film perang dunia 2

Film dengan genre war atau peperangan memang terasa sangat menegangkan, bahkan sampai membuat orang-orang bisa menangis sesegukan. Selain itu, film perang dunia 2 tentu masih menjadi primadona yang layak untuk ditonton sekaligus bernostalgia dengan masa-masa suram.

Seperti yang telah diketahui, perang dunia 2 sendiri membuat hampir semua negara terkena imbasnya. Perang yang terjadi di daratan Eropa hingga ke Asia Pasifik ini, mempunyai sejarah kelam yang bahkan menelan korban jutaan sampai jiwa.

Menariknya, peristiwa yang tak pernah lepas dari kesengsaraan dan kengerian ini, telah banyak diadaptasi menjadi film layar lebar. Oleh sebab itu, berikut ini ada daftar film perang dunia 2 yang sangat menarik untuk Sedulur saksikan!

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Film Badut Psikopat Terbaik, Bikin Merinding!

-->

1. Saving Private Ryan (1998)

film perang dunia 2
Netflix/Saving Private Ryan

Saving Private Ryan adalah film perang dunia 2 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan dibintangi oleh Tom Hanks, Matt Damon, dan Tom Sizemore. Film ini mengikuti Kapten John Miller (Tom Hanks) dan pasukannya dari Divisi Infanteri ke-2 Amerika Serikat.

Dia memiliki diberi misi untuk menemukan dan menyelamatkan James Ryan (Matt Damon), seorang prajurit Amerika yang diperintahkan untuk pulang setelah ketiga saudaranya tewas dalam pertempuran Perang dunia 2.

Selama pencarian mereka di medan perang Eropa, pasukan ini menghadapi berbagai rintangan dan tantangan moral, sambil mengungkapkan kebrutalan dan ketegangan dari perang.

2. Schindler’s List (1993)

Disutradarai oleh Steven Spielberg dan dibintangi oleh Liam Neeson, Ben Kingsley, dan Ralph Fiennes, Schindler’s List mengisahkan kisah nyata Oskar Schindler (Liam Neeson), seorang pengusaha Jerman yang awalnya memanfaatkan pekerja murah Yahudi selama Perang dunia 2.

Namun, saat dia menyaksikan kekejaman Holocaust, Schindler berubah menjadi seorang pahlawan yang menyelamatkan lebih dari 1.100 orang Yahudi dengan mempekerjakan mereka di pabriknya.

Ya, film yang satu ini menyoroti kebaikan manusia di tengah-tengah kejahatan perang, serta perjuangan individu melawan kejahatan dan intoleransi.

3. The Pianist (2002)

The Pianist merupakan film perang dunia 2 yang ceritanya didasarkan pada memoar nyata Władysław Szpilman, seorang pianis Yahudi Polandia, yang mengalami kisah nyata bertahan hidup selama pendudukan Nazi di Warsawa selama Perang dunia 2.

Szpilman (Brody) menyaksikan kehancuran kota dan penindasan Yahudi oleh Nazi. Dia berjuang untuk bertahan hidup dan terus bersembunyi dari pasukan Nazi yang menguasai kota. Film ini menggambarkan ketegangan, ketakutan, dan perjuangan individu untuk bertahan hidup di tengah-tengah kekacauan perang.

4. Dunkirk (2017)

Dunkirk, film perang dunia 2 yang disutradarai oleh Christopher Nolan, merupakan sebuah film yang menggambarkan peristiwa evakuasi besar-besaran Sekutu dari pantai Dunkirk, Prancis, selama perang dunia 2 berlangsung.

Film ini berfokus pada tiga cerita yang berbeda, yakni pertempuran yang terjadi di wilayah darat, laut, dan tentu saja udara.

Dengan menggabungkan sudut pandang para prajurit yang terlibat dalam evakuasi, film ini menghadirkan gambaran yang realistis dan intens dari pertempuran dan keputusasaan yang dialami oleh pasukan Sekutu saat mereka mencoba untuk lolos dari serangan Jerman yang mengepung mereka.

5. Fury (2014)

Fury adalah film karya David Ayer dan dibintangi oleh Brad Pitt, Shia LaBeouf, dan Logan Lerman. Film ini bercerita tentang kru tank Sherman Amerika yang bertugas di Eropa selama Perang dunia 2.

Dipimpin oleh Don ‘Wardaddy’ Collier (Brad Pitt), kru tank ini berjuang melalui medan perang yang berbahaya di Prancis dan Jerman, menghadapi tantangan dan ketakutan yang luar biasa.

Ketika mereka menerima misi yang tampaknya mustahil, kru tank Fury harus bertahan hidup dan bekerja sama untuk menghadapinya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Perang Vietnam Terbaik dan Paling Seru

6. Hacksaw Ridge (2016)

film perang dunia 2
Netflix/Hacksaw Ridge

Hacksaw Ridge adalah film perang dunia 2 yang disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield, Sam Worthington, dan Vince Vaughn.

Film satu ini mengisahkan kisah nyata Desmond Doss (Andrew Garfield), seorang Objektor Kepentingan Konsientius yang bertugas sebagai petugas medis di Front Pasifik tanpa membawa senjata selama Pertempuran Okinawa selama Perang dunia 2.

Meskipun dihadapkan pada tekanan dari rekan-rekannya dan perwira militer, Doss menunjukkan keberanian dan tekad yang luar biasa dalam menyelamatkan lebih dari 75 nyawa.

Selain itu, dia juga menjadi orang pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menerima Medal of Honor tanpa pernah menembakkan sebuah tembakan.

