urutan film rurouni kenshin

Dari beberapa film Rurouni Kenshin yang sudah dirilis, apakah Sedulur sudah tahu urutannya? Jika belum, simak penjelasan mengenai urutan film Rurouni Kenshin berikut!

Bagi Sedulur pecinta anime sejak lama, tentu sudah tidak asing dengan anime dan manga yang berjudul Samurai X, bukan? Ya, anime tersebut memang telah diadaptasi menjadi film live action, dimana saat ini sudah ada seri dari film tersebut.

Rurouni Kenshin live action sendiri merupakan seri film Jepang dengan genre aksi berlatar era Restorasi Meiji. Agar dapat keseluruhan alur cerita seri ini, tentu saja Sedulur perlu mengetahui urutan film Rurouni Kenshin sesuai dengan alur secara kronologis.

BACA JUGA: 45 Rekomendasi Anime Live Action Terbaik dan Terpopuler

-->

Film Live Action Rurouni Kenshin

urutan film rurouni kenshin
Warner Brothers Japan/Rurouni Kenshin

Seperti yang sudah dikatakan, Rurouni Kenshin live action adalah adaptasi dari manga populer Samurai X yang rilis pertama kali pada tahun 1994 silam. Rurouni Kenshin sendiri mengikuti kisah Hitokiri Battosai, sosok ahli pedang yang menjadi pembantai pada era akhir Keshogunan.

Namun di masa setelah perang, dia bersumpah tidak lagi menjadi membunuh dan mengganti namanya menjadi Himura Kenshin. Sampai saat ini, sudah ada 5 seri film Rurouni Kenshin live action. Untuk film yang pertama dirilis pada tahun 2012.

Kemudian pada tahun 2014, film kedua dan ketiga dari Rurouni Kenshin pun dirilis. Tujuh tahun setelah itu, 2 film terakhir yang bertajuk The Beginning dan The Final, rilis pada 2021. Kedua film tersebut meraih kesuksesan di box office lokal serta pada pekan pertama menempati posisi dua teratas.

Kelima film tersebut dibintangi oleh Takeru Satoh sebagai Himura Kenshin. Selain Takeru, di balik kesuksesan dari 5 film Rurouni Kenshin tersebut, juga ada peran dari Keishi Otomo selaku sutradara.

BACA JUGA: 30+ Rekomendasi Drakor Action Terbaik dengan Rating Tinggi

Urutan Film Rurouni Kenshin

Nah, supaya Sedulur bisa lebih mudah dalam mengikuti alur cerita dari Rurouni Kenshin, maka lebih baik menyaksikan kelima film live action Samurai X tersebut berdasarkan pada kronologi alur cerita. Terlebih, jika Sedulur belum pernah menonton versi manga maupun anime dari Samurai X.

Untuk itu, langsung saja berikut ini urutan film Rurouni Kenshin berdasarkan pada kronologi waktu dan juga alur cerita lengkap dengan sinopsis singkatnya!

1. Rurouni Kenshin: The Beginning (2012)

Netflix/Rurouni Kenshin

Walaupun dirilis terakhir, namun Rurouni Kenshin: The Beginning adalah prekuel dari serial film live-action Rurouni Kenshin lainnya. Film ini menceritakan kisah awal dari Kenshin Himura, samurai legendaris yang dikenal sebagai Battosai Si Pembantai, yang mencari kehidupan damai setelah masa perang.

Kisah dimulai pada era Meiji, di mana Kenshin Himura, yang sebelumnya dikenal sebagai Battosai Si Pembantai, berjuang untuk menemukan makna hidupnya pasca-perang. Dia ditemani oleh wanita yang ia cintai, Tomoe Yukishiro, yang kehadirannya memberinya kedamaian yang lama hilang.

Namun, masa lalu Kenshin yang kelam mulai mengejarnya ketika dia terlibat dalam konflik antara pemerintah baru dan para pemberontak. Kisah cinta Kenshin dan Tomoe tumbuh di tengah-tengah pertempuran dan konspirasi politik yang merajalela.

Namun, perjalanan mereka penuh dengan ketegangan dan rasa bersalah yang mendalam, karena Kenshin terus dihantui oleh dosa-dosanya sebagai Battosai Si Pembantai. Konflik pun mencapai puncaknya ketika Kenshin terlibat dalam pertempuran yang berujung pada tragedi yang mengubah hidupnya selamanya.

2. Rurouni Kenshin Origins (2012)

Urutan film Rurouni Kenshin berikutnya adalah Rurouni Origins. Film ini mengisahkan Kenshin Himura selama era Restorasi Meiji di Jepang. Setelah mengakhiri masa perang yang menghancurkan, Kenshin berjanji untuk tidak pernah lagi membunuh.

