film tentang buaya

Film horor memiliki banyak sekali genre. Namun, selain mengangkat konsep hantu atau supranatural, ada genre horor yang menggunakan tema hewan buas sebagai plot utama ceritanya. Salah satu hewan horor yang banyak dijadikan cerita adalah film tentang buaya.

Hewan reptil satu ini memang dikenal sebagai predator paling mematikan di dunia. Tak hanya itu saja, fakta bahwa buaya merupakan salah satu dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang juga membuat film tentang buaya begitu menegangkan untuk ditonton. Nah, bagi Sedulur yang ingin meonton film dengan tema teror buaya namun tidak punya referensi. Tenang saja. Berikut rekomendasi film bertema buaya yang dapat Sedulur tonton saat akhir pekan nanti!

BACA JUGA : 25 Rekomendasi Anime Sport Terbaik, Bikin Semangat

1. Crawl

film tentang buaya
IMDb

Rekomendasi film bertema teror buaya yang pertama adalah Crawl. Film ini mengambil genre horor thriller yang dirilis perdana pada tahun 2019 silam. Film karya sutradara Alexandre Aja ini menampilkan Kaya Scodelario and Barry Pepper sebagai dua pemeran utamanya. Crawl menceritakan tentang bencana badai yang menimpa wilayah Florida, Amerika Serikat hingga akhirnya memancing buaya-buaya keluar dari sungai dan masuk ke pemukiman.

-->

Dalam film ini, Haley Keller (Kaya Scodelario), merupakan seorang atlet renang yang baru saja menyelesaikan sesi latihan saat terjadi bencana badai yang  melanda kawasan tersebut. Setelah berhasil di evakuasi, Kaya berniat untuk kembali ke rumah karena ia sangat mengkhawatirkan kondisi sang ayah yang tinggal tak jauh dari pusat badai.

Petugas evakuasi sempat mencegah langkah Haley namun ia tetap nekat pergi menolong ayahnya. Haley pun nekat berenang melawan arus banjir demi bisa mencapai rumah tempat tinggalnya. Sesampainya di rumah, Haley ternyata tidak menemukan sang ayah. Akan tetapi ia sempat mendengar suara gonggongan anjing yang berasal dari arah basement, Haley pun menduga ayahnya terjebak di sana.

Dan benar saja, ketika Haley sampai di basement, ia menemukan ayahnya tak sadarkan diri dengan banyak luka di bagian tubuhnya. Tepat ketika Haley berusaha menolong sang ayah, tiba-tiba muncul seekor buaya besar yang siap mengincar mereka berdua. Beruntung Haley dengan sigap menemukan tempat aman untuk berlindung dari hewan buas tersebut.

Namun nahas, di saat yang bersamaan juga terjadi banjir air bah yang membuat genangan air semakin bertambah tinggi. Tak hanya itu air bah ini juga membuat kawan predator semakin bebas berkeliaran mencari mangsa. Akankah Haley dan ayahnya mampu menyelamatkan diri dari ancaman banjir dan predator buaya? Nah, jangan lupa nonton sendiri ya Sedulur. 

2. Lake Placid

film tentang buaya
IMDb

Film Lake Placid memiliki setting tempat di sebuah danau yang terletak di kawasan Aroostook, Maine. Banyak kejadian yang janggal di danau ini, seperti orang hilang atau penyerangan oleh makhluk buas yang sangat misterius. Petugas dari perairan Jack Wells (Bill Pullman) bersama dengan Sheriff Hank Keough (Brendan Gleeson) dan beberapa orang ahli akhirnya pergi ke danau tersebut untuk melakukan penyelidikan dengan tujuan mengetahui apa yang terjadi di danau tersebut.

Dalam penyelidikan yang dilakukan, mereka menemukan banyak potongan tubuh manusia dan berasumsi bahwa ada beruang hitam yang menyerang manusia di sekitar danau. Akan tetapi teori tersebut langsung terbantahkan sesaat setelah buaya raksasa mendadak muncul dan menerkam seekor binatang yang berada si sekitar danau. Mereka pun akhirnya mengatur strategi dan berusaha menghentikan teror buaya pemakan manusia tersebut.

