fakta syuting film Avatar 2

Film Avatar: The Way of Water merupakan film kedua dari Avatar yang sangat dinantikan. Sejak kemunculan film pertamanya pada tahun 2009 yang lalu, Avatar menjadi film terbaik dari segala aspek mulai dari cerita, visual hingga sinematografi. Fakta tentang syuting film Avatar 2 juga selalu dinantikan, karena memiliki kisah produksi behind the scene yang unik.

Bagi Sedulur yang sudah menonton film Avatar 2 dan belum banyak mengetahui informasi penting terkait film ini, maka wajib menyimak ulasan tentang fakta syuting film Avatar 2 itu sendiri. Apalagi mengetahui fakta ini bisa membuat Sedulur semakin terpukau oleh film Sci-fi ini. Seperti apa faktanya? Simak bersama yuk!

BACA JUGA: 15 Film Romantis Taiwan Bikin Hati Berbunga Terbaik 2023

1. Sekuel setelah 13 tahun

fakta tentan syuting film avatar 2
20th Century Studios

Fakta tentang syuting film Avatar 2 yang pertama yaitu bahwa film ini merupakan sekuel setelah 13 tahun menanti. Film pertamanya tayang pada tahun 2009. Butuh waktu belasan tahun untuk kemudian dilanjutkan dengan film yang kedua.

James Cameron sebagai sutradara betul-betul memikirkan alur cerita yang matang untuk kelanjutan film ini. Ketika perilisan trailer Avatar 2 banyak yang kaget dan perhatian publik dunia pun langsung tertuju pada film ini. Tidak sedikit publik yang memberikan komentar positif tentang film ini.

2. Menampilkan dunia Pandora yang indah

fakta tentang syuting film avatar 2
20th Century Studios

Fakta tentang syuting film Avatar 2 yang kedua yaitu menampilkan dunia Pandora yang indah. Visual film yang luar biasa ini berhasil memukai setiap pecinta film di dunia. Kali ini, Avatar 2: The Way of Water sangat totalitas dalam menampilkan keindahan Planet Pandora.

Dengan bantuan CGI dan teknologi HFR, film Avatar ini akan menyajikan sinematografi yang memanjakan mata. Dijamin akan dipuaskan bukan hanya dengan alur cerita yang menarik.

3. Syuting dilakukan di bawah air

fakta tentang syuting film avatar 2
20th Century Studios

Fakta tentang syuting film Avatar 2 kali ini sangat unik, karena syuting yang dilakukan hampir sebagian besar dilakukan di bawah air. Hal ini juga sesuai dengan judulnya, The Way of Water. Bahkan untuk proses syuting, membutuhkan sekitar 3.,4 juta liter air selama produksi.

Tentu saja hal tersebut sangat mencengangkan, dan tidak bisa dibayangkan bagaimana air dalam jumlah banyak tersebut didapatkan untuk kebutuhan syuting.

4. Kate Winslet berhasil cetak rekor

fakta tentang syuting film avatar 2
20th Century Studios

Kate Winslet sebagai salah satu pemain baru dalam film ini berhasil mencetak rekor. Kate berperan sebagai Ronal, salah satu pejuang penting di film ini. Saat syuting di dalam air, Kate langsung memecahkan rekor dengan bernapas dalam air selama 7 menit 14 detik, lho! Aksi ini mengalahkan Tom Cruise yang menahan napas selama 6 menit saat syuting film Mission: Impossible– Rogue Nation.

5. Menghabiskan biaya produksi yang tinggi

iNews

Dengan banyak hal fantastis dalam film ini, tidak heran jika biaya produksi yang dihabiskan untuk film ini sangat spektakuler. Fakta tentang syuting film avatar 2 selanjutnya yaitu biaya produksi yang cukup tinggi untuk kebutuhan syuting.

Total biaya produksi yang dihabiskan yaitu sekitar Rp14 triliun, salah satu biaya produksi film yang tinggi. Bukan hanya itu, total air yang dibutuhkan untuk syuting saja, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya membutuhkan jumlah yang banyak yaitu sekitar 3.4 juta liter air.

Maka tidak heran jika film Avatar 2 ini menjadi salah satu film terbaik di tahun 2023 ini, dan mempertahankan title film sebelumnya yang merupakan film terbaik sepanjang masa dari segala aspek. Hal ini juga semakin memperkuat posisi James Cameron sebagai sutradara terbaik dengan karya yang dapat memuaskan setiap pecinta film di dunia.

