Daftar Wisata di Malang yang perlu Sedulur ketahui untuk rekomendasi liburan akhir tahun!

Malang terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam. Tempat wisata di Malang terdiri mulai dari wisata alam, wisata pegunungan, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata unik lainnya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar wisata kota Malang dan sekitarnya.

Mengingat liburan akhir tahun sebentar lagi akan tiba, daftar tempat di Malang yang bisa menjadi tempat wisata yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini sangat penting. Beberapa objek wisata di Malang mungkin sebagian telah Sedulur ketahui, beberapa destinasi Malang juga masih terdengar asing.

Agar waktu liburan ke Malang dengan mengunjungi beberapa tempat rekreasi di Malang tidak mengecewakan, ada baiknya Sedulur mengetahui beberapa daftar tempat wisata Malang terbaru atau pun tempat wisata kota Malang terdekat. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar destinasi wisata di Malang dan sekitarnya yang sering dijadikan tujuan wisata di Malang.

-->

Baca Juga: 20+ Hotel di Malang yang Murah, Unik & Instagramable

Daftar Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Hits dan Murah!

1. Jatim Park 1

1. Jatim Park 1
indolora.co.id

Destinasi yang seringkali dijadikan tujuan untuk jalan jalan di Malang saat waktu liburan adalah Jatim Park. Jatim Park 1 merupakan tempat wisata kota Batu, Malang, yang merupakan tempat wisata terfavorit. Banyak masyarakat mengajak keluarganya untuk berlibur di tempat wisata satu ini. Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika No. 2, Batu, Malang.

2. Jatim Park 2

2. Jatim Park 2
infobanknews.com

Tempat rekreasi di Batu satu ini dibangun berdasarkan kesuksesan Jatim Park 1. Daya tampung di Jatim Park 1 sudah tidak sanggup lagi menampung kunjungan masyarakat, oleh karena itu pengembang dan pengelola akhirnya mendirikan Jatim Park 2 untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk rekreasi dan berlibur.

3. Batu Night Spectacular

3. Batu Night Spectacular
wisatabagus.com

Salah satu tempat wisata baru di Malang ini sedang hits dan populer, setidaknya sebelum masa pandemi virus corona menyerang di Indonesia. Batu Night Spectacular, atau masyarakat setempat menyebutnya BNS, merupakan tempat wisata kota Batu yang sedang hits dan populer. Beralamat di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, tidak jauh dengan letak Jatim Park 2, tempat wisata ini siap menghibur Sedulur dengan berbagai aneka wahana permainan yang seru dan menghibur.

Baca Juga: Wisata Lembah Tumpang Malang + Harga Tiket Masuk 2020

4. Lembah Tumpang

4.   Lembah Tumpang
wisatainfo.com

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Lembah Tumpang. Tempat wisata ini beralamat di Jalan Slamet, Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Kec. Tumpang, Kab. Malang. Keberadaan tempat wisata ini semakin menambah banyaknya alternatif destinasi wisata di Malang yang indah dengan berbagai ciri khasnya masing-masing. Terdapat banyak replika patung dan candi yang ada di tempat wisata satu ini.

5. Flora Wisata Terra Pujon

5.   Flora Wisata Terra Pujon
explorewisata.com

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Flora Wisata Terra Pujon.  Terletak di Jalan Raya Madya, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang. Suasana pedesaan menjadi tema utama tempat wisata ini. Terdapat banyak taman bunga indah yang akan memanjakan Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan keluarga.

6. Eco Green Park

6. Eco Green Park
bosniatravel.net

Destinasi wisata di Malang yang bisa Sedulur jadikan rekomendasi selanjutnya adalah Eco Green Park. Tempat wisata ini terletak di Jalan Ora-Ora Ombo No. 9A, Kota Batu, Malang. Masih satu kawasan dengan BNS dan Jatim Park 2. Banyak wahana edukasi sekaligus rekreasi yang bisa Sedulur nikmati di tempat wisata ini.

