mudah digunakan bahkan oleh pemula. Selain itu, performa emulator juga mumpuni dan bisa bekerja di 60 fps sehingga gambar yang dihasilkan bisa mulus dan berkualitas tinggi.

Adapun kesamaannya dengan PS4Emus yakni pada spesifikasi PC yang harus cukup tinggi. Minimal, GPU yang dimiliki SSE-4.2 GPU dan AXV. Memori RAM yang digunakan juga sebaiknya disisakan cukup besar agar permainan bisa berjalan lancar tanpa kendala. Sebelum menggunakan emulator yang satu ini, install dulu .net framework 3.5, VC++2015 dan DirectX 11.1 platform update KB2670838-x64. Prosesor yang digunakan pun setidaknya sudah 4-core ya, Sedulur.

Untuk spesifikasi minimum diantaranya OS Windows 7, 8, 10, 11, dengan 64 Bit. CPU PCSX4 adalah Core-i5 3230 atau AMD: FX-4150, RAM 4 GB, Grafis Nvidia GeForce GTX 660 atau AMD Radeon 7870, serta DirectX versi 11.1.

BACA JUGA: Mengenal Profil Sandiah Ibu Kasur Pencipta Lagu Anak Anak

3. Orbital PS4 Emulator

ps4 emulator
Back2Gaming

Berikutnya datang dari Orbital yang bisa digunakan untuk laptop dan PC Linux. Meski banyak dikenal sedemikian rupa, namun Orbital masih bisa digunakan oleh para pengguna Windows. Emulator ini juga cukup baru, dirilis pada Februari 2021 lalu dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Keunggulan pertama ialah resolusi gambar yang bagus. Bagi Sedulur yang bisa terganggu dengan gambar pecah, Orbital bisa menjadi salah satu pilihan. Selain itu, kontrol joystick dan mappingnya juga relatif nyaman sehingga memungkinkan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Namun dibalik keunggulannya, emulator ini juga tengah berjuang menghadapi kekurangan. Orbital sangat membutuhkan space yang besar agar bisa berjalan dengan lancar. Jika tidak, siap-siap saja selama bermain akan terganggu dengan kualitas yang buruk. Padahal, hal itu bisa diatasi hanya dengan memberikan space cukup untuk emulator ini.

Tapi tentu saja Sedulur juga harus ingat bahwa ini masih dalam tahap pengembangan. Masih banyak harapan untuk emulator PS4 Orbital agar selanjutnya bisa digunakan meski tidak memiliki space yang begitu luas. Untuk detailnya, OS yang bisa menggunakan Orbital adalah Windows7+, Linux 4.4+. macOS 10.10+; Kemudian RAMnya minimal sebesar 12 GB, dengan grafis AMD Radeon HD 6950 / NVIDIA GeForce GTX 560, lalu DirectX versi 10.

Selain kunggulan terkait resolusi gambar, keunggulan lainnya yaitu dari segi mapping dan kontrol joystick. Sayangnya, untuk bisa menggunakan aplikasi ini minimal RAM dan spesifikasi lain cukup tinggi. Pada RAM minimal 16 GB ditambah ekstensi AVX yang digunakan untuk menjalankan emulator nantinya.

4. PS4 EMX

Back2Gaming

Rekomendasi PS4 Emulator adalah PS4 EMX, emulator ini untuk saat ini masih dalam tahap pengembangan dan tentu saja belum diluncurkan. Akan tetapi, PS4 EMX bukan pemain lama di bidang emulator PS. Jadi, kamu bisa berharap emulator satu ini pada akhir tahun sudah bisa ikut meramaikan pasar emulator Playstations.

Emulator ini juga telah mendukung versi terbaru Windows 8 dan upgradenya. Komputer dengan RAM rendah bisa menggunakan PS4EMX sebagai emulator PS4 dalam mode emulasi. Emulator ini memiliki kemampuan untuk kompilasi game PS4 ke biner asli dengan beberapa kode agar dapat digunakan ke sistem operasi perangkat yang digunakan.

Dari PS4 Compatibility list yang sempat dibagikan, spesifikasi untuk menjalankan emulator ini relatif sedang. RAM yang disyaratkan minimal 2gb saja, sementara untuk AMD adalah Nvidia, dan perlu 50 GHZ processor.  Selain data yang dibagikan, belum ada lagi detail tambahan, semoga spesifikasi tidak naik ya dan Sedulur bisa memainkannya ketika diluncurkan.

BACA JUGA: Data: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contohnya

5. SNES Station Emulator

ps4 emulator
Deposit Photos

PS4 emulator PC rekomendasi berikutnya termasuk sudah ada sejak lama, sejak dibuatnya emulator PS1. Nama emulator kali ini adalah SNES Station Emulator. Emulator ini bisa digunakan oleh pengguna Windows maupun Mac OS. SNES Station juga memiliki ROM bawaan untuk menyimpan game yang baru saja diunduh. Sedulur bisa menyimpannya sendiri dalam drive USB masing-masing.

Namun, ada beberapa kekurangan dari emulator ini. Banyak pengguna yang mengeluhkan proses pengunduhan dan install-nya yang lama. Cara install-nya pun terbilang cukup sulit sehingga tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak jadi meng-install karena kesulitannya.

Permasalahan itu ada sejak lama dan tentu para developer mendengar keluhan tersebut. Maka dari itu, perlahan emulator ini mengalami perbaikan dan peningkatan dari servicenya sehingga diharapkan semakin lama proses instalasinya semakin baik dan nyaman digunakan. Selain itu, Sedulur juga bisa menonton tutorial untuk meng-install SNES Station Emulator melalui videonya dalam media sosial resmi mereka.

Untuk spesifikasi minimum, jika diuraikan lebih rinci, SNES Station Emulator ini bisa digunakan pada Windows 10, CPU Intel i5 4690 @ 3.5GHz atau AMD FX-8150 @ 3.6 GHz. RAM yang harus disiapkan minimal 8 GB. Grafisnya Nvidia GeForce GTX 770 atau AMD Radeon R9 380xTX 560 dengan DirectX versi 10.

BACA JUGA: 21 Rekomendasi Emulator Android PC Terbaik & Teringan

Sebagaimana yang Sedulur ketahui, bahwa emulator hadir untuk memudahkan memainkan PS di PC, jadi tidak perlu membeli PS untuk memainkan PS itu sendiri. PS4 merupakan salah satu seri PlayStation yang paling laris di pasaran dengan 80 juta pengguna di seluruh dunia. Banyak sekali penggemarnya yang ingin memainkan PS4 lewat PC. Hal itulah yang membuat emulator begitu diminati.

Demikian beberapa rekomendasi PS4 emulator yang bisa Sedulur pilih untuk menikmati game dalam PC maupun laptop beserta ps4 emulator system requirements. Pastikan juga Sedulur mengunduhnya secara legal dan menghindari yang bajakan. Itu juga sebagai antisipasi jika ada kendala yang tidak diinginkan di tengah-tengah penggunaan emulator.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.