ps2 emulator

Saat ini, PS2 emulator memang sering dicari kebanyakan gamers. Terutama mereka yang ingin bernostalgia dengan permainan-permainan dari era PlayStation 2 dulu. PlayStation 2 (PS2) merupakan sebuah konsol video game yang menjadi primadona pada era 2000-an. Konsol video game tersebut dikembangkan dan juga dipasarkan oleh anak perusahaan teknologi raksasa Jepang, Sony, lebih tepatnya Sony Computer Entertainment.

Permainan yang dirilis untuk PlayStation 2 dulu memang sangat melekat pada kenangan yang pernah memainkannya. Contohnya seperti game legendaris Grand Theft Auto: San Andreas, Final Fantasy XI, dan juga Tekken 5. Maka dari itu, tidak heran bahwa sekarang banyak sekali yang berminat untuk mengunjungi kenangan pada permainan di PlayStation 2 kembali dengan menggunakan PS2 emulator.

Lalu, apa saja rekomendasi PS2 emulator Android  terbaru juga PC saat ini? Intip ulasannya pada pembahasan berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Game PC Terbaik Lengkap Semua Genre

-->

Rekomendasi PS2 emulator Android dan PC

emulator ps2 terbaik pc android
Depositphotos

Apabila Sedulur ingin memainkan bermacam-macam game yang berasal dari era PlayStation 2 pada smartphone Android atau komputer personal (PC), maka Sedulur memerlukan emulator PS2. Emulator merupakan sebuah software yang berfungsi untuk menjalankan program pada sebuah sistem operasi yang berbeda dari asal program tersebut.

Dengan kata lain, emulator tersebut berfungsi sebagai pihak perantara yang mempermudah pengguna perangkat selain PlayStation 2 untuk memainkan game pada perangkat lain. Seperti smartphone yang berbasis Android maupun PC yang ber-OS Windows, macOS, serta Linux.

Terdapat bermacam-macam PS2 emulator yang dapat Sedulur unduh dan pasang dari internet. Tetapi, memilih emulator tersebut juga diperlukan kehati-hatian. Pasalnya, tidak semua emulator dapat game PS2 ISO (jenis file game dari CD atau DVD PlayStation 2) dengan lancar. Lebih lanjut lagi, tidak semua emulator bisa dipasang ke berbagai perangkat.

Oleh karenanya, pada kesempatan ini Sedulur diajak untuk mengulas beberapa rekomendasi PS2 emulator terbaik bagi Android dan PC. Berikut ini adalah rekomendasi emulator yang dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

BACA JUGA: 20 Game Nintendo Switch Terbaik yang Bikin Ketagihan

1. PPSSPP PSP Emulator

PPSSPP merupakan singkatan dari PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably. Emulator tersebut pertama kali dirilis pada 1 November 2012. PPSSPP merupakan sebuah emulator yang kompatibel dengan bermacam-macam OS, seperti Android, iOS, Windows, macOS, serta Linux.

PPSSPP menawarkan tampilan game yang sangat baik dan tajam. Kualitas visual yang diperoleh dari PPSSPP merupakan salah satu yang terbaik di antara emulator-emulator lain. Kecepatan PPSSPP untuk memproses data game juga tidak kalah, bahkan jika dipasang pada device dengan spesifikasi yang pas-pasan.

Tidak heran apabila PPSSPP PSP Emulator masuk ke dalam daftar rekomendasi emulator terbaik. Pada Maret 2017 yang lalu, setidaknya terdapat 984 permainan yang dapat dijalankan menggunakan PPSSPP. Kemudian pada Juli 2020, hampir semua permainan dapat dimainkan dengan PPSSPP PSP Emulator. Sedulur tertarik untuk mencobanya?

2. PPSSPP Emulator Gold Pro

PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably atau PPSSPP juga mengeluarkan emulator versi berbayar yang tentunya memiliki lebih banyak fitur dari versi gratisnya. PPSSPP Emulator Gold Pro sebagai PS2 emulator dapat memainkan game dengan grafis yang sangat memuaskan. Selain itu, emulator tersebut dapat mengatasi jeda suara yang terjadi pada saat bermain game menggunakan earbuds nirkabel.