BACA JUGA: Sinopsis A Tale of Two Sisters Film Horor Korea, Wajib Ditonton!

6. Manusia yang kembali ke Pandora

Kompas

Dalam film pertama, bangsa Na’vi berhasil menang dan mengalahkan manusia. Hal tersebut membuat manusia harus keluar dari Pandora dan kembali ke bumi. Namun, ending di film pertama ternyata bukan akhir. Hal tersebut menjadi dendam yang dipegang manusia.

Setelah persiapan yang membutuhkan belasan tahun, kaum manusia kembali ke Pandora dengan persiapan yang lebih kuat lagi. Hal tersebut tentu membuat bangsa Na’vi harus menerima kekalahan dengan telak.

7. Pertarungan bangsa Pandora dengan manusia

fakta tentang syuting film avatar 2
20th Century Studios

Pertarungan bangsa Pandora dengan manusia tidak lagi terelakkan, ditambah keterlibatan suku Metkayina di dalam film ini membuat permusuhan bangsa manusia bukan hanya dengan suku Na’vi saja. Namun dengan bangsa Pandora keseluruhan.

Tentu tema peperangan antara bangsa Pandora dan manusia menjadi isu utama yang diangkat dalam film ini. Menyuguhkan tentang bagaimana keserakahan manusia yang ingin menguasai segala hal untuk bertahan hidup.

8. Tayang dengan format HFR

Viva

Avatar 2: The Way of Water mengadopsi format visual HFR atau High Frame Rate yang menampilkan seberapa banyak frame yang ditampilkan dalam satuan detik.

Beberapa bagian film Avatar memiliki frame rate 24fps dan beberapa bagian lainnya memiliki HFR 48 fps. Efek ini dapat dirasakan hanya saat menonton dalam format 3D. Tampilan visual akan lebih realistis dan memukau.

9. Menghadirkan banyak pemain baru

20th Century Studios

Fakta tentang syuting film Avatar 2 selanjutnya yaitu banyak pemain baru yang terlibat dalam project film ini. Selain pemain yang terlibat dalam film pertama seperti Zoe Saldana, Sigourney Weaver, dan Stephen Lang.

Namun, film Avatar 2: The Way of Water ini juga banyak menggaet banyak pemeran baru, mulai dari:

  • Cliff Curtis berperan sebagai pemimpin Metkayina, Tonowari;
  • Kate Winslet berperan sebagai Ronal istri Tonowari;
  • Michelle Yeoh berperan sebagai Dr. Karina Mogue;
  • Edie Falco berperan sebagai Jenderal Frances Ardmore;
  • Jemain Clement berperan sebagai Dr. Ian Garvin;
  • Brendan Cowell berperan sebagai Mick Scoresby.

BACA JUGA: Sinopsis The In Between: Kisah Cinta Supranatural

10. Indonesia menjadi salah satu inspirasi

Prambors FM

Sebagai masyarakat Indonesia, fakta tentang syuting film avatar 2 ini tentu membuat kita bangga. James Cameron sebagai sutradara film ini menyampaikan langsung bahwa Suku Metkayina di dalam film Avatar terinspirasi dari suku Bajo di Indonesia yang hidup di rumah panggung dan mampu menyelam dalam waktu yang cukup lama.

Suku Bajo merupakan suku yang hidup di sekitar perairan Sulawesi, Kalimantan Timur, Maluku hingga Nusa Tenggara. Kebudayaan dan tradisi yang dipengang oleh Suku Bajo menjadi landasan film Avatar 2 dengan keindahan visualnya yang memukau.

Hal ini tentu merupakan penghargaan sekaligus pengakuan dari dunia internasional terkait kekayaan alam dan keberagaman suku bangsa yang dimiliki oleh Indonesia itu sendiri.

Nah itulah sederet fakta tentang syuting film Avatar 2. Sedulur sebagai orang Indonesia pasti kaget kan? Ternyata unsur ke-Indonesia-an merupakan inspirasi utama untuk film terbaik Hollywood satu ini. Sudah sepatutnya kita sebagai orang Indonesia bangga dengan kekayaan alam dan kebudayaan yang beragam yang kita miliki ini! Agar kita semakin mencintai dan dapat merawatnya!

Agar nonton film di rumah semakin seru, jangan lupa sediakan kudapan sebagai teman nonton. Sedulur bisa memilih beraneka macam camilan dan minuman ringan di Aplikasi Super. Apalagi Aplikasi Super punya banyak promo diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin belanja makin hemat. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!