Berkat pemain Mr. Queen (2020), drama ini menjadi salah satu drama Korea yang sukses di masa penayangannya pada akhir 2020 hingga awal 2021 lalu. Drakor ini bergenre fiksi sejarah, tetapi menggunakan latar dan karakter dari kisah nyata. Sesuatu yang cukup berisiko mengingat sejarah Korea sendiri merupakan hal yang cukup sensitif. 

Terlepas daripada itu, serial yang terdiri dari 20 episode tersebut ternyata berhasil meraih banyak perhatian penonton, terutama audiens internasional yang notabene tidak begitu familiar dengan sejarah Korea. Bagi Sedulur yang rindu atau justru belum pernah menonton drakor yang satu ini, tidak ada salahnya untuk menengok fakta serta profil para pemain dari drakor Mr. Queen . Lengkap dan mungkin menggugah rasa penasaran Sedulur!

BACA JUGA: Ini Daftar Idol KPop Generasi 1, 2, 3, dan 4 yang Terpopuler

Sinopsis drakor Mr. Queen

OtakuKart

Secara garis besar, drama televisi yang tayang di tvN ini berkisah tentang seorang koki top di era modern yang jiwanya terjebak di dalam tubuh Ratu Cheorin, istri dari Raja Cheoljong yang pernah memimpin Korea pada masa dinasti Kerajaan Joseon. Ratu dan Raja tersebut adalah tokoh nyata yang pernah hidup di era 1800-an dan cukup disegani. Dengan tambahan sentuhan supranatural dan fantasi, serial ini pun menyertakan unsur komedi di dalamnya selain membahas seluk-beluk politik Kerajaan Joseon.  

-->

Kontroversi di baliknya

Semenjak pertama kali penayangan Mr. Queen, penggambaran karakter dan alur cerita yang berbeda dengan sejarah langsung menjadi backlash untuk para kreator drakor ini. Apalagi mereka mengadopsi naskahnya dari novel The Promotion Record of Crown Princess (2012) yang ditulis oleh penulis asal Tiongkok. Mengutip dari sebuah sumber, di novel tersebut sang penulis sering menggunakan kata “bangzi” yang merupakan julukan untuk merendahkan orang Korea. 

Meski sudah diwanti-wanti bahwa ini adalah cerita fiktif dan tidak memiliki korelasi dengan kejadian nyata, penonton Korea tetap saja merasa terganggu karena drakor tersebut mencerminkan sejarahnya. Beruntung kontroversi di sekitar penayangan Mr. Queen tidak membuat drama ini flop atau gagal. Orang-orang tetap menikmatinya sebagai tontonan yang menghibur. Bahkan sejumlah pemeran utama drakor ini mendulang popularitas yang luar biasa dari kesuksesannya. Siapa saja mereka pemeran Mr. Queen ? Ini dia daftarnya! 

1. Shin Hye Sun sebagai Ratu Cheorin (Kim So Yong)

Harapan Rakyat Online

Shin Hye Sun adalah aktris kelahiran 31 Agustus 1989 yang debut lewat drama KBS, School 2013 (2012) dan memulai karirnya benar-benar dari bawah sebagai cameo dan pemeran pendukung di beberapa drama besar seperti The Legend of the Blue Sea (2016), Oh My Ghost (2015), dan lain sebagainya. Barulah pada tahun 2017, ia mendapatkan peran utama di drama My Golden Life (2017) dan film Innocence (2020) di 2020. 

Disusul dengan perannya sebagai Ratu Cheorin yang digambarkan sebagai sosok yang dirasuki koki dari era modern dan menemukan fakta mencengangkan tentang suaminya. Instagram pemain Mr. Queen ini bisa Sedulur temukan dengan nama pengguna @shinhs831. 

BACA JUGA: 25 Lagu untuk LDR yang Bikin Kamu Makin Kangen Sama Dia

2. Kim Jung Hyun sebagai Raja Cheoljong

VOI

Kim Jung Hyun adalah pemeran pria Mr. Queen yang mencuri perhatian. Ia lahir pada 5 April 1990 dan dikenal cukup berprestasi, tetapi juga sedikit problematik. Pasca kontroversi yang menyelimutinya karena mundur dari serial Time (2018) di tengah jalan dan kritik pedas yang menyoroti perlakuannya pada lawan mainnya, Seohyun, Jung Hyun seakan mengembalikan nama baiknya lewat drakor ini. 

