Saat mendengar kata game PC, maka hal pertama yang akan terbesit adalah sebuah game dengan grafis tinggi yang hanya dapat dimainkan dengan spesifikasi PC yang tinggi pula. Namun tahukah Sedulur, jika ada banyak game PC ringan yang cocok dimainkan di PC dengan spesifikasi menengah ke bawah?

Pastinya, hal ini bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang ingin merasakan bermain game PC, namun spesifikasi PC yang dimiliki masih kurang mumpuni. Ya, walaupun spesifikasi PC yang dibutuhkan tidak tinggi, dijamin beberapa game yang nantinya akan disebutkan sangat menarik dan juga seru.

Jadi apa sajakah game-game yang dimaksud? Langsung saja, simak rekomendasi game pc ringan terbaik offline dan online yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Game Android Penghasil Uang, Wajib Coba!

-->

1. League of Legends

Wilddrift

Sejak dulu, game dengan genre MOBA sering digemari oleh para gamers di Indonesia. Mungkin Sedulur sudah tidak asing dengan game MOBA legendaris bernama DOTA. Dan tentunya Sedulur sudah tahu juga jika DOTA membutuhkan spesifikasi PC tinggi agar bisa dimainkan.

Nah, kini ada League of Legends yang hadir sebagai pesaing DOTA, dengan fitur dan kualitas grafis yang tidak kalah menarik. Bisa dibilang jika gameplay dari game ini cukup mirip dengan DOTA. Misi utama dari game ini adalah menghancurkan “Nexus” yang dimiliki oleh tim lawan.

Di Indonesia sendiri, nama League of Legends memang masih kalah dari DOTA. Namun menurut beberapa survey yang pernah dilakukan, League of Legends termasuk salah satu game ber-genre MOBA dengan player yang paling banyak di dunia.

2. Left 4 Dead 2

Gaming on Linux

Berikutnya ada game PC ringan RAM 4GB yang tidak boleh Sedulur lewatkan, nih. Ya, bagi Sedulur yang menyukai game FPS dengan genre survival, maka wajib untuk mencoba Left 4 Dead 2. Apakah Sedulur suka dengan kegiatan berburu zombie?

Jika iya, maka jangan lewatkan game yang satu ini. Sesuai dengan namanya, game yang satu ini menceritakan tentang 4 orang yang perlu bertahan hidup dan kabur dari kejaran para zombie. Ada beberapa jenis zombie dan tempat yang bisa Sedulur nikmati dalam game ini.

Ya, game yang satu ini bisa Sedulur mainkan secara offline maupun online. Namun jika Sedulur memainkannya secara online, tentu bisa merasakan keseruan petualangan bersama dengan teman-teman untuk memainkan setiap karakter yang ada di dalam game Left 4 Dead 2.

3. Among Us

Teziger Blog

Akhir-akhir ini, game multiplayer online Among Us sering menjadi perbincangan di kalangan para gamers, lho. Mungkin saja karena tingkat kesuksesannya yang tinggi dan juga rilisnya game tersebut untuk perangkat smartphone.

Nah, gameplay yang dihadirkan oleh Among Us sangat mirip dengan permainan Werewolf. Jadi akan ada satu atau lebih pengkhianat dalam tim Sedulur . Untuk menyelesaikan masalah, Sedulur perlu berunding dengan seluruh tim untuk menentukan siapakah pengkhianat tersebut dan mengeluarkannya dari tim.

Nantinya seluruh tim akan melakukan voting terkait siapa yang dianggap sebagai pengkhianat dan harus dikeluarkan dari tim. Jika salah memilih orang, maka game akan terus berlanjut. Namun jika semua pengkhianat sudah berhasil dikeluarkan, maka permainan selesai.

4. Rocket League

YouTube/Throneful

Bisa dikatakan bahwa Rocket League merupakan salah satu game ringan untuk laptop yang sedang populer belakangan ini. Jadi, game yang satu ini mempunyai tema utama sepakbola, namun bukan sepakbola biasa seperti halnya PES maupun FIFA.

Hal ini dikarenakan Sedulur akan bermain sepakbola dengan menggunakan mobil. Jadi, Sedulur dapat memainkan game ini bersama dengan teman Sedulur untuk bertanding atau bekerjasama untuk memenangkan pertandingan.

Nantinya, Sedulur bisa memilih kendaraan yang akan digunakan dalam pertandingan. Kendaraan tersebut tentunya berpengaruh pada performa yang ditampilkan. Ada juga opsi untuk upgrade kemampuan dari kendaraan yang digunakan, lho.

