Film perang kerajaan

Salah satu genre film yang menjadi favorit masyarakat adalah film kolosal. Film ini biasanya menghadirkan cerita peperangan yang seru sekaligus menegangkan. Bukan hanya itu, film perang kerajaan konon kabarnya juga menjadi genre film yang menghabiskan anggaran dana besar dalam proses pembuatannya lho. Hal ini karena film perang kerajaan menghadirkan cerita yang sangat kompleks sehingga harus melibatkan banyak orang dalam penggarapannya.

Jika Sedulur tertarik menonton film bertema perang dengan alur cerita yang epik, maka coba simak deretan rekomendasi film perang kerajaan yang cocok ditonton selama bulan Ramadan ini!

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Film Horor Korea yang Seru dan Menegangkan

1. Kingdom of Heaven

film perang kerajaan

-->

Film perang kerajaan pertama yang wajib Sedulur tonton adalah Kingdom of Heaven. Film ini merupakan hasil garapan sutradara Ridely Scoot. Mengangkat cerita tentang kelompok Balian dari Perancis yang melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan. Setelah beberapa waktu melakukan perjalanan, hidupnya berubah drastis. Ia diangkat menjadi bangsawan dan membantu Raja Balwin IV untuk mempertahankan kota suci tersebut dari serangan penjajah.

2. Seven Samurai (1954)

film perang kerajaan
BBC

Film Seven Samurai terbagi atas dua kisah. Kisah pertama menceritakan tentang perjalanan Kambei (Takashi Shimura) dalam upaya mengumpulkan 6 samurai untuk melindungi desanya dari para bandit yang kerap menganggu keamanan dan ketentraman desa. Kambei Shimada sendiri merupakan samurai senior, sehingga ketika mengetahui jika desanya tidak aman, Kambei pun harus turun tangan.

Sedangakan pada kisah kedua, bercerita tentang bagaimana Kambei mengumpulkan para samurai lainnya untuk bergabung bersamanya dengan tujuan melawan para bandit. Persiapan demi persiapan dilakukan oleh Kambei cs. Dengan persiapan yang sangat matang, Kambei dan kelompoknya bisa melawan para bandit dan mengusir mereka dari desa tersebut. Kambei lantas mendapatkan upah yang setimpal dari para penduduk desa sebagai betuk apreasiasi terhadap kerja kerasnya mengusir para bandit tersebut.

3. Gladiator (2000)

film perang kerajaan
Kapanlagi

Gladiator merupakan film kolosal bergenre drama action. Film ini dibintangi oleh Russel Crowe dan Joaquin Phoenix. Film yang juga disutradarai oleh Ridley Scott ini berhasil memenangkan lima kategori Academy Award termasuk Best Original ScreenplayBest Supporting Actor, dan Best Director.

Gladiator bercerita tentang seorang ksatria pemberani bernama Maximus. Ia merupakan seorang ksatria yang dapat membuat Germania tunduk pada Roma dalam sebuah peperangan yang cukup besar. Aka tetapi, perselisihannya dengan anak kaisar Roma membuatnya harus hidup menjadi petarung atau gladiator di Colosseum.

4. Braveheart (1995)

Shat Podcast

Rekomendasi film perang kerajaan yang selanjutnya adalah Breaveheart. Film yang dirilis tahun 1995 ini masih sering disebut-sebut sebagai salah satu film kolosal terbaik. Braveheart dibintangi dan sekaligus disutradarai oleh Mel Gibson. Tak hanya itu, film ini juga pernah mendapatkan lima kategori piala Oscar, yaitu Best PictureBest DirectorBest CinematographyBest Makeup, dan Best Sound Editing.

