Film jackie chan

Siapa yang tak kenal dengan Jackie Chan? Dia merupakan aktor yang bisa melakukan semua hal dalam produksi film, atau bisa disebut “one man show” terbaik yang pernah ada. Bahkan, mungkin Sedulur juga sangat familiar dengan film Jackie Chan yang kerap diputar pada era tahun 2000-an.

Jackie Chan sendiri bukan orang sembarangan dalam dunia film. Dia begitu multitalenta lantaran dalam sebuah film dirinya bisa menjadi aktor, sutradara, produser, hingga stuntman sekaligus.

Film-film Jackie Chan sendiri terkenal dengan genre action. Apalagi dirinya juga memang diberkahi dengan kemampuan bela diri dan fisik yang begitu kuat. Tidak heran, sampai sekarang ini sudah ada lebih dari 150 film yang dibintangi Jackie Chan selama karirnya di dunia film.

BACA JUGA: 25+ Film Kerajaan Romawi Terbaik, Wajib Nonton!

-->

Mengenal Jackie Chan

Film jackie chan
Instagram/Jackie Chan

Dilahirkan pada 7 April 1954 di Hong Kong dengan nama Chan Kong Sang yang berarti lahir di Hong Kong. Ia adalah anak dari Charles dan Lee-Lee Chan, pengungsi dari masa Perang Saudara Cina. Orangtuanya bekerja di Kedutaan Perancis di Hong Kong, membuatnya menghabiskan masa kecilnya di lingkungan kediaman kedutaan di daerah distrik Victoria Peak.

Pada tahun 1982, Jackie Chan menikahi Lin Feng-Jiao, seorang aktris Taiwan. Dalam tahun yang sama mereka dikaruniai seorang anak laki-laki, Jaycee Chan. Namun, sebuah skandal di tahun 1999, ia mengakui memiliki seorang anak perempuan dengan pemenang Miss Asia Pageant 1990, Elaine Ng. 

Jackie Chan akhirnya harus berimigrasi ke Canberra, Australia bersama orang tuanya di tahun 1960. Hal ini setelah sang ayah diminta untuk bekerja sebagai kepala koki di kedutaan besar Amerika Serikat.

Selama di Australia, Jackie Chan disekolahkan di China Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking yang dimiliki oleh Master Yu Jim Yuen. Jackie mendapatkan pelatihan bela diri dan akrobat. Film pertamanya adalah Big and Little Wong Tin Bar (1962) di saat masih berumur 8 tahun. 

Beranjak remaja, Jackie menjadi stuntman di film mendiang Bruce Lee, Fist of Fury (1972) dan Enter the Dragon (1973) dengan nama panggung Chen Yuen Long. Walaupun sempat mengalami beberapa kegagalan dalam industri perfilman pada awal-awal karirnya, namun akhirnya namanya mulai terangkat ketika berhasil membintangi film Kung Fu Drunken Master (1978). Drunken Master adalah film Jackie Chan yang membuahkan kesuksesan baginya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Perang Dunia II Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Jackie Chan

Dengan banyaknya judul film yang sudah dibintangi oleh pria kelahiran tahun 1954 itu, tentunya Sedulur bisa kebingungan dan sulit memilih mana film yang terbaik. Nah, agar Sedulur bisa menikmati film-film Jackie Chan dengan nyaman, berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Snake In The Eagle’s Shadow (1978)

Film jackie chan
Prime Video/Snake in The Eagle’s Shadow

Film karya sutradara debutan Yuen Woo-ping ini menampilkan Jackie Chan dalam salah satu performa terbaiknya di awal karier perfilmannya. Bahkan, para pengamat film saat itu menilai Jackie Chan sebagai salah satu aktor pendatang baru terbaik.

Berperan sebagai Chien Fu, dia adalah petugas kebersihan di padepokan silat dimana kemudian dia mempelajari sendiri jurus-jurus dahsyat yang dia kembangkan dari jurus Tinju Ular yang diajarkan oleh seorang kakek tua.

Ternyata ilmunya ini akan membantu menyelamatkan nyawa sang kakek dari pendekar jahat. Film ini dianggap sebagai breakthrough bagi karir Jackie Chan seterusnya, di mana film ini menuai sukses besar dan dianggap berbeda dengan film-film silat sejenis yang diproduksi di masanya.

