film horor thailand

Film horor Thailand tak kalah dengan serial horor dari Hollywood dan beberapa negara lainnya. Bahkan, untuk kawasan Asia, film horor Thailand memang juaranya. Kentalnya nilai budaya yang bersinggungan dengan hal mistis membuat negara-negara di Benua ini sukses menghadirkan kisah-kisah menyeramkan.

Thailand adalah salah satu negara yang memiliki banyak kisah horor yang diangkat menjadi film. Bahkan, berbagai kisah mistis dari Negeri Gajah Putih ini memberikan inspirasi kepada para sineas dari negara-negara lain untuk menghasilkan film horor yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Tak hanya itu, para sineas Thailand juga dapat mencampurkan kisah horor dengan komedi yang tentunya membuat perasaan penonton campur aduk. Hal ini membuat kisah horor Thailand dianggap unik dan otentik. Namun, disisi lain juga dikenal karena film horornya yang tidak kalah menyeramkan dan bikin bulu kuduk berdiri. Berikut ini rekomendasi film horor Thailand yang harus kamu tonton!

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Film Badut Psikopat Terbaik, Bikin Merinding!

-->

1. The Ghost of Mae Nak (2005)

film horor thailand
Netflix/The Ghost of Mae Nak

The Ghost of Mae Nak adalah film horor Thailand tahun 2005 yang berkisah tentang legenda Thailand kuno. Cerita ini telah diangkat ke dalam buku, acara TV, dan film. Menurut cerita rakyat Thailand, seorang wanita hamil cantik bernama Nak meninggal saat melahirkan saat menunggu suaminya, Mak, pulang dari perang.

Sekembalinya, Mak menemukan istri dan anaknya menunggunya, tetapi para tetangganya mencoba untuk memberitahu bahwa istrinya sudah meninggal dan menjadi hantu. Akhirnya, Mak menyadari istrinya adalah hantu dan berusaha melarikan diri.

Tidak seperti dalam cerita ulang lainnya, Ghost of Mae Nak memiliki sentuhan modern yang menyegarkan, tetapi elemen tertentu dari kisah terkenal tersebut tetap sama.

2. Ghost Game (2006)

Film horor Thailand ini bercerita tentang sebuah reality show horor yang dikenal sebagai The Death Camp diselenggarakan di museum perang. Dao, salah satu kontestan, telah bergabung dengan permainan dengan harapan memenangkan 5 juta baht untuk ibunya.

Saat permainan berlangsung, dia dicurigai sebagai salah satu pengontrol permainan, sampai semuanya mulai menjadi kacau. Semua orang mulai melihat roh berkeliaran, dan mereka harus mencoba yang terbaik untuk melarikan diri dari permainan.

3. Alone (2007)

Alone adalah film horor Thailand yang dirilis pada tahun 2007 lalu. Film ini bercerita tentang Pim, seorang gadis muda yang baru-baru ini pindah ke Korea untuk menghindari rasa bersalah karena menjadi satu-satunya yang selamat setelah operasi pemisahan dengan saudara kembarnya.

Ketika dia kembali ke Thailand untuk mengunjungi ibunya yang sekarat. Di sana, ia dihantui oleh roh saudara perempuannya yang marah.  Uniknya, kedua gadis ini punya kepribadian yang berbeda.

Pim penuh kasih dan periang, sementara Ploy tampak dingin dan acuh. Suatu hari, mereka jatuh hati pada pria yang sama, Wee. Sayangnya, pria ini menyukai Pim. Ploy yang iri dan dipenuhi amarah terus menolak setiap Pim mau pergi dengan Wee.

Singkat cerita, perseteruan ini jadi awal tindakan operasi pemisahan keduanya. Ploy meninggal di operasi tersebut, namun arwahnya selalu bersama Pim. Selain menyajikan kisah menyeramkan, film ini juga memiliki akhir cerita yang tidak mudah untuk ditebak.

4. The Screen At Kamchanod (2007)

Film horor Thailand ini diangkat dari legenda urban yang ada di Hutan Kamchanod kehidupan nyata. Masyarakat sekitar mengatakan bahwa hutan ini dulu tempat pemutaran film di luar ruangan sampai hal-hal supernatural mulai terjadi.

Film ini mengambil inspirasi dari legenda dan mengikuti Yuth, seorang dokter muda yang sangat suka dengan dunia supranatural.