3. Dolphin Emulator

Dolphin Emulator merupakan rekomendasi emulator untuk menjalankan permainan PlayStation 2 selanjutnya. Emulator untuk permainan PS2 tersebut pertama kali dirilis pada tahun 2003 silam dan dapat menjalankan berbagai macam permainan pada perangkat ber-OS minimal Android 5.0, Windows 7, macOS Sierra 10.12, serta Linux. Selain dapat menjalankan permainan dari PlayStation 2, ternyata Dolphin Emulator telah terlebih dahulu bisa menjalankan permainan dari Nintendo Wii dan GameCube!

Dolphin Emulator tergolong sebagai emulator yang ramah bagi perangkat yang dipasang. Ia memiliki kecepatan proses data yang cepat, sehingga Sedulur tidak perlu berlama-lama menunggu loading permainan. Terdapat beberapa kekurangan dari emulator ini, seperti koleksi game PlayStation 2 yang terbatas dan juga tampilan tombol yang kurang menarik serta kurang responsif.

4. Play!

Play! menjadi emulator PS2 Android dan juga PC terbaru yang masuk ke dalam daftar rekomendasi kali ini. Karena masih relatif baru, jadi Sedulur perlu menurunkan ekspektasi untuk emulator yang satu ini. Play! dapat digunakan pada smartphone berbasis Android. Terdapat versi lain yang juga bisa digunakan pada Windows, macOs, dan Linux.

Sebagai emulator game, Play! memiliki beberapa kelebihan, seperti user interface yang simple dan mudah dipahami. Selain itu, ia juga dapat memainkan sebagian besar game PS2 ISO dan memiliki ukuran data yang cukup kecil jika dibandingkan dengan emulator lainnya.

5. RetroArch

RetroArch termasuk dalam emulator PC legendaris. Walaupun dengan usianya yang tua ketimbang emulator lain, tetapi RetroArch masih memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan permainan dari PlayStation 2! Emulator RetroArch tidak terbatas pada game dari zaman PlayStation 2 saja, tetapi ia juga dapat memproses berbagai macam judul game PlayStation 1.

Salah satu fitur yang menarik dari RetroArch adalah kustomisasinya. Ia tidak hanya meniru konsol game Sony, tetapi juga dapat meniru tema berbagai macam konsol game klasik lainnya. Tampilan user interface-nya juga sangat bersih dan sederhana, sehingga para pengguna tidak kesulitan untuk mengoperasikan RetroArch. Selain itu, kabar baiknya adalah RetroArch bebas dari iklan yang mengganggu dan mempunyai stabilitas yang baik di kelasnya.

6. NeutrinoSX2

Nama NeutrinoSX2 mungkin masih terdengar asing di kalangan para gamers. Tetapi, kemampuan emulator NeutrinoSX2 tidak bisa diremehkan begitu saja. Sifatnya yang open source membuat emulator ini dapat dengan leluasa memainkan berbagai judul permainan dan melakukan konfigurasi yang bermacam-macam.

Game klasik seperti Mortal Kombat 5 pun dapat berjalan lancar berkat emulator NeutrinoSX2. Sedulur juga dimanjakan dengan kualitas grafis yang baik dan suara yang mantap. NeutrinoSX2 pun juga menyediakan cheats apabila Sedulur membutuhkan. Sayangnya, pengembang dari NeutrinoSX2 masih secara bertahap mengembangkan emulator ini, sehingga penggunaannya pun hanya pada versi yang terbatas.

Rekomendasi PS2 emulator khusus Android

emulator ps2 android
Depositphotos

Selain emulator-emulator yang sudah disebutkan tadi, terdapat pula emulator untuk permainan PS2 yang didesain khusus bagi smartphone Android.

1. ePSXe for Android

ePSXe for Android menjadi rekomendasi emulator permainan PS2 untuk Android pertama. Ia termasuk ke dalam emulator yang berbayar, dengan biaya Rp49.404. Fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan oleh ePSXe for Android juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kualitas grafis yang memukau dan suara yang jernih menjadi keunggulan yang ePSXe for Android tawarkan.

