2gether The Series

2gether The Series adalah sebuah serial romantis Thailand yang tayang perdana pada April 2020 lalu. Meski sudah dua tahun berlalu, series ini masih jadi idola banyak orang. Ia masuk dalam kategori Boys Love (BL), sebutan untuk drama queer asal Asia. Tidak hanya Thailand, beberapa drama Korea juga banyak yang mengusung genre ini walaupun penayangannya terbatas.

Menariknya 2gether tayang terbuka dan bisa diakses di berbagai negara lewat layanan streaming global macam Netflix dan YouTube. Seberapa keren ceritanya dan apa yang membuat penonton tergila-gila? Silakan baca sinopsis serta ulasannya di bawah, Sedulur.

BACA JUGA: 8 Fakta Snowdrop, Drama Korea yang Membelokkan Sejarah

1. Plot cerita

2gether the series
Instagram @winmetawin

 2gether: The Series season 1 bercerita tentang seorang mahasiswa bernama Tine yang sudah suntuk dengan sosok Green yang tak berhenti mengejar dan memujanya. Tine akhirnya mencari cara untuk membuat Green berhenti, yaitu dengan berpura-pura menjalin hubungan spesial dengan seorang idola kampus bernama Sarawat.

-->

Namun, meyakinkan Sarawat untuk mau berkomplot dengannya bukan hal mudah. Tine terpaksa harus mengikuti berbagai kegiatan Sarawat guna mengubah pendiriannya. Namun, seperti sudah bisa ditebak, lama kelamaan hati Sarawat pun luluh dan kencan pura-pura ini menjadi perasaan sayang nyata.

2. Dibumbui komedi dan bebas plot yang bikin frustasi

2gether the series
Rappler

Biasanya film atau series bertema LGBTQ+ banyak mengangkat kisah perjuangan pilu komunitas ini untuk mendapatkan ketenangan dan pengakuan dari masyarakat sekitar. Banyak juga yang berakhir tragis karena keduanya atau salah satu dari mereka memilih untuk kembali mengikuti apa yang dianggap normal di masyarakat. Sebut saja Call Me By Your Name dan Moonlight misalnya. Namun,  2gether fokus pada cerita romantis yang ringan, heartwarming, dengan bumbu komedi di sana sini. Benar-benar bisa bikin penontonnya ikut tersenyum.

3. Pemeran utama

Instagram @bbrightvc

Daftar 2gether The Series pemain tentu juga jadi perhatian. Tine diperankan oleh Metawin Opas-lamjakorn yang baru debut sebagai aktor. Sementara Sarawat digambarkan oleh aktor hits Vachirawit Chivaaree yang sebelumnya sudah pernah terlibat dalam drama Thailand Social Death Vote dan My Ambulance. Menariknya Chivaree dan Opas-lamjakorn juga didapuk menjadi pemain utama dalam drama F4 Thailand yang tayang sepanjang 2021 dan 2022 sebanyak 17 episode.

BACA JUGA: My Husband in Law: Sinopsis & Review Serial Drama Thailand

4. Hubungan yang ditampilkan realistis 

Them

Banyak film dan drama queer yang menggambarkan hubungan para karakternya dengan cara yang agak berlebihan. Ada yang justru fokus pada isu sensualitas atau justru hanya berupa bromance karena hendak menghindari sensor, namun 2gether dengan santainya menggambarkan hubungan spesial Tine dan Sarawat layaknya pasangan heteroseksual biasa di film-film .

Normal dan tidak berlebihan pula. Minimal usia penonton yang disarankan pun 13 tahun dengan pendampingan orang tua di Indonesia, India, dan Filipina. Sementara di Korsel, Singapura, dan Thailand minimal usia yang disarankan adalah 15-16 tahun. 

5. Agak utopis sebenarnya 

Instagram @brightwin

Tidak bisa dipungkiri kalau 2gether The Series adalah karya yang utopis. Diceritakan kedua pasangan queer ini tak pernah mengalami krisis atau keraguan dalam menjalani hubungan. Tak ada yang mencemooh atau menentang mereka. Bahkan pasangan queer di serial ini tak terbatas pada dua lakon utamanya, tetapi juga beberapa pemeran pendukung. Tak peduli seberapa liberalnya sebuah negara, sebenarnya kondisi ideal seperti ini masih jauh dari kenyataan. Komunitas LGBTQ+ masih sering mendapatkan diskriminasi.   

6. Sekuel 2gether

2gether the series
Mega Magazine

Kesuksesan 13 episode series BL ini membuat pihak produser pun tertarik membuat sekuelnya. Masih di tahun yang sama, hanya selisih beberapa bulan, 5 episode lanjutan yang diberi judul Still 2gether rilis. Di sini Tine dan Sarawat sudah terbuka dan mendeklarasikan diri sebagai pasangan. Keduanya pun menjabat ketua di klub UKM masing-masing, Tine di cheerleading dan Sarawat di klub musik.

Hal ini seakan jadi angin segar buat para penggemar musim pertama yang tentunya penasaran dengan kelanjutan hubungan asmara mereka. Konflik utama dari 2gether The Series season 2 ini adalah hubungan jarak jauh yang sempat membuat mereka renggang. Character development keduanya juga dipuji karena menunjukkan bahwa mereka makin dewasa dan bertanggung jawab. 