Dia memutuskan untuk menjelajahi Hutan Kamchanod bersama sekelompok temannya, tetapi mereka menemukan diri mereka dalam masalah saat menyadari bahwa mereka sedang berada di hadapan roh.

5. Coming Soon (2008)

Coming Soon’ adalah film horor yang mengambil perspektif berbeda. Film menceritakan tentang seorang proyektor muda, Chen, memutuskan untuk secara tidak sah merekam film horor terbaru.

Setelah tertidur selama pemutaran film, dia terbangun dan menyadari bahwa rekan konspiratornya telah hilang dan meninggalkan kamera. Tiba-tiba, kisah film horor yang mereka tonton di bioskop mulai terjadi kepada mereka dalam kehidupan nyata.

Film ini juga bercerita tentang pembuatan film bertema seram yang diadaptasi mitos masyarakat. Di mana dalam syuting film tersebut terdapat adegan wanita yang pura-pura tercekik dan tergantung. Nahas, pengamanannya tidak berjalan dengan baik dan membuat wanita itu tewas mengenaskan.

Anehnya, kru film malah menjadikannya sebagai adegan yang ditampilkan. Akhirnya, arwah wanita itu marah dan satu per satu membunuh kru film. Bahkan, semua penonton diceritakan juga tak luput dari sasaran hantu tersebut dan membunuhnya. Film horor Thailand merupakan salah satu yang terbaik dan layak untuk disaksikan. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik

6. Phobia (See Phraeng) (2008)

film horor thailand
Netflix/Phobia

Frasa See Phraeng secara kasar diterjemahkan menjadi persimpangan yang menghubungkan empat jalan utama menjadi titik pusat, tetapi dalam film ini merujuk pada antologi cerita horor pendek yang berbeda.

Film horor Thailand ini menceritakan tentang empat kisah menyeramkan, yaitu Lonely, Death Order, Middle Person, Flight 224. Setiap cerita menampilkan karakter yang berbeda, masing-masing memiliki plot berbeda untuk membuat penonton ketakutan.

7. Meat Grinder (2009)

Sesuai dengan judulnya, film horor Thailand ini tidak cocok untuk Moms yang mudah terkejut. Film ini sangat cocok untuk pecinta film thriller seperti Saw dan Hostel. Hampir sepanjang film akan disuguhkan dengan adegan-adegan sadis yang berlumuran darah. Karena hal tersebut, film ini menuai kontroversi saat perilisan pertamanya.

Meat Grinder bercerita tentang seorang wanita muda yang mengalami gangguan jiwa dan membuka warung kue dengan bahan utama daging manusia. Karena tidak ada yang mengetahui, banyak sekali pelanggan yang hadir di tempat makannya itu.

8. Ladda Land (2011)

Bagi kamu yang suka dengan drama horor keluarga, Ladda Land cocok untuk ditonton. Kisahnya adalah sebuah keluarga yang pindah ke Chiang Mai dari Bangkok. Namun, rumah barunya menjadi sarang hantu dan mereka mengalami kisah-kisah menyeramkan. Ditambah lagi hantu-hantu yang bergentayangan setiap harinya.

Tak hanya itu saja, hantu-hantu inilah yang membuat hubungan rumah tangga di keluarga ini menjadi retak. Sehingga satu dengan yang lain mengalami perselisihan. Selain horor, Ladda Land juga menceritakan tentang pasang surut hubungan keluarga. Inilah yang membuatnya banyak meraih penghargaan internasional.

Tidak seperti beberapa film horor Thailand lainnya, Ladda Land merupakan film pembuka di di Festival Film Internasional Busan ke-17. Film horor yang meraih banyak penghargaan ini bercerita tentang keluarga kaya yang pindah ke Ladda Land, sebuah pengembangan perumahan kelas atas di pinggiran kota Bangkok.

Sayangnya bagi para penghuni baru, Ladda Land hanyalah sebuah komunitas yang terjaga keamanannya dari energi gelap dan kejadian-kejadian paranormal yang menakutkan. Dan membuat para penghuninya berada di ambang kegilaan.

9. Long Weekend (2013)

Long Weekend adalah film horor Thailand tentang seorang anak laki-laki bernama Thongsook yang dikucilkan di sekolah. Ia hanya memiliki satu orang teman yang setia bernama Nam.