2. PTWOE-PlayStation 2 Emulator

PTWOE-PlayStation 2 Emulator merupakan sebuah emulator permainan PS2 besutan TeamEMU. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh emulator ini adalah hasil grafis yang memanjakan mata, tampilan user interface yang simple, dan  ukuran file yang tidak besar sekitar 45 MB.

3. AetherSX2

AetherSX2 adalah emulator permainan untuk PlayStation 2 yang dikembangkan oleh Tahlreth. Emulator AetherSX2 dapat dengan lancar menjalankan berbagai macam permainan di smartphone ber-OS Android. Beberapa judul permainan tersebut adalah Ratchet & Clank, Persona 4, Bloody Roar 3, Tekken 5, God of War 2, dan juga Gran Turismo 4.

4. Pro PPSS2 Golden

Emulator lain yang dapat dijadikan pilihan untuk bernostalgia dengan game-game dari PlayStation 2 adalah Pro PPSS2 Golden. PS2 emulator tersebut digadang-gadang mampu menjalankan sekitar 90% dari keseluruhan game yang dirilis untuk konsol PlayStation 2. 

Keunggulan yang dimiliki emulator ini di antaranya adalah penggunaannya yang mudah, kontol yang nyaman, serta fleksibilitas untuk mengganti-ganti tema pada emulator. Pro PPSS2 Golden dapat digunakan pada smartphone Android dengan minimal seri OS 4.0.3 ke atas.

5. DamonPS2 Pro

Sedulur ingin merasakan sensasi gaming yang benar-benar memukau melalui sebuah emulator? Coba gunakan emulator DamonPS2 Pro. Sesuai dengan nama “Pro” yang dibawanya, emulator ini benar-benar dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih terasa ketimbang emulator lain. 

Fitur dari DamonPS2 Pro di antara lain adalah Bilinear Texture Filtering, Widescreen Game, dan HID Gamepad yang jarang dijumpai pada emulator sejenis. Untuk dapat menikmati fitur-fitur tersebut, Sedulur perlu membayar setidaknya Rp139.999. Terdapat juga DamonPS2 Pro versi gratis dengan iklan.

6. Multi PSX Emulator

Multi PSX Emulator adalah emulator yang dikembangkan oleh Studio MXE. Multi PSX Emulator masuk ke dalam daftar rekomendasi kali ini karena ia mampu menjalankan game-game PlayStation 2 dengan baik di smartphone Android 4.0 ke atas. Tidak terbatas pada permainan di PlayStation 2, tetapi Multi PSX Emulator juga bisa memproses game dari PlayStation 1, Nintendo, dan juga Game Boy. Alhasil, opsi permainan untuk Sedulur bernostalgia menjadi lebih banyak.

Emulator PS2 untuk PC

Emulator PS2 untuk PC
Depositphotos

Terdapat satu lagi rekomendasi emulator PS2 ringan PC, yaitu PCSX2. PCSX2 merupakan emulator game PlayStation 2 yang khusus dijalankan untuk komputer personal saja. OS yang ia cover adalah Windows, macOS, dan juga Linux. 

PCSX2 digadang-gadang sebagai salah satu emulator PS2 terbaik PC. Ia pertama kali dirilis pada 23 Maret 2002 dan saat ini dapat memainkan hampir semua permainan PS2 ISO. PCSX2 pun tersedia dalam 28 bahasa yang semakin mempermudah penggunanya untuk bermain dan melakukan pengaturan.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk mengoperasikan PS2 emulator pada PC.

