pesawat terbesar di dunia

Aktivitas manusia yang semakin padat menuntut setiap petinggi di banyak negara berlomba-lomba untuk berinovasi dengan fasilitas transportasinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dalam beberapa dekade terakhir telah dibuat beberapa pesawat terbesar di dunia.

Meski disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia, pada nyatanya banyak yang namanya tercatat dalam sejarah karena sudah bisa digunakan karena satu dan lain hal. Penasaran dengan daftarnya? Simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Fenomena Chemtrail, Asap Pesawat yang Sempat Jadi Hoaks

1. Antonov An-124 Ruslan

Antonov An-124 Ruslan
wikipedia

Pada 1984 silam, perusahaan Antonov Design Bureau merancang dan merilis Antonov An-124 Ruslan. Dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia selama kurang lebih 30 tahun, alat transportasi ini disebut sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia dan terberat di dunia untuk jenis kargo.

-->

Dimensi dari pesawat ini sepanjang 69,1 meter yang didukung dengan lebar sayap 73,3 meter serta tinggi 21,08 meter. Kapasitaas yang mampu dimuat juga cukup fantastis angkanya, yakni sekitar 65 ton. Kabar baiknya, pesawat ini masih ada dan bisa disa dipakai hingga saat ini.

BACA JUGA: Ini Fakta & Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia, Tertarik?

2. Boeing 747 Dreamlifter

Boeing 747 Dreamlifter
wikipedia

Sebagai perusahaan perancang dan perakit pesawat, Boeing juga membutuhkan jenis pesawat yang memiliki ruang penyimpanan barang yang cukup besar. Pasalnya, ada kebutuhan untuk mengangkut suku cadang yang akan dikirimkan ke seluruh dunia.

Dari situ, akhirnya dibuat pesawat kargo jumbo yang di-upgrade dari model 747-400 747 yang sudah disediakan ruang khusus untuk menampung barang. Pesawat ini diberi nama Boeing 747 Dreamlifter atau Boeing 747 Cargo Freighter.

Dreamlifter pertama melakukan uji terbang setelah tiba di Boeing Field, Seattle, Amerika Serikat pada 16 September 2006. Setelah itu, Dreamlifter kedua juga terbang pertama kali pada 16 Februari 2007.

Tak berhenti di situ, perakitan dan modifikasi dilakukan untuk Dreamlifter ketiga pada 2007. Pesawat ini mampu menampung berat hingga 125 ton.

BACA JUGA: Siklus Daur Nitrogen: Pengertian, Fungsi & Contohnya

3. Lockheed C-5 Galaxy

Lockheed C-5 Galaxy
airspace-review.com

Dibuat agar tidak menjadi pesawat terbesar di dunia meledak dari serangan musuh, Amerika Serikat memiliki C-5 Galaxy yang dirancang oleh Lockheed Martin. Pesawat ini resmi dioperasikan oleh pihak tentara militernya pada 1969 silam.

Pesawat ini memiliki ruang kargo yang luas dan mampu mengangkut 2 buah tank Abrams, 3 helikopter Black Hawk, 16 Humvee, serta berbagai kendaraan berat lainnya dengankapasitas maksimal 135 ton.

Sempat hiatus, pihak angkatan udara Amerika Serikat mengumumkan jika pesawat ini aktif kembali pada Mei 2017. Daya angkut yang tinggi juga mempengaruhi jarak tempuhnya. Apabila tak diisi dengan barang, pesawat ini bisa terbang hingga 7.000 mil tanpa pengisian bahan bakar.

BACA JUGA:  8 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan di Dunia

4. Aero Spacelines Super Guppy

Aero Spaceline Super Guppy
aero corner

Salah satu yang masuk dalam daftar pesawat terbesar di dunia adalah Aero Spacelines Super Guppy. Ini adalah pesawat yang dipakai oleh NASA untuk memindahkan komponen pesawat luar angkasa yang berukuran raksasa.

Dirakit dari rangka Boeing C-97, Super Guppy terbang kali pertama pada 1965. Ini adalah satu-satunya pesawat yang mengangkut komponen S-IVB yang merupakan roket Saturn V tahap tiga.

Dimensi pesawat ini memiliki panjang 43,84 meter, dengan lebar sayat 47,63, serta 14,78 meter untuk tingginya. Cukup besar, bukan?

BACA JUGA:  50 Negara Militer Terkuat di Dunia Sesuai dengan Peringkatnya

5. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya
aviationsourcenews

Antonov Design Bureau kembali membuat satu pesawat kargo berukuran besar dan diberi nama Antonov An-225 Mriya dan terbang pertama kali pada 1988 silam.
Dirancang oleh insyinyur tersohor Uni Soviet, pesawat ini diberi nama Mriya. Kata tersebut memiliki arti mimpi dalam Bahasa Ukraina. Meskipun bukan pesawat penumpang terbesar di dunia karena dirancang untuk mengangkut barang, kapasitas pesawat ini bisa mengangkut total 250 ton.

Dimensi dari pesawat ini sangat besar. Ukuran lebarnya bisa mencapai 84 meter. Dari angka ini, sudah bisa diperkirakan berapa panjang dan tingginya.

Alasan diledakkan

pesawat penumpang terbesar di dunia hancur
gta5-mods.com

Pada 1989, Uni Soviet berencana untuk membuat tiga buat An-225. Di tengah konstruksi proyek tersebut, Uni Soviet runtuh pada 1991 yang menghambat wacana etrsebut. Sempat dibantu oleh Tiongkok, project tersebut tidak berjalan lancar. Akhirnya pada 2020, pesawat tersebut berkontribusi untuk mengirimkan pasokan bantuan ke banyak negara di seluruh dunia saat pandemi COVID-19 melanda.

Namun, sejarah mencatat bahwa pesawat terbesar di dunia hancur pada 27 Februari 2022 lalu. Pesawat yang sudah menjadi milik Ukraini ini dihancurkan oleh pasukan militer Rusia di hari ke-4 invasi Rusia ke Ukraina. Pesawat ini diserang ketika parkir di dekat ibu kota Ukraina, Kiev, untuk proses perbaikan.

Ada banyak sejarah yang dilalui oleh beberapa nama pesawat di atas. Mulai dari untuk misi kemanusiaan hingga militer yang memberi pengaruh kepada banyak nyawa orang di dunia. Meski ada kejadian pesawat terbesar di dunia meledak, semoga pesawat berukuran besar lainnya bisa terjaga kondisinya dan dapat dipakai dalam beberapa waktu ke depan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!