20th century girl

Film mengenai drama percintaan remaja selalu menarik untuk dipilih sebagai hiburan di waktu luang. Biasanya film dengan tema serupa menampilkan kisah cinta pertama para tokoh saat duduk di bangku sekolah, lengkap dengan konflik yang membuat kisah mereka semakin menarik untuk diikuti. Cerita serupa juga ditampilkan oleh film Korea berjudul 20th Century Girl.

Menariknya, film ini tidak sekadar menyuguhkan kisah cinta anak remaja namun juga mengambil latar tahun 1999 sehingga akan membawa Sedulur ikut bernostalgia ke masa tersebut. Film yang dirilis pada Oktober 2022 ini menampilkan sederet aktor dan aktris kenamaan, seperti Kim Yoo Jung, Byeon Woo Seok, Lee Beom Soo, Park Hae Joon, Han Hyo Joo, Ong Seong Wu, dan Ryu Seung Ryong yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Penasaran bagaimana kisah Kim Yoo Jung dkk dalam film 20th Century Girl? Berikut sudah dirangkum sinopsis dan berbagai informasi yang perlu Sedulur ketahui mengenai film tersebut. Baca sampai habis, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik Paling Bikin Baper

-->

Sinopsis 20th Century Girl

20th century girl
CNN Indonesia

20th Century Girl adalah film bergenre romantis dan melodrama yang menyoroti kisah cinta pertama seorang remaja dengan latar tahun 1999. Na Bo Ra (diperankan Kim Yoo Jung) adalah seorang remaja berusia 17 tahun. Ia diceritakan sebagai siswi sekolah menengah atas (SMA) yang memiliki bakat dalam Taekwondo. Na Bo Ra dikenal dengan kepribadiannya yang ceria dan merupakan anggota klum siaran di sekolah. Selain itu ia memiliki sahabat bernama Kim Yeon Doo (Roh Yoon Seo).

Lika-liku kisah cinta pertama Bo Ra dimulai ketika Yeon Doo akan pergi ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi jantung. Jelang keberangkatannya, Yeon Doo mengungkapkan bahwa dirinya menyukai seorang siswa yang ia ketahui bernama Baek Hyun Jin (diperankan Park Jung Woo). Hal itu jugalah yang membuatnya semula ragu untuk pergi ke luar negeri.

Bo Ra lantas meyakinkan Yeon Doo bahwa ia akan membantunya untuk bisa dekat dengan Hyun Jin. Ia berjanji akan mengumpulkan segala informasi mengenai pujaan hati sahabatnya tersebut selama Yeon Doo pergi untuk menjalani pengobatan.

Demi mendukung cinta pertama Yeon Doo, Bo Ra berupaya mengumpulkan berbagai informasi tentang Hyun Jin. Mulai dari tinggi badan, hal yang disukai, dan lain sebagainya. Informasi tersebut diperoleh melalui Poong Woon Ho (Byun Woo Seok), sahabat dekat Hyun Jin yang juga merupakan anggota klub siaran.

Upaya Bo Ra untuk membantu Yeon Doo rupanya membuatnya menjadi dekat dengan Hyun Jin dan Woon Ho lantaran sering menghabiskan waktu bersama. Selain itu, tanpa disadari ia juga mulai menaruh hati pada sosok Woon Ho.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

Profil film

20th century girl
HanCinema
  • Judul: 20th Century Girl
  • Judul asli: 20세기 소녀 (20segi Sonyeo)
  • Sutradara: Bang Woo Ri
  • Penulis naskah: Bang Woo Ri
  • Tanggal rilis: 21 Oktober 2022
  • Durasi: 119 menit
  • Rating IMDb: 7,3/10

Daftar pemain

Netflix
  • Kim Yoo Jung sebagai Na Bo Ra
  • Byeon Woo Seok sebagai Poong Woon Ho
  • Park Jung Woo sebagai Baek Hyun Jin
  • Roh Yoon Seo sebagai Kim Yeon Doo
  • Lee Beom Soo sebagai guru
  • Park Hae Joon sebagai dokter sekolah
  • Ryu Seung Ryong sebagai ayah Poong Woon Ho
  • Ong Seong Wu sebagai Poong Jun Ho atau adik Poong Woon Ho
  • Han Hyo Joo sebagai Na Bo Ra dewasa

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Action Korea Terbaik, Menegangkan Abis!

Fakta menarik tentang 20th Century Girl

Netflix

Selain membaca sinopsisnya, ada beberapa fakta menarik mengenai 20th Century Girl yang sayang untuk Sedulur lewatkan. Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

  • Masuk top movies di Netflix

Film 20th Century Girl dapat Sedulur saksikan melalui aplikasi layanan streaming atau OTT Netflix. Menariknya, film ini sempat masuk dalam daftar Top 10 Movies di Netflix Indonesia saat perilisannya. Tak hanya itu, film tersebut juga menduduki trending di Twitter lantaran sukses menarik perhatian penonton khususnya penggemar film Korea maupun film romantis.

  • Terinspirasi dari kisah sang sutradara

Dilansir Soompi, sutradara Bang Woo Ri sempat mengungkapkan inspirasi cerita dari film yang digarapnya tersebut. Dikatakan, ia memang memiliki ketertarikan tersendiri dengan film-film mengenai kehidupan anak muda. Di sisi lain, ia mengungkapkan kisah 20th Century Girl dimulai sebagai autobiografi yang terinspirasi dari kisahnya sendiri.

“Suatu ketika seorang teman menceritakan bahwa ia bertemu dengan cinta pertamanya dan kami mulai bernostalgia tentang masa lalu,” kata Bang Woo Ri.

“Kemudian aku mengeluarkan buku harian lamaku. Di sana tersimpan kisah ketika aku mencari tahu tentang seorang anak laki-laki yang disukai oleh temanku. Jika memikirkannya sekarang, itu terdengar sebagai kisah yang memalukan, namun aku berpikir bahwa kisah seperti itu hanya mungkin terjadi pada masa itu,” sambungnya.

Itu dia sinopsis film 20th Century Girl serta berbagai fakta menariknya. Ingin tahu bagaimana akhir kisah Bo Ra, Yeon Doo, Woon Ho, dan Hyun Jin? Sedulur bisa menyaksikan film tersebut di Netflix bersama keluarga maupun teman di rumah.

Nah, agar semakin seru, jangan lupa sediakan kudapan sebagai teman nonton. Sedulur bisa membeli aneka camilan seperti Udalado yang punya cita rasa lezat khas Nusantara di Aplikasi Super. Selain itu ada juga beragam minuman yang bisa Sedulur temukan di sana.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja aneka camilan serta minuman agar nonton film di rumah semakin seru.