toner untuk wajah berjerawat

Untuk merawat wajah dari jerawat, tentu ada beberapa produk skincare yang wajib Sedulur gunakan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan toner secara rutin. Nah, ada beberapa toner khusus wajah berjerawat yang bisa Sedulur gunakan agar bisa membantu untuk meredakan masalah dan menyehatkan kulit.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja rekomendasi toner untuk wajah berjerawat yang bisa Sedulur gunakan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Cara Mengatasinya

Manfaat Toner

Unsplash

Sebelum kita memberikan rekomendasi toner untuk wajah berjerawat yang baik untuk Sedulur. Tentu, kamu juga perlu mengetahui manfaat penggunaan toner secara rutin dan dampaknya untuk kesehatan kulit. Hal ini bisa menambah kesadaran Sedulur tentang pentingnya toner dalam perawatan kulit. Berikut ini beberapa diantaranya manfaat toner yang perlu diketahui.

-->
  • Melembabkan kulit wajah

Manfaat pertama dari produk toner adalah untuk melembabkan wajah kita. Mengingat pada facial wash yang kita gunakan, pastilah mengandung komposisi tertentu yang mana dapat membuat kulit wajah kita menjadi kering.

  • Mengangkat sisa kotoran

Setelah beraktivitas seharian, pasti kulit kita akan terasa kotor dan kusam. Untuk membersihkannya, tentu saja menggunakan micellar water atau cleansing balm. Lalu dilanjutkan dengan mencuci wajah dengan produk facial wash dan menggunakan toner.

  • Menormalkan pH pada kulit

Normalnya, nilai pH alias keasaman pada kulit manusia adalah dalam rentang 4,7 sampai 5,75. Artinya, pH pada kulit cenderung asam. Hal tersebut karena pada kondisi normal memang kulit akan memproduksi minyak atau sebum yang berfungsi melindungi kulit wajah dari iritasi sekaligus mencegahnya menjadi kering.

Manfaat toner tersebut tentu penting untuk Sedulur yang memiliki kulit wajah kering atau memiliki rutinitas menggunakan make up tebal.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Kering

Rekomendasi Toner Hydrating Skin

toner untuk wajah berjerawat
Forbes

Untuk bisa mengatasi masalah jerawat dan berminyak pada kulit. Sedulur perlu menggunakan toner yang tepat, salah satunya adalah toner dengan kemampuan hydrating skin. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Skintific 4D Hyaluronic

Rekomendasi toner untuk wajah berjerawat pertama adalah Skintific 4d Hylauronic. Kandungan 4 tipe Hyaluronic Acid pada toner ini efektif menghidrasi kulit secara instan.
Ditambah dengan Hymagic 4D yang bisa menghidrasi kulit selama 18 jam.Skintific menjadi brand hydrating toner untuk kulit berjerawat yang menarik minat para pecinta skincare.
Toner ini dirancang dengan formula hasil dari ilmuwan Kanada dan dibanderol dengan harga yang cukup affordable. Kandungan ceramides di dalamnya juga membantu memberikan kelembapan dan mengembalikan serta menciptakan perlindungan (barrier) untuk kulit.

2. Everwhite Hydrating Essence Toner

Hydrating Essence Toner memiliki tingkat penetrasi yang sangat cepat, memberikan hydrasi pada kulit yang lelah, serta mempersiapkan kulit pada tahap skincare selanjutnya. Dengan kandungan Galactomyces yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan penyerapan produk dan juga memiliki efek anti oksidan untuk merawat kelembaban kulit. Kandungan Vitamin B5 atau yang dikenal sebagai Panthenol berfungsi untuk mengikat air dan merawat kehalusan dan kelembutan kulit.

3. Wardah Hydra Seaweed

Wardah

Wardah Hyrda Seaweed Toner jadi salah satu rekomendasi selanjutnya. Toner dengan kelopak bunga mawar asli ini memiliki Hydrating Active yang mampu mengembalikan skin barrier yang rusak, menenangkan serta mengembalikan hidrasi kulit, dan menstimulasi serapan nutrisi dari produk skin care yang digunakan selanjutnya. Komposisi istimewa tersebut juga membantu Sedulur untuk bisa menjaga kelembaban kulit hingga 72 jam.

4. Sensatia Botanicals Chamomile Tea Facial Toner

Cukup lembut untuk kulit sensitif, toner yang bebas alkohol ini mengandung ekstrak chamomile dan teh hijau untuk membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam kulit. Lidah buaya membantu menyejukkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Gunakan setelah membersihkan wajah atau gunakan sebagai facial mist saat membutuhkan penyegar wajah instan. Ekstrak lidah buaya mengandung fitronutrien yang dapat mengurangi peradangan dan membantu proses regenerasi pada kulit.