7. Taman Selecta Batu

7. Taman Selecta Batu
ksmtour.com

Taman ini sudah berdiri sejak dari masa penjajahan Belanda, yaitu sejak tahun 1930. Tempat wisata kota Batu ini memiliki luas sekitar 18 hektar yang terbagi dalam empat bagian. Pertama Taman Rekreasi, kedua Hotel, ketiga Restoran dan keempat perkebunan. Di taman ini terdapat berbagai fasilitas dan wahana permainan yang bisa Sedulur nikmati untuk menghabiskan waktu libur di tempat wisata di Malang kali ini.

8. Air Terjun Coban Talun

15. Air Terjun Coban Talun
kompas.com

Tempat wista di Malang selanjutnya adalah wisata alam air terjun Coban Talun. Air terjun ini terletak di Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Selain karena keindahan air terjun, hijaunya tumbuh-tumbuhan di sekitarnya juga dijamin akan memanjakan Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan yang berkualitas.

9. Air Terjun Coban Rondo

9. Air Terjun Coban Rondo
wikimedia.org

Air terjun satu ini sudah sangat terkenal, salah satu air terjun dan tempat wisata alam yang terkenal di Batu Malang. Karena banyak program TV nasional yang telah meliput langsung tempat wisata di Malang satu ini. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, tempat wisata ini adalah air terjun janda. Hal tersebut tidak sembarang diberi nama, namun berdasarkan cerita dan legenda yang ada.

10. Paralayang Batu

10. Paralayang Batu
travelspromo.com

Terdapat juga tempat wisata kota Batu bagi para pecinta olahraga ekstrim. Sedulur bisa mencoba paralayang yang ada di kota Batu yang berlokasi di Gunung Banyak. Sedulur harus mengeluarkan uang sekitar 350 ribu hingga 600 ribu untuk sekali percobaan. Biaya yang agak mahal memang, namun sangat sepadan dengan sensasi yang bisa Sedulur dapatkan dari wisata ini.

11. Pantai 3 Warna

11.   Pantai 3 Warna
hargatiket.net

Terdapat juga pantai wisata di Malang, tidak tanggung-tanggung, Malang memeliki 30 lebih pantai yang bisa didatangi sebagai tempat wisata, pantai pertama yang paling terkenal adalah Pantai 3 Warna. Pengelolaan pantai 3 warna juga sangat profesional dan rapih, sehingga kebersihan dan kelestarian pantai sangat terjaga.

12. Pantai Sipelot

12.   Pantai Sipelot
blogkulo.com

Pantai di Malang selanjutnya memiliki keindahan pemandangan yang sangat luar biasa. Pantai Sipelot juga menyimpan keindahan di antara bukit kapur yang dapat memanjakan mata Sedulur. Pantai ini terletak di Desa Pujiharjo, Malang, Jawa Timur. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah dan belum banyak dijamah oleh wisatawan lokal maupun internasional.

13. Pantai Gatra

13.   Pantai Gatra
malangsurabaya.com

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai di Malang Selatan yang baru buka beberapa waktu lalu. Walaupun termasuk pantai yang baru, namun keindangan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di kota Malang. Selain itu, Sedulur juga akan disuguhkan pemandangan yang indah ketika menuju ke pantai satu ini.

14. Pantai Clungup

14.   Pantai Clungup
pantainesia.com

Pantai di Malang satu ini merupakan salah satu pantai yang bisa dibilang masih sangat asri dan indah, karena pantai satu ini masih sangat jarang bahkan belum ada yang mengunjungi sebagai tempat wisata selain penduduk sekitarnya. Pantai di terletak di desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sedulur yang menginginkan berwisata ke pantai yang masih sepi dan belum banyak pengunjung, sangat cocok untuk berkunjung ke pantai satu ini.

15. Pantai Wonorogo

15.   Pantai Wonorogo
bloggerindonesia.net

Pantai wonogoro juga merupakan salah satu pantai yang wajib masuk daftar sebagai pantai yang harus dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kab. Malang. Bagi Sedulur yang ingin mengunjungi pantai ini bisa mengikuti jalur menuju pantai balekembang. Karena pantai wonogoro memiliki rute yang sama dengan pantai balekemban.

16. Pantai Ngantep

16.   Pantai Ngantep
tempatwisata.com

Pemandangan yang indah dan juga suasana yang masih sepi merupakan kelebihan dari pantai ngantep. Pantai di Malang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang halus sepanjang satu kilometer. Selain itu, ombak di pantai ini juga cenderung tenang dan juga memiliki lingkungan yang bersih. Karena masih jarang pengunjung yang datang ke pantai satu ini.