7. Letters from Iwo Jima (2006)

Rekomendasi film perang dunia 2 yang berikutnya adalah Letters from Iwo Jima. Film yang satu ini disutradarai oleh Clint Eastwood dan memberikan sudut pandang yang jarang terlihat dari Pertempuran Iwo Jima selama Perang dunia 2.

Selain itu, Letters from Iwo Jima juga diceritakan melalui perspektif pasukan Jepang yang bertahan di pulau tersebut.

Film ini mengikuti perjalanan sekelompok prajurit Jepang yang harus menghadapi keputusasaan, ketidakpastian, dan konflik internal mereka sendiri saat mereka menghadapi serangan mendebarkan dari pasukan Amerika Serikat.

Melalui surat-surat dan pemikiran dalam hati mereka, kita menyaksikan perjuangan manusiawi mereka untuk bertahan hidup dan menghadapi kenyataan kebrutalan perang.

8. Enemy at the Gates (2001)

Enemy at the Gates mengisahkan tentang pertarungan sniper legendaris yang terjadi selama Pertempuran Stalingrad pada Perang dunia 2. Film ini mengikuti kisah Vasily Zaitsev (Jude Law), seorang penembak jitu Soviet yang legendaris.

Dia menjadi sosok pahlawan nasional karena keberhasilannya dalam membunuh banyak tentara Jerman. Namun, keberadaannya menarik perhatian Major Erwin König (Ed Harris), seorang penembak jitu Jerman yang ditugaskan untuk membunuhnya.

Pertarungan yang terjadi di antara kedua sniper ini menambah ketegangan dramatis dalam suasana perang yang mematikan di Stalingrad.

9. The Thin Red Line (1998)

The Thin Red Line adalah sebuah film perang dunia 2 yang disutradarai oleh Terrence Malick dan berdasarkan novel karya James Jones. Film ini mengisahkan peristiwa Pertempuran Guadalcanal selama Perang dunia 2.

Dalam pertempuran sengit antara pasukan Amerika Serikat dan Jepang di pulau Pasifik, kita mengikuti perjalanan sekelompok prajurit Amerika yang dihadapkan pada ketegangan, ketakutan, dan refleksi filosofis tentang sifat kehidupan, keberadaan, dan kekerasan manusia dalam perang.

10. Pearl Harbor (2001)

Selanjutnya ada Pearl Harbor yang disutradarai oleh Michael Bay dan dibintangi oleh Ben Affleck, Josh Hartnett, dan Kate Beckinsale. Sesuai dengan judulnya, film yang satu ini menggambarkan serangan Jepang ke Pangkalan Angkatan Laut AS di Pearl Harbor, Hawaii, pada tanggal 7 Desember 1941.

Peristiwa tersebut menarik Amerika Serikat untuk terlibat dalam Perang dunia 2. Kisah cinta segitiga antara dua pilot Amerika (Ben Affleck dan Josh Hartnett) dan seorang perawat (Kate Beckinsale) menjadi pusat cerita dalam latar belakang serangan bersejarah yang mengubah sejarah dunia.

BACA JUGA: 25+ Film Kerajaan Romawi Terbaik, Wajib Nonton!

11. The Great Escape (1963)

Apple TV/The Great Escape

The Great Escape adalah film karya John Sturges yang dibintangi oleh Steve McQueen, James Garner, dan Richard Attenborough. Film perang dunia 2 ini diambil berdasarkan pada kisah nyata tentang “Pengekspedisian Besar” (The Great Escape).

Dalam peristiwa tersebut, terdapat lebih dari 600 tawanan perang Sekutu berusaha melarikan diri dari kamp tawanan Stalag Luft III yang dijaga ketat oleh Jerman selama Perang dunia 2.

Dengan menyusun rencana yang canggih dan melibatkan berbagai keterampilan, para tawanan perang bekerja sama untuk merencanakan pelarian besar-besaran yang penuh risiko.

12. Das Boot (1981)

Untuk rekomendasi film perang dunia 2 yang terakhir adalah Das Boot. Das Boot merupakan film yang disutradarai oleh Wolfgang Petersen dan berdasarkan novel karya Lothar-Günther Buchheim.

Film ini mengikuti kru sebuah kapal selam U-Boot Jerman, U-96, saat mereka melakukan misi berbahaya di Atlantik Utara selama perang dunia 2.

Dalam kondisi yang penuh tekanan dan ketegangan, kru kapal selam tersebut menghadapi ancaman yang terus meningkat dari pasukan Sekutu, serta tekanan dan ketakutan yang muncul dari kehidupan di bawah laut dalam kapal selam yang sempit.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film perang dunia 2 yang bisa Sedulur saksikan. Film-film tentang perang dunia 2 sering kali menarik perhatian penonton karena mereka mengangkat kisah-kisah nyata yang penuh dengan drama, keberanian, dan konflik manusia.

Perang dunia 2 memang menjadi periode sejarah yang sangat penting dan mempengaruhi dunia secara luas, dan film-film yang mengambil setting di era tersebut seringkali menggambarkan berbagai aspek dari pengalaman perang, baik dari perspektif tentara, warga sipil, maupun pemimpin politik.

Ketika menonton film perang seperti di atas, tentu Sedulur tidak boleh terlewat untuk mempersiapkan cemilan dan minuman ringan agar suasana nonton makin seru. Jangan khawatir karena ada Udalado dan Liven Up yang siap menemani Sedulur menonton rekomendasi film di atas. Sedulur bisa menemukan dengan mudah produk-produk tersebut di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih lengkap dan menarik lainnya, Sedulur bisa mengikuti media sosial Instagram SuperApp.