5. Some By Mi

Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner telah menjadi produk favorit k-beauty karena kemampuannya untuk mencerahkan kulit dan menghaluskan peradangan. Ini mengandung semua bahan yang Sedulur inginkan dalam toner untuk kulit berjerawat termasuk air daun pohon teh, niacinamide, witch hazel, ekstrak peppermint, asam salisilat, dan ekstrak pepaya. Formulanya mengandung tiga jenis exfoliant asam yang berbeda: asam alfa-hidroksi, asam beta hidroksi, dan asam polihidroksi. Asam-asam ini bekerja sama untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan meningkatkan pergantian sel dengan jelas untuk menghilangkan kotoran atau pori-pori yang tersumbat.

6. Pyunkang Yul Essence Toner

Pyunkang Yul

Rekomendasi toner untuk wajah berjerawat selanjutnya adalah Pyunkang Yul Essence Toner. Dalam toner ini, ada banyak kandungan yang baik untuk kulit seperti ekstrak milk vetch root.
Kandungan tersebut efektif mengembalikan kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan silikon juga cukup aman digunakan sebagai penambah kelembapan kulit. Toner ini juga bisa memberikan efek menghaluskan dengan cara mencegah penguapan dan menjaga kelembapan pada sel kulit.

7. Mamonde Centella Trouble Toner

Mamonde Centella Trouble Toner masuk ke dalam kategori hydrating toner untuk kulit berjerawat. Kandungan salix alba (willow) bark extract berfungsi sebagai acne fighter, sehingga mampu melawan jerawat serta mengurangi peradangan di kulit. Produk ini diperkaya dengan tocopherol (vitamin E) yang membantu melawan tanda penuaan dini. Toner ini terbuat dari 98,32% centella asiatica water, sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak, sensitif, atau bahkan iritasi.

8. N’Pure Face Toner Centella Asiatica

toner untuk wajah berjerawat
Beautynesia

Npure Face Toner Centella Asiatica sangat cocok digunakan sebagai hydrating toner untuk kulit berjerawat. Kandungan centella asiatica sangat baik untuk kulit berjerawat, karena memiliki banyak antioksidan di dalamnya. Kandungan itu dapat membantu membuat kulit menjadi lebih tenang dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Kandungan green tea dan mixed fruit extract (very berry acne) berguna sebagai antijerawat dan membantu memperbaiki masalah kulit.

9. Aubree

Aubree adalah salah satu brand lokal yang mengeluarkan hydrating toner untuk kulit berjerawat. Di dalamnya terdapat bunga calendula asli yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dan memberikan efek menyegarkan serta mencerahkan. Aubree Botanical Calendula Toner juga teruji bebas dari kandungan alkohol dan pewangi, sehingga aman digunakan setiap hari.

10. Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner 2X

Inisfree Jeju Volcanic Pore Toner 2X, yang terbuat dari endapan abu vulkanik dan sulfur, yang baik untuk meredakan peradangan kulit akibat alergi dan jerawat. Toner ini juga ampuh membersihkan pori-pori. Harga toner untuk kulit berjerawat ini bisa dibeli mulai dari Rp177 ribuan.

BACA JUGA: Penyebab & Cara Menghilangkan Jerawat Mendem yang Ampuh!

Tips Mencegah Jerawat

toner untuk wajah berjerawat
Unsplash

Selain dengan menggunakan toner untuk wajah berjerawat di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit lebih bersih dan mulus. Tips dan trik ini sangat mudah dilakukan dan Sedulur harus benar-benar mengikutinya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Menjaga pola makan

Cara mencegah jerawat yang pertama adalah dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral harus Sedulur perhatikan agar terhindar dari jerawat yang satu ini. Selain itu Sedulur juga harus menghindari makanan yang tinggi gula dan lemak.

2. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, dapat membantu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, yang membuat kesehatan kulit lebih terjaga dan terbebas dari jerawat.

3. Rutin berolahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka penyuplaian oksigen dan nutrisi ke dalam kulit pun juga lebih lancar. Kulit akan menjadi tampak lebih sehat dan cerah.

4. Menggunakan skincare

Untuk menyembuhkan jerawat mendem, Sedulur harus rutin menggunakan produk skincare untuk jerawat dengan kandungan-kandungan bahan aktif seperti salicylic acid, retinol, ceramide. dan benzoyl peroxide. Jika penggunaan bahan tersebut masih belum cukup mengurangi jerawat, maka Sedulur dapat langsung berkonsultasi dengan dokter kulit. Jangan lupa juga untuk menggunakan toner yang disebutkan di atas, ya!

5. Menggunakan sunscreen

Cara terakhir untuk mencegah jerawat mendem adalah dengan menggunakan sunscreen setelah menggunakan produk skincare. Sunscreen ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Demikian tadi deretan rekomendasi toner untuk wajah berjerawat yang bisa Sedulur gunakan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk merawat wajah berjerawat. Jangan lupa untuk menggunakan toner secara rutin agar wajah Sedulur makin sehat dan bersinar ya!