17. Pantai Lenggoksono

17.   Pantai Lenggoksono
travelpromo.com

Salah satu pantai yang memiliki gulungan ombak yang menjadi kesukaan para peselancar adalah pantai Lenggoksono. Pantai merupakan pantai yang sangat mudah untuk mencapainya. Terletak tidak begitu jauh dari pusat kabupaten Malang, pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kab. Malang.

18. Pantai Wediawu

18.   Pantai Wediawu
ngalam.co

Salah satu pantai di Malang yang memiliki gambar dan pemandangan cantik dan indah adalah pantai wediawu. Pantai ini terletak di dusun Balearjo, Desa Purwodadi, KEcamatan Tirtoyudo, salah satu pantai yang berdekatan dengan pantai Lenggoksono. Pantai ini dengan pantai lenggoksono hanya dipisahkan dengan sebuah bukit dan tebing yang bernama Tumpak Wi.

19. Pantai Modangan

19.   Pantai Modangan
dolandolen.com

Salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang eksotis dan juga sering kali dijadikan tempat untuk memancing. Pasalnya di pantai ini terdapat sebuat tepi sungai yang juga bernama Sunga Modangan. Pantai Modangan berhimpitan langsung dengan pantai Jolosutro yang terletak di kabupaten Blitar.

20. Pantai Tamban

20.   Pantai Tamban
superadventure.com

Pantai di Malang selanjutnya adalah pantai tamban, yang juga merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Sedulur jadikan opsi sebagai tempat wisata. Pantai Tamban berada dekat dengan pantai Sendang Biru, atau sekitar 65 km dari arah selatan pusat kota Malang. Pantai  ini juga merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi karena keindahan pemandangannya.

21. Kaliwatu Rafting

21. Kaliwatu Rafting
tribunnews.com

Beralih dari pantai wisata di Malang, Sedulur juga bisa menikmati tempat wisata di Malang lainnya, yaitu Kaliwatu Rafting. Jika Sedulur memutuskan berkunjung ke Jatim Park 1, tidak ada salahnya untuk sekaligus menikmati wisata arung jeram ini. Ingin memacu adrenalin sebagai sarana melepas penat pekerjaan? Arung jeram di Kaliwatu Rafting adalah jawabannya.

22. Omah Kayu

22. Omah Kayu
penginapan.net

Ingin tempat wisata di Malang yang santai dan menikmati pemandangan di atas ketinggian? Omah Kayu Batu Malang adalah jawabannya. Tempat wisata ini merupakan sebuah rumah yang berdiri di antara pohon yang berukuran 3 x 3 meter. Terdapat kamar tidur dan pemanas air yang bisa Sedulur nikmati di tempat ini. Biaya sewa per malamnya juga termasuk murah, sekitar 350 ribu hingga 450 ribu. Jangan khawatir, keamanan rumah ini sangat terjamin, kok!

23. Batu Wonderland

23. Batu Wonderland
travelspromo.com

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Batu Wonderland. Salah satu tempat wisata yang juga ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Batu Wonderland merupakan kompleks tempat wisata, terdapat hotel, pusat perbelanjaan, pusat dan wahan permainan hingga water park. Tempat wisata kota Batu ini terletak di Jalan Iman Bonjol, No. 9, Kota Batu, Malang. Dekat dengan alun-alun kota Batu.

24. Pura Giri Arjuno

24. Pura Giri Arjuno
urbanasia.com

Salah satu tempat wisata di Malang yang memiliki suasana khidmat adalah Pura Giri Arjuno. Salah satu tempat ibadah umat Hindu ini terletak di Dusun Junggo Desa Tulungrejo, Kota Batu, Malang. Umat Hindu Se-Jawa Timur pasti berkunjung ke pura ini, karena selain sebagai tempat wisata, pura ini juga merupakan pusat tempat beribadah umat Hindu Se-Jawa Timur.