Film Braveheart mengisahkan tentang William Wallace, seorang pahlawan dari Skotlandia yang melakukan perlawanan untuk merebut Skotlandia dari tangan Inggris setelah peristiwa kematian istrinya. Kisah keberaniannya kemudian menyebar ke seluruh penjuru negeri. Di Situs IMDb, film ini berhasil memperoleh rating sebesar 8,3

5. The Message

film perang kerajaan
IMDB

Film The Message menceritakan tentang proses penyebaran agama Islam di dunia dan diambil dari kisah Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam. Bermula saat Nabi Muhammad mengirimkan sebuah undangan untuk menerima umat Islam kepada para penggerak berbagai negara, di antaranya yaitu Heraclius, Emperor Byzantine, hingga Emperor Sasanian. Ketika sedang menjalani misinya, Nabi Muhammad SAW didatangi oleh Malaikat Jibril yang memberitahu untuk menyebarkan Islam ke seluruh penjuru bumi.

Akan tetapi misi Nabi Muhammad dalam penyebaran agama Islam bukanlah hal mudah. Nabi Muhammad justru menjadi bulan-bulanan para musuhnya yang tidak suka akan ajaran yang dibawa Rasulullah. Dari Mekah, Nabi Muhammad menuju Madinah dimana dirinya disambut dengan ramah dan akhirnya penyebaran agama Islam berawal dari sini.

6. Centurion

TNS Figures

Leonidas merupakan raja yang paling terkenal dalam sejarah Sparta. Ia adalah putra kedua Raja Anaxandridas dengan istri pertamanya. Leonidas juga dipercaya sebagai keturunan dewa Herales karena memiliki kekuatan sekaligus keberaniaan yang luar biasa. Ia tewas dalam pertempuran Thermopylae melawat prajurit Persia yang terjadi pada tahun 480 SM dan dipandang sebagai salah satu pengorbanan paling heroik dalam sejarah.

Jika Leonidas diceritakan dalam film 300, lalu kisah jenderal Romawi di film Gladiator, maka Centurion masuk lebih dalam pada satu peristiwa sejarah yang masih kurang terdengar yaitu tentang Legion Sembilan dari kerajaan Romawi. Ketika menonton film ini, Sedulur akan dibuat terhanyut dalam kejadian masa lalu yang berakhir dengan tragis!

7. Shadow

YouTube

Film Shadow mengisahkan tentang kerajaan di Tiongkok yang selalu memiliki kisah menarik. Film ini mengisahkan tentang kerjaan Pei yang selalu kalah saat bertarung melawan kerajaan Yang. Film ini menghadrikan berbagai adegan pertarungan yang detail dan elegan. Konflik yang berlangsung lama membuat kerajaan Pei harus berlatih keras untuk membuat strategi matang dan teknik bertarung yang baru.

BACA JUGA : Sinopsis Lengkap Bayi Ajaib (2023), Film Horor Legendaris Indonesia!

8. Kagemusha (1980)

IMDb

Takeda Shingen merupakan seorang ksatria perang di era Ashikaga. Ia sudah terkenal dan ditakuti oleh banyak para musuhnya. Akan tetapi, Takeda meninggal ketika perang mulai memanas. Sebelum meninggal, Takeda yang khawatir akan nasib para pejuang lain dan rakyat yang dilindunginya meminta pengganti yang sangat mirip dengannya untuk bisa menggantikan dirinya.

Otomatis pengganti Takeda merasa bingung, namun karena sudah diberikan mandat, dirinya harus belajar menjadi seseorang yang sama dengan Takeda yang asli. Ini dilakukan supaya clan Oda dan clan Tokugawa yang sedang menyerang clan Takeda Shingen ini tidak akan menyerang mengingat Takeda asli masih ditakuti oleh mereka. Akankah pengganti Takeda berhasil mengelabui para musuh dan menyelamatkan clannya? Jangan lupa nonton filmnya ya Sedulur!

