Mau Nonton Midsommar, Harus Tau Ini Dulu!

Midsommar merupakan sebuah film yang penuh dengan adegan sadis, ditambah secara visual banyak adegan dari film ini yang penuh dengan simbol-simbol tersembunyi. Film yang bergenre horor dan thriller ini memiliki nuansa yang terang, jauh dari kesan gelap dengan jumpscare a la film horor lainnya.

Namun, pada titik itu letak keunikan film ini. Memiliki nuansa terang, dengan sentuhan summer namun dapat memberi teror yang menakutkan kepada setiap yang menontonnya. Berikut ini fakta seputar film midsommar yang harus Sedulur ketahui, sebagai dasar untuk menonton film.

BACA JUGA: 10 Film Terbaik Keanu Reeves yang Ngga Bisa Kamu Lewatkan

1. Syuting dilakukan bukan di Swedia

midsommar
bbc

Meskipun film Midsommar merupakan film menceritakan tentang lokasi di sebuah desa di Swedia, dan sekaligus menjadi latar film ini. Namun faktanya, film ini tidak syuting di Swedia. Dengan pemandangan alam yang indah, membuat film ini memiliki kelebihan secara visual. Dan lokasi syuting dari film ini sendiri terletak di Hungaria.

-->

Sebagai penonton, kita mungkin tidak sadar karena tentu saja terbuai dengan visual indah dari film ini. Hal ini dilakukan sebagai alternatif untuk mengatasi keterbatasan budget produksi maka dari itu Hungaria dipilih sebagai lokasi syuting.

2. Tanpa terjemahan

celebrities

Saat Sedulur ingin menikmati film Midsommar sub indo, hal tersebut pasti sulit Sedulur lakukan, karena film ini tidak menggunakan terjemahan. Dalam beberapa adegan, terdapat percakapan yang dilakukan oleh masyarakat asli Harga yang tidak diberikan terjemahan.

Hal tersebut bukan tanpa tujuan, dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesan terisolasi kepada beberapa tokoh di dalamnya dan juga memberikan kesan bahwa tokoh-tokoh tersebut harus menjalankan hari-hari tanpa memiliki kesempatan untuk melindungi diri mereka sendiri.

Hasilnya, usaha tersebut sangat berdampak pada penonton. Penonton akhirnya memiliki rasa curiga terhadap masyarakat asli, dan mulai menebak-nebak jalan cerita sehingga menciptakan sensasi tegang dan takut saat menonton film ini. Salah satu usaha cerdas untuk menciptakan efek ketegangan.

3. Terdapat wajah-wajah tersembunyi

midsommar
kincir

Banyak simbol-simbol dalam film Midsommar, salah satunya beberapa wajah yang tersembunyi. Seperti contoh, dalam satu adegan Dani ditunjuk oleh masyarakat setempat untuk melakukan upacara atau ritual. Namun, wajah adik Dani sendiri kemudian terbentuk di rimbunan pohon, lengkap dengan selang yang digunakan untuk bunuh diri.

Dani pun pernah melihat sosok adiknya di dalam cermin saat malam hari, namun dani menyadari bahwa hal tersebut dianggap sebagai efek halusinasi dari minuman yang ia konsumsi di desa tersebut.

BACA JUGA: 17 Film Thailand Lucu Dijamin Bikin Ngakak, Terbaik 2022

4. Hidangan Christian

screenmusings

Sedulur saat nonton film Midsommar mungkin bertanya-tanya, mengapa minuman hidangan Christian berbeda dengan teman-teman dan masyarakat yang turut terlibat dalam jamuan atau ritual. Apakah Sedulur mengetahui perbedaannya? Warna minuman Christian terlihat berwarna merah gelap, hal tersebut disebabkan berasal dari darah menstruasi.

Bukan tanpa makna, minuman Christian tersebut sebagai tanda bahwa Christian telah ditetapkan sebagai pelakun untuk ritual kawin yang akan terjadi dalam film ini. Bukan hanya minuman, Christian juga menemukan bulu-bulu kemaluan dalam pai yang ia makan. Keanehan-keanehan tersebut merupakan tanda untuk Christian agar menyiapkan diri dalam ritual kawin.

5. Terinspirasi dari hubungan sang Sutradara

midsommar
leparisien

Saat menonton Midsommar, mungkin Sedulur sangat emosional dan merasa terlibat dalam film ini. Hal tersebut terjadi karena ikatan emosional sutradara dengan film yang dibuatnya. Film ini terinspirasi dari kisah asmara sutradara Ari Aster yang putus cinta dengan kekasihnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hubungan Dani dan Christian.

Nah, film ini juga memiliki cara menarik saat promosi. Yaitu memberikan konsulitasi gratis bagi setiap pasangan yang memiliki masalah dalam hubungan selama tiga bulan gratis di situs terapi online Talkspace. Namun terdapat seleksi untuk ini, yang mendapatkan konsultasi gratis hanya seseorang yang terpilih saja.

