drama korea horor

Drama Korea tak hanya menyajikan kisah cinta yang penuh unsur romantis dan mengharukan saja. Beberapa tahun belakangan ini, drama Korea horor sudah mulai banyak bermunculan dan memberikan warna berbeda pada perfilman di dunia.

Kemunculan banyak drama Korea horor pun tidak bisa dianggap remeh. Memiliki cerita yang lebih relate dengan kebanyakan orang di Asia, termasuk Indonesia. Drama Korea bisa dengan mudah mencuri perhatian pasar. Belum lagi, cerita yang disajikan juga tergolong unik dan menarik.

Nah, apabila Sedulur sedang mencari drama Korea horor yang menarik untuk ditonton. Berikut ini beberapa judul yang wajib masuk dalam daftar tontonmu!

BACA JUGA: Sinopsis A Tale of Two Sisters Film Horor Korea, Wajib Ditonton!

-->

1. All of Us Are Dead

drama korea horor
IMDb

Drama Korea horor yang pertama adalah All of Us Are Dead. Film satu ini merupakan karya adaptasi dari serial webtoon berjudul ‘Now at Our School’ karya Joo Dong Geun. All of Us Are Dead menceritakan tentang serangan zombie yang terjadi di Korea. Wabah ini semakin parah hingga membuat berbagai wilayah harus dikarantina.

Namun, di salah satu sekolah, para siswa yang berhasil bertahan dari serangan zombie tersebut mencoba bertahan hidup dan mencari bantuan. Banyak sekali kejadian mengerikan yang akhirnya membuat mereka jatuh bangun untuk bisa tetap hidup.

2. Save Me

Drama Korea horor yang tidak bisa dilewatkan di tahun 2023 adalah Save Me. Berkisah tentang seorang wanita yang bernama Sang-mi yang pindah dari Seoul ke sebuah desa terpencil bernama Muji-gun. Pindahnya Sang-mi dan keluarga dikarenakan permasalahan ekonomi.

Tidak disangka ternyata tempat mereka pindah merupakan daerah yang dikuasai oleh sebuah kultus peribadatan gereja yang dipimpin oleh pastor bernama Baek Jung-Ki. Ternyata kultus tersebut merupakan ajaran sesat yang berlindung atas nama gereja yang membuat Sang-mi dan sekeluarga hampir tidak dapat melarikan diri.

3. Strangers from Hell

drama korea horor
IMDb

Rekomendasi drakor horor berikutnya adalah Strangers From Hell. Drama Korea satu ini dirilis tahun 2019 lalu yang menyajikan akting menawan Im Si-Wan, Lee Dong-Wook, Lee Jung-Eun dan lainnya. Tidak hanya mengangkat genre horor, karena drakor Strangers From Hell juga menyajikan kisah misteri dan kejahatan.

Berkisah mengenai Yoo Jong Woo yang baru saja mendapatkan pekerjaan di Seoul. Ia pindah ke sana dan tinggal di sebuah asrama Eden. Akan tetapi tempat tinggalnya tersebut bisa dibilang tidak layak huni lantaran terlihat kumuh.

4. Hotel Del Luna

Drakor ini menceritakan hotel tua yang berdiri ribuan tahun. Jang Man Wol menjadi pemimpin yang terperangkap mengelola hotel itu karena keinginannya sangat besar untuk balas dendam. Satu-satunya cara untuk membebaskannya adalah menemukan cinta sejati. Goo Chan Sung menjadi manajer keuangan hotel tersebut karena perjanjian keluarga. 

5. The Great Shaman Ga Doo Shim

Drama ini berkisah tentang seorang gadis bernama Gaa Doo-shim yang sejak lahir telah ditakdirkan menjadi seorang Shaman atau pengusir setan. Sejak kematian neneknya karena serangan orang yang tidak dikenal, ia ditugaskan untuk menangkap arwah jahat.

Salah satu kasus yang harus diselesaikan adalah roh jahat yang sering mengambil nyawa anak-anak sekolah yang memiliki nilai yang rendah. Kisahnya dimulai pada saat ia pindah ke salah satu sekolah bergengsi di Seoul yang ternyata tempat arwah itu berada.