Dia juga memutuskan untuk hidup sebagai pembebasan dengan sakabatou. Kenshin bertemu dengan Kaoru Kamiya, seorang pemilik dojo yang percaya pada keadilan, dan berjanji untuk melindunginya dari musuh-musuhnya.

Namun, masa lalunya yang kelam mulai mengejarnya ketika musuh-musuh lama datang untuk membalas dendam. Kenshin harus menghadapi masa lalunya dan menemukan arti sejati dari kekuatan dan juga keadilan yang sebenarnya.

3. Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014)

urutan film rurouni kenshin
Netflix/Rurouni Kenshin

Setelah peristiwa di Rurouni Kenshin: Origins, Kenshin Himura hidup dalam damai di dojo Kaoru Kamiya. Namun, masa lalunya yang kelam kembali menghantuinya ketika Shishio Makoto, seorang pembantai yang ditinggalkan untuk mati oleh pemerintah, bangkit untuk membalas dendam.

Shishio mengumpulkan sekutunya dan memulai rencana jahat untuk menggulingkan pemerintah dan memulai revolusi. Kenshin yang telah meninggalkan masa lalunya sebagai pembunuh, merasa bertanggung jawab untuk menghentikan Shishio dan mencegah bencana yang akan terjadi.

Dia meninggalkan Kaoru dan dojo untuk menemui musuh-musuhnya. Dalam perjalanan itu, dia bertemu dengan teman-teman lama dan baru yang membantunya dalam pertempuran melawan kejahatan.

Pertarungan antara Kenshin dan Shishio serta sekutunya, menjadi semakin panas dan intens. Kenshin harus menggunakan semua keterampilan pedangnya dan menghadapi rintangan yang tak terduga jika dia ingin mengalahkan Shishio dan menyelamatkan Jepang dari kehancuran yang akan datang.

4. Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)

Kenshin Himura masih terlibat dalam pertarungan sengit melawan Shishio Makoto, pembantai yang telah bangkit untuk membalas dendam dan menggulingkan pemerintah. Kenshin berjuang untuk melindungi Jepang dan menghentikan ambisi jahat Shishio.

Di samping itu, dia juga harus menghadapi rintangan yang semakin besar dan musuh yang semakin kuat. Kenshin menyadari bahwa dia harus menemukan kekuatan sejati di dalam dirinya untuk mengalahkan Shishio, dan dia tidak bisa melakukannya sendirian.

Dengan bantuan teman-temannya, termasuk Sanosuke Sagara, Yahiko Myojin, dan Misao Makimachi, Kenshin melanjutkan perjalanannya untuk menyelesaikan konflik yang telah berkecamuk selama bertahun-tahun. Pertempuran akhir antara Kenshin dan Shishio menjadi sangat intens dan epik.

Kedua samurai ini menggunakan segala keterampilan mereka dalam pertarungan terakhir yang menentukan nasib Jepang. Di tengah-tengah kekacauan dan keputusasaan, Kenshin harus menemukan cara untuk mengalahkan musuhnya dan mewujudkan impian damai yang selama ini diinginkannya.

5. Rurouni Kenshin: The Final (2021)

urutan film rurouni kenshin
Netflix/Rurouni Kenshin

Urutan film Rurouni Kenshin yang terakhir adalah Rurouni Kenshin: The Final. Dalam seri ini, Kenshin Himura telah hidup dalam damai selama beberapa tahun sejak pertempuran terakhirnya melawan Shishio Makoto.

Namun, masa lalunya yang kelam kembali menghantuinya ketika Enishi Yukishiro, saudara dari wanita yang pernah Kenshin cintai, Tomoe Yukishiro muncul dengan rencana balas dendam yang mematikan.

Enishi bertekad untuk membuat Kenshin menderita sebanyak mungkin sebelum membunuhnya, sehingga dia menculik Kaoru Kamiya, wanita yang menjadi cinta sejati Kenshin. Kenshin pun terpaksa kembali ke dunia gelapnya untuk melawan Enishi dan menyelamatkan Kaoru.

Dengan bantuan teman-temannya, Kenshin memulai perjalanan terakhirnya untuk menghadapi musuh lamanya. Pertarungan antara Kenshin dan Enishi menjadi semakin intens dan penuh dengan emosi, karena keduanya saling menghadapi masa lalu yang menyakitkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai urutan film Rurouni Kenshin dan juga sinopsis singkatnya. Urutan nonton yang ada di atas, memang tidak terpaku pada waktu perilisan film. Melainkan menyesuaikan alur kronologi atau jalan cerita yang ada pada seri live action tersebut.

Jadi jika Sedulur berniat untuk menonton Rurouni Kenshin versi live action dari awal perjalan Kenshin Himura, jangan lupa untuk mengingat urutan nonton yang sudah dijelaskan, ya!