Mikasa Ackerman merupakan salah satu tokoh wanita terkuat dalam serial anime Jepang berjudul Attack on Titan (Shingeki no Kyojin). Sebagai karakter utama wanita, ia memiliki karakteristik serta penampilan yang menarik dan berbeda dari lainnya. 

Selain memiliki paras yang menawan, gadis ini juga mempunyai kekuatan di atas rata-rata. Ia memiliki kebugaran yang bagus, didukung oleh otot-otot kencang di bagian kaki, lengan serta perutnya. Gadis ini juga merupakan keturunan terakhir dari klan Shogun yang menetap di Pulau Paradis. 

Bagi para pencinta AoT, kurang lengkap jika belum tahu biodata serta profil dari Mikasa Ackerman. Untuk itu, yuk simak rangkumannya di bawah ini.

BACA JUGA: 20 Situs Download Anime Sub Indo & Kualitas HD dengan Gratis

-->

1. Biodata lengkap Mikasa Ackerman

mikasa ackerman
Dailysia

Ditunjuk menjadi tokoh wanita terkuat pada seri Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin, ternyata Mikasa Ackerman kisah hidupnya sangat tragis. Sebelum kisah dimulai, diceritakan bahwa gadis ini tinggal bersama dengan orangtuanya. Pada suatu hari, Grisha Jaeger seharusnya datang ke rumahnya untuk mengenalkan dirinya dengan Eren. 

Akan tetapi, tiga orang anggota yang merupakan sindikat perdagangan manusia telah tiba sebelum keluarga Jaeger sampai. Sindikat tersebut kemudian membunuh orangtuanya dan berencana untuk menjual gadis itu dengan harga yang cukup tinggi. Untungnya Eren datang dan membunuh sindikat tersebut serta menyelamatkan sang gadis.

Dendam orangtuanya berhasil terbalaskan dan dia juga menyelamatkan Eren dari kriminal terakhir yang cabul. Ketika Grisha menemukan mereka, ia lalu membawa menuju rumahnya dan menganggapnya sebagai putrinya sendiri. Ia pun kemudian menjadi adik angkat dari Eren Jaeger. Berikut adalah biodata lengkapnya.

Nama Lengkap: Mikasa Ackerman / ミカサ・アッカーマン

Nama Panggilan: –

Tempat, Tanggal Lahir: Distrik Shiganshina, 10 Februari

Umur: 15 Tahun (850), 19 Tahun (854), 22 Tahun (857)

Jenis Kelamin: Perempuan

Berat Badan: 68 kg (850), 70 kg (854)

Golongan Darah: AB

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Abu-Abu

Klan: Shogun (Ackerman)

Orang Tua: Ackerman (Ayah)

Kerabat: Levi Ackerman, Kuchel Ackerman

Paman Jauh: Kenny 

Debut Manga: Chapter 1

Debut Anime: Episode 1

Pengisi Suara: Yui Ishikawa

2. Mikasa bukan satu-satunya klan Shogun di Paradis

mikasa ackerman
RCTI+

Banyak penggemar yang belum mengetahui Mikasa Ackerman tingginya berapa. Gadis yang berasal dari Distrik Shiganshina ini memiliki tinggi badan sekitar 170 cm dan berat sekitar 68 kg. Dia merupakan wanita terkuat di Paradis karena mempunyai darah keturunan dari klan Ackerman. Pada suatu adegan menyebutkan bahwa Levi pernah bertanya apakah gadis itu dan Kenny memiliki hubungan sesudah dirinya menyadari keduanya mempunyai nama keluarga yang sama.

Klan ini merupakan orang-orang yang memang dikhususkan untuk bertugas sebagai penjaga di keluarga kerajaan. Namun, mereka juga banyak dibenci oleh orang dalam tembok karena dianggap berbeda dengan lainnya. Selain itu, klan ini juga memiliki kekuatan khusus yang berbeda dengan orang Eldia. Pikiran dari klan ini sulit dimanipulasi oleh kekuatan Founding Titan.

3. Tidak bisa menjadi Titan

mikasa ackerman
Kincir

Telah diketahui bahwa gadis ini memiliki ras atau klan yang berbeda dari orang Paradis lainnya. Tidak seperti Eren yang murni berdarah Eldia, dia merupakan klan Ackerman yang asalnya dari Asia. Fakta menyebutkan bahwa klan ini memiliki kekuatan tersendiri di atas rata-rata manusia biasa yang bisa menyerang dan mengalahkan ratusan Titan.

Pada awal seri Shingeki no Kyojin ini dibuat, para penonton dibuat kaget dengan wujud Eren yang berubah menjadi Titan. Namun, lama kelamaan wujud yang berubah menjadi Titan bukan hal yang aneh lagi dalam serial ini. Mulai dari Pieck hingga Annie, semuanya berubah menjadi Titan. Untungnya, Mikasa tidak berubah menjadi Titan karena dirinya merupakan bagian dari keluarga Ackerman.