6. Kingdom

drama korea horor
Netflix

Kingdom merupakan drama Korea horor yang patut ditonton. Mengkombinaskan kisah zombie yang muncul di zaman Joseon, para penonton siap dibawa ke dalam kengerian yang mencekam.

Selain berkisah tentang bagaimana kondisi wabah penyakit zombie tersebut, Kingdom juga menambahkan cerita tentang bagaimana perjuangan seorang putra mahkota yang berusaha merebut kembali hak kekuasaannya yang dirampas oleh ratu. Pastinya konflik akan terus memanas dari awal hingga akhir.

7. Who Are You

Who Are You adalah drama Korea yang mengisahkan tentang seorang polisi wanita bernama Yang Shi On. Ia menderita amnesia setelah kecelakaan. Setelah terbangun di rumah sakit, ia mulai melihat hantu yang terjebak di dunia antara hidup dan mati.

8. Goedam

drama korea horor
SCMP

Goedam adalah sebuah drama Korea horor yang terdiri dari delapan cerita yang berbeda, masing-masing berfokus pada mitos dan urban legend terkenal di Korea Selatan yang dikenal menyeramkan. Setiap cerita memiliki narasi yang unik dan diangkat dari cerita rakyat Korea yang mendalam.

9. Monstrous

Monstrous merupakan serial drama Korea yang dirilis pada April 2022. Judul ini termasuk ke dalam daftar drama Korea horor yang wajib Sedulur tonton. Ditulis oleh Yeon Sang Ho yang sebelumnya mendulang sukses sebagai sutradara film Train to Busan, film ini memiliki cerita yang kompleks dan penuh adrenalin.

Apalagi dengan munculnya bintang seperti Goo Kyo Hwan dan Shin Hyun Been yang membuat Monstrous semakin menarik untuk disimak. Drama ini sendiri menceritakan tentang Gwibul, fenomena di mana sebuah patung Budha dirasuki oleh roh jahat. Akibatnya, terjadi kutukan yang mengancam keselamatan warga.

10. Revenant

Revenant merupakan drama Korea horor thriller yang tayang pada 23 Juni 2023. Serial ini merupakan karya penulis naskah Kim Eun Hee yang juga pernah meluncurkan serial drakor Signal, Ghost, dan Kingdom.

Revenant bercerita tentang seorang wanita yang dirasuki oleh roh jahat dan seorang pria yang bisa melihat roh tersebut di tubuh manusia. Tokoh utama serial ini dibawakan oleh Kim Tae Ri sebagai Goo San Young, yang dikisahkan dirasuki oleh roh jahat usai menyimpan barang kuno peninggalan ayahnya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Korea Pembullyan yang Bikin Emosi

11. Sweet Home

drama korea horor
Netflix

Sweet Home merupakan drama Korea horor yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan. Sweet Home merupakan horor-thriller apokaliptik yang menampilkan pengalaman penonton menegangkan sekaligus menampilkan cerita yang unik.

Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen. Ia kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri.

12. Tomorrow

Drakor terbaru horor berjudul Tommorow ini berkisah tentang Choi Joon Woong (Rowoon) yang mengalami kecelakaan saat mencoba menyelamatkan gelandangan dari niat bunuh diri. Dia merupakan lulusan dari universitas bergengsi, tapi sulit mendapatkan pekerjaan.

Saat mengalami koma karena insiden penyelamatan itu, dia mendapat penawaran untuk bekerja di tim Departemen Manajemen Arwah Jumadeung. Departemen tersebut adalah tim yang punya misi untuk menyelamatkan orang-orang yang berniat bunuh diri.

13. The Cursed

drama korea horor
Han Cinema

The Cursed (2020) adalah sebuah drama Korea yang menggabungkan unsur-unsur horor, misteri, dan supranatural. Ceritanya berkisah tentang Im Jin Hee, seorang wartawan yang menyelidiki kebenaran di balik kekuatan supranatural yang melibatkan sebuah buku berbahaya yang dikenal sebagai Buku Iblis.

Buku tersebut bukan hanya memberikan kekuatan kepada mereka yang memilikinya, tetapi juga membawa malapetaka dan kutukan bagi siapa saja yang terlibat. 