Ia memerankan sesosok Raja yang lembut dan santai, tetapi ternyata menyimpan sisi gelap yang tak diketahui bahkan oleh orang-orang terdekatnya. Karakternya juga sering membuat penonton kesal. Sedulur bisa mengikuti kegiatan hariannya lewat akun Instagram @jhkim0405. 

3. Choi Jin Hyuk sebagai Chef Bong Hwan

Viva

 Setali tiga uang dengan Kim Jung Hyun, Choi Jin Hyuk beberapa waktu lalu juga tersandung kasus. Melansir dari sebuah sumber, ia sempat tertangkap polisi karena berada di sebuah bar yang buka tanpa izin di tengah masa karantina akibat pandemi COVID-19.

Hal itu membuatnya memperoleh sanksi dari agensi dan ia pun memilih untuk vakum sementara waktu dari dunia hiburan. Choi Jin Hyuk memerankan sosok koki dari era modern bernama Bong Hwan yang jiwanya terjebak di tubuh Ratu Cheorin. Saat berada di tubuh Ratu, ia dijuluki So Bong.

4. Bae Jong Ok sebagai Ratu Sunwon

Pinterest

Pemeran mama Mr. Queen ini juga mengundang rasa penasaran penonton. Ia memerankan ibu Raja Cheoljong yang memiliki pengaruh besar dalam penentuan kebijakan dan keputusan di lingkungan kerajaan. Meski tidak berada di depan langsung, ia adalah penentu penting di balik layar. Peran ini membuatnya dikategorikan sebagai karakter antagonis di Mr. Queen. Bikin geregetan, tapi kocak sekaligus! Aktris kelahiran 1964 ini sudah berkiprah di industri hiburan Korea sejak era 1980-an. 

5. Seol In Ah sebagai Jo Hwa Jin

KEPOPER

Mr Queen pemain berikutnya adalah Seol In Ah yang memerankan sosok Hwa Jin yang tak lain adalah calon selir yang jadi cinta pertama Raja Cheoljong. Ia juga dikategorikan sebagai tokoh antagonis yang hendak mengganggu rumah tangga sang Raja dan Ratu. Namun, dirinya pula yang punya character development terbaik, apalagi kreator memberikan closure yang melegakan untuknya. 

In Ah adalah aktris yang cukup muda, usianya masih di pertengahan 20-an. Namun, wanita tersebut sudah debut karier aktris sejak 2015 saat usianya masih 19 tahun. Setelah period drama tersebut, ia masuk dalam cast drama SBS Business Proposal  (2022) yang tayang pada tahun ini. Sedulur bisa mencari tahu lebih lanjut tentangnya lewat IG bernama pengguna @_seorina. 

BACA JUGA: The Hymn of Death, Kisah Cinta Terlarang dari Kisah Nyata

6. Yoo Min Kyu sebagai Pangeran Yeong Pyeong 

pemain mr queen
Rotten Tomatoes

Yeong Pyeong diceritakan sebagai adik laki-laki Raja Cheoljong yang karakternya setia dan bisa diandalkan. Ia diperankan oleh aktor kelahiran 18 September 1987, Yoo Min Kyu yang di awal kariernya lebih fokus menjadi model profesional ketimbang aktor.

Sudah aktif sejak 2006, barulah ia terjun ke ranah akting di 2012 lewat drama Flower Band (2012). Kemudian disusul beberapa proyek film dan serial lainnya, termasuk To The Beautiful You (2012) dan Queen for Seven Days (2017). Sedulur bisa stalking kegiatannya di IG @m5577881. 

7. Cha Chung Hwa sebagai Dayang Choi

pemain mr queen
AsianWiki

Pemain drakor Mr Queen juga termasuk Cha Chung Hwa yang memerankan Court Lady Choi. Dalam hierarki Kerajaan, court lady atau gungyeo adalah pekerja perempuan di Kerajaan yang mengurus hal-hal administratif. Dalam hal ini ia ditugaskan membantu sang Ratu. Cha Chung Hwa merupakan aktris kelahiran 1980 yang telah fokus berakting sejak usia 30-an. 

Namanya melambung gara-gara akting kocak dan galaknya di Mr. Queen, kemudian disusul dengan Hometown Cha-Cha-Cha (2021). Ia juga pernah dapat peran kecil di Train to Busan (2016). Proyeknya yang terbaru adalah Dr. Park’s Clinic (2022), sebuah serial yang diangkat dari webtoon. 