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

4. Berhasil mengalahkan Female Titan dan menyelamatkan banyak orang

Suara

Di awal manga, Mikasa Ackerman merupakan rival terberat Annie. Ketika Annie sudah terbukti sebagai seorang Female Titan, gadis itu dan Eren bertarung untuk melawannya. Annie sempat mencoba untuk kabur dengan berupaya memanjat tembok. Akan tetapi, gadis terkuat dari seri ini berhasil memotong jari-jarinya hingga Annie terjatuh.

Sayangnya, Annie berhasil menggunakan kekuatan dalam tubuhnya dan membentuk sebuah kristal yang sulit untuk dihancurkan meskipun memakai berbagai macam senjata. Adegan ini merupakan salah satu pertarungan terbaik dari Mikasa. 

Sementara itu, ia juga berhasil menyelamatkan banyak orang setelah adanya Colossal Titan yang muncul di Distrik Trost dan menghancurkan dinding. Sekelompok Titan tersebut mulai membunuh orang-orang dan para anggota baru harus berjuang untuk bisa bertahan hidup bahkan sebelum mereka memilih cabang mana yang akan dimasuki.

Pada momen tersebut, gadis inilah yang menjadi sosok paling berjasa. Ia memastikan penduduk sipil aman dan bisa memimpin teman-temannya. Tanpanya, mungkin akhir dari pertarungan ini akan menjadi lebih buruk.

5. Apakah kematian Mikasa Ackerman merupakan akhir dari Attack on Titan?

Tribun Medan

Pada musim terakhir dari Attack on Titan (AoT), ternyata Mikasa Ackerman umurnya masih 19 tahun. Sementara itu, akhir dari cerita ini sangat mengejutkan dan berhasil membuat para penggemarnya ramai berdebat. Bukan gadis ini yang meninggal, namun anime ini harus berakhir dengan kematian Eren Jaeger, sang tokoh utama, di tangan kekasihnya sendiri.

Karakter atau pemeran utama lelaki dalam seri Attack on Titan ini harus mati dengan tragis dan harus jatuh di tangan orang yang paling dirinya cintai. Hal ini bermula ketika gemuruh terjadi dan Eren telah menjadi Founding Titan. Setelah berbagai adegan yang terjadi, Mikasa pun masuk ke dalam tubuh Titan dan memenggal kepala Eren.

Kisah ini sungguh tragis karena berakhir dengan dua orang yang saling mencintai akhirnya saling membunuh. Bahkan, terdapat sebuah adegan di mana kepala Mikasa mencium kepala Eren yang telah terpisah dari tubuhnya. Tak sampai di situ saja, sang gadis juga membawa kepala Eren kepada Armin. Seketika, sahabat Eren tersebut menangis sejadi-jadinya. Diduga, gadis itu memakamkan kepala Eren di dekat pohon raksasa.

BACA JUGA: Sinopsis Kimi No Na Wa, Anime Fenomenal dari Makoto Shinkai

6. Mikasa hidup tenang bersama Eren Jaeger?

Dafunda

Mikasa Ackerman adalah salah satu karakter yang tersisa dalam Attack on Titan dan harus dipaksa untuk membuat keputusan yang rumit. Kemudian, ia ‘berkhayal’ tinggal bersama Eren di sebuah rumah pada wilayah yang aman tanpa adanya kehadiran orang lain.

Eren Jaeger tampak begitu senang dengan kondisi dan situasi tersebut. Eren kemudian berkata kepada kekasihnya bahwa ketika dirinya tewas, ia ingin gadis cantik itu untuk melupakannya dan membuat syal pemberiannya karena waktunya tidak banyak. Akan tetapi, sang gadis menolak hal tersebut karena rasa cintanya yang begitu besar pada Eren.

Hal yang paling menarik dari adegan pemenggalan kepala Eren adalah ketika kekasihnya tiba-tiba berani untuk melakukannya setelah sebelumnya menolak dan ketakutan. Sebelum ia memotong kepala Eren, penonton bisa melihat momen kebersamaan mereka yang ada di dalam mulut Founding Titan Eren. 

Kemudian, gadis ini mengatakan “sampai jumpa nanti” kepada Eren. Perkataan tersebut menimbulkan berbagai macam teori, salah satunya adalah spekulasi bahwa Mikasa mungkin tidak akan lama lagi bertemu dengan Eren. Kemungkinan, gadis itu akan menyusul Eren ke alam baka. Bisa jadi, dirinya akan tewas dengan cara mengorbankan dirinya atau bisa jadi bunuh diri.

Kemungkinan lainnya adalah sebenarnya dirinya memang sedang berpisah untuk selamanya dengan Eren. Gadis itu kemungkinan akan menerima takdir bahwa Eren harus tewas, namun tidak akan melupakannya untuk selamanya.

Demikian rangkuman profil serta fakta menarik dari Mikasa Ackerman yang harus diketahui oleh Sedulur pencinta anime Attack on Titan. Meskipun karakternya digambarkan memiliki sifat dingin, namun gadis ini mempunyai peran yang penting dan besar dalam mengalahkan setiap Titan yang terdapat pada Pulau Paradis. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!