5. Monster Hunter: World

YouTube/IGN

Rekomendasi game PC online yang selanjutnya ada Monster Hunter: World. Dalam game yang satu ini, Sedulur dapat bermain bersama teman secara online dan bekerjasama untuk memburu para monster unik yang ada di dalam game tersebut.

Meskipun dapat dimainkan dengan PC kelas menengah, akan tetapi dijamin kualitas grafis yang dihadirkan sangat keren dan tentunya tidak akan mengecewakan. Kelebihan dari Monster Hunter: World yang lain, yakni dapat dimainkan secara offline tanpa menggunakan koneksi internet.

6. Dragon Nest

YouTube/TOGcommunity

Dragon Nest merupakan game online PC ringan buatan Eyedentity yang didistribusikan oleh Gamescool. Dengan itu maka tidak heran jika Sedulur sudah tidak asing dengan nama dari game yang satu ini, karena Gamescool sendiri adalah developer game ternama.

Nantinya, Sedulur akan berperan sebagai seorang pahlawan yang memiliki misi untuk mencari obat penyembuh bagi dewa Althea. Nah, Sedulur juga bisa memilih 5 jenis gaya bertarung sesuai dengan kelasnya masing-masing.

Tentu saja, setiap kelas gaya bertarung mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Yang paling asyik, yakni Sedulur dapat membentuk tim dengan teman agar misi yang dilakoni bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

7. Hearthstone

Researchgate

Mungkin Sedulur sudah bosan dengan game ber-genre FPS, RPG, atau lain sebagainya, dan ingin mencari genre lain yang juga tidak kalah menarik. Nah, untuk itu, Hearthstone dapat menjadi alternatif game di PC yang dapat Sedulur mainkan.

Game ini memiliki genre strategi dengan basis kartu. Jadi, Sedulur nantinya akan bertanding dengan pemain lain yang berasal dari seluruh dunia. Mungkin nama Hearthstone masih terdengar asing bagi Sedulur.

Namun perlu untuk diketahui, bahwa game yang satu ini juga turut dimainkan pada pertandingan eSport di Asian Games 2018 lalu. Tentu saja hal itu menunjukkan jika Hearthstone bukanlah game biasa pada umumnya kan?

8. Brawlhalla

SergiuHellDragoonHQ

Brawlhalla merupakan sebuah game online ber-genre peperangan dengan grafis 2D dan gameplay yang hampir sama seperti Super Smash Bros dalam platform Nintendo. Game yang dibuat oleh developer Ubisoft ini, menyediakan banyak sekali karakter yang sangat beragam.

Walaupun grafik yang dihadirkan masih 2D, namun justru itulah keseruan yang dihadirkan oleh game satu ini. Selain unik, Sedulur juga bisa sekaligus bernostalgia dengan game-game jadul yang dulu pernah Sedulur mainkan di platform Nintendo.

Menariknya lagi, Sedulur juga bisa menemukan karakter-karakter hasil kolaborasi dengan developer lain seperti Ben 10, Lara Croft, dan masih banyak lagi lainnya. Ada 8 slot yang bisa Sedulur mainkan bersama teman dalam berbagai mode game.

9. World of Warship

YouTube/Kino Konformist

Sesuai dengan namanya, World of Warship adalah sebuah game ber-genre strategi dengan tema peperangan menggunakan kapal laut. Di dalam game yang satu ini, Sedulur akan menjadi seorang nakhoda dan mengatur seluruh gerakan kapal, serta melakukan serangan ke kapal musuh.

Ya, World of Warship adalah game PC ringan gratis yang tidak boleh dilewatkan. Sedulur juga dapat melawan pasukan kapal tempur milik musuh alias pemain lain untuk memperoleh berbagai macam hadiah menarik.

Tidak hanya saling melawan, Sedulur juga bisa membentuk aliansi dengan teman. Nantinya satu aliansi dengan aliansi yang lain bisa bertempur untuk mendapatkan kekuasaan. Ya, bisa dibilang jika game ini akan terasa jauh lebih seru jika dimainkan bersama dengan teman-teman.

BACA JUGA: 18 Game Online Gratis Terbaru, Terpopuler & Menghasilkan Uang

10. Eve Online

game pc ringan
Steam

Jika sebelumnya ada game peperangan menggunakan kapal laut, maka Eve Online akan memberikan pengalaman baru bagi Sedulur. Nah, jadi game yang satu ini ber-genre MMORPG dan membawakan tema peperangan antar galaksi menggunakan pesawat luar angkasa.