Lake Placid termasuk film bertema buaya yang cukup sukses di pasaran hingga sekuelnya dibuat berkali-kali. Beberapa sekuelnya adalah Lake Placid 2 (2007), Lake Placid 3 (2010), Lake Placid: The Final Chapter (2012), Lake Placid vs. Anaconda (2015), dan Lake Placid: Legacy (2018). Bagaimana, apakah Sedulur tertarik untuk menonton film yang penuh ketegangan ini?

3. Black Water : Abyss

Rumah Misteri

Rekomendasi film bertema teror buaya yang dapat Sedulur tonton selanjutnya adalah Black Water: Abyss. Film ini menceritakan tentang Grace (Diana Glenn) bersama sang suami, Adam (Andy Rodoreda), sedang berlibur di wilayah Australia Utara. Tak hanya berdua, mereka juga mengajak adik Grace, Lee (Maeve Dermody). Selama di Australia, mereka memutuskan mengikuti tour Blackwater Berry untuk menyusuri rawa-rawa untuk memancing. Kegiatan ini dipandu oleh seorang tour guide, mereka pun berangkat menggunakan perahu motor kecil.

Setibanya mereka di rawa, alih-alih mendapatkan ikan, Grace, Adam, dan Lee justru diserang oleh buaya raksasa. Beruntungnya, mereka bertiga berhasil selamat dengan cara memanjat pepohonan, tapi mereka justru terjebak di rawa dengan buaya yang terus mengintai. Akankah mereka berhasil selamat? 

4. Rampage

Hindustan Times

Film Rampage menghadirkan kisah mengenai ilmuwan ahli primata yang bernama David Okoye yang diketahui mempunyai hewan peliharaan bernama George. George merupakan seekor gorila yang cerdas. Hewan ini dijadikan salah satu objek dalam penelitian yang David lakukan. Hubungan David dan George sudah sangat dekat. Sekali pun kedunya berbeda jenis, keduanya cukup akrab untuk saling berkomunikasi. Maka dari  itu, David menganggapnya sudah seperti keluarga sendiri.

Namun, suatu ketika George mendadak menunjukkan sikap yang berbeda, aneh, mudah marah dan semakin agresif. Hal tersebut disebabkan karena adanya serangan infeksi di tubuh George akibat terpapar zat dari sebuah percobaan misterius. George tidak hanya lebih mudah marah, namun fisiknya juga turut membesar dan menjadi hewan yang raksasa.

Bukan George saja yang mengalami hal tersebut, 2 hewan lainnya juga ikut terpapar virus yaitu seekor serigala bernama Ralph dan buaya yang kerap disapa Lizzie. Mereka bertiga berubah menjadi hewan raksasa dan berjalan menuju kota. Hal tersebut membuat para penduduk kota menjadi panik. Sebab, keganasan ketiga hewan tersebut mengakibatkan bangunan kota menjadi porak-poranda.

Sementara itu, David harus berpikir keras untuk dapat menghentikan mereka. David lantas mencoba mencari tahu tentang kemungkinan membuat ketiga hewan raksasa menjadi kecil kembali dan dapat kembali hidup normal. Nah demi mencapai tujuan ini, David mengajak koleganya yang ahli genetika bernama Dr. Kate Caldwell untuk bersama-sama membuat ramuan penawar. Apakah kolaborasi David dan Kate bisa mengembalikan hewan raksasa kembali seperti semula? Saksikan kisah selengkapnya di film Rampage ya Sedulur!

BACA JUGA : Sinopsis Film Sri Asih, Superhero Wanita Pertama Bumilangit

5. Primeval

IMDb

Film ini mengisahkan tentang seorang jurnalis yang bernama Tim Manfrey (Dominic Purcell) yang ditugaskan ke Burundi untuk meliput keberadaan Gustave, yaitu seekor buaya raksasa yang diyakini sudah membunuh ratusan orang di Afrika selama bertahun-tahun. Tim yang awalnya enggan pergi akhirnya berangkat ke Burundi bersama beberapa orang lainnya.