2. Drunken Master (1978)

Film dengan sutradara dan aktor yang sama yang menyukseskan film Snake in the Eagle’s Shadow [1978], bahkan dengan alur cerita yang nyaris sama, hanya mengusung jurus kung fu yang berbeda, ternyata film ini meraih pendapatan dua kali lipat dibandingkan film sebelumnya yang juga dianggap sukses besar.

Jurus-jurus kung fu bergaya komedi yang ditampilkan di film ini, adalah pondasi bagi Jackie Chan dalam meneruskan trend genre yang melambungkan namanya ini. Film Jackie Chan ini meraup poin tertinggi versi IMDb yakni 7.6.

3. The Young Master (1980)

Film yang seringkali dianggap sebagai film pertama yang disutradarainya ini adalah produksi perdananya bagi Golden Harvest di mana Jackie Chan diberikan keleluasaan dan kreatifitas yang penuh dalam membesut filmnya.

Bahkan untuk soundtrack-nya, dia menyumbang salah satu lagu yang dinyanyikannya sendiri. Film ini mendapat rating 7.1 di IMDb.

4. Project A (1983)

Sedulur mencari film yang mendefinisikan gaya Jackie Chan? Segera masukkan Project A dalam watchlist! Aktor bernama asli Fang Shilong ini memang sudah menggabungkan unsur bela diri dan komedi lewat Drunken Master.

Namun, film inilah yang menginisiasi aksi-aksi akrobat khas Jackie Chan. Aksinya pada film ini bahkan membuahkan penghargaan koreografi terbaik pada ajang Hong Kong Film Awards.

Sebagai informasi, Project A merupakan film kolaborasi pertama dari tiga naga. Film ini sarat dengan adegan aksi berbahaya, tetapi masih dibuat lucu. Kedua unsur tersebutlah yang pada akhirnya banyak dibawa Jackie Chan ke film-film berikutnya. 

Selain disutradarai oleh Jackie Chan, film ini dibintangi oleh trio, Jackie Chan, Sammo Hung dan Yuen Biao ini menggabungkan banyak komedi yang lucu dengan adegan berbahaya yang dilakukan oleh Jackie Chan sendiri. Banyak adegan di film ini terinspirasi dari film-film Buster Keaton dan Harold Lloyd. Film Jackie Chan ini mendapat rating 7.3 IMDb.

5. Wheels on Meals (1984)

Trio Jackie Chan, Sammo Hung dan Yuen Biao kembali bersatu dalam film yang tetap mengusung genre seperti film Project A (1983). Bedanya, film ini disutradarai bukan oleh Jackie Chan, tetapi oleh Sammo Hung.

Adegan humor campur dengan adegan berbahaya ini menjadi bumbu utama film yang syuting di Barcelona dan mendapat rating 7.0 di IMDb. 

6. Police Story (1985)

Film jackie chan
Netflix/Police Story

Menurut Jackie Chan sendiri, film ini adalah film action terbaiknya. Police Story kemudian menghasilkan beberapa sequel lagi dikarenakan kesuksesannya yang mendunia. Tidak hanya di Hong Kong dan Asia Timur saja, tetapi juga mampu menembus pasar Hollywood, setelah sebelumnya beberapa film Jackie Chan yang dirilis di Amerika mengalami kegagalan.

Police Story 2 [1988], Police Story 3: Super Cop [1992] bersama Michelle Yeoh, dan Police Story 4: First Strike [1996] yang menghadirkan lagu ciptaan Jackie Chan dan dinyanyikan pula olehnya, adalah beberapa sequel dari kisah petualangan polisi Hong Kong ini.

Setelah beberapa tahun tidak ada sequel baru, kemudian hadir film New Police Story (2004) sebagai reboot serial ini yang lebih menitikberatkan pada sisi drama dan penceritaannya. Serial ini kemudian dilanjutkan dengan Police Story 2013 (2013) yang merupakan film terpisah di mana Jackie Chan memerankan karakter lain dan tidak melanjutkan karakter di beberapa film Police Story sebelumnya.