Kualitas grafis dan juga efek suara menarik yang diberikan, dijamin akan membuat Sedulur merasa seakan-akan sedang berada di luar angkasa sungguhan. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Eve Online, seperti PVE, PVP, mining, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Sedulur yang merupakan penggemar komik atau film Marvel, tentu sudah tidak asing dengan pasukan Guradian of the Galaxy kan? Nah, bisa dibilang jika game ini akan membuat Sedulur bertualang layaknya Peter Quill dan teman-teman.

11. Paladins

game pc ringan
YouTube/Throneful

Paladins adalah sebuah game bertemakan shooter fantasy yang dapat Sedulur mainkan dengan teman-teman secara online. Dalam game ini, Sedulur bisa memilih salah satu dari beberapa karakter yang tersedia.

Tentu saja setiap karakter mempunyai kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa tipikal kekuatan yang dimiliki oleh karakter, seperti physical ataupun magical. Setiap jenis kekuatan tersebut, akan memberikan damage-nya sendiri-sendiri.

Nah, bisa dibilang jika game ini hampir mirip seperti game Overwatch. Namun jika spesifikasi PC Sedulur yang digunakan masih kurang dan tidak memiliki uang untuk upgrade, maka bisa mencoba Paladins sebagai alternatif yang pastinya tidak kalah seru dan menarik untuk dimainkan bersama teman.

12. Pro Evolution Soccer 2010

game pc ringan
YouTube/Smokie Smokerson

Pro Evolution Soccer atau sering disebut dengan PES merupakan game bergenre olahraga yakni sepak bola besutan dari KONAMI, developer asal Jepang yang memang sudah terkenal sejak dulu. Terdapat banyak jenis PES sesuai dengan tahun keluarannya.

Nah, Sedulur dapat memilih PES 2010 karena spesifikasi PC yang dibutuhkan tidaklah tinggi. Nah, mungkin Sedulur berpikir jika memainkan game PES 2010, berarti akan memainkan tim dan pemain sepakbola di masa itu.

Namun jangan salah, untuk saat ini ada banyak tersedia update musim terbaru pada game PES 2010 ini. Jadi Sedulur bisa menggunakan update tersebut untuk memperbarui transfer, tim, dan berbagai hal lain di dalam game tersebut.

13. Call of Duty 2

game pc ringan
YouTube/ZephyrMantis

Di urutan berikutnya ada game PC ringan RAM 2GB, yakni Call of Duty 2. Dapat dikatakan jika hampir semua gamers PC sudah tidak asing dengan game yang bernama Call of Duty. Nah, Untuk seri keduannya ini, game tersebut mengambil latar dari zaman dahulu hingga modern yang dipenuhi dengan robot.

Nah, sesuai dengan zaman dimana Sedulur berada, senjata yang digunakan untuk mengalahkan para musuh pun juga disesuaikan. Jadi, ada kalanya Sedulur menggunakan senjata-senjata yang terkesan klasik, hingga senjata yang futuristik.

Jadi, Sedulur diharuskan untuk bertahan hidup sembari menyelesaikan misi yang diberikan. Grafis yang diusung dalam Call of Duty 2 ini juga terbilang keren, dan tentunya game ini dapat dimainkan pada PC berspesifikasi standar dengan RAM 2GB.

14. Far Cry 2

game pc ringan
Youtube/FirstPlays HD

Game bertajuk FPS dengan tema petualangan ini layak masuk ke dalam deretan game yang bisa dimainkan pada PC kelas low-end. Dengan grafis terbilang lumayan, Sedulur akan diajak untuk mencari senjata, berburu di hutan, hingga menaiki kendaraan.

Ya, pada intinya Sedulur harus melakukan berbagai macam aktivitas yang bertujuan agar si karakter dapat bertahan hidup dan memenangkan peperangan. Walaupun kedengarannya mudah, namun petualangan yang harus dijalani tidak seperti yang Sedulur bayangkan.

Sedulur harus benar-benar berusaha bertahan hidup di dalam sebuah hutan dan memanfaatkan sumber daya yang ada di hutan tersebut. Jika tidak bisa memanfaatkan dengan baik, tentu akan mengalami kekalahan.

15. Stronghold Crussader

game pc ringan
Youtube/SergiuHellDragoonHQ

Stronghold Crussader adalah game pc ringan RAM 1GB ber-genre strategi yang tidak boleh dilewatkan berikutnya. Game yang satu ini, mengusung latar pada zaman dahulu tepatnya saat terjadinya perang salib yang melibatkan kerajaan-kerajaan besar pada saat itu.