BACA JUGA: 25 Game Multiplayer Terbaik untuk Mabar di HP, PC & Konsol

1. Download dan install PS2 emulator pada PC

  • Unduh PCSX2 sesuai dengan OS yang PC Sedulur gunakan dari website resmi PCSX2
  • Install sampai selesai
  • Ketika sudah selesai proses install, Sedulur akan dibawa ke jendela PCSX First Time Configuration
  • Pada jendela tersebut, klik Next, lalu pilih kolom PAD, kemudian klik Configure… untuk mengatur pilihan alat main Sedulur jika menggunakan keyboard. Apabila menggunakan stick atau gamepad, maka lewati konfigurasi PAD tersebut

2. Cara konfigurasi Bios PS2 emulator pada PC

Setelah selesai dengan proses install dan konfigurasi pertama kali PCSX2, Sedulur dapat memulai untuk mengatur Bios PS2 emulator pada PC. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Ekstrak file Bios PCSX2, file tersebut biasanya berformat .RAR.
  • Ekstrak dan letakkan pada folder yang Sedulur inginkan.
  • Pada jendela PCSX2 yang telah dibuka, klik Browse pada menu Bios, lalu menuju ke folder tempat file Bios disimpan tadi.
  • Klik Refresh list untuk memunculkan daftar Bios konsol dan pilih salah satu yang ingin Sedulur gunakan.

3. Cara menggunakan PS2 emulator pada PC

Setelah selesai dengan proses konfigurasi Bios, Sedulur sudah siap untuk menjalankan game-game favorit era PlayStation 2 dan bernostalgia ria. Di bawah adalah langkah-langkah untuk menggunakan PS2 emulator pada PC.

  • Unduh game PS2 ISO dari situs-situs game terpercaya.
  • Buka PCSX2, lalu pilih bagian CDVD pada tab atas kedua dari kiri.
  • Masuk ke Iso Selector, cari game yang sudah Sedulur unduh tadi.
  • Setelah dipilih, masuk ke bagian System pada tab atas pertama dari kiri.
  • Kemudian pilih Reboot CDVD (full) atau bisa juga Reboot CDVD (fast) sesuai keinginan Sedulur.
  • Game PlayStation 2 kesayangan Sedulur pun siap untuk dimainkan.

Tempat download game PS2 ISO

emulator ps2 android terbaru
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung di atas, untuk dapat memainkan game-game dari PlayStation 2, Sedulur perlu mengunduhnya dari situs yang terpercaya. Bingung bagaimana memilih situs game tersebut? Coba simak rekomendasi tempat download game PS2 ISO berikut ini.

BACA JUGA: 20 Situs Download Game PC Terbaik & Gratis

1. RomsMania

Di situs RomsMania, Sedulur dapat menemukan berbagai permainan era PlayStation 2 menarik seperti Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3. RomsMania juga membuat proses mengunduh game lebih cepat dan tidak terganggu banyak iklan.

2. PortalRoms

PortalRoms merupakan sebuah website untuk men-download game PS2 ISO melalui file berformat Torrent. Selain game rilisan konsol PlayStation 2, terdapat juga game-game untuk konsol yang lebih terbaru seperti PlayStation Vita dan Nintendo 3DS.

3. CoolROM

CoolROM menjadi rekomendasi tempat download game emulator PS2 terbaik pc, dimana ia memiliki database permainan yang cukup besar dibanding kedua website sebelumnya. Permainan tersebut tidak hanya terbatas pada game PlayStation 2, namun juga PlayStation 1, PlayStation Portable (PSP), Sega, Atari, dan sebagainya. File unduhan dari CoolROM juga langsung dapat digunakan pada emulator PC, jadi Sedulur tidak perlu lagi untuk ribet-ribet mengotak-atik file game PS2 ISO.

Sedulur, di atas merupakan beberapa rekomendasi PS2 emulator untuk Android dan juga PC yang dapat dicoba. Terdapat beberapa rekomendasi emulator yang bisa digunakan untuk bernostalgia dengan permainan dari PlayStation 2, seperti PPSSPP PSP Emulator, PS2 Emulator for PS2 Games: New Emulator for PS2, Gold PS2 Emulator, PTWOE-PlayStation 2 Emulator, Play! PS2 Emulator for Android, Pro PPSS2 Golden, dan juga DamonPS2 Pro.

Selain rekomendasi PS2 emulator, pembahasan sebelumnya juga meliputi langkah-langkah menggunakan emulator pada komputer personal (PC) dan juga website untuk mengunduh game-game PS2 ISO yang aman. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur, ya! Selamat bermain!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!