8. Cha Seo Eun sebagai Dayang Hong Yeon

pemain mr queen
Wolipop

Meski hanya berstatus pemeran pendukung, peran dayang Hong Yeon yang setia mengawal dan membantu Ratu Cheorin pun disukai penonton. Sosoknya diperankan oleh aktris muda Cha Seo Eun yang lahir pada 23 Oktober 1998. Drama fiksi sejarah ini bahkan adalah proyek debutnya, benar-benar masih fresh. Masih panjang perjalanan Seo Eun yang bisa kita nanti. Sebelumnya ia sempat tampil sebagai cameo di salah satu episode Hospital Playlist (2020). Sedulur bisa menemukannya di Instagram @adorabl._s2.

BACA JUGA: 400 Nama Mobile Legend Keren yang Unik & Keren Terbaru 2022

9. Kang Chae Won sebagai Dam Hyang

pemain mr queen
IDN Times

Kang Chae Won bisa dibilang aktris termuda di Mr. Queen. Ia lahir pada 2013 dan memerankan sosok dayang kecil bernama Dam Hyang. Seperti yang kita tahu, dayang-dayang di masa dinasti Joseon biasanya sudah tinggal dan dididik di istana sejak kecil. Di drama ini, Dam Hyang dan Ratu Cheorin diceritakan memiliki kedekatan emosi yang kuat. Mereka akan saling menyelamatkan dan melindungi. Pokoknya bikin penonton ikut terharu melihat kebersamaan mereka!

10. Kim Ju Young sebagai Dayang Oh Wol

pemain mr queen
MyDramaList

Kim Ju Young adalah pemain Mr Queen yang kedapatan peran dayang setia Hwa Jin yang setia membantu Hwa Jin melancarkan aksinya untuk mendapatkan kepentingannya, yaitu merebut hati sang Raja. Ju Young berusia seumuran dengan pemeran Hwa Jin. Mereka pun jadi duo yang siap mengaduk emosi penonton. Termasuk pendatang baru, belum banyak proyek yang melibatkan Ju Young. Namun, ia sudah debut sejak 2016 lewat sebuah drama yang tayang di SBS. 

11. Kim Tae Woo sebagai Kim Jwa Geun

pemain mr queen
IDN Times

Kim Jwa Geun adalah politisi dari klan Andong Kim, sekaligus adik dari Ratu Sunwon. Ia menduduki posisi yang tinggi dalam hirarki Kerajaan Korea saat itu. Karakternya diperankan aktor paruh baya Kim Tae Woo. Kalau menilik filmografinya aktor ini kaya pengalaman. Ia sudah aktif sejak 1996 dan masih laris hingga sekarang. Setelah Mr Queen, ia tampil di serial fiksi sejarah lain berjudul Bossam: Steal the Fate (2021) yang tayang di MBN dan WAVVE. Drama tersebut juga sukses berat, terutama di episode terakhirnya. 

BACA JUGA: 30 Pertanyaan Truth or Dare untuk Gebetan yang Seru & Lucu

12. Na In Woo sebagai Kim Byeong In , anak angkat Kim Jwa Geun

pemain mr queen
Liputan 6

Pemain Mr Queen lainnya yang siap bikin penonton baper adalah Na In Woo yang memerankan anak angkat Kim Jwa Geun, Kim Byeong In. Ia diceritakan sebagai sosok yang karismatik dan selalu siap sedia membantu Ratu Cheorin. Masuk dalam klan Kim, secara teknis Byeong In adalah sepupu Ratu Cheorin, tetapi ia menaruh rasa padanya karena tidak memiliki hubungan darah langsung. Usianya masih cukup muda, kelahiran 1994 dan masih jomblo. In Woo punya akun IG pribadi yang bernama @10044n00. Silakan ikuti kalau ngaku naksir, Sedulur. 

13. Kim In Kwon sebagai koki kerajaan Man Bok 

pemain mr queen
IMDb

Man Bok adalah koki kerajaan yang jadi magnet buat penonton karena tingkah kocaknya. Ia diceritakan menaruh hati pada dayang Choi, tetapi keduanya sama-sama gengsi untuk mengakui. Selain aktif tampil di berbagai serial televisi, Kim In Kwon juga seorang aktor film yang handal. Sudah hampir tak terhitung berapa film dan serial yang menggunakan jasanya. Selain Mr. Queen, sang aktor juga terlibat dalam drakor The King’s Affection (2021) yang tayang di Netflix dan KBS2. Sudah nonton akting pemain Mr. Queen di serial yang ini belum? 

Itu biodata pemain Mr. Queen yang seru buat diketahui. Kalau kamu kangen melihat kebersamaan mereka, drama ini masih bisa ditonton ulang lewat platform VIU, loh! Selamat bernostalgia, ya Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.