6. Karya seni yang penuh makna

kincir

Sebagaimana yang telah disinggung di awal, bahwa film ini memiliki banyak simbol dengan makna yang tersembunyi. Salah satunya dapat Sedulur lihat dari beberapa lukisan dengan simbol-simbol yang unik. Bukan tanpa alasan, lukisan tersebut ternyata memiliki makna yang mengerikan.

Contohnya lukisan di awal film, merupakan gambaran jalan cerita film ini, termasukan adengan bagaiman Pelle menyetir Dani dan Christian sejak awal mereka tiba di desa misterius tersebut.

7. Detail film sebanyak 100 halaman

midsommar
kincir

Dalam Midsommar sinopsis, kita bisa melihat akan banyak simbol yang mendetail dalam film ini. Hal tersebut disebabkan oleh ambisi dari Ari Aster yang menulis secara detail gambaran adegan pagan. Dalam satu adegan ritual pagan tersebut, poin-poin detial yang digambarnkan dituangkan dalam 100 halam catatan.

Hal tersebut tidak heran kemudian Ari Aster sebagai seorang Sutradara dapat menyuguhkan adegan yang mengerikan sekaligus menyeramkan. Cukup membuat bulu kudu kita merinding.

BACA JUGA: 9 Film Kartun Anak Muslim Mendidik Terbaik untuk Si Buah Hati

8. Adegan favorit sutradara

quora

Salah satu adegan film ini, yang sekaligus menjadi kontroversi midsommar adalah adegan saat kepala seorang pria tua dipenggal, karena pria tersebut gagal melakukan ritual bunuh diri. Adegan ini ternyata menjadi favorit bagi sang sutradara, karena lagi-lagi adegan ini sangat emosional bagi Ari Aster.

Usut punya usut, adegan kepala dipenggal tersebut berdasarkan pada trauma sang sutradara. Ari Aster ketika masa kanak-kanak sangat trauma terhadap adegan pemenggalan kepala. Film-film dari Ari Aster memang seringkali menyuguhkan adegan sadis yang ternyata berasal dari trauma masa kecilnya.

9. Skin the fool

midsommar
kincir

Sedulur mungkin akan melewatkan apa yang terjadi pada Mark di film ini. Namun, ketika Sedulur melihat adegan Josh sedang mengendap-endap untuk mengambil foto yang ada di dalam buku pemujaan, ia dikejutkan dengan sosok yang menggunakan topeng menyeramkan. Jika Sedulur menyadarinya, itu adalah wajah Mark.

Untuk mengetahui apa yang terjadi pada Mark, Sedulur tentu ingat sekelompok orang yang sedang bermain “Skin the Fool”. Nah, Mark menjadi orang yang secara harfiah dikuliti karena telah mengencingi pohon yang disakralkan. Kenapa midsommar dilarang? Karena banyak adegan sadis yang kontrovesi.

10. Pakaian tradisional dalam film

amazon

Selain lokasi syuting yang tidak benar-benar dilakukan di Swedia, ternyata pakaian tradisional yang disebut vyshyvanka yang dikenakan masyarakat Hårga dalam film ini juga bukan merupakan tradisi dari Swedia maupun Hälsingland. Pakaian ini justru menjadi bagian dari budaya Ukraina dan Belarusia.

11. Berdasarkan tradisi asal Swedia

midsommar
girlsontopstees

Film horor di siang hari ini menjadikan desa Swedia sebagai latar tempat film ini berlangsung. Beberapa kegiatan dalam film ini juga berasalkan tradisi yang diambil dari Swedia, terutama tradisi paganisme yang merayakan titik balik matahari. Di Swedia sendiri tradisi tersebut telah sejak dari dulu umum dilakukan.

Dengan menggunakan tiang menjulang tinggi yang dibalut dengan bunga dan tanaman untuk melambangkan nasib baik dan kesehatan bagi masyarakat. Bukan hanya di film ini, di beberapa film lainnya tradisi semacam ini sempat diangkat. Seperti tradisi di film Frozen contohnya.

BACA JUGA: 18 Film Disney Terbaru & Terfavorit di Tahun 2022, Wajib Tonton!

12. Film favorit banyak artis

tek.id

Midsommar merupakan film yang cukup horor dan sangat mengerikan, setidaknya bagi penonton yang tidak terbiasa menyaksikan film horor. Namun, berbeda dengan para artis papan atas, seperti Nicholas Cage, Jordan Peele, hingga Ariana Grande sangat menyukai film ini.

Terbukti dari dekorasi film ini yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ariana Grande misalnya, menggunakan dekorasi tema midsommar sebagai dekorasi ulangtahunnya.

Itulah daftar fakta seputar film Midsommar yang wajib Sedulur ketahui, terutama bagi Sedulur yang berencana menonton film ini. Fakta yang telah dijelaskan di atas juga bisa menjadi panduan bagi Sedulur agar tidak kesulitan saat menonton film ini. Selain sadis, tegang dan horor, film ini juga membutuhkan usaha lebih agar dapat dipahami.