noktah merah perkawinan

Noktah Merah Perkawinan adalah salah satu film Indonesia yang menjadi perbincangan hangat di tahun 2022, terutama pada kalangan pengguna media sosial. Mereka cukup penasaran bagaimana hasil film yang diadaptasi dari sinetron lawas legendaris dengan judul sama. Versi jadulnya sendiri pertama kali rilis pada 1996 silam, atau sudah 26 tahun lamanya.

Dalam versi film, Noktah Merah Perkawinan menampilkan tiga aktor kenamaan sebagai pemeran utama, yaitu Marsha Timothy, Oka Antara, dan Sheila Dara Aisha. Adapun benang merah film ini menyoroti hubungan pasangan suami istri yang mengalami pasang surut. Kehadiran orang ketiga juga turut menambah rumit konflik keduanya.

Penasaran bagaimana kisah drama antara para aktor dan aktris ternama dalam film ini? Berikut sudah dirangkum sinopsis Noktah Merah Perkawinan yang bisa Sedulur simak sebelum menonton filmnya. Selain itu, juga akan diulas profil singkat para pemain yang tentunya sayang untuk Sedulur lewatkan. Yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Sinopsis Film Sri Asih, Superhero Wanita Pertama Bumilangit

Sinopsis Noktah Merah Perkawinan

noktah merah perkawinan
Netflix

Cerita Noktah Merah Perkawinan dimulai dari hubungan pasangan suami istri, Ambarwati (diperankan oleh Marsha Timothy) dan Gilang Priambodo (Oka Antara) yang mengalami pasang surut setelah menikah selama kurang lebih 11 tahun. Pernikahan mereka juga seolah memasuki masa-masa keterpurukan akibat pertengkaran hebat di antara keduanya. Konflik tersebut tidak lepas dari campur tangan kedua orang tua dalam rumah tangga mereka.

Di tengah konflik tersebut, hadir sosok Yulinar (Sheila Dara Aisha), salah seorang murid kelas lokakarya yang dibuka oleh Ambar. Tanpa disangka, kehadiran Yuli memberikan pengaruh besar bagi kehidupan Ambar dan Gilang. Hal itu bermula saat Gilang mengerjakan proyek taman milik Kemal (Roy Sungkono), kekasih Yuli.

Pertemuan dengan Yuli ternyata membawa kenyamanan yang selama telah lama tidak dirasakan Gilang. Keduanya pun menjalin hubungan dekat selayaknya sepasang kekasih. Bahkan Yuli tak bisa menampik bahwa dirinya telah jatuh cinta pada Gilang yang masih menyandang status sebagai suami dari Ambar. Sementara itu, berbagai konflik yang terjadi ditambah kedekatan Gilang dan Yuli akhirnya membuat Ambar dilanda keraguan untuk melanjutkan pernikahannya.

BACA JUGA: Sinopsis Story of Kale, Spin-Off dari film NKCTHI

Profil film

Tirto

Berikut rangkuman informasi seputar profil film Noktah Merah Perkawinan yang perlu Sedulur ketahui.

  • Judul film: Noktah Merah Perkawinan
  • Sutradara: Sabrina Rochelle Kalangie
  • Penulis naskah: Titien Wattimena dan Sabrina Rochelle Kalangie
  • Diadaptasi dari: sinetron Noktah Merah Perkawinan (1996)
  • Perusahaan produksi: Rapi Films
  • Tanggal rilis: 15 September 2022
  • Durasi film: 119 menit

Daftar pemain

Hai Bunda

Dipaparkan sebelumnya, film ini mengusung Marsha Timothy, Oka Antara, dan Sheila Dara Aisha sebagai pemeran utamanya. Sementara, berikut adalah daftar pemain Noktah Merah Perkawinan selengkapnya.

  • Marsha Timothy berperan sebagai Ambarwati
  • Oka Antara sebagai Gilang Priambodo
  • Sheila Dara Aisha sebagai Yulinar
  • Roy Sungkono sebagai Kemal
  • Jaden Ocean sebagai Bagas
  • Alleyra Fakhira sebagai Ayu
  • Nazira C. Noer sebagai Dina
  • Ayu Azhari sebagai Kartika
  • Ratna Riantiarno sebagai Lastri Priambodo
  • Nungki Kusumastuti sebagai Marissa Sugondo

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Islami Indonesia Untuk Tontonan Keluarga

Profil pemeran utama Noktah Merah Perkawinan

Media Indonesia

Agar lebih mengenal ketiga pemeran utama dalam Noktah Merah Perkawinan, berikut sudah dirangkum profil singkat dari Marsha Timothy, Oka Antara, dan Sheila Dara Aisha.

  1. Marsha Timothy sebagai Ambarwati

Dalam film ini, Marsha Timothy didapuk untuk memerankan Ambarwati atau Ambar, seorang ibu rumah tangga yang juga membuka kelas lokakarya keramik. Marsha sendiri bukanlah sosok baru dalam industri hiburan khususnya perfilman Indonesia. Sebelum Noktah Merah Perkawinan, sudah ada sederet film hit lain yang dibintangi oleh istri dari Vino G. Bastian tersebut. Di antaranya adalah Coklat Stroberi, Tampan Tailor, dan Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak.

  1. Oka Antara sebagai Gilang Priambodo

Oka Antara yang juga memiliki nama asli Nyoman Oka Wisnupada Antara adalah aktor Indonesia kelahiran Jakarta, 8 Juli 1981. Kepiawaiannya dalam berakting sudah dibuktikan dengan berbagai penghargaan, termasuk sejumlah nominasi untuk Piala Citra di Festival Film Indonesia. Selain aktif bermain film, ia juga sempat membintangi sejumlah sinetron atau serial televisi seperti Catatan Hati Seorang Istri dan OK-JEK.

  1. Sheila Dara Aisha sebagai Yulinar

Sheila Dara Aisha adalah aktris kelahiran Bandung yang juga dikenal dengan bakatnya dalam bidang musik, termasuk tarik suara. Sepanjang kariernya di dunia seni peran, ia telah membintangi sejumlah judul film, seperti Sabtu Bersama Bapak, Eggnoid: Cinta & Portal Waktu,  serta Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini.

Itu dia sinopsis dan profil singkat dari pemeran utama film Noktah Merah Perkawinan. Setelah ditayangkan di bioskop, film tersebut kini tersedia di layanan streaming Netflix sehingga Sedulur dapat menyaksikannya di rumah bersama keluarga ataupun kerabat. Namun perlu dicatat bahwa Lembaga Sensor Film telah mengkategorikan film ini untuk penonton usia 13 tahun ke atas.

Sementara itu, agar agenda nonton film menjadi semakin seru, jangan lupa untuk sediakan camilan sebagai teman nonton. Sedulur bisa membeli aneka camilan dan minuman di Aplikasi Super yang mempunyai layanan pengiriman gratis ongkir.

Tidak hanya itu, Aplikasi Super juga punya banyak pilihan camilan lezat, seperti Udalado yang bercita rasa gurih dan pedas khas Nusantara. Tertarik mencoba? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja Udalado serta berbagai camilan lezat lainnya untuk teman nonton di rumah!