Dalam game ini, Sedulur akan menjadi seorang raja yang harus menghidupi seluruh rakyatnya sekaligus berperang melawan kerajaan lain. Jadi pada intinya, Sedulur akan benar-benar berperan sebagai sosok raja di dalam sebuah kerajaan.

Tidak hanya membangun pasukan yang kuat saja, namun Sedulur harus berusaha bagai rakyat kerajaan tetap bisa hidup dengan bahagia. Berbeda dari kebanyakan game strategi yang lain, grafis dari game ini benar-benar “real” seperti kondisi kerajaan aslinya.

Selain itu, Sedulur juga bisa beraliansi dengan kerajaan lain untuk mengalahkan kerajaan-kerajaan musuh. Menariknya, tokoh-tokoh lain yang ada di dalam game ini juga diambil dari kisah nyata. Misalnya seperti Lionhearth Richard, Sultan Abdul, dan juga Saladin.

16. Grand Thieft Auto: San Andreas

game pc ringan
Youtube/RGR29

Di urutan yang berikutnya ada GTA: San Andreas, yang merupakan salah satu game PC offline ringan terbaik sepanjang masa. Ya, setiap orang terutama gamers PC, pastinya tahu dan sudah pernah memainkan Grand Thieft Auto atau lebih sering disebut dengan GTA.

Nah, salah satu seri dari GTA yang sangat terkenal adalah San Andreas. Dalam game yang satu ini, Sedulur akan menjalankan seorang tokoh bernama Carl Johnson alias “CJ”, yang merupakan seorang gengster dan harus menyelesaikan berbagai macam misi.

Misi yang diberikan dalam game ini juga sangat bervariatif. Mulai dari mencuri, merampok, balapan, bertarung dengan geng lain, dan masih banyak lagi. Pada intinya, Sedulur harus berusaha agar geng CJ mampu menguasai seluruh wilayah di kota.

17. Need For Speed: Most Wanted

Rocky Bytes

Dapat dikatakan jika Need For Speed: Most Wanted merupakan salah satu game PC ringan terbaik dalam genre racing. Tidak hanya grafisnya saja yang cukup memukau, game ini juga tergolong ringan bisa dimainkan dengan PC berspesifikasi standar atau bahkan di bawah rata-rata.

Game besutan EA Games ini, bertemakan balapan mobil liar yang mengharuskan Sedulur untuk mengalahkan semua musuh dan menghindar dari kejaran polisi. Nah, nantinya Sedulur akan memerankan tokoh yang baru saja datang ke kota Rockport City.

Di kota tersebut, ada deretan pembalap mobil liar yang mendapat julukan “blacklist”. Nah, Sedulur harus mengalahkan setiap blacklist sampai blacklist pertama. Akan tetapi, Sedulur harus benar-benar berjuang dari awal. Menggunakan mobil biasa, upgrade mesin terbatas, dan ada wilayah kota yang terkunci.

Untuk bisa melaju ke tahap berikutnya, Sedulur perlu memilih mobil terbaik, dan juga melakukan upgrade dalam berbagai macam aspek pada mobil. Setiap berhasil mengalahkan blacklist, maka Sedulur akan mendapatkan berbagai macam hadiah yang bisa digunakan untuk mengalahkan blacklist selanjutnya.

18. Counter Strike: Condition Zero

YouTube/Throneful

Jika Sedulur menyukai game offline PC yang bertemakan tembak-tembakan FPS seperti halnya Pont Blank, maka dapat menjadikan Conter Strike : Condition Zero sebagai alternatif. Dalam game yang satu ini, Sedulur bisa memilih antara kubu teroris ataupun polisi.

Apabila Sedulur memilih pihak teroris, maka tugasnya adalah menanamkan bom dan menjaganya agar bom tersebut tidak dinonaktifkan oleh polisi. Namun jika Sedulur memilih menjadi tim polisi, maka tugasnya adalah mencegah teroris untuk menanamkan bom, dan juga menjinakannya.

Selain itu, perlengkapan dan senjata yang ada dalam game ini juga cukup lengkap, lho. Ada banyak sekali senjata yang memang diadaptasi dari senjata sungguhan. Tidak hanya senjata, tempat yang digunakan untuk bermain pun juga sangat beragam.

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

Nah, mungkin hanya itu rekomendasi beberapa game PC ringan yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya masih ada banyak lagi game yang bisa dimainkan, namun beberapa game di atas adalah game yang paling direkomendasikan dan wajib untuk dicoba.

Beberapa game tersebut, tentu saja bisa Sedulur mainkan pada PC berspesifikasi standar yang dimiliki. Selain tergolong ringan, grafis yang game-game tersebut juga cukup memuaskan dan tidak kalah dari game masa kini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!