25. Kusuma Agrowisata

25. Kusuma Agrowisata
malangsurabay.acom

Salah satu kota penghasil apel Malang yang khas adalah kota Batu. Kusuma Agrowisata merupakan tempat wisata kota Batu yang menyuguhkan wahana berlibur dengan berkebun. Sedulur bisa memetik dan mencicipi langsung buah apel khas Malang di tempat wisata kota Batu ini. Tempat wisata kota Batu ini beralamat di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Malang.

26. Rumah Indian Coban Talun

26. Rumah Indian Coban Talun
booking.com

Salah satu tempat wisata di Malang terbaru ini terletak di Kota Batu. Tempat wisata ini menawarkan wisata unik ala suku Indian Amerika. Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5000 saja untuk menikmati tempat wisata unik satu ini. Bentuk rumah yang unik menjadi daya tarik dari tempat wisata kota Batu ini.

27. Pemandian Songgoriti Batu

27. Pemandian Songgoriti Batu
dolandolen.com

Salah satu tempat pemandian yang juga ramai dikunjungi saat liburan di kota Batu adalah Pemandian Songgoriti Batu. Di sekitar tempat pemandian ini juga terdapat Goa Jepang dan Candi Songgoriti yang kelestariannya hingga saat ini masih terjaga. Berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa sekaligus berkunjung ke Goa Jepang dan Candi Songgoriti.

28. Agrowisata Bumiaji

28. Agrowisata Bumiaji
serverharga.com

Tempat wisata di Malang yang terletak di kota Batu ini mengusung konsep berkebun lainnya adalah Agrowisata Bumiaji. Sedulur bisa langsung memetik buah apel dan mencicipinya di tempat wisata satu ini. Agrowisata Bumiaji adalah salah satu tempat agrowisata yang menjadi andalan kota Batu.

29. Museum d’Topeng Kingdom

6. Museum d’Topeng Kingdom
tripadvisor.com

Alternatif pilihan tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Museum d’Topeng Kingdom. Museum ini terletak berdekatan dengan Museum Angkut. Sedulur bisa mengetahui aneka jenis topeng ketika berkunjung ke museum ini. Museum yang mulai resmi beroperasi dari sejak 23 Mei 2014 ini memiliki 2000 koleksi topeng kuno dari berbagai penjuru Indonesia.

30. Museum Angkut

5. Museum Angkut
trippers.id

Salah satu museum unik yang ada di Indonesia. Museum Angkut berisi tentang materi dari berbagai koleksi moda transportasi. Sedulur bisa sekaligus belajar tentang sejarah transportasi yang ada di Indonesia, mulai dari Transportasi keluaran Jepang, Uni Eropa dan banyak laigi. Museum Angkut bisa Sedulur datangi dari jam 12.00 –  20.00, sangat cocok sebagai tempat wisata di Malang untuk mengisi waktu libur Sedulur.

31. Tomboan Ngawanggo

persmacanopy.com

Selanjutnya merupakan destinasi wisata di Malang yang akan memanjakan para pecinta kuliner. Tomboan Ngawanggo terletak di Kawasan wisata ini terletak di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Di tempat ini menyajikan kuliner dari zaman dulu dengan menggunakan cara memasak dan alat masak tradisional.

32. Monstera Cafe Malang

32.   Monstera Cafe Malang
sanflawer.com

Bagi Sedulur yang lelah berlibur di Malang dan membutuhkan tempat makan yang nyaman, cafe satu ini sangat cocok Sedulur kunjungi. Beralamat di di Jalan Sawah Dekrup, Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu, Malang. Seperti yang Sedulur ketahui, Kota Batu terkenal dengan udara yang sejuk dan dingin. Terletak di daerah dengan ketinggian yang cukup tinggi, membuat Sedulur sebagai pengunjung akan nyaman dan betah berlama-lama untuk nongkrong di cafe satu ini.

33. Pos Ketan Legenda – 1967

33. Pos Ketan Legenda
ksmtours.com

Tempat wisata di Malang yang akan memanjakan para pecinta kuliner selanjutnya adalah Pos Ketan Legenda, yang terletak dekat dengan Alun-Alun Kota Batu. Kota Batu yang merupakan kota Wisata, terdapat banyak tempat wisata dan juga tempat makan yang menarik yang bisa Sedulur kunjungi.

