tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil

Seperti yang diketahui, belakangan ini busana oversize sedang menjadi trend di banyak kalangan. Selain mudah dipadukan dengan item fashion lain, ukurannya yang besar juga nyaman dipakai. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan bahas tentang tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil.

Umumnya para pemilik badan mungil terkadang merasa tidak percaya diri untuk mengenakan gaya busana oversize. Hal ini karena baju akan terlihat terlalu kebesaran dan juga badan terkesan tenggelam. Namun tidak usah khawatir, itu bukan berarti Sedulur tidak bisa mengenakannya.

Ada beberapa tips agar tetap terlihat cocok memakai gaya busana oversize. Dengan beberapa tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil berikut ini, Sedulur bisa tetap tampil stylish dan percaya diri!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Outfit ke Kantor Wanita, Formal tapi Stylish!

1. Jangan tutupi semua bagian tubuh

Unsplash/Brooke Cagle

Tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil pertama yang dapat dilakukan, yakni dengan tidak menutupi seluruh bagian tubuh. Jika Sedulur ingin menerapkan gaya busana oversize, maka pastikan untuk tidak menggunakan bawahan yang menutupi seluruh kaki.

Sedulur bisa coba memilih model celana gantung dengan ukuran regular fit. Dengan begitu, tampilan atas dan bawah akan terlihat seimbang.

Selain itu, bisa juga menggunakan rok dengan potongan yang tetap memperlihatkan sedikit kaki. Dengan begitu, maka tubuh tidak terlihat terlalu pendek alias tenggelam ketika menggunakan item oversized.

2. Ciptakan lekuk tubuh

Salah satu trik ampuh yang bisa membuat tampilan Sedulur terlihat tetap bagus ketika mengenakan busana oversize meski bertubuh mungil, yaitu dengan mengekspos bentuk tubuh. Nah, jadi terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.

Sedulur dapat menambahkan ikat pinggang, sehingga busana oversize yang dikenakan tidak terkesan gombrong dan menggantung.

Jika tidak, penggunaan celana model high waist juga dilakukan. Kemudian masukan kemeja bagian depan ke dalam celana tersebut. Sedulur juga dapat menggunakan korset dengan warna yang kontras untuk membentuk shape pada bagian pinggang.

3. Pilihlah outfit dengan model garis vertikal

Dengan mengenakan baju bermotif garis vertikal, secara tidak langsung tubuh mungil akan terlihat lebih ramping dan juga tinggi. Misalnya saja, penggunaan dress berwarna biru cerah dengan aksen garis vertikal yang mampu memanipulasi mata sekaligus menjadikan tubuh mungil terlihat lebih tinggi dari aslinya.

Tidak usah khawatir, motifnya yang terbilang simpel membuat outfit motif garis semacam ini cocok digunakan untuk berbagai macam acara.

Namun memang cenderung lebih cocok untuk acara-acara yang bersifat santai, seperti hangout bersama teman-teman, berkumpul bersama keluarga, dan lain sebagainya.

4. Pilih hanya satu item oversize

Jika Sedulur menggunakan atasan atau outer oversized, sebaiknya hindari untuk memakai bawahan yang terlalu longgar atau besar. Hal ini karena perpaduan atasan dan bawahan yang sama-sama oversize, malah akan membuat tubuh mungil terlihat semakin tenggelam.

Alangkah baiknya untuk memilih bawahan yang sekiranya memang cocok untuk tubuh mungil. Namun pastikan juga untuk tidak mengenakan bawahan yang terlalu ketat seperti skinny jeans atau legging, karena kontras ukuran pakaian yang dihasilkan terlihat kurang pas.

Sementara jika ingin memakai bawahan oversize, Sedulur bisa memilih atasan yang pas di tubuh agar tampilan semakin kece.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Outfit ke Kampus yang Kece

5. Gunakan baju oversize sebagai dress

tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil
Unsplash/Alex Meier

Mungkin Sedulur tidak menyangka, jika memiliki tubuh mungil ternyata memberikan keuntungan tersendiri pada saat memilih outfit. Ya, penampilan tubuh mungil dengan mengenakan baju oversize sebagai dress akan membuat tampilan lebih modis, lho.

Jika tidak percaya, coba cek selebriti-selebriti terkenal yang memanfaatkan busana oversize sebagai dress. Tampilan mereka terlihat sangat keren, bukan?

Nah, sebagai alternatif lain, coba gunakan sweater atau kemeja dengan ukuran yang kebesaran sebagai dress. Lalu lengkapi aksesori agar penampilan semakin cantik.

6. Gunakan sepatu model hak

Agar tubuh mungil terlihat lebih jenjang, tidak ada salahnya untuk coba menggunakan sepatu model hak dengan tinggi. Penggunaan sepatu ini akan menambah kesan kaki yang lebih jenjang. Sementara itu, jika kamu tampil yang lebih casual, pilihlah sepatu model platform atau blocked heels.

Sepatu hak sendiri dikenal dengan jenis sepatu yang mana bagian tumit lebih tinggi dari bagian jari kaki. Jadi secara signifikan membuat tubuh lebih tinggi di atas tanah.

Penggunaan sepatu hak juga tidak hanya cocok untuk menghadiri acara formal. Sedulur juga bisa menggunakannya untuk acara-acara non formal sekalipun.

7.  Gunakan outfit model crop top

Crop top atau yang sering disebut baju crop merupakan model atasan crop yang memperlihatkan bagian pinggang, perut, dan juga pusar. Penggunaan dari model baju ini, menjadi fashion hacks untuk membuat tubuh mungil menjadi terlihat lebih ramping.

Tanpa disadari, outfit model crop top mampu memperlihatkan bentuk tubuh yang terkesan lebih jenjang jika dibandingkan dengan menggunakan atasan model tunik.

8. Jangan takut mencoba warna dan pola

Unsplash/Wesley Tingey

Tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil yang terakhir, yakni jangan pernah takut untuk mencoba pola dan warna. Ya, tubuh mungil sebenarnya memberi kebebasan untuk bereksperimen dengan warna dan pola yang terkesan lebih berani.

Jadi tidak perlu ragu untuk mencoba busana oversized dengan warna-warna yang cerah maupun pola yang mencolok. Pasalnya, hal ini justru akan menambah dimensi pada penampilan dan membuatnya terlihat jauh lebih menarik.

Itulah beberapa tips busana oversize bagi pemilik tubuh mungil yang perlu untuk diketahui. Perlu untuk diingat, jika mode sendiri adalah tentang ekspresi diri. Jadi yang paling penting Sedulur merasa nyaman dengan gaya yang dipilih.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai kombinasi dan temukan gaya oversize yang paling sesuai dengan kepribadian dan juga kenyamanan Sedulur!