9. The Lord of the Rings Trilogy (2001, 2002, 2003)

film perang kerajaan
GOD TV

Rekomendasi film kolosal terbaik yang selanjutnya adalah trilogi dari film The Lord of the Rings. Jika film Braveheart terinspirasi dari sebuah kisah sejarah yang pernah ada, maka film trilogi ini terinspirasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya J.R.R Tolkien. Berkat tangan dingin Peter Jackson, film The Lord of The Rings berhasil diangkat ke layar lebar dengan status sebagai salah satu film trilogi terbaik sepanjang masa.

Cerita The Lord of the Rings merupakan sebuah kisah hitam dan putih antara golongan baik dan golongan jahat, hanya saja disertai dengan berbagai hal yang sangat kompleks. Dengan menghabiskan dana yang cukup besar, film ini berhasil menyihir semua mata penonton di seluruh dunia dengan permainan efek visual dan plot cerita yang sangat seru dan mengagumkan.

Berangkat dari novel terbaik, digarap oleh sutradara jenius, dan didukung oleh dana yang besar tak heran jika film ini banyak mendapatkan penghargaan. Dalam kurun waktu tiga tahun, film ini berhasil masuk dan membawa pulang piala untuk kategori Best Picture dalam The Lord of the Rings: The Return of the King.

10. 300 (2006)

300 merupakan sebuah film kolosal bergenre fantasi yang diadaptasi dari novel karya Frank Miller yang judul sama. Film ini disutradarai oleh Zack Synder dan dibintangi oleh Gerard Butler dan Lena Headley. Jika Sedulur ingat, terdapat salah satu adegan yang cukup legendaris ketika Raja Leonidas dengan gagahnya berteriak “This is Sparta!”.

Film ini mengangkat cerita mengenai 300 pasukan Sparta yang harus bekerja keras melawan 300.000 tentara Persia dalam pertempuran kuno Thermopylae di abad ke-6. Meskipun dalam segi jumlah mereka kalah, akan tetapi pasukan Sparta telah dikenal sebagai pasukan yang sangat tangguh dan tidak takut mati dalam peperangan.

11. Red Cliff (2008)

IMDb

Akibat bujukan dari Perdana Menteri Cao Cao (Zhang Fengyi) untuk mengekspansi wilayah kekaisaran ke arah Selatan, Kaisar memberi ijin untuk mendeklarasikan perang melawan Liu Bei (You Yong) dan Sun Quan (Chang Chen) yang juga diisukan akan merebut kekuasaan sang Kaisar meski pada kenyataannya tidak ada niatan seperti itu.

Pasukan Cao Cao kemudian menyerang wilayah Liu Bei, beruntung banyak warga di wilayah Liu Bei sudah mengungsi sebelum terjadi penyerangan tersebut. Namun hal ini malah membuat Cao Cao menjadi semakin murka. Liu Bei yang kelimpungan akhirnya dibantu Zhang Fei (Zang Jinsheng) beserta pasukannya melawan balik Cao Cao. Mendengar hal tersebut, wilayah yang dipegang oleh Sun Quan ikut serta mengirimkan bantuan untuk mengalahkan dan memukul mundur pasukan Cao Cao.

12. The Emperor and The Assassins (1998)

IMDb

Film yang memiliki setting waktu di abad 20 sebelum masehi, film ini menceritakan tentang bagaimana Ying Zheng, seorang putra mahkota dari kerajaan Qin yang haus akan kekuasaan. Rasa hausnya serta searakahnya baru bisa terpenuhi apabila keinginan untuk mempersatu enam kerajaan lainnya di China di bawah pemerintahannya terwujud.

Ying Zheng yang sangat ambisius bahkan mengirim salah satu pelayannya bernama Zhao (Gong Li) untuk menjadi mata-mata di kerajaan Han, yaitu sebuah kerajaan yang sudah lama diincar oleh Ying untuk ditaklukan dan menjadi bagian dari kerajaan Qin. Sayangnya, misi Ying malah menjadi sedikit runyam ketika Ying mendapatkan ancaman pembunuhan ditambah Zhao justru jatuh hati kepada Ying.

13. Mongol : The Rise of Genghis Khan (2007)

IMDb

Nama besar Genghis Khan sebagai seorang kaisar yang pernah sangat berkuasa sering menjadi inspirasi para sineas untuk membuat film tentang dirinya. Salah satunya film yang terkeal yaitu Mongol : The Rise of Genghis Khan yang mengangkat sisi berbeda dari kaisar Mongol tersebut. Film ini lebih berfokus pada bagaimana pribadi seorang Gengis Khan hingga menjadi seorang penakluk.

Dalam film ini kamu akan melihat adegan perang yang cukup mengagumkan, di antaranya ketika ketika Genghis Khan berperang melawan saudara angkatnya. Film yang disutradarai oleh Sergei Bodrov ini juga berhasil meraih penghargaan di ajang Academy Award tahun 2007 sebagai film berbahasa asing terbaik.

14. Troy (2004)

film perang kerajaan
IMDb

Troy merupakan salah satu film kolosal kerajaan yang dibintangi banyak aktor papan atas seperti Brad Pitt, Orlando Bloom, dan Eric Bana. Film yang disutradari oleh Wolfgang Petersen ini juga disebut-sebut mejadi salah satu film kolosal terbaik sepanjang masa. Troy bercerita tentang pangeran Troya dan adiknya, Paris yang mengadakan negosiasi damai dengan kaum Sparta.

Ketika akhirnya Paris jatuh cinta dan membawa kabur istri raja Sparta ke wilayah Troya, peperangan antara Kerajaan Troya dan pasukan Spartapun tak dapat terhindarkan. Di peperangan yang terjadi tersebut, muncullah Achilles, seorang prajurit legendaris dari Troya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7,2.

15. Agora (2009)

The New York Times

Agora merupakan sebuah film drama sejarah Spanyol yang digarap oleh Alejandro Amenabar dan dibintangi Rachel Weisz. Film ini disebut-sebut sebagai film kolosal dengan adegan perang paling sadis sekaligus mengerikan. Film ini mengangkat beragam konflik, mulai dari agama, percintaan, hingga politik.

Film ini berkisah mengenai Hypatia, seorang wanita Mesir yang tinggal di Alexandria. Hypatia merupakan seorang seorang astronom dan juga filsuf yang sangat berani menyelamatkan koleksi perpustakaan Alexandria yang tengah dikuasai oleh kaum Pagan.

BACA JUGA : 12 Film Tentang Teror Buaya, Kisah Melawan Predator Buas

16. Attila (2001)

IMDb

Film Attila bercerita tentang seorang barbarian tangguh bernama Attila. Ia menjabat sebagai penguasa kerajaan Hun yang sekaligus merupakan pemimpin pasukan yang terdiri dari rakyat Hun sendiri, Ostrogoths, Lans dan daerah lainnya. Attila sendiri sangat ditakuti oleh para musuhnya dari seluruh penjuru, membuat Attila tidak terkalahkan dan banyak disegani.

Misinya kali ini untuk merebut kekaisaran Roma yang dipimpin oleh Caesar Valentinian (Reg Rogers). Attila menganggap Valentin tidak becus mengurus kerajaannya sendiri. Niat baiknya ini justru menjadi boomerang baginya karena adanya desakan dan fitnah terhadapnya yang berasal dari beberapa petinggi Roma. Hal ini membuat rakyat geram dan memancing para pasukan Roma untuk menyerang Attila beserta prajuritnya.

17. The Chronicles of Narnia : Prince Caspian (2008)

Hotstar

Film ini adalah sekuel kedua dari tetralogi The Chronicles of Narnia. Film bergenre epic fantasi ini diangkat dari novel karya C.S Lewis yang ditulis pada tahun 1950-an. Dalam sekuel keduanya, film ini masih menceritakan tentang empat bersaudara Pevensie, yaitu Peter, Susan, Edmund, dan Lucy yang kembali ke Narnia setelah bertahun-tahun mereka sempat tinggalkan.

Film ini menyuguhkan adegan kolosal perang antara Pangeran Caspian, pewaris tahta yang sah dari Narnia melawan Raja Miraz yang kejam dan telah membunuh ayahnya. Dibantu oleh Pevensie bersaudara, kedua kerajaan akhirnya ini terlibat perang besar di medan pertempuran. Film yang disutradarai oleh Andrew Adamson ini memiliki rating 6,5 di situs IMDb.

18. The Messenger: The Story of Joan of Arc (1999)

IMdb

Joan (Milla Jovovich) tumbuh dengan kekerasan dan hal supranatural. Keadaan diperburuk saat dirinya tahu bahwa desanya terbakar habis. Catherine yang merupakan kakak Joan, langsung menyelamatkan Joan dan bersembunyi bersama. Naas, Catherine tertangkap. Di hadapan Joan, Catherine diperkosa dan dibunuh secara keji. Dari sinilah, timbul rasa ingin balas dendam terhadap para prajurit Inggris.

Menjadi bagian dari kerajaan Perancis, Joan yang tergabung sebagai prajurit, meminta kepada Raja Charles VII (John Malkovich) untuk memberikan tentara dalam pertempuran memukul mundur para pasukan Inggris. Raja Charles pun memberikan ijin, namun ternyata dibalik ijinnya tersebut ada maksud sendiri yang membahayakan Joan.

19. The Last Samurai (2003)

IMDb

Film kolosal terbaik selanjutnya yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah The Last Samurai. Meskipun mendapatkan banyak kritikan mengenai alur cerita sejarahnya, film ini mampu menggambarkan sejarah hilangnya samurai di Jepang. Pada era tersebut, kekaisaran Jepang tengah melakukan modernisasi di segala unsur kehidupan, termasuk mengganti samurai dengan senjata perang yang lebih canggih serta efektif.

Dalam film ini, Tom Cruise berperan sebagai Nathan Algren, seorang komandan perang dari Amerika yang bertugas untuk menumpas para samurai yang tersisa. Namun, Algren justru malah tertangkap oleh para samurai. Pada saat menjadi tawanan tersebut, Algren merasa bersimpati kepada para samurai hingga malah mempelajari berbagai teknik tempurnya.

20. Drupadi

Tribun

Dari sekian film kolosal terbaik yang sudah disebutkan di atas, ada satu film kolosal dari Indonesia yang wajib Sedulur tonton. Meskipun tidak ditayangkan secara serentak di seluruh bioskop Indonesia, film Drupadi banyak tayang di berbagai ajang festival film. Film ini sendiri mengangkat tentang kisah Mahabarata yang mewariskan banyak nilai budaya di Indonesia.

Diperankan dan diproduseri langsung oleh Dian Sastrowardoyo, Drupadi menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan yang menjadi komoditas bagi para suami atau laki-laki. Disutradarai oleh sutradara ternama Riri Reza, Drupadi berhasil melakukan perlawan yang lembut dan cerdas kepada pandawa. Bersama artis papan atas Nicholas Saputra yang berperan sebagai Arjuna, film ini sangat kental dengan kiasan dan sindiran terhadap dunia modern. Sedulur jangan lupa nonton ya!

BACA JUGA : Sinopsis Film Sri Asih, Superhero Wanita Pertama Bumilangit

21. Pirates of The Caribbean Series

IMDb

Pirates of The Caribbean merupakan salah satu film kolosal terbaik yang sangat terkenal dengan sosok ikonik kapten bajak lautnya, yakni Jack Sparrow. Jack Sparrow sendiri diperankan oleh aktor tersohor yaitu Johnny Depp. Hal ini tentu saja menjadi tokoh Kapten Jack Sparrow dianggap sebagai salah satu tokoh film yang paling ikonik sepanjang masa.

Pirates of The Caribbean sendiri bercerita tentang petualangan Kapten Jack Sparrow dalam mengarungi lautan sebagai bajak laut. Dalam petualangannya ini, para penoton akan disuguhkan berbagai konflik yang sangat menarik dan menegangkan serta tentu saja lucu.

22. The Hobbit Trilogy

Amazon

Selain The Lord of The Rings, The Hobbit Trilogi yang berangkat dari karya J. R. R. Tolkien berhasil masuk dalam daftar film perang kerajaan terbaik sepanjang masa. The Hobbit sebenarnya banyak memiliki kesamaan dengan The Lord of The Rings, baik itu dari latar cerita yang mengambil Middle earth maupun jalan cerita yang masih menggunakan beberapa tokoh yang sama. Akan tetapi, The Hobbit merupakan cerita sebelum The Lord of The Rings atau lebih tepatnya 60 tahun sebelumnya.

23. Apocalypto

Detik

Film ini mengambil setting tempat di Meksiko, lebih tepatnya di wilayah semenanjung Yucatan. Apocalypto merupakan film yang mengisahkan tentang peradaban bangsa Maya. Para penggemar film pun sepakat jika Apocalypto merupakan salah satu film terbaik karya Mel Gibson. Hal ini dikarenakan penggambaran film ini dianggap banyak memiliki kesamaan dengan kehidupan asli suku Maya kuno, salah satu yaitu bahasanya. Film ini digarap dengan memakai bahasa Maya dengan riset yang cukup panjang.

Apocalypto bercerita tentang Jaguar Paw (Rudy Youngblood) dan keluarganya hidup dengan damai pada tahun 1502. Sayangnya semua itu berubah setelah sukunya mendapatkan serangan dari suku Maya yang dipimpin oleh Zero Wolf. Perjalanan Jaguar Paw dalam menyelamatkan keluarganya sangat wajib untuk kamu tonton sebelum meninggal.

24. Star Wars

IGN

Film kolosal tidak selalu menceritakan tentang masa lalu, Star Wars karangan George Lucas memberikan inovasi bahwa cerita kolosal bisa menggunakan latar belakang masa depan. Star Wars sendiri sebetulnya memiliki cerita yang cukup sederhana, namun bisa disulap dengan sangat luar biasa hingga bisa dikatakan film kolosal terbaik sepanjang masa.

Cerita Star Wars sendiri berawal dari sebuah film tentang pertikaian keluarga Skywalker. Hanya saja, ide cerita tersebut mampu disulap dan dikemas menjadi lebih kompleks karena memasukkan pertempuran antar galaksi.

25. Ben-Hur (2016)

Time

Ben-Hur” (2016) merupakan film remake dari film pendahulunya yang sebelumnya dirilis pada tahun 1959. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul “Ben-Hur: A Tale of the Christ” yang disebut sebagai buku Kristen paling berpengaruh pada abad ke-19. Cerita utama dalam film ini adalah tentang seorang bangsawan Yahudi yang keluarganya dituduh dan dihukum atas percobaan pembunuhan terhadap gubernur Romawi. Akibatnya, Ben-Hur diperbudak oleh orang Romawi dan berusaha membalaskan dendam kepada orang yang telah menuduhnya.

Demikianlah rekomendasi film perang kerajaan yang dapat Sedulur tonton saat ngabuburit maupun ketika sahur. Agar tidak terlalu tegang ketika menonton film perang kerajaan yang banyak adegan ekstrem, Sedulur dapat menyiapkan berbagai camilan dan minuman dijadikan teman sepanjang menonton film. Sedulur dapat membeli aneka camilan, mulai dari yang gurih hingga pedas di Aplikasi Super.

Yuk langsung cobain berbagai macam cemilan lezat yang murah meriah hanya di Aplikasi Super. Apalagi banyak promo menarik yang bisa Sedulur dapatkan, jadi jangan sampai ketinggalan ya!