34. Omah Kitir Batu

34.   Omah Kitir Batu
malang-guidance.com

Masih dengan tempat wisata di Malang yang akan memanjakan para pecinta kuliner, selanjutnya adalah Omah Kitir Batu yang beralamat di di Jalan Ridwan No. 1, Kota Wisata Batu, Malang. Rumah makan ini menggunakan bangunan semi kolonial yang dapat memberikan kesan nyaman sekaligus mewah bagi setiap pengunjung yang ada di tempat ini.

35. Pantai Bantol

35.   Pantai Bantol
jejakpiknik.com

Kita kembali lagi ke tempat wisata di Malang yang menyuguhkan keindahan laut dan pantai. Pantai Bantol merupakan salah satu pantai di Malang yang belum terjamah dan masih belum banyak dikunjungi. Pemandangan yang ada di pantai ini sangat indah, ditambah terdapat sebuah bukti yang rindang dipenuhi oleh tumbuhan, semakin menyempurnakan pemandangan pantai ini. Selain itu, bagi Sedulur yang menyukai lobster, pantai ini menyediakan lobster yang melimpah.

36. Pantai Kondang Iwak

36.   Pantai Kondang Iwak
iqbalazhari.com

Salah satu pantai yang memiliki rute perjalanan yang cukup ekstrim. Bagi Sedulur yang menyukai tantangan dan menyukai proses perjalanan, mengunjungi pantai ini merupakan salah satu tujuan yang sangat cocok. Selain itu, ketika tiba di pantai kondang iwak, segala lelah dan letih perjalanan akan terbayar tunai.

37. Pantai Balekambang

37.   Pantai Balekambang
pantaipedia.com

Pantai balekembang terletak di desa sriguco, Kecamatan Bantur, berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Malang. Pantai di Malang satu ini termasuk landai dan dipenuhi oleh karang laut yang terbentang sepanjang 2 km dengan lebar sepanjang 200 km. Ketika air laut surut, akan terlihat ikah hias dan beberapa biota bawah laut yang indah.

38. Pantai Jembatan Panjang

38.   Pantai Jembatan Panjang
wisatainfo.com

Pantai di Malang satu ini terdapat jembatan panjang yang sudah tidak terpakai. Pantai ini terletak bersebelahan dengan pantai balekambang. Sedulur yang berkunjung ke pantai belakambang bisa sekaligus berkunjung juga ke pantai ini. Kesejukan dan keheningan di pantai ini merupakan daya tarik utamanya.

39. Pantai Gua China

39.   Pantai Gua China
inews.com

Pantai satu ini berada dekat dengan pantai sendang biru. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai gua china pasti telah berkunjung ke pantai sendang biru terlebih dahulu. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki kisah dan sejarah yang unik. Berdasarkan cerita rakyat setempat, gua yang berada di bukit pinggir pantai ini pernah digunakan oleh seorang pertapa China sebagai tempat bersemedi hingga akhirnya meninggal di tempat ini.

40. Pantai Sendang Biru

40.   Pantai Sendang Biru
ngalam.co

Pantai sendang biru merupakan pantai di Malang yang terletak 30 km ke arah selatan dari pusat kota Malang. Pantai ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendang Biru sangat potensial sebagai tempat wisata yang sangat indah. Jika dikelola dan diperhatikan lebih baik lagi, pantai ini akan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik.

41. Pantai Segara Anakan dan Pulau Sempu

41.   Pantai Segara Anakan dan Pulau Sempu
macingo.com

Pantai di Malang yang terakhir dan juga daftar tempat wisata di Malang yang bisa Sedulur kunjungi adalah Pantai Segara Anakan dan Pulau Sempu. Tempat wisata di Malang ini berada di pulau sempu yang juga sekaligus merupakan wisata Malang selatan yang cukup terkenal. Gambar pantai pulau ini sangat indah, hampir setiap pengunjung terpikat dengan pemandangan dari pantai satu ini. Terdapat juga danau yang memiliki air yang berwarna hijau dan juga tebing yang berlubang dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Semoga daftar tempat wisata murah, hits dan unik yang dijelaskan di atas bisa menyakinkan Sedulur untuk berkunjung ke Malang dalam rangka menghabiskan waktu liburan Sedulur. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur berada di Malang. Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sedulur. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.

Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay pada 12.12 dan 12.13 di bulan Desember ini. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.