Tanpa sepengetahuan teman-teman Nam yang lain, Thongsook adalah seorang cenayang. Ia merasa tersinggung ketika teman-teman Nam merencanakan liburan tanpa dia. Setelah lelucon yang tidak masuk akal itu, roh jahat dan hantu dilepaskan pada malam kedua “akhir pekan panjang”, yang juga terjadi pada hari Jumat tanggal 13.

10. Pee Mak (2013)

Film horor Thailand yang berjudul Pee Mak ini merupakan film Thailand viral pada masanya. Setelah sukses dengan filmnya yang berjudul A Little Thing Called Love, Mario Maurer kembali berperan dalam film Thailand horor komedi bersama Davika Hoorne. Film Pee Mak merupakan adaptasi dari cerita rakyat legendaris Thailand berjudul Mae Nak Phra Nakong. 

Ini menceritakan tentang Mak (Mario Maurer) yang baru saja kembali dari perang, dan mendapati istrinya yang cantik telah meninggal dunia. Meski telah meninggal, istri Mak tersebut masih berkeliaran sebagai hantu di rumah mereka. Walau film ini memiliki genre horor, namun sebagian cuplikan dalam film juga dihadirkan aksi-aksi lucu dari pada aktornya.

BACA JUGA: 18 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Yakin Berani Nonton?

11. The Eyes Diary (2014)

Netflix/The Eyes Dairy

The Eyes Diary adalah film horor Thailand yang diangkat dari komik dengan judul yang sama. Bercerita tentang kisah cinta tragis seorang pemuda, Nott, yang kehilangan pacarnya dalam kecelakaan sepeda motor yang mengerikan, tapi itu belum berakhir.

Film ini mengikuti Nott saat dia menjadi sukarelawan untuk mengambil mayat dari bangkai kapal dan menyimpan souvenir dari mayat yang ditemukan. Hal tersebut dengan harapan dia akan dapat berbicara dengan orang mati dan melihat pacarnya sekali lagi.

Namun, berkomunikasi dengan orang mati bukanlah hal yang mudah. Perasaan ketakutan dan hantu akhirnya muncul untuk menciptakan film thriller ini lebih menegangkan.

12. The Promise (2017)

Selanjutnya adalah The Promise yang dirilis tahun 2017 lalu. Kisahnya mengenai dua orang sahabat bernama Boum dan Ib yang memiliki keluarga sama-sama kaya. Bahkan, kedua keluarga sahabat ini sudah lama bekerjasama dalam urusan bisnis. Sayang, tahun 1997 saat Thailand dilanda krisis mereka pun bangkrut.

Ib dan Boum pun tidak tahan dengan keadaan dan berencana bunuh diri bersama di sebuah gedung kosong. Akan tetapi, setelah Ib meninggal Boum tidak jadi melakukan aksinya dan justru kabur.

Sepanjang tahun Ib pun menagih janji Boum hingga berdampak pada putrinya. Boum pun berusaha mencari cara untuk menyelamatkan sang buah hati yang dikejar oleh arwah Ib yang berusaha membunuhnya.

The Promise adalah film horor Thailand 2017 yang membuat heboh setelah dirilis. Bahkan The Promise masuk dalam daftar film lokal terlaris keempat tahun ini dan memenangkan Penghargaan Film Nasional Suphannahong ke-27 untuk Efek Visual Terbaik.

13. Krasue: Inhuman Kiss (2019)

Krasue merupakan sebutan bagi hantu terkenal di Thailand. Jika Indonesia memiliki Kuyang, maka Krause adalah Kuyang versi Thailand. Film ini mengisahkan cerita seorang wanita bernama Sai. Sehari-harinya, Sai bekerja di pelayanan kesehatan di sebuah desa terpencil. Namun, ia harus menelan kenyataan pahit karena dirasuki oleh Krasue.

14. The Medium (2021) 

Film The Medium bisa jadi rekomendasi film horor Thailand untuk ditonton bersama keluarga di rumah. Film The Medium bercerita tentang dunia perdukunan. Dukun merupakan perantara dunia manusia dengan dunia gaib.

Selain berkomunikasi dengan makhluk dari alam gaib, dukun juga memiliki kemampuan khusus seperti menyembuhkan penyakit dan mengusir roh jahat. Dikisahkan bahwa terdapat dukun kondang bernama Nim. Nim memiliki keponakan bernama Mink.

Berbeda dengan Nim, Mink justru tidak percaya akan hal-hal mistis. Namun, pada suatu hari Mink menunjukkan gelagat aneh. Ia diyakini akan mewarisi kemampuan turun temurun yang dimiliki oleh Nim. Bagaimana kisah Mink selanjutnya ya? 