BACA JUGA: 12 Drama Thailand Romantis yang Bikin Baper, Terbaru 2022

7. Dibuat versi filmnya di tahun 2021

Asian Addicts Anyonymous

Tak cukup di situ, tahun 2021 serial ini pun dibuat versi layar lebarnya dengan durasi 1 jam 47 menit.  2gether The Series movie ini adalah gabungan plot 2gether dan Still 2gether yang dirangkum jadi kurang dari 2 jam. Meski begitu, penggemar tetap puas dan tak bosan menyaksikan chemistry Tine dan Sarawat. 

8. Potensi musim ketiga 

Netflix

Dengan adanya sekuel, penggemar pun menunggu potensi perilisan 2gether The Series season 3. Namun, ini bukan pekerjaan singkat dan mudah. Apalagi mengingat kedua cast utamanya, Chivaree dan Opas-lamjakorn baru saja selesai dengan proyek drama F4 versi Thailand beberapa waktu lalu. Mereka juga sama-sama tampil di serial televisi Good Old Days. Belum ada pernyataan resmi pula dari pihak GMMTV selaku produser. Sabar dulu, Sedulur. 

9. Sejarah kemunculan drama BL di Asia 

2gether the series
Love Without Gender

Ketenaran 2gether The Series Netflix merupakan buah dari kemunculan genre BL di industri hiburan Asia. Jika menelusuri sejarahnya kita akan dibawa ke era 1970an di Jepang. Merujuk tulisan Profesor  Fujimoto Yukari dari Universitas Meiji dalam situs Nippon, BL lahir dari manga yang dibuat dan ditujukan untuk pasar pembaca perempuan. Seakan membaca kekosongan pasar akan cerita yang mengangkat bromance atau hubungan antara sesama tokoh laki-laki, para seniman manga perempuan pun tergerak membuat genre baru yang kemudian dikenal dengan istilah BL ini. 

Para pelopornya antara lain Takemiya Keiko dan Hagio Moto. Mereka merilis komik BL di tahun 1970an.Dapat sambutan baik, genre BL terus meluas di tahun 1980-1990an. Di tahun tersebut, munculah majalah manga khusus kategori BL yang makin memperkuat nilai komersial manga dengan genre tersebut. Tak berapa lama, manga Zetsuai karya Ozaki Minami terbit dan jadi sensasi dunia. Manga tersebut banyak terinspirasi dari Captain Tsubasa yang kemudian diparodikan atau dibuat fokus pada bromance antar tokohnya.

BACA JUGA: Pad Thai Resep Khas Thailand yang Wangi

10. Karya bergenre BL masih ditentang di banyak negara 

2gether the series
Instagram @winmetawin

Meski menunjukkan perkembangan yang progresif di beberapa negara Asia, karya-karya bergenre BL tidak sepenuhnya bisa dipublikasikan secara bebas. Di Jepang, tempat kelahirannya saja, banyak komik yang harus menghadapi sensor. Jangan tanya Tiongkok dan Korea Selatan. Meski populer di dalam bentuk novel dan komiknya, adaptasi dramanya bukanlah hiburan yang bisa tayang di media mainstream. Beberapa pun dibuat lebih mild dengan hanya menampilkan ikatan sebatas bromance, bukan kisah asmara yang kentara jelas. 

Thailand menjadi salah satu negara yang cukup terbuka dengan fenomena LGBTQ+. Mereka bahkan sudah melegalkan pernikahan sesama jenis dan mengizinkan mereka mengadopsi anak. Dengan begitu, kesuksesan 2gether The Series bukanlah hal yang mengherankan. Namun, kesuksesannya meraup penonton internasional merupakan fenomena baru. 

11. Drama BL Thailand lainnya 

Instagram @winmetawin

Bila menikmati 2gether, coba beberapa daftar drama BL Thailand di bawah. Siapa tahu ada yang menarik buat ditonton maraton. 

  • A Tale of Thousand Stars merupakan drama Thailand rilisan tahun 2021 yang berkisah tentang seorang pria bernama Tian yang mendapatkan donor jantung dari seorang perempuan. Saat mencoba mengenal sang donor, Tian menemukan sebuah buku harian yang membawanya menemui sosok ranger hutan bernama Phupa. 
  • Theory of Love adalah kisah Third yang memendam cinta pada sahabat karibnya. Khai. Namun, Khai selama ini dikenal sebagai sosok flamboyan yang membuat Third ragu mengungkap perasaannya.  
  • Tharntype adalah kisah Type, pemuda penggemar sepak bola yang besar menjadi sosok homofobik karena pernah menjadi korban pelecehan seksual di masa kecilnya. Namun, perlahan pandangannya pada komunitas queer berubah saat ia masuk kuliah dan bertemu banyak orang yang terbuka dengan status mereka sebagai LGBTQ+. 
  • SOTUS berkisah tentang Kongpob, mahasiswa baru jurusan teknik yang berusaha mencari keadilan dengan melawan para seniornya yang semena-mena. Namun, dalam upayanya ia justru terlibat kisah asmara dengan salah satu senior.

Sudahkah Sedulur nonton serial ini? Boleh nih jadi hiburan di kala luang sambil ngemil dan santai. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.