14. Delivery Man

Delivery Man menjadi salah satu drama Korea bergenre horor yang menarik untuk diikuti. Drakor terbaru horor ini berkisah tentang supir taxi muda bernama Seo Young Min. Dikisahkan bahwa dia bisa melihat hantu yang seharusnya tak kasat mata.

Selayaknya supir, dia memang bertugas mengantarkan ke tempat tujuan. Namun, berbeda dari supir biasanya, dia memiliki penumpang berupa arwah-arwah penasaran.

15. The Ghost Detective

The Ghost Detective juga termasuk rekomendasi drakor horor yang wajib kalian tonton. Drakor ini  rilis tahun 2018 silam mengangkat genre horor dan thriller. Sementara itu sinopsis The Ghost Detective menyajikan cerita tentang detektif Lee Da-il yang meninggal dalam tragedi kerja.

Namun, setelah kejadian mengerikan itu, sang asisten malah mendapatkan sebuah keajaiban dengan bisa melihat hantu detektif tersebut. Keduanya lantas bekerjasama untuk mengungkapkan banyak kasus kejahatan.

16. Hellbound

Netflix

Drakor horor selanjutnya adalah Hellbound. Film ini memiliki cerita webtoon dengan judul yang sama karya sang sutradara Yeon Sang-ho. Drama ini mengisahkan sebuah sekte bernama Kebenaran Baru menjadi penentu dosa bagi banyak orang yang melakukan kesalahan.

Orang yang berdosa tersebut akan segera didatangi oleh tiga makhluk supranatural yang didatangkan langsung dari neraka. Drama ini awalnya dibuka dengan adegan menegangkan dan kemudian berlanjut pada kisah lebih lanjut tentang sekte Kebenaran Baru.

17. The Uncanny Counter

The Uncanny Counter jadi drama Korea horor selanjutnya. Film ini menceritakan tentang kelompok counter yang bertugas menangkap roh jahat dengan kekuatan supranatural. Sedulur juga akan dibuat terkesima dengan banyaknya artis papan atas Korea Selatan yang tampil dalam drama ini.

18. Lovely Horribly

IMDb

Lovely Horribly juga menjadi rekomendasi drakor horor yang wajib kalian saksikan. Drama Korea ini dirilis tahun 2018 silam mengangkat genre horor dan komedi. Drakor ini terbilang cocok buat kalian tonton jika ingin mencari drama horor namun ringan dan tidak terlalu menyeramkan.

Diperankan oleh Park Si-Hoo, Song Ji-Hyo, Lee Gi-Kwang dan lainnya Lovely Horribly menyajikan kisah tentang Yoo Philip dan Eul-soon yang bekerja sama menulis sebuah drama. Keduanya bertemu secara tidak terduga yang mana punya nasib yang sangat berbanding terbalik.

19. The Guest

The Guest merupakan drama Korea detektif yang diperankan Kim Jae-wook yang berkisah tentang pengusiran setan dan perdukunan. Drama ini mengisahkan Yoon Hwa-pyung (Kim Dong-wook) yang terlahir dari keluarga dukun.

Kini dirinya mencari seorang paranormal yang memburu orang yang sedang kesurupan. Hwa-pyung kemudian bertemu dengan Choi Yoon (Kim Jae-wook), seorang pendeta Katolik yang dikenal sebagai seorang pengusir setan.

20. School Strange Stories

drama korea horor

Serial drama Korea yang mengisahkan kisah-kisah misteri yang terjadi di sekolah. Setiap episode menampilkan cerita yang berbeda-beda, dengan fokus pada tema karma dan akibat dari tindakan-tindakan di masa lalu.

Setiap episodenya membawa penonton pada petualangan yang seru dan menegangkan di dunia sekolah yang penuh dengan rahasia dan karma yang mengintai.

Bagaimana rekomendasi drama Korea horor di atas? Menarik sekali ‘kan. Tak hanya memiliki cerita yang penuh misteri, Sedulur pasti akan dibuat terkejut dan penuh adrenalin ketika menontonnya. Apalagi film ini juga sangat cocok ditonton jelang datangnya perayaan Hallowen. Jadi selamat menonton ya!