15. Ghost Lab (2021)

Rekomendasi film horor Thailand berikutnya adalah Ghost Lab. Ghost Lab merupakan film horor yang marak diperbincangkan tahun lalu. Film ini mengisahkan cerita horor antara dua sahabat yang berprofesi sebagai dokter. Dua sahabat tersebut bernama Wee dan Gla.

Cerita horor dimulai saat keduanya penasaran dengan kehidupan setelah kematian. Wee merupakan tipe orang yang mengaitkan segala sesuatu dengan sains, sedangkan Gla merupakan seseorang yang percaya akan hal-hal mistis.

Keduanya sangat penasaran untuk melangsungkan penelitian terkait adanya keberadaan hantu dan kehidupan setelah kematian. Namun, aksi tersebut justru menjadi bumerang bagi mereka. Akibatnya mereka dan juga orang-orang di sekitar mereka harus menghadapi risiko yang ditimbulkan dari penelitian tersebut. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Drama Korea Horor Terbaru, Bikin Merinding!

16. Daeng Phra Khanong (2022)

film horor thailand
Netflix/Daeng Phra Khanong

Rekomendasi film horor terbaru pertama adalah Daeng Phra Khanong. Diceritakan dalam film Pee Mak (2013), ada kisah cinta antara manusia dengan hantu yang bernama Mae Nak. Dari hubungan tersebut lahirlah seorang anak bernama Daeng.

Anak tersebut kemudian menjadi hantu cilik. Pada awalnya hantu cilik tersebut hidup dengan damai di tengah masyarakat desa. Seiring waktu berjalan, desa tersebut mendapatkan berbagai teror dari hantu cilik.

17. Cracked (2022)

Rekomendasi film horor Thailand berikutnya adalah Cracked. Cracked merupakan film horor yang digarap oleh empat negara di Asia yakni Korea Selatan, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Film ini dibintangi oleh idol K-pop yang bernama Nichkhun dari 2PM.

Film ini bercerita tentang seorang ibu bernama Ruja yang hendak menjual lukisan untuk biaya operasi mata anaknya, Rachel. Namun, lukisan tersebut memancarkan aura aneh yang menyebabkan Ruja dan Rachel kerap kali mendapatkan gangguan. Berhasilkah mereka mengungkapkan misteri di balik lukisan tersebut? 

18. Pee Nak 3 (2022) 

Film Pee Nak 3 merupakan sekuel dari film Pee Nak 1 dan Pee Nak 2. Film ini bercerita tentang seorang tukang kubur yang bernama Peace Aod yang tidak sengaja menemukan gelang emas kuno dari kuburan dan memutuskan untuk menyimpan gelang tersebut. 

Namun, siapa sangka gelang itu ternyata membawa malapetaka baginya. Belakangan, ia mendapatkan seperti kutukan dari gelang tersebut. Akhirnya, Aod dan teman-temannya pun mencari obat untuk menangkal kutukan gelang. Dengan berbekal petunjuk yang mereka temukan, mereka berburu obat sambil mengejar waktu dan keselamatan Peace Aod.

Itulah tadi deretan film horor Thailand yang patut kamu simak. Industri perfilman Thailand sudah lama dikenal sebagai salah satu penghasil genre horor andal. Selain film, Thailand juga telah menelurkan beberapa serial atau drama horor yang tak kalah populer.

Tak hanya seram, drama-drama Thailand horor ini juga dibintangi aktor dan aktris menawan yang lagi naik daun. Film horor Thailand punya ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari film dari negara lainnya.

Tak sekadar menampilkan hantu-hantu yang menakutkan, film horor asal Negeri Gajah Putih ini juga lekat mengangkat unsur mistis dan budaya lokal. Sebagai penggemar film horor, tentu film Thailand menjadi salah satu yang diincar karena sudah dikenal dengan begitu seram dengan jumpscare jempolan.

Biar suasana nonton makin seru, tentu Sedulur tidak boleh terlewat untuk mempersiapkan cemilan dan minuman ringan di rumah. Jangan khawatir karena ada Udalado dan Liven Up yang siap menemani Sedulur menonton rekomendasi film seram di atas.

Sedulur bisa menemukan dengan mudah produk-produk tersebut di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih lengkap dan menarik lainnya, Sedulur bisa mengikuti media sosial Instagram SuperApp.