Mereka yaitu Aviva Masters (Brooke Langton),seorang reporter yang akrab dengan kisah-kisah hewan buas, seorang kameramen, dan seorang ahli reptil yang berniat menangkap Gustave hidup-hidup. Menangkap buaya raksasa tentu bukan halyang mudah, bahkan mengancam nyawa sewaktu-waktu. Sementara itu, perburuan ini justru makin mematikan karena bahaya juga datang dari penduduk lokal. Akankah mereka berhasil menangkap buaya raksasa tersebut?

6. Rogue

film tentang buaya
4savvy

Rekomendasi film bertema teror buaya yang selanjutnya adalah Rogue. Film ini mengisahkan tentang satu rombongan turis yang dipimpin seorang peneliti satwa liar bernama Kate Ryan (Radha Mitchell). Mereka sedang berlayar menyusuri sungai untuk melihat buaya secara langsung di Taman Nasional Kakadu, Australia. Namun tiba-tiba sebuah tembakan flare gun terlihat di kejauhan. Rombongan turis ini pun kemudian berlayar ke arah tembakan itu untuk menyelidikinya dan menemukan kapal yang hampir tenggelam.

Pada saat yang sama sesuatu menabrak kapal dan memaksa Kate mengemudikan kapalnya ke sebuah pulau kecil. Akan tetapi, Kate baru sadar jika ternyata mereka terjebak di daerah teritori buaya. Mereka harus segera pergi dari sana secepat mungkin, setidaknya sebelum hari gelap. Ketika malam datang, air pasang akan menenggelamkan daratan pulau tersebut dan semakin membahayakan keselamatan mereka. Akan mereka berhasil? Simak kisah selengkapnya hanya di fil Rogue ya Sedulur!

7. Alligator

Republika

Sedulur tentu sudah tidak asing lagi dengan film yang menegangkan ini. Cerita berawal dari seorang gadis yang membeli bayi aligator saat berlibur ke wilayah Florida, dan bayi aligator tersebut diberi nama Ramon. Ketika pulang ke rumah, sang ayah yang tidak suka hewan reptil langsung membuang aligator tersebut di toilet sehingga Ramon pun terjebak di saluran pembuangan atau gorong-gorong. 12 tahun pun berlalu, Ramon ternyata masih hidup dan tumbuh menjadi reptil berukuran raksasa.

Ia bertahan dengan cara memakan bangkai binatang sisa eksperimen. Akibatnya, Ramon pun mengalami mutasi dan tumbuh menjadi aligator raksasa berukuran 11 meter. Hewan buas ini mulai menyerang dan membunuh para pekerja di saluran pembuangan. Masalah kian rumit ketika aligator ini mulai naik ke permukaan dan menebar teror mematikan.

8. The Crocodile Hunter: Collision Course

Prime Video

The Crocodile Hunter: Collision Course bercerita tentang petualang Australia Steve Irwin alias Pemburu Buaya. Ia telah menghindari maut dan menangkap buaya lain yang penuh semangat, berharap menyelamatkannya dari pemburu liar. Steve tidak mengetahui bahwa ternyata buaya dengan polosnya telah menelan suar satelit rahasia AS dan para pemburu sebenarnya merupakan agen khusus Amerika yang dikirim untuk mengambilnya. Steve berusaha dengan keras untuk bisa menyelamatkan buaya ini dan memindahkannya ke tempat yang aman. 

Hal itu tentunya tidak akan mudah. Akan tetapi, jika ia dapat menangani laba-laba pemakan burung dan ular berbisa tanpa digigit, agen pemegang senjata seharusnya tidak terlalu menjadi masalah baginya. Penasaran bagaimana kisah lengkapnya? Saksikan di The Crocodile Hunter: Collision Course ya!