Kesan suram dan gelap membedakan film terbaru ini dibandingkan film-film sebelumnya yang lebih bernuansa komedi. Menurut Jackie Chan, film ini adalah film action terbaiknya, yang mendapatkan rating 7.6 versi IMDb.

7. Armour of God (1986)

Sedulur menyukai film-film Indiana Jones? Jika iya, Sedulur tidak akan kesulitan menyukai film ini karena Armour of God memiliki tema yang serupa. Film ini menceritakan petualangan seorang pemburu harta karun di negeri asing. Aksinya lebih didominasi adegan akrobat ketimbang perkelahian. Meski demikian, film ini tetap memiliki porsi aksi komedi.

Armour of God cocok untuk Sedulur yang menggemari film petualangan. Film ini akan membawa Sedulur berpindah latar dengan cepat. Berbagai latar yang ditunjukkan pun terlihat memesona. Sebagai informasi, film ini menghadirkan stunt yang tidak biasa dari Jackie Chan, bahkan semuanya ia lakukan sendiri.

8. Dragons Forever (1988)

Film Jackie Chan ini merupakan film klasik menghibur dengan rating 7.2 dan film terakhir yang menampilkan “three brother”. Mereka berperan sebagai para pengacara yang direkrut oleh sebuah perusahaan kimia yang tak ada etika baik dalam berbisnis.

Namun, klien ini adalah perusahaan Sedulurflase kerajaan narkoba dan mereka harus meluruskan masalah antara mereka dan perusahaan sebelum melaporkan kepada pihak berwajib.

9. Miracles: The Canton Godfather (1989)

Selain menjadi aktor, Jackie Chan juga membuat film dalam jumlah besar di sepanjang hidupnya. Mungkin terlintas pertanyaan dalam kepala Sedulur, film mana yang menjadi favorit Jackie? Jackie Chan sendiri pernah menjawabnya dalam buku autobiografinya yang berjudul Jackie Chan: My Story. Film yang dimaksud adalah Miracles: The Canton Godfather. 

Dalam film ini, Jackie Chan berperan menjadi pemuda desa yang mendapatkan banyak keberuntungan sejak membeli mawar dari wanita tua. Keberuntungan ini membawanya menuju puncak dan didapuk sebagai ketua gangster yang ditakuti.

Masalah kemudian muncul ketika dia berencana membalas kebaikan wanita tua itu, tetapi pada saat bersamaan, para musuh datang mengincarnya. Meski menegangkan, bumbu komedinya ada di mana-mana, lho. 

10. Armour of God II: Operation Condor (1991)

Sequel ini adalah sequel dari film Armour of God (1986), film yang hampir menewaskan Jackie Chan dalam sebuah adegan berbahaya. Film Jackie Chan ini mendekati gaya Indiana Jones dengan kisah yang bersinggungan dengan Nazi dalam petualangannya di Gurun Sahara. Tidak heran jika film ini mendapat rating 7.2 versi IMDb.

BACA JUGA: Urutan Film Rurouni Kenshin Sesuai Kronologi

11. The Legend of Drunken (1994)

Prime Video/The Legend of Drunken Master

Jackie Chan kembali memerankan tokoh pahlawan rakyat Wong Fei-hung, tetapi film Jackie Chan ini bukanlah sequel dari film pertamanya. Film ini mendapat rating 7.6 versi IMDb.

12. Rush Hour (1998)

Rush Hour mendapatkan rating IMDb 7.0 dan film ini yang membuat Jackie Chan di dunia perfilman Hollywood. Ia dipasangkan dengan Chris Tucker sebagai pasangan polisi yang memiliki banyak perbedaan dalam sikap dan budaya. Mereka ditugaskan untuk menangkap penculik anak konsulat China.

Film Jackie Chan ini meraup untuk lebih dari $200 juta di seluruh dunia, lalu dilanjutkan dengan sequel Rush Hour 2 (2001), Rush Hour 3 (2007) dan Rush Hour 4 yang sedang diproduksi.

Jackie Chan menceritakan kehidupan masa mudanya yang kerap berjudi dan menyewa PSK. Yuk intip potretnya saat muda!Jackie Chan menceritakan kehidupan masa mudanya yang kerap berjudi dan menyewa PSK.