BACA JUGA : Sinopsis Film Qorin, Gangguan Jin Pendamping Manusia

9. Eaten Alive

Movieden

Rekomendasi film yang selanjutnya yaitu Eaten Alive. Dalam film film ini, Judd mengelola Starlight Hotel di suatu tempat berawa. Dia mempunyai buaya yang ditempatkan dengan nyaman di sisi lain pagar teras depan hotel. Buaya ini pemakan apa saja.

Setelah mengetahui bahwa salah satu tamunya merupakan seorang pelacur, Judd segera menusuknya dengan garpu rumput dan melemparkannya ke buaya yang mengintai perairan terdekat. Mulailah serangkaian pembunuhan yang dilakukan oleh Judd. Saat perut buaya mulai membuncit dengan para korban, orang-orang menjadi curiga dan polisi setempat memulai penyelidikan. Apakah kasus Judd akan terbongkar? Sebaiknya Sedulur cari tahu sendiri dengan menonton filmnya ya!

10. Killer Crocodile

IMDb

Film tentang teror buaya selanjutnya berjudul Killer Crocodile yang menceritakan sekelompok pencinta lingkungan tiba di delta tropis yang jauh di mana terdapat pembuangan limbah beracun. Akan tetapi, air itu juga menyembunyikan buaya raksasa. Mereka harus membela diri terhadap buaya besar yang tidak normal dan menjadi lebih agresif dari biasanya karena sudah hidup terlalu lama dalam air yang juga tercemar limbah beracun. Penasaran dengan kisah selanjutnya? Jangan lupa nonton ya Sedulur.

11. The Pool

IMDb

Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Day (Theeradej Wongpuapan) yang merupakan seorang kru film yang bertugas untuk membersihkan kolam renang yang sudah selesai digunakan untuk syuting. Celakanya Day tertidur di dalam sebuah pelampung berbentuk kasur saat air semakin surut.

Day kemudian terbangun dan mendapati air dalam kolam renang sudah semakin sedikit sehingga dia terjebak di dalamnya. Keadaan semakin parah ketika Koi (Ratnamon Ratchiratham) yang merupakan pacar dari Day melompat ke dalam kolam renang, tanpa disadari akan bahaya yang dihadapi.

Puncak dari kesialan yang dihadapi keduanya adalah adanya seekor buaya yang terjatuh ke dalam kolam renang. Day dan Koy selain harus berusaha untuk  keluar dari kolam renang itu, mereka harus bertahan hidup dan harus menghindari serangan dari seekor buaya. Akankah keduanya berhasil keluar dari kolam tersebut? Saksikan kisah selengkapnya hanya di film The Pool ya!

12. Dark Age

film tentang buaya
IMDb

Dark Age menceritakan seekor buaya air asin raksasa diketahui telah menyerang dan membunuh banyak orang di Australia bagian utara. Steve Harris (John Jarratt) yang bekerja sebagai penjaga hutan kemudian ditugaskan untuk menangani masalah ini karena buaya tersebut sudah memakan banyak korban. Namun sayangnya, Steve menemui berbagai kendala, salah satunya adalah ia harus berhadapan dengan suku Aborigin.

Suku asli Australia tersebut berpendapat bahwa buaya adalah hewan yang harus dijaga dan juga dilestarikan. Mereka meyakini bahwa buaya tersebut adalah perwujudan dari roh atau jiwa dari masa lalu. Demi menghormati keyakinan Suku Aborigin, Steve akhirnya menyusun strategi untuk melindungi penduduk dari teror buaya tanpa melanggar aturan suku tersebut.

Demikianlah rangkuman informasi tentang rekomendasi film bertema teror buaya yang sangat menegangkan yang dapat Sedulur tonton saat akhir pekan. Nah agar tidak terlalu tegag, pastikan Sedulur menyiapkan camilan dan minuman ringan untuk menemani menonton film ya!

Sedulur dapat membeli berbagai camilan dan minuman ringan di Aplikasi Super. Mulai camilan gurih hingga pedas semuanya ada. Produknya lengkap harganya sudah pasti terjangkau. Langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang yu! Nikamti promo dan gratis ongkir setiap harinya.