13. Who I Am (1998)

Film Jackie Chan ini tentu tidak asing lagi karena memang cukup populer pada masanya. Selain penuh aksi menawan, film ini disuguhi cerita yang menarik yang membuat penonton penasaran. Jackie Chan merupakan anggota satuan unit special force yang bertugas untuk menjemput salah satu ilmuwan yang sedang meneliti kandungan meteorit. 

Misi tersebut berjalan lancar sampai pemimpin kelompok itu berkhianat dan malah menculik sang ilmuwan dan membunuh semua timnya sendiri kecuali Jackie Chan yang akhirnya selamat setelah terjun dari pesawat dan jatuh di wilayah Afrika Selatan.

Jackie Chan yang hilang ingatan dibantu oleh suku lokal Afrika. Mereka sangat senang bisa membantu Jackie Chan, namun Chan mengalami amnesia dan tidak tahu siapa dirinya sendiri dan terus mengatakan ‘Who I A’. 

Ini membuat semua orang di suku tersebut memanggilnya dengan sebutan itu. Selama tinggal bersama suku lokal, Chan terus menerus berusaha untuk mengingat semuanya. Akankah ingatan Chan kembali dan bisa menuntaskan kasus pengkhianatan itu? Film ini mendapat rating 6.8 versi IMDb.

14. Shanghai Noon (2000)

Film ini menceritakan tentang petualangan menarik di mana Jackie Chan harus pergi ke Wild West untuk menyelamatkan putri kerajaan yang telah diculik. Chon Wang (Jackie Chan) merupakan pria kikuk yang menjadi salah satu penjaga istana.

Suatu saat, Putri Pei-Pei diculik ke Amerika Serikat; merasa dirinya gagal dalam menjaga sang putri, Wang mencalonkan diri untuk ikut bergabung dengan kelompok penyelamat putri yang akan berangkat ke Amerika. 

Sial, di sana, dia malah ditinggal oleh regunya sendiri. Kebingungan, Wang bertemu dengan sekelompok bandit kecil yang diketuai oleh Roy O’Bannon (Owen Wilson) yang doyan sekali dengan uang. 

Menggunakan iming-iming hadiah uang, Roy mau membantu Wang untuk pergi mencari dan menyelamatkan Putri Pei-Pei. Aksi Wong dan Roy yang kocak bisa kalian saksikan sepuasnya saat mereka berdua bertarung melawan para penculik Putri Pei-Pei. Walaupun banyak aksi-aksi keren dan menarik di dalam film ini, film Jackie Chan ini mendapat rating 6.6 di IMDb.

15. The Tuxedo (2002)

Film Jackie Chan ini mempunyai plot yang hampir mirip dengan film Kingsman. Menceritakan tentang Jimmy Tong (Jackie Chan) sebagai seorang sopir pribadi Clark Devlin (Jason Isaacs). Clark melarang Jimmy untuk menyentuh tuksedonya.

Pada suatu hari Clark mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya harus menjalani perawatan. Akhirnya semua barang milik Clark berada dalam perlindungan Jimmy, termasuk tuksedo ajaibnya. Namun film ini mendapat rating rendah dibanding film Jackie Chan lainnya versi IMDB 5.4.

16. Around The Worlds In 80 Days (2004)

Film jackie chan
Netflix/Around The Worlds In 80 Days

Mengisahkan tentang Phileas Fogg seorang pemuda terpandang yang super kaya dan lajang, namun belum dikaruniai pasangan. Banyak orang nyinyir dan bahkan membuat taruhan nyeleneh, yaitu mengelilingi dunia dalam waktu 80 hari.

Apabila Fogg menang, ia bisa mendapatkan kehormatan, uang yang banyak dan membungkam semua orang soal statusnya. Menerima tantangan tersebut, Fogg mengajak teman baiknya Passe (Jackie Chan) dan seorang pelayan di rumahnya. Film Jackie Chan ini mendapat rating 6.7 di IMDb.

17. The Karate Kid (2010)

Film yang diperankan Jackie Chan bersama Jaden Smith, putra dari Will Smith ini mengisahkan Dre Parker (Jaden Smith) yang terpaksa pindah dari Amerika ke Beijing. Dre menjadi korban bully di Beijing oleh sekelompok anak yang jago bela diri.

Suatu saat Dre bertemu dengan Han (Jackie Chan), seorang tukang talang yang akhirnya menjadi guru karatenya. Han mengubah sudut pandan Dre untuk menghadapi masalah ini. Film Jackie Chan ini mendapat rating 6.2 di IMDB.

18. The Spy Next Door (2010)

Bob Ho (Jackie Chan) adalah anggota CIA dari Intelijen China yang menyamar sebagai staff di perusahaan manufaktur. Bob berencana menikahi kekasihnya yang sudah memiliki 3 anak dan hidup bahagia setelah berhasil memasukkan teroris dari Rusia bernama Anton Poldark.

Namun, semua berubah ketika Anton berhasil kabur dan meminta anak buahnya membunuh Ho. Malangnya, Gillian, kekasih Ho pergi dan menitipkan ketiga anaknya kepada Ho disaat Ho sedang diincar oleh para anak buah Anton. Film ini mendapat rating 5.4 IMDb.

19. Chinese Zodiac (Cz12) (2012)

Mengisahkan 12 patung perak kepala binatang yang ada di dalam Chinese Zodiac adalah barang langka dengan nilai tinggi yang diincar banyak pihak. MP Corporation selaku pemilik 12 relik itu meminta bantuan Jackie Chan untuk mencari sisanya. Rating versi IMDb adalah 6.0.

20. The Foreigner (2017)

Bercerita tentang Jackie Chan yang berusaha mencari dan memburu para pelaku pemboman terhadap putrinya yang telah meninggal. Film ini mendapat rating 7.0 di IMDb dan terbilang sukses karena meraih pendapatan yang fantastis sekitar $145.4 juta dalam jajaran film box office.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Romantis Spanyol, Penuh Drama Bikin Baper

21. Vanguard (2020)

Film jackie chan
Netflix/Vanguard

Perusahaan jasa layanan keamanan terbesar yang dipimpin oleh Tang Huang Ting (Jackie Chan). Perusahaan ini memiliki banyak klien yang berasal dari kalangan VIP yang menyewa bodyguard untuk menjaga klien beserta keluarganya dari ancaman yang didapat dari saingan bisnis atau orang-orang jahat.

Sayangnya rating film ini adalah rating terendah film dari aktor Hong Kong tersebut karena hanya mendapatkan nilai 4.7 di IMDb.

22. The Knight of Shadows (2019)

Menceritakan tentang seorang pemburu setan legendaris (Jackie Chan) yang berupaya menolong manusia dari serangan para monster dan setan jahat. Film ini mendapat rating 4.9 versi IMDb.

23. Little Big Soldier (2010)

Pertempuran yang seru dan sangat menegangkan demi siapa yang menjadi terbaik. Pertempuran sengit ini menewaskan jutaan orang dalam peperangan tersebut hingga menyisakan hanya dua orang yaitu seorang prajurit dan jendral. Film ini mendapat rating 6.0 di IMDb.

24. Hidden Strike (2023)

Jackie Chan berduet dengan aktor sekaligus pegulat John Cena dalam film ini. Bercerita tentang Luo Feng (Jackie Chan) dan Chris Van Horne (John Cena), dua mantan pasukan khusus yang kini menjadi tentara bayaran yang bertugas menyelamatkan warga sipil kala terjadi serangan di Kota Baghdad, Irak. Film ini mendapat rating 5.8 versi IMDb.

Itulah tadi rekomendasi film Jackie Chan yang harus Sedulur simak. Kalau Sedulur penggemar aktor asal Hong Kong ini, wajib nonton deretan film tadi. Sedulur tidak boleh terlewat untuk mempersiapkan cemilan dan minuman ringan agar suasana nonton film-film Jackie Chan makin seru.

Jangan khawatir karena ada Udalado dan Liven Up yang siap menemani Sedulur menonton rekomendasi film di atas. Sedulur bisa menemukan dengan mudah produk-produk tersebut di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih lengkap dan menarik lainnya, Sedulur bisa mengikuti